Vaksin Hepatitis B - Manfaat, Kandungan, Dosis, dan Cara Mendapatkannya

Mencegah hepatitis B penting untuk dilakukan mengingat buruknya dampak dari virus tersebut. Perlu diketahui, penyakit ini pun tidak hanya menyerang orang dewasa, tetapi juga bisa teridentifikasi pada anak-anak. Oleh karena itu, pencegahan sedari dini perlu dilakukan. 

Hepatitis B pada anak dapat terjadi apabila ibu yang mengandung anak tersebut terinfeksi virus ini. Penularan tersebut terjadi melalui proses persalinan. 

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mendapatkan vaksin hepatitis B. Vaksin ini merupakan vaksin yang mengandung antigen permukaan virus hepatitis B (HBsAg) nonaktif dan berfungsi untuk merangsang sistem imun membentuk antibodi lebih kuat agar terhindar dari infeksi virus ini. 

Ketahui informasi lebih lengkap seputar vaksin hepatitis B, mulai dari pengertian, manfaat, kandungan, harga, dan cara mendapatkannya, berikut ini, yuk! 

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

Pengertian Hepatitis B

loader

Penyakit ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus hepatitis B (HBV) dan menimbulkan peradangan pada organ hati atau liver. 

Umumnya, infeksi atau peradangan pada liver tidak bertahan lama dan dapat sembuh dengan sendirinya. Akan tetapi, tidak jarang juga ditemukan peradangan hepatitis B yang bertahan cukup lama dalam tubuh dan menimbulkan penyakit infeksi hepatitis akut.  

Jika infeksi hepatitis akut tidak ditangani dengan cepat dan tepat dapat menimbulkan penyakit sirosis atau kanker hati yang dapat menyebabkan kematian. 

Apa itu Vaksin Hepatitis B?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, vaksin hepatitis B adalah vaksin yang diberikan untuk mencegah infeksi hepatitis B. Vaksin ini dibuat dengan menggunakan teknologi DNA rekombinan untuk menghasilkan virus nonaktif dan tidak akan menginfeksi tubuh. 

Pemberian vaksin ini dilakukan dengan menggunakan jarum suntik. Lantas, siapa saja yang perlu mendapatkan vaksin ini? Jawabannya adalah seluruh masyarakat. 

Vaksin ini dapat diberikan pada bayi hingga orang dewasa. Namun, pemberian vaksin ini pada ibu hamil dan menyusui perlu konsultasi dokter terlebih dahulu. Hal tersebut dikarenakan belum ada studi pasti yang menunjukkan minimnya resiko pada janin dan terserapnya vaksin pada ASI. 

Baca Juga: Kenali Gejala Hepatitis B, Penyakit yang Dapat Menular dengan Mudah

Manfaat Vaksin Hepatitis B

Memangnya apa saja, sih, manfaat vaksin hepatitis B itu? Berikut adalah manfaat vaksin hepatitis B yang perlu diketahui. 

1. Mencegah Infeksi Virus Hepatitis B

Manfaat utama dari vaksin hepatitis B adalah untuk mencegah tubuh terinfeksi virus hepatitis B. Vaksin hepatitis B dalam tubuh akan merangsang sistem imun kita untuk membentuk antibodi. 

Nantinya, antibodi ini yang akan berperan sebagai tameng dan melindungi diri dari virus tersebut. Dengan begitu, kamu pun akan lebih terhindari dari peluang terinfeksi virus ini. 

2. Melindungi Diri Sendiri dan Keluarga

Tahukah kamu, data Kementerian Kesehatan RI menunjukkan sebanyak 47.550 dari 2.946.013 ibu hamil terdeteksi positif terinfeksi hepatitis B (1,61%) pada 2021 lalu. Hal ini mengindikasikan infeksi virus ini pada anak pun juga berpeluang tinggi. 

Pemberian vaksin ini sedari dini dapat menurunkan resiko terinfeksi virus tersebut. Dengan begitu, angka positif virus ini pun dapat ditekan dan peluang tersebarnya penyakit ini pun dapat menurun. Dirimu dan keluarga juga lebih terlindungi. 

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Vaksin Hepatitis B

loader

Sebelum mendapatkan vaksin ini, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan. Hal yang perlu diperhatikan umumnya berhubungan dengan riwayat kesehatan untuk menanggulangi efek samping pasca vaksin. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan. 

  • Jika memiliki alergi, sampaikan informasi tersebut kepada dokter atau petugas medis untuk menghindari efek samping berat pada tubuh. 
  • Jika mengalami alergi atau efek samping berat pasca vaksin pertama, tidak dianjurkan untuk mendapatkan vaksin kedua. 
  • Sampaikan pada dokter jika memiliki penyakit infeksi yang menyebabkan demam supaya pemberian vaksin dapat ditunda hingga kondisi membaik. 
  • Penderita penyakit ginjal, multiple sclerosis, sistem kekebalan tubuh yang lemah, penyakit hati, hemofilia, dan trombositopenia sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. 
  • Sebelum mendapatkan vaksin, lakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu jika sedang mengkonsumsi suplemen produk herbal, obat (termasuk obat antikoagulan). 
  • Konsultasikan pada dokter jadi sedang hamil atau berencana hamil serta bagi ibu menyusui sebelum mendapatkan vaksin ini.
  • Segera ke rumah sakit atau temui dokter jika mengalami efek samping berat pasca vaksinasi. 

Dosis dan Waktu Pemberian Vaksin Hepatitis B

Setelah memastikan kondisi tubuh dalam keadaan sehat dan siap menerima vaksin, hal selanjutnya yang perlu diketahui adalah besaran dosis dan waktu pemberian suntik vaksin Hepatitis B. 

Perlu diketahui bahwa vaksin ini tidak hanya dikhususkan pada orang dewasa saja, anak-anak pun dianjurkan untuk mendapatkan vaksin ini sedari dini. WHO (World Health Organization) pun mengimbau vaksin ini diberikan pada bayi dalam waktu 24 jam setelah dilahirkan. 

Akan tetapi, apakah besaran vaksin hepatitis B dewasa dan anak-anak serupa? Berikut besaran dosis dan waktu pemberian vaksin ini yang perlu diketahui. 

Dosis Vaksin Hepatitis B

Dewasa

Anak

  • Diberikan pada masyarakat dengan usia di atas 18 tahun.
  • Dosis vaksin hepatitis B dewasa adalah sebanyak 0,5–1 ml dan terdapat 3 kali vaksinasi. 
  • Setelah mendapatkan vaksin pertama, vaksin kedua akan diberikan selang 1 bulan dan vaksin ketiga diberikan selang 6 bulan kemudian dari vaksin kedua.
  • Diberikan segera setelah bayi lahir.
  • Dosis vaksin pada anak adalah sebanyak 0,5-1 ml dan terdapat 3 kali vaksinasi.
  • Setelah anak mendapatkan vaksin pertama, vaksin kedua dapat diberikan pada usia 2 hingga 4 bulan. Lalu, vaksin ketiga atau booster dapat diberikan pada saat anak berusia 18 bulan.

Baca Juga: Penyakit ini Sering Menyerang Anak-Anak, Kenali Hepatitis A dari Gejala Hingga Penanganannya

Harga Vaksin Hepatitis B

Vaksin hepatitis B saat ini sudah termasuk ke dalam daftar vaksin wajib untuk seluruh masyarakat tanpa terkecuali. Hal ini pun membuat kita jadi bertanya-tanya, berapakah harga vaksin ini dan apakah kita mampu untuk memenuhi kewajiban tersebut? 

Tak perlu khawatir, vaksin ini sudah terdaftar dalam program imunisasi wajib untuk anak yang diselenggarakan oleh pemerintah. Oleh karena itu, saat ini anak-anak sudah bisa mendapatkan vaksin ini secara gratis. 

Akan tetapi, penggratisan vaksin ini hanya ditujukan bagi anak-anak. Bagi yang berusia di atas 18 tahun, vaksin ini bisa didapatkan secara mandiri di rumah sakit atau layanan medis terdekat. Lantas berapa harga vaksin hepatitis B dewasa? 

Harga vaksin hepatitis B dewasa sendiri cukup bervariasi. Harga vaksin tersebut dipengaruhi oleh layanan medis yang dipilih, biaya konsultasi dokter, dan biaya tambahan lainnya. Namun, secara umum harga vaksin hepatitis B dewasa berada di kisaran Rp250.000 hingga Rp350.000. 

Sebelum mendapatkan vaksin hepatitis B dewasa, sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk memeriksa HbsAg dalam tubuh. 

Efek Samping Vaksin Hepatitis B

loader

Sama seperti vaksin lainnya, vaksin ini memiliki efek samping pada tubuh. Tak perlu khawatir, efek samping ini merupakan reaksi normal yang mengindikasikan sistem imun telah merespon vaksin yang masuk. 

Efek samping vaksin ini terbagi menjadi dua, yaitu efek samping ringan dan juga efek samping berat. Berikut efek samping ringan yang mungkin akan dirasakan pasca mendapatkan vaksin. 

  • Sakit kepala
  • Lemas
  • Nyeri atau bengkak di area penyuntikan
  • Kelelahan

Umumnya efek samping ringan di atas akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa hari. Beberapa efek samping berat pasca vaksin adalah sebagai berikut: 

  • Pingsan
  • Kejang
  • Demam hingga pembekakkan kelenjar getah bening

Jika merasakan efek samping tersebut dan tak kunjung membaik dalam waktu dekat, segera periksakan dirimu ke rumah sakit terdekat. 

Manfaat Vaksin Hepatitis B dalam Mencegah Infeksi Hepatitis B

Mencegah akan selalu lebih baik daripada mengobati. Langkah perlindungan awal yang bisa dilakukan untuk mencegah infeksi virus ini adalah dengan mendapatkan vaksin hepatitis B. Bagi yang berusia di atas 18 tahun, kamu bisa mendapatkan vaksin di rumah sakit terdekat secara mandiri. 

Lalu, bagi yang memiliki anak kecil, kini kamu bisa mendapatkan vaksin hepatitis B secara gratis dengan mengikuti program imunisasi wajib pemerintah. Yuk, cegah penyakit ini sedari dini dengan vaksin!

Baca Juga:  Kamu Belum Vaksin Booster Covid-19? Begini Alur Vaksin Covid-19!