7 Hal yang Membuatmu Ketagihan Pakai Digital Banking

Beberapa dari kamu pasti sempat merasakan membayar belanja online, uang sekolah, kuliah, dan menabung langsung ke teller bank. Cara ini merupakan cara lama yang masih dilakukan bagi sebagian orang. Tapi sudah banyak juga masyarakat khususnya nasabah yang menggunakan digital banking untuk segala urusan perbankan, baik untuk transaksi, transfer dan sebagainya.

Hadirnya layanan pembayaran digital tentu menguntungkan masyarakat, bahkan tidak sedikit ketagihan menggunakannya. Bagi yang sampai sekarang belum menggunakan digital banking, berikut beberapa hal yang akan membuat kamu ketagihan menggunakan digital banking yang bisa kamu pertimbangkan.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

7 Hal yang Membuatmu Ketagihan Pakai Digital Banking

1. Mudah

loader
Caranya yang mudah

Pembayaran digital memudahkan pekerjaan manusia. Tidak perlu pergi ke bank, mengantri selama berjam-jam cuma untuk mendapatkan pelayanan yang dibutuhkan. Tinggal unduh aplikasi, maka semua jenis transaksi beres. Kamu bisa bertransaksi kapan dan dimana saja selagi punya aplikasinya, smartphone memadai, dan terkoneksi dengan internet. 

Dengan layanan digital ini, kamu dapat menghindari denda akibat keterlambatan pembayaran. Yakin masih tidak mau menggunakannya?

2. Fitur yang lengkap

Selain mudah, fitur yang disediakan oleh layanan pembayaran digital juga cukup lengkap. Mulai dari mentransfer uang, mengecek saldo, mutasi rekening selama satu bulan terakhir, dan membuka rekening baru.  

Jika seandainya punya cicilan, kamu bisa memanfaatkan fitur digital banking untuk mengatur tanggal pembayaran. Saat pembayaran jatuh tempo, saldo akan terpotong otomatis.

Fitur ini dapat dinikmati kalau kamu sudah registrasi di aplikasinya. Registrasi dilakukan sebanyak satu kali dengan mengikuti langkah-langkah yang sudah disediakan.

Baca Juga: Belanja Online Jadi Aman, Ini 5 Tips Hindari Penipuan Online Shop

3. Promo yang menarik

Beberapa bank juga sering mengadakan promo maupun undian menarik lewat aplikasi digital banking. Sebut saja cashback, undian berhadiah, atau promo potongan langsung saat membayar tagihan. Keuntungan yang mungkin tidak bisa didapatkan kalau kamu masih menggunakan layanan manual.

Promo yang diadakan biasanya memiliki syarat dan ketentuan masing-masing sesuai dengan kebijakan bank. Sebaiknya baca baik-baik siapa tahu kamu memenuhi kriteria tersebut.

Tidak perlu khawatir, informasi yang diberikan sewaktu mengikuti undian dipastikan aman. Pihak perbankan sendiri sangat menjaga informasi mengenai data nasabah. 

4. Pembaruan otomatis

Keuntungan lainnya yang bisa didapat adalah adanya pembaruan otomatis. Biasanya akan ada pemberitahuan untuk memperbarui aplikasi di smartphone yang digunakan. 

Pembaruan biasanya dimaksudkan untuk menambah fitur untuk nasabah, sehingga transaksi digital semakin mudah. Selain itu, untuk meningkatkan keamanan sistem layanan digital agar data nasabah tidak mudah dibobol oleh hacker, mengurangi bug untuk mempercepat kinerja aplikasi.

Pembaruan bisa dilakukan secara otomatis saat smartphone terkoneksi dengan internet. Pastikan kuota internet kamu selalu ada untuk menikmati keuntungan transaksi secara digital ini, ya!

5. Terintegrasi langsung dengan e-commerce

loader
Terintegrasi dengan e-commerce

Berbelanja online menjadi salah satu gaya hidup masyarakat saat ini. Selain mudah dan cepat, terdapat pula berbagai diskon menarik yang tentunya sayang bila dilewatkan begitu saja. 

Untungnya lagi sekarang ada digital banking yang akan memudahkan semua transaksi belanja online. Mulai dari transfer manual, virtual account, dan one click. Kamu bisa memilih salah satu diantaranya, sehingga pembelian bisa segera diproses oleh e-commerce yang bersangkutan.

Kamu tidak perlu memikirkan biaya administrasi sewaktu mentransfer pembayaran. Selagi bank yang dipilih sama, maka transaksi akan dibebaskan dari biaya apapun. 

Baca Juga: 4 Tips Psikologis untuk Menghindari Godaan Belanja Online

6. Terbukti ramah lingkungan

Seperti yang dilansir dari halaman National Geographic, terdapat 1,3 miliar ton sampah yang ada di bumi tercinta. Bisa dibayangkan seperti apa jadinya bumi ini dalam beberapa tahun ke depan kalau masyarakat tidak mengambil tindakan apapun.

Untungnya pembayaran digital hadir untuk menyelamatkan bumi. Setidaknya dengan digital banking, produksi sampah berupa kertas berkurang secara perlahan karena tidak ada kertas yang digunakan untuk bertransaksi. Berhasil atau tidak, kamu bisa lihat langsung di aplikasi banking atau bisa juga dengan mendapatkan SMS banking kalau aplikasi sudah terintegrasi dengan fitur ini. 

7. Mobilisasi yang tinggi

Kehadiran digital banking otomatis mengubah perilaku masyarakat dalam bertransaksi, yang tadinya harus ke bank sekarang bisa di rumah atau dimana saja. Hal ini membuat mobilisasi masyarakat dalam bertransaksi semakin tinggi dan secara otomatis mempengaruhi perputaran uang di bank.

Meski begitu, setiap transaksi yang dilakukan harus didasarkan pada pertimbangan matang. Jangan sampai karena sudah mendapatkan semua kemudahannya, kamu malah gegabah dalam menggunakan fasilitas digital banking. Layanan pembayaran digital hanya sebagai alat untuk memudahkan pekerjaanmu. Jadi, jangan salah mengartikan kemudahannya karena hal ini dapat mempengaruhi kondisi finansialmu.

Jaga Keamanan Digital Banking Milikmu

Mengingat kasus penipuan semakin marak terjadi, penting untuk menjaga keamanan digital banking milikmu. Caranya dengan menjaga kerahasiaan kode akses dan transaksi, sehingga aplikasi pembayaran digital kamu tidak disalahgunakan orang lain. Jangan juga sembarangan meminjamkan smartphone milikmu ke orang lain, apalagi saat layanan digital banking masih aktif.

Baca Juga: Gaji Pas-pasan? Begini Tips Menghemat Uang Belanja