Keuntungan Memakai Kartu Kredit saat di Luar Negeri

Punya rencana pergi jalan-jalan ke Singapura atau ke Paris? Selain paspor dan kartu identitas diri, pastikan untuk tidak lupa menyiapkan kartu kredit. Alasannya karena ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh. 

Kartu kredit pun sangat cocok digunakan oleh para traveller yang tidak ingin repot. Cukup dengan satu kartu, bisa digunakan untuk bertransaksi di merchant-merchant yang ada di berbagai negara.

Selain dari segi kemudahan bertransaksi, berikut ini beberapa keuntungan menggunakan kartu kredit ketika berada di luar negeri.

Baca Juga: Mengenal dan Memanfaatkan Kredit Cicilan 0%

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

7 Keuntungan Memakai Kartu Kredit saat di Luar Negeri

loader

Keuntungan Memakai Kartu Kredit saat di Luar Negeri

  1. Transaksi Lebih Praktis dan Mudah

    Berkali-kali menukar uang ke money changer tentunya kurang efisien, terlebih jika sedang dalam kondisi buru-buru. Sementara, membawa uang tunai dalam jumlah yang besar juga cukup berisiko.

    Untuk memudahkan transaksi selama di luar negeri, penggunaan kartu kredit yang berlogo Visa dan Mastercard tentu saja lebih disarankan. Ini karena jaringan dari kedua kartu kredit tersebut bisa dengan mudah ditemukan di luar negeri. 

    Tinggal gesek, semua jenis transaksi di luar negeri bisa dilakukan dengan mudah dan bebas repot.

  2. Dapat Digunakan untuk Tarik Tunai

    Keuntungan selanjutnya adalah memungkinkan penggunanya untuk melakukan tarik tunai. Jadi, tidak perlu lagi pergi ke money changer hanya demi menukarkan uang. Cukup cari ATM terdekat dan gunakan kartu kredit berlogo Visa atau Mastercard yang dibawa untuk tarik tunai.

    Dengan begitu, kamu bisa mengambil uang tunai sewaktu-waktu dibutuhkan. Misalnya, ketika bertransaksi dengan pedagang atau toko yang kebetulan tidak mendukung penggunaan kartu kredit.

  3. Banyak Tawaran Promo Menarik 

    Dibandingkan dengan transaksi tunai, pengguna kartu kredit bisa mendapatkan lebih banyak promo ketika bertransaksi dengan kartu kredit. Beberapa bank akan menawarkan potongan harga, cicilan 0%, hingga voucher dan poin reward dengan hadiah menarik.

    Bahkan, ada juga promo cashback dan beli 1 gratis 1 di merchant tertentu. Promo ini juga bisa diperoleh ketika ingin memesan kamar hotel atau booking tiket pesawat. Promo-promo menarik ini tentunya sangat sayang jika dilewatkan begitu saja.

  4. Mendapatkan Perlindungan Asuransi Perjalanan

    Keuntungan menggunakan kartu kredit di luar negeri selanjutnya adalah mendapatkan asuransi perjalanan. Siapa sih yang bakal mau terkena musibah selama di perjalanan, apalagi saat di luar negeri? 

    Nah, pengguna kartu kredit bisa mendapatkan benefit tambahan yakni asuransi perjalanan untuk seluruh anggota keluarga pemegang kartu kredit. Biasanya, jumlah maksimal tertanggungnya adalah 3 orang.

    Hanya saja, benefit ini hanya dirasakan oleh pengguna kartu kredit jenis tertentu. Nantinya, asuransi ini akan secara otomatis berlaku tanpa ada biaya tambahan.

  5. Opsi Ubah Transaksi ke Cicilan Lebih Mudah 

    Resah dengan tagihan yang membengkak sepulangnya dari luar negeri? Tenang, ada opsi penggantian pembayaran tagihan jadi cicilan.

    Tenor cicilannya bahkan bisa sampai 12 bulan, sehingga tidak akan terlalu memberatkan. Hal ini juga bisa menjaga kondisi keuangan pribadi agar tidak terganggu.

  6. Fasilitas Tambahan Airport Lounge

    Bosan menunggu waktu take off pesawat atau pesawat delay karena cuaca yang buruk? Untuk pengguna kartu kredit jenis tertentu bisa mendapatkan free akses ke Airport Lounge, lho.

    Termasuk bisa menggunakan segala fasilitas yang ada secara gratis dan penuh kenyamanan. Aktivitas menunggu berjam-jam yang tentu sangat membosankan pun jadi tidak terasa lagi. 

  7. Bisa Liburan Meskipun Budget Pas-pasan

    Keuntungan memakai kartu kredit selama di luar negeri yang terakhir adalah memungkinkan untuk pergi berlibur meski budget pas-pasan.

    Tak perlu menunggu lama agar tabungan untuk liburanmu terkumpul sepenuhnya. Dengan kartu kredit, kamu bisa membiayai perjalanan ke destinasi liburan yang diinginkan.

    Kartu kredit juga bisa dijadikan sebagai 'dompet' cadangan ketika uang saku yang dibawa ternyata tidak mencukupi atau budget melebihi ekspektasi. Menarik, bukan?

Baca Juga: Perbedaan Kartu Kredit VISA dan Mastercard

Kartu Kredit, Cara Mudah Bepergian Ke Luar Negeri 

Dengan kartu kredit, kini bepergian ke luar negeri bisa lebih mudah dan praktis. Terutama ketika ingin berbelanja. Belum lagi banyak promo menarik, fasilitas tambahan, bisa tarik tunai, serta fleksibel saat digunakan. 

Namun, sebelum mulai mengemas barang-barang dan pergi liburan ke luar negeri, pastikan untuk mengecek limit kartu kredit yang dimiliki untuk memastikan sisa limitnya cukup dan selalu gunakan kartu kredit secara bijak agar tidak rugi secara finansial di masa depan. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Kelebihan Kartu Kredit Digital yang Wajib Diketahui