Sederet Karakteristik Wirausaha yang Menjamin Kesuksesan, Tidak Melulu Soal Duit!

Banyak orang tak menyadari jika menjadi wirausahawan, selayaknya profesi lainnya, memerlukan beberapa keahlian dan karakteristik khusus. Penyebabnya tak lain karena wirausahawan merupakan jantung dari sebuah bisnis yang didirikannya. Tanpa pengaruh pendirinya, mustahil bisnis akan mampu berkembang hingga akhirnya mampu meraih kesuksesan yang didambakan.

Sehingga, apabila seseorang tak memiliki karakteristik atau keahlian tertentu yang dibutuhkan, kemungkinan besar bisnisnya akan jauh tertinggal dari usaha dari para rekan sejawatnya. Jadi, apa sih yang dimaksud dengan karakteristik dan juga kemampuan yang wajib dimiliki oleh seorang wirausahawan?

Pertama-tama, kamu perlu memahami dulu apa itu karakteristik wirausaha. Dalam konteks ini, karakteristik wirausaha berhubungan dengan mental dan sifat yang wajib dimiliki oleh wirausahawan. Karakteristik seorang wirausaha ini dapat dipelajari, sehingga jangan khawatir bahwa menjadi pebisnis andal hanya bisa dilakukan oleh mereka yang diberkati ‘bakat’.

Dalam kata lain, asal mau terus belajar dan berusaha, semua orang pasti bisa berhasil menjadi seorang wirausahawan yang berkarakter. Nah, untuk lebih jelas memahami apa saja karakteristik seorang wirausaha, simak ulasannya berikut ini. 

Baca Juga: 7 Tantangan yang Harus Dikalahkan oleh Wirausaha Wanita

Karakteristik Wirausaha yang Wajib Dipunyai Setiap Pebisnis

loader

Karakteristik Seorang Wirausaha

Banyak orang yang berpikiran bahwa modal uang merupakan kunci penting dan utama dalam berbisnis agar bisa meraih kesuksesan. Padahal, modal uang bisa dibilang adalah faktor nomor sekian yang perlu dikhawatirkan saat ingin memulai bisnis karena bisa dicari dan diusahakan dengan banyak cara.

Di sisi lain, menurut Wiryasaputra, terdapat 10 karakteristik wirausaha yang wajib dimiliki oleh pebisnis karena menjadi kunci untuk menyukseskan usaha. 10 karakteristik wirausaha adalah:

  1. Mampu Melihat Peluang Alias Visioner

    Karakteristik pertama yang wajib dimiliki oleh pengusaha adalah visioner atau mampu melihat peluang usaha yang menjanjikan di masa depan. Seorang wirausahawan andal pasti akan berusaha untuk melakukan yang terbaik saat ini sembari membayangkan bagaimana masa depan akan terjadi. Dengan begitu, wirausaha dapat berpikir dengan lebih inovatif dan kreatif. 

  2. Senantiasa Bersikap dan Berpikiran Positif

    Karakteristik yang satu ini juga wajib dimiliki oleh wirausahawan agar bisa lebih siap menghadapi segala hambatan dan kendala yang mungkin terjadi saat berbisnis. Bahkan, jika memiliki karakteristik ini, wirausahawan akan lebih mampu untuk mengubah masalah yang dialaminya menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Contoh dari pengusaha yang telah mendunia karena memiliki sikap dan mental yang positif adalah Kolonel Sanders yang baru mendirikan usaha ayam goreng KFC pada usia 65 tahun.

  3. Percaya Diri

    Mempunyai sikap confident atau percaya diri adalah karakteristik lainnya yang harus dimiliki oleh wirausahawan. Sikap tersebut mampu membantu seseorang dalam mengambil keputusan serta menentukan inovasi yang bakal diambil guna mengembangkan usahanya. Contohnya, Soichiro Honda, founder Honda, mampu membangkitkan kembali bisnisnya walaupun sempat terpuruk akibat Perang Dunia Kedua.

  4. Genuine atau Mempunyai Suatu Hal yang Orisinal

    Tak kalah pentingnya, seorang wirausahawan juga perlu mempunyai ide, produk, atau inovasi yang orisinal. Hal ini tidak serta merta mengharuskan pengusaha untuk menciptakan produk baru yang belum pernah ada sebelumnya. Melainkan, seorang wirausahawan perlu mampu memberikan nilai baru atau nilai lebih yang tak ditawarkan oleh produk pesaing guna menarik minat beli konsumen. 

  5. Berorientasi pada Tujuan

    Dengan memiliki karakteristik ini, wirausahawan akan lebih kuat menghadapi segala masalah yang menerpa bisnisnya. Selain itu, karena berorientasi pada tujuan, pengusaha akan lebih semangat dalam melakukan inovasi demi tercapainya target tersebut. Kalaupun target tersebut gagal diraih, pengusaha akan tetap berusaha sembari memasang tujuan baru dengan berlandaskan pengalaman dari kegagalan di masa lalu. 

  6. Tahan Uji atau Persistent

    Wirausahawan harus memiliki sikap persistent atau tahan uji agar bisa terus bergerak maju dalam mengembangkan usahanya. Karakteristik persistent ini mengartikan bahwa pengusaha harus memiliki tenaga, semangat tinggi, sikap pantang menyerah, dan tidak gampang putus asa. Dengan begitu, saat sedang terjatuh dalam menjalankan bisnis, mereka akan langsung bangkit dan membangun kembali bisnisnya. 

  7. Siap Mengambil Risiko

    Setiap keputusan yang diambil saat berbisnis pasti memiliki dampak dan risikonya tersendiri. Tak ada yang bisa memastikan seratus persen jika keputusan bisnis yang diambil oleh wirausahawan adalah yang terbaik dan tak akan berakhir dengan kegagalan. Nah, sikap siap mengambil risiko inilah yang wajib dimiliki oleh setiap pengusaha. 

    Yang terpenting adalah upayakan setiap keputusan yang diambil agar risiko buruknya dapat diminimalisir. Caranya bisa melalui proses perencanaan yang matang serta mempersiapkan jalan keluar jika ternyata keputusan yang diambil kurang tepat dan mengambil pembelajaran. Dengan begitu, bisnis menjadi lebih mampu bertahan dan pengusaha tidak akan mengambil keputusan yang salah untuk kedua kalinya di masa mendatang. 

  8. Berpikiran Kreatif

    Dengan pemikiran yang kreatif, pengusaha akan lebih mampu melihat kesempatan atau peluang yang ada. Kemudian, melalui peluang tersebut, pengusaha dapat mengubahnya menjadi sarana untuk menciptakan inovasi dan peluang yang baru lagi. Contohnya adalah George Eastment yang menciptakan brand Kodak dengan nama yang unik serta mudah untuk diingat. 

  9. Menjadi Pesaing yang Sehat

    Yang namanya berkecimpung dalam dunia bisnis, pengusaha pasti akan menemui kompetitor atau persaingan. Namun, jangan pahami persaingan ini sebagai alasan untuk menjatuhkan bisnis pesaing dengan cara yang negatif dan tak sesuai etika. Meski sama-sama berusaha untuk memikat hati konsumen agar membeli produk atau jasa yang ditawarkannya, wirausahawan perlu melakukannya dengan cara yang positif dan membangun. Sebagai contoh, terus menciptakan terobosan serta inovasi dalam produknya dan senantiasa memberikan pelayanan yang terbaik. 

  10. Pemimpin Demokratis

    Menjadi seorang wirausahawan tak hanya harus berkutat dengan aktivitas bisnisnya saja, namun juga tentang bagaimana cara menjadi seorang pemimpin yang demokratis kepada setiap karyawannya. Selain itu, wirausahawan juga harus bisa menjadi teladan sekaligus motivator terhadap setiap anak buahnya. Dengan begitu, usaha dapat dibangun dan dikembangkan secara optimal dan tercipta lingkungan kerja yang harmonis serta saling mendukung. 

Baca Juga: Tips Sukses Menjadi Wirausaha dari JK Rowling

Kemampuan yang Harus Dipunyai Wirausahawan

Tidak hanya karakteristik di atas, wirausahawan ternyata juga perlu memiliki sejumlah kemampuan agar bisa memiliki peluang lebih besar dalam menyukseskan bisnisnya. Apa sajakah kemampuan yang wajib dimiliki oleh wirausahawan tersebut?

Teknis

Kemampuan teknis adalah keahlian pertama yang perlu dimiliki oleh seorang pengusaha. Kemampuan teknis ini meliputi kemampuan dalam membaca, mendengarkan, menulis, pengorganisasian, presentasi lisan, dan juga pembinaan. Selayaknya karakteristik seorang wirausaha, kemampuan teknis ini juga bisa dilatih dan dibiasakan dalam aktivitas sehari-hari.

Manajerial

Selain itu, kemampuan manajerial juga menjadi skill yang wajib dimiliki oleh seorang wirausahawan atau pemilik sebuah usaha. Yang termasuk dalam kemampuan manajerial ini adalah kemampuan dalam memulai, mengembangkan, hingga mengelola sebuah usaha. Tujuannya tak lain agar bisa mendapatkan keuntungan maksimal serta mampu mengembangkan bisnis dengan lebih optimal.

Berwirausaha

Kemampuan ketiga yang seharusnya kamu miliki atau latih jika memutuskan untuk menjadi seorang pengusaha atau pebisnis adalah kemampuan wirausaha. Apa yang dimaksud dengan kemampuan wirausaha ini?

Secara singkat, kemampuan wirausaha meliputi kemampuan dalam menciptakan sebuah usaha, melakukan inovasi, memiliki pandangan jauh ke depan atau visioner, serta selalu berusaha mencari kesempatan atau peluang baru pada setiap langkah yang diambilnya. Selain itu, tujuan dari kemampuan berwirausaha ini adalah untuk memajukan bisnis atau perusahaan yang dimiliki agar bisa mencapai target yang telah ditentukan sebelumnya dengan lebih optimal.

Ciptakan Karakter Sendiri dengan Memahami Karakteristik dan Kemampuan yang Kamu Miliki

Itulah sederet karakteristik dan juga kemampuan yang wajib dimiliki oleh seorang pengusaha agar lebih berpotensi meraih kesuksesan saat berwirausaha. Baik dalam skala kecil, menengah, atau besar sekalipun. Tetap pahami bahwa setiap karakteristik maupun kemampuan berwirausaha di atas dapat dipelajari oleh semua orang tanpa terkecuali. 

Dalam kata lain, semua hal yang telah disebutkan di atas bukanlah bakat atau hal yang hanya dimiliki oleh segelintir orang saja. Jadi, jangan putus semangat dulu jika memang saat ini masih belum memiliki seluruh kemampuan dan karakteristik seorang wirausaha tersebut. Sebab melalui usaha yang dilakukan secara kontinu setiap hari, bukan tidak mungkin kamu akan memiliki kemampuan dan karakteristik di atas serta lebih mampu dalam mengembangkan usaha hingga sukses. 

Baca Juga: Berbeda dengan Wirausaha, Inilah Pengertian Wiraswasta yang Sebenarnya