Tak Perlu Khawatir, Begini Tips Jaga Tubuh Tetap Bugar dan Sehat Selama Pandemi

Banyak imbauan yang pemerintah telah dikeluarkan sejak virus Covid-19 atau Corona mulai merebak. Selain menganjurkan untuk mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, masyarakat pun juga diharapkan untuk menerapkan pola hidup sehat dan bersih.

Ditambah lagi, lakukan pembatasan jarak atau social distancing, serta mengurangi kegiatan di luar rumah jika tidak ada sesuatu yang sangat mendesak. Sejumlah perusahaan bahkan telah menerapkan kebijakan WFH agar karyawannya bekerja dari rumah.

Selama harus di rumah saja, baik sambil bekerja maupun melakukan kegiatan yang lain, bukan berarti kita abai dengan kesehatan. Jaga kondisi tubuh dengan menerapkan sejumlah langkah pencegahan menjadi hal yang penting dilakukan. Ini agar sistem kekebalan tubuh tetap terjaga agar tidak mudah tumbang karena serangan virus. 

Berikut ini ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk tetap bugar dan sehat selama tinggal di rumah saja.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

1. Cukup istirahat 

loader
Istirahat cukup

Memiliki waktu beristirahat yang cukup menjadi hal yang sangat penting agar metabolisme dalam tubuh bekerja dengan maksimal. Selain itu, menjaga rutinitas tidur dengan teratur setiap hari juga tak kalah penting agar semuanya berjalan sesuai dengan pola normal. 

Tubuh yang kekurangan waktu istirahat berkualitas bisa mengakibatkan terjadinya banyak masalah pada tubuh yang bisa memicu masalah kesehatan. Mulai dari menurunnya imun tubuh, gampang jatuh sakit hingga masalah penyakit kardiovaskular yang memicu masalah jantung.

Saat kita tidur, tubuh akan melepaskan senyawa protein yang disebut sitokin. Senyawa ini dibutuhkan untuk menjaga tubuh dari peradangan, infeksi, hingga stres. Nah, jika kita lebih suka begadang, pastinya waktu tidur pun berkurang. Hal ini membuat produksi sitokin pun menurun, sehingga kemampuan imun tubuh untuk melawan infeksi menjadi berkurang dan proses penyembuhan pun jadi lebih lambat.

Baca Juga: 45 Cara Hidup Sehat

2. Penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan cukup

Selain menjaga pola tidur, pastikan untuk mencukupi kebutuhan air minum tubuh dengan cukup. Meskipun kita hanya beraktivitas di dalam rumah saja, tubuh tetap butuh cairan untuk mendukung proses metabolisme. 

Tubuh yang kekurangan air putih bisa mengakibatkan dampak buruk bagi kesehatan, mulai dari lemas, konsentrasi berkurang hingga memicu masalah metabolisme. Pastikan untuk memenuhi kebutuhan air harian tubuh minimal 8 gelas atau 2 liter setiap harinya.

Baca Juga: Jangan Melulu Obat, Ini 5 Tanaman Herbal untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh

3. Jaga asupan makanan kaya nutrisi

loader
Jaga asupan makanan sehat

Agar tubuh tetap sehat dan bugar saat di rumah saja selama pandemi, kita harus tetap menjaga asupan makanan yang bernutrisi. Ada baiknya untuk mengatur menu makanan sehari-hari secara seimbang. Agar setiap unsur gizi bisa terpenuhi dengan lengkap dan jumlahnya sesuai dengan tubuh butuhkan, tidak kurang dan tidak lebih.

Kita pun bisa menerapkan konsep yang dikenal dengan “Piring Makanku” agar membantu agar kaidah gizi yang seimbang bisa dipenuhi, sebagaimana berikut contohnya,

  • Isi setengah bagian piring makan dengan buah dan sayur dari warna dan jenis yang beraneka ragam.
  • Isi seperempat bagian piring makan selanjutnya diisi dengan protein. Baik dari sumber hewani, seperti telur, ikan ayam dan daging, maupun sumber protein nabati yang berasal dari kacang-kacangan dan biji-bijian.
  • Isi seperempat bagian piring makan selanjutnya diisi dengan karbohidrat kompleks yang bisa diperoleh dari beras merah dan biji-bijian.
  • Kemudian sebagai pelengkap tambahkan minyak sehat yang berasal dari jagung, zaitun, kedelai atau kanola. Sebaiknya hindari minyak dengan kadar lemak jenuh yang tinggi.
  • Konsumsi air putih dengan cukup, minimal 8 gelas setiap hari. Untuk konsumsi susu, batasi hanya 2 gelas saja per hari, untuk jus cukup satu gelas saja per hari. Selain itu, hindari juga minuman yang tinggi kandungan gulanya.

4. Jaga higienitas diri dan rumah

Meskipun hanya tinggal di rumah saja dalam waktu cukup lama, kita pun harus tetap mengutamakan kebersihan diri serta lingkungan di sekitar. Pastikan untuk rutin cuci tangan dengan menggunakan sabun dan juga air mengalir.

Misalnya saja, sepulang dari bepergian, sebelum dan sesudah makan, habis dari toilet, atau ketika tangan sudah terasa kotor. Ketika bersin atau batuk, tutupi hidung dan mulut dengan tisu. Lalu, buang tisu segera dan cuci tangan dengan bersih.

Selain tubuh, kebersihan rumah pun harus dijaga. Coba bersihkan perabot dan sudut-sudut rumah yang memungkinkan untuk kuman tinggal, seperti gagang pintu, meja, kursi, gagang kulkas, disela-sela lemari, gorden, wastafel dan lain sebagainya. Jika kita memiliki area kerja di rumah, jangan lupa jaga kebersihannya dengan rutin mengelap laptop dan meja kerja secara rutin.

Gaya Hidup Sehat yang Seimbang

Selain fisik yang harus tetap sehat dan bugar, disarankan untuk juga lebih concern dengan kesehatan mental. Karena masa pandemi membuat banyak orang mengalami tekanan dan kekhawatiran yang mendalam. Sehingga bisa menyebabkan seseorang jatuh sakit dan sulit sembuh, ketika kesehatan mentalnya terganggu.

Selektif terhadap segala jenis informasi yang diperoleh dan pastikan informasi tersebut berasal dari sumber kredibel, akurat dan bisa dipercaya. Yang terpenting, terapkan gaya hidup sehat yang seimbang antara raga dan jiwa.

Baca Juga: Cegah Virus Corona dengan Jaga Imun Tubuh, Begini Caranya!