Setelah Lulus Kuliah, Buruan Lakukan ini Sebelum Melamar Kerja

Lulus kuliah dan mengikuti acara wisuda bisa dibilang menjadi tujuan akhir bagi sebagian besar mahasiswa. Tanpa terasa setelah beberapa tahun hidup sebagai seorang mahasiswa, sudah tiba waktunya dinyatakan lulus dari sebuah perguruan tinggi.

Namun jangan salah, setelah lulus kita dituntut agar siap memasuki dunia kerja dengan bekal ilmu dan kemampuan yang sudah didapatkan selama duduk di bangku perkuliahan.

Tuntutan Menjadi Pribadi yang Lebih Dewasa

Di satu sisi, bisa bernapas lega karena sudah bisa meninggalkan hari-hari di mana kita harus tidur larut malam hanya untuk mengikuti ujian semester atau menyelesaikan revisi tugas akhir yang tidak ada habisnya.

Setelah lulus, kita juga sudah meringankan beban orangtua yang tentunya sudah tidak perlu lagi membiayai uang kuliah tiap semester. Banyak dari kita yang memilih beristirahat dan menikmati masa-masa menjadi “pengangguran” sebelum mulai mencari kerja.

Tidak salah memang, namun perlu diingat bahwa perjalanan hidup sebagai pribadi yang dewasa baru saja dimulai. Setelah wisuda, perlu mempersiapkan beberapa hal agar bisa lebih siap memasuki dunia kerja.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Multi Guna Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KMG Terbaik! 

Jadi, sesaat setelah lulus kuliah jangan barlarut-larut dalam menikmati kebebasan dari bangku kuliah, ya. Buruan lakukan hal berikut ini sebelum melamar kerja sesuai yang diinginkan.

1. Belajar Membuat CV yang Baik dan Menjual

Membuat CV
Ilustrasi membuat CV

Mempersiapkan sebuah Curriculum Vitae atau CV wajib dilakukan saat kamu akan melamar kerja. Tapi tahukah? Membuat sebuah CV saja tidaklah cukup.

Akan lebih baik apabila kamu bisa membuat sebuah CV yang bagus dan keren berdasarkan pengalamanmu. Membuat sebuah CV yang baik dan menjual adalah langkah pertama yang bisa segera kamu pelajari setelah lulus.

Selain memasukkan informasi pribadi, pastikan CV yang telah dibuat memiliki desain menarik dan enak untuk dibaca. Gunakan tata bahasa yang baik dan pastikan informasi didalamnya menarik dan tidak terlalu panjang.

CV yang menarik adalah sebuah CV yang menceritakan berbagai pengalaman dan pencapaian selama duduk di bangku kuliah. Tuliskan pengalaman organisasi, pekerjaan sambilan yang pernah dilakukan, bahkan riwayat pelatihan atau sertifikasi yang kamu miliki.

Hal-hal tersebut sedikit banyak akan membantu menonjolkan kelebihan dirimu yang bisa dijual saat melamar kerja. Karena belum ada pengalaman kerja yang bisa dicantumkan, maka penulisan CV yang tepat jadi penting.

Baca Juga: Cara Membuat CV untuk Kamu yang Tertantang Bekerja Jadi Marketing

2. Coba Ikuti Berbagai Kursus atau Pelatihan

Kursus Bahasa Asing
Ilustrasi kursus bahasa asing

Setelah lulus kuliah, pastinya kamu akan memiliki banyak waktu luang bukan? Pertimbangkan mengikuti berbagai kursus atau pelatihan untuk menambah pengetahuan yang tidak bisa didapatkan selama kuliah.

Menambah pengetahuan atau kemampuan bisa didapatkan dari berbagai macam sumber. Tentu hal ini tidak terbatas pada kegiatan perkuliahan saja. Ikuti berbagai pelatihan, kurus, atau sertifikasi sesuai minat dan bakat yang kamu miliki.

Hal-hal ini tentu saja akan membantu mempercantik CV dan tentunya sebagai pengakuan resmi atas kemampuan yang dimiliki. Sebagai contoh, Apabila ingin mengincar pekerjaan yang membutuhkan kemampuan berbahasa asing, kamu bisa mengikuti kursus bahasa untuk meningkatkan kemampuan bahasamu.

Kursus atau pelatihan ini juga sekarang bisa didapat dengan mudah via online dan biasanya waktunya cukup singkat. Bahkan ada banyak aplikasi belajar bahasa asing yang bisa diundul secara gratis.

3. Hubungi Teman atau Kerabat yang Sudah Bekerja

Jejaring
Sering-seringlah menghubungi teman dan kerabat yang sudah bekerja

Salah satu kunci agar kamu bisa cepat mendapatkan pekerjaan adalah rekomendasi dari teman atau kerabat terdekat. Apabila kamu memiliki kerabat atau teman dekat yang sudah bekerja terlebih dahulu, pastikan untuk menghubungi mereka supaya kesempatan mendapatkan pekerjaan lebih besar dibandingan melamar sendiri.

Di dalam dunia kerja, memiliki koneksi yang tepat adalah salah satu hal terpenting untuk mencapai kesuksesan. Untuk kamu yang baru lulus, memiliki koneksi di bidang pekerjaan yang diminati bisa menjadi jalan terbaik mendapatkan pekerjaan yang diimpikan.

Tanyakan secara apakah ada lowongan yang tersedia yang kira-kira cocok dengan minat atau kemampuan yang dimiliki. Karena itu, mulai sekarang tetap mempertahankan hubungan baik dengan teman-teman, kerabat yang sudah lebih dulu bekerja.

Baca Juga: 5 Alasan Penting Fresh Graduate yang Baru Bekerja Perlu Punya Kartu Kredit

Raih Masa Depan Suksesmu

Lulus kuliah adalah sebuah awal menjadi pribadi yang dewasa. Sebelum melangkahkan kaki di dunia kerja, penting untuk memperluas kemampuanmu di berbagai bidang dan menemukan koneksi yang tepat. Jangan terlalu terlena dengan euphoria wisuda dan bersantai terlalu lama. Lakukan langkah-langkah positif tiap hari dan segera tentukan masa depanmu mulai dari sekarang!

Baca Juga: Jangan Sepelekan Pekerjaan Pertama, Ini 6 Pelajaran Berharga yang Fresh Graduate Dapatkan