4 Hal yang Menjadikan Kartu Kredit Syariah Layak Dipertimbangkan

Kartu kredit syariah relatif masih baru jika dibandingkan dengan kartu kredit jenis konvensional. Mungkin karena mengikuti gaya hidup berbasis syariah yang mulai banyak diterapkan oleh masyarakat membuat bank memunculkan banyak produk berbasis syariah. 

Pada awalnya hanya ada produk tabungan berjenis syariah saja yang tersedia di bank-bank, namun kini juga sudah banyak yang menyediakan kartu kredit jenis syariah. Adanya kartu kredit syariah ini demi memenuhi kebutuhan masyarakat muslim dalam bertransaksi secara syariah. 

Ada beberapa alasan mengapa kartu kredit syariah ini layak untuk Anda pertimbangkan. Penasaran apa saja alasannya? Simak penjelasan berikut ini yang telah dirangkum Cermati.com dari berbagai sumber.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Bebas Bunga

loader
Kartu kredit syariah bebas bunga sekian persen

Berbeda dengan kartu kredit konvensional yang menerapkan bunga sekaligus denda yang ditanggung nasabah. Kartu kredit bank syariah sama sekali tidak membebankan bunga pada nasabahnya. Sebagai ganti bunga tersebut, nasabah akan dikenai denda saja. 

Denda yang didapatkan dari nasabah kartu kredit bank syariah tidak akan dimasukkan ke kantong kas di bank seperti pada kartu kredit konvensional. Denda tersebut akan dikumpulkan kemudian dihibahkan untuk kegiatan kemanusiaan yang sangat penting. Secara tidak langsung, Anda juga ikut membantu orang yang kurang mampu jika membayar denda dari kartu kredit syariah.

Baca Juga: Mengenal Kartu Kredit Syariah dan Bank-Bank yang Menerbitkannya

2. Menggunakan Prinsip Sesuai Syariat Islam

Sesuai dengan namanya. Prinsip tersebut mulai dari qardh (pinjaman), kafalah (penjamin), sharf (transaksi dengan mata uang asing), dan ijarah (iuran tahunan).

Segala prinsip yang ada tersebut sesuai dengan syariat Islam sehingga tidak akan dianggap riba. Banyak orang yang menjalankan hidup syari namun ragu untuk menggunakan kartu kredit konvensional karena bunga yang ada terbilang riba. Dengan adanya kartu kredit syariah ini, maka Anda yang memiliki gaya hidup syari masih bisa memanfaatkan kemudahan kartu kredit. 

3. Memberikan Biaya Lebih Rendah

loader
Kartu kredit syariah memberikan biaya yang lebih rendah

Kartu kredit syariah memberikan biaya yang lebih rendah dibandingkan dengan kartu kredit konvensional. Hal ini sendiri masih ada kaitannya sama akad ijarah. Akad ijarah merupakan iuran rutin dan harus dibayarkan oleh pemegang kartu sebagai bentuk imbalan atas jasa yang diberikan oleh penerbit kartu kredit.

Bank syariah biasanya menetapkan biaya tersebut berdasarkan dengan nilai transaksi. Jadi besar biaya atau fee yang akan dibayarkan berbeda setiap bulannya. Tentu saja semakin banyak transaksi yang dilakukan maka biaya yang harus dibayarkan akan semakin besar.

Meski besar, biaya tersebut nominalnya masih lebih rendah dibandingkan dengan biaya yang harus Anda bayarkan pada kartu konvensional. Hal ini cukup membantu Anda yang keberatan dengan biaya dari kartu konvensional.

Baca Juga: Kelebihan Kartu Kredit Syariah dan Perhitungan Tagihannya

4. Banyak Fasilitas

Banyak yang merasa khawatir bahwa fasilitas yang diberikan oleh kartu kredit syariah terbatas jika dibandingkan dengan kartu kredit konvensional. Namun, sekarang ini sudah banyak bank penerbit kartu kredit syariah yang memberikan fasilitas yang sama dengan kartu kredit konvensional. Misalnya bayar listrik, bayar tagihan air, bayar telepon, beli tiket pesawat, booking hotel, hingga belanja di supermarket atau merchant.

Namun perlu diketahui, kartu kredit syariah tidak bisa digunakan untuk membeli barang atau jasa yang tidak diperbolehkan dalam agama Islam. Contohnya yaitu membeli minuman alkohol. Hal ini bisa sekaligus menghindarkan Anda dari berbagai perilaku yang dilarang oleh Islam. 

Rasakan Keuntungan dari Kartu Kredit Syariah

Selain sistemnya sesuai dengan syariat agama Islam, kartu kredit syariah juga memberikan banyak keuntungan lainnya, mulai dari promo belanja, potongan harga, cashback dan lainnya. Keuntungan ini tentunya bisa membuat penggunanya menjadi lebih hemat lagi dalam pengeluaran keuangan. Namun, tetaplah gunakan kartu kredit syariah dengan bijak, mulai dari pembelian barang hingga bayar tagihan kartu kreditnya. Jika tidak dikontrol dengan baik, maka bisa saja menimbulkan tagihan utang yang menumpuk.

Baca Juga: Hemat Pangkal Kaya, Yuk Manfaatkan Promo-Promo Kartu Kredit Tahun 2020