Tak Lekang oleh Waktu, Rita Sugiarto Tetap Eksis di Tengah Gempuran Penyanyi Dangdut Muda

Musik dangdut tak bisa dilepaskan dari budaya Indonesia. Musik dengan ciri khas gendang dan suling ini bahkan menjadi musik khas asli Tanah Air yang gaungnya sudah mendunia. Ya, kalau kata Project Pop “Dangdut is The Music of My Country.”

Salah satu artis yang malang melintang di industri musik dangdut adalah Rita Sugiarto. Penyanyi dangdut senior yang tak lekang dimakan zaman meski banyak pemain baru berbakat bermunculan.

Rita Sugiarto memulai debut di industri hiburan Tanah Air sejak tahun 1970-an. Sosok Wanita berusia 59 tahun itu memang tidak mudah dilupakan. Apalagi kalau mendengar suara khasnya. Lagu-lagunya selalu menjadi hits dan masih dilantunkan hingga saat ini.

Selain itu, pencipta lagu dangdut tersebut juga masih tampak awet muda dan selalu memberikan penampilan prima ketika manggung. Kira-kira apa ya rahasianya? Berikut kisah lengkap Rita Sugiarto yang dirangkum Cermati.com dari berbagai sumber.

Baca Juga: Fantastis, Ini Penyanyi Dangdut dengan Honor Termahal

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Hijrah ke Jakarta hingga Berduet dengan Rhoma Irama

Bagi penggemar musik dangdut, nama Rita Sugiarto pasti sudah tidak asing lagi di telinga. Perempuan kelahiran Semarang, 19 September 1960 ini bisa dibilang penyanyi dangdut legendaris. Kawan sejawatnya adalah Raja dan Ratu Dangdut, Rhoma Irama dan Elvi Sukaesih yang masih mampu membuktikan tetap eksis sampai saat ini.

Memutar sekilas memori masa lalu, bakat menyanyi Rita sudah terlihat sejak kecil, tepatnya di bangku sekolah dasar (SD). Berbekal suara yang merdu, ia seringkali mengikuti berbagai festival musik. Namun kala itu bukan aliran musik dangdut yang digeluti, melainkan genre pop.

Berkat kemampuan bernyanyi yang indah, membuatnya sukses menjuarai dan menyabet piala. Hingga pada akhirnya, keberhasilan tersebut membawanya untuk hijrah ke Jakarta meninggalkan daerah kelahiran. Mengadu nasib di Ibu Kota saat usia Rita 13 tahun.

Keputusan tersebut tidak sia-sia. Kesempatan untuk masuk dapur rekaman datang di tahun 1975. Saat itu, Rhoma Irama tertarik dengan suara Rita Sugiarto. Kemudian mengajaknya berduet. Bukan hanya di atas panggung, tapi dua pedangdut senior ini juga menelurkan album bersama.

Setelah bergabung dengan Soneta sejak tahun 1975, sudah banyak album yang dirilis Setidaknya ada sekitar 20 album yang sudah dipasarkan. Beberapa di antaranya adalah Soneta Volume 4-Darah Muda (1975), OST Begadang (1978), OST Berkelana (1978), OST Camelia (1979), hingga album Pemilu (1982).

Kebersamaan Rita dengan sang Raja Dangdut dalam bermusik berakhir pada tahun 1981-1982. Pemilu menjadi album ‘perpisahan’ Rita yang melepaskan diri dari Soneta Group yang telah membesarkan namanya. Di tahun tersebut, pelantun lagu Pacar Dunia Akhirat ini juga mengakhiri masa lajang.

Jacky Zimah merupakan pria beruntung yang meminang Rita Sugiarto. Kedua penyanyi dangdut ini membentuk orkes melayu yang diberi nama Jackta Group. Membawa bendera Jackta Group, ibu dua orang anak ini pernah mendulang sukses besar dengan penjualan album hingga 2 juta keping.

Album Volume 1 – Cinta Berawan dengan lagu andalan berjudul Jacky, ciptaan Rita sendiri berhasil menjadi album dangdut terlaris sepanjang masa.

Pencipta Lagu Populer dan Pemain Film

Kemampuan Rita Sugiarto dalam bernyanyi sudah tak diragukan lagi. Ia juga banyak menciptakan lagu yang dituangkan dalam puluhan album. Wanita yang bercerai dengan Jacky Zimah pada tahun 2000 itu juga memiliki album solo, album duet dan kolaborasi, serta album kompilasi dan kompilasi terbaik.

Selain bernyanyi dan menghasilkan karya lagu, peraih penghargaan Lifetime Achievement dari Anugerah Dangdut Indonesia 2015 ini pun ternyata jago akting. Sederet judul film yang pernah dibintanginya, antara lain Oma Irama Penasaran (1976), Darah Muda (1977), Keagungan Tuhan (1980), Perjuangan dan Doa (1980), Melody Cinta Rhoma Irama (1980), Badai di Awal Bahagia (1981), serta Dilihat Boleh Dipegang Jangan (1983).

Baca Juga: Makin Hype di Indonesia! Ini 6 Fakta Menarik Tik Tok yang Perlu Diketahui

Jadi Juri dan Rilis Single Baru

View this post on Instagram

A post shared by R I T A S U G I A R T O (@ritsu1909) on

Karier Rita Sugiarto di belantika musik dangdut begitu cemerlang selama lebih dari 4 dekade. Pelantun lagu Kupu-kupu ini membuktikan diri bahwa kualitas bernyanyinya bukan kaleng-kaleng. Dirinya bahkan menjadi panutan atau idola para penyanyi dangdut muda.  

Karena eksistensinya, Penyanyi Dangdut Wanita Terbaik di ajang Anugerah Dangdut Indonesia (2016) itu dipercaya menjadi juri di ajang pencarian bakat penyanyi dangdut. Selain itu, Rita masih aktif menelurkan karya.

Single lagu baru yang dirilis bertajuk Tulang Rusuk (2019) dan mendapat respons positif dari masyarakat. Video clip lagu tersebut di akun YouTube SMD Records telah ditontoh lebih dari 10 juta viewers.

Sumber Penghasilan Sang Diva Dangdut

View this post on Instagram

In dress @dechantique26 karya mbak Nining . Make up @lanibrahim_makeup Style by @diaryfashionstyle

A post shared by R I T A S U G I A R T O (@ritsu1909) on

Berkarier di industri musik dangdut Tanah Air selama lebih dari 40 tahun membuat Wanita yang pernah dikabarkan dekat dengan pemain sinetron, Rizal Gibran itu meraup pundi-pundi uang fantastis.

Honor per sekali manggung berkisar puluhan sampai ratusan juta rupiah. Itu belum termasuk saweran. Rita Sugiarto bahkan disebut-sebut pernah mendapat uang saweran sebesar Rp250 juta saat mengisi hajatan seorang pengusaha asal Kalimantan.

Uang terus mengalir ke kantong Diva Dangdut ini berkat job manggung yang tak pernah sepi setiap harinya. Ditambah lagi dari hasil royalti karya-karyanya.

Usia Bukan Batasan untuk Berkarya

Berkarya tidak mengenal usia, jenis kelamin, maupun jabatan. Siapapun dapat berkarya sesuai dengan passion masing-masing. Teruslah berkarya meski saat ini karyamu belum dilirik orang lain, karena suatu saat pasti ada orang yang menghargai hasil karya maupun pekerjaanmu.

Baca Juga: Terlahir dari Keluarga Kaya, Reino Barack Pernah Alami Hidup Sulit di Negeri Orang