6 Tips Mudah Membangun Lingkungan Kerja Nyaman dan Produktif

Bekerja dan sudah berkarir sejak lama, tentu memiliki banyak pengalaman dan juga teman. Menghabiskan banyak waktu di tempat kerja merupakan tuntutan tersendiri bagi para pekerja kantoran. Hal ini tidak akan selalu mudah, apalagi jika merasa kurang nyaman selama berada di lingkungan kerja.

Buatlah lingkungan kerja terasa lebih menyenangkan, agar tetap bisa merasa nyaman selama berada di sana. Hal ini akan berdampak positif bagi pekerjaan, yaitu Anda akan lebih produktif di kantor.

Tak perlu bingung, ada beberapa tips mudah yang bisa dilakukan untuk membangun lingkungan kerja yang nyaman dan produktif. Simak ulasannya berikut ini.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Berikan sapaan dan senyum yang ramah

sapa rekan kerja
Berikan sapaan dan senyum kepada rekan kerja

Biasakan untuk mengawali hari dengan cara yang menyenangkan di kantor, agar Anda memiliki energi positif untuk memulai hari. Saat tiba, sapa dan berilah salam pada rekan-rekan kerja di sana. 

Hal ini akan membuat suasana menjadi lebih nyaman dan lebih positif untuk semua orang. Berikan senyuman kepada mereka yang temui di lingkungan kantor, agar orang-orang juga bisa merasakan energi positif yang Anda ciptakan di sana. Semua ini bisa memberi awal yang baik untuk menghadapi berbagai tantangan sepanjang hari nanti.

2. Aktif dan bangun hubungan baik

Lingkungan kerja akan mempertemukan Anda dengan rekan kerja dari berbagai latar belakang yang berbeda. Jangan menutup diri dan membangun sekat dengan rekan-rekan kerja. Anda perlu mengenal mereka lebih dekat dan membangun keterikatan yang lebih nyaman namun tetap profesional. Bukalah diri untuk membangun pertemanan dan hubungan yang baik dengan rekan kerja.

Anda bisa menanyakan berbagai hal yang membuat kalian lebih akrab, misalnya: tentang rencana akhir pekan mereka, kondisi kesehatan keluarganya, dan yang lainnya. Sikap seperti ini akan menumbuhkan rasa hangat dan membuat rekan kerja merasa lebih dekat dan penting. Selain itu, Anda juga akan merasa lebih senang dan positif berada di tengah orang-orang yang dikenal baik.

Baca Juga: Hai Job Hunter, Ketahui Tren Karir Terbaru yang Bakal Booming di 2021

3. Berikan penghargaan

Selama bekerja, Anda tentu akan membutuhkan bantuan atau dukungan dari orang lain, terutama rekan kerja. Jangan menerima saja tanpa memberi, bahkan untuk bantuan yang terkecil sekalipun. Anda harus membiasakan untuk lebih menghargai perhatian dan dukungan orang lain.

 Berikan penghargaan atas bantuan mereka dengan cara mengucapkan terima kasih. Ini mungkin tampak sederhana, namun akan membuat orang lain merasa dihargai dan dianggap keberadaannya.

4. Berikan pujian yang wajar

Menghargai orang lain juga bisa dilakukan dengan memberikan pujian pada mereka. Namun ingat, hal ini harus tetap dalam batas yang wajar dan tidak berlebihan. Pemilihan kata-kata yang tepat akan sangat diperlukan, sehingga pujian yang Anda lontarkan tidak terkesan seperti sanjungan penuh kepura-puraan semata. 

Pujian yang tulus akan membuat orang yang menerimanya menjadi lebih nyaman, tanpa merasa dilecehkan. Kondisi seperti ini akan membantu Anda membangun hubungan yang lebih positif dan hangat dengan rekan kerja. Anda akan dianggap sebagai pribadi yang menyenangkan dan perhatian kepada orang-orang di lingkungan kerja.

5. Dengarkan ide dan juga pendapat orang lain

meeting

Lingkungan kerja tentu akan dipenuhi orang-orang dengan berbagai macam ide yang luar biasa, bahkan bisa saja asing untuk Anda. Biasakan diri untuk mendengar dan memahami berbagai ide ini, terutama saat berada di dalam ruang meeting. Selain itu, biasakan untuk mendengar pendapat orang lain dengan cermat, apalagi yang berkaitan dengan pekerjaan. Jangan sepelekan orang lain ketika berbicara, agar Anda juga mendapatkan respon yang sama di lingkungan kerja.

Baca Juga: Welcome 2021, Cek Peruntungan Karir dan Keuanganmu di Tahun Ini

6. Bangun komunikasi yang sehat dan jelas

Komunikasi akan selalu menjadi poin penting di lingkungan kerja, baik dengan rekan kerja maupun dengan atasan. Komunikasi yang baik akan membantu Anda lebih mudah memahami berbagai tugas, berdiskusi untuk hal-hal yang penting, mudah menyampaikan berbagai ide terbaik, bahkan untuk menyelesaikan berbagai masalah dalam pekerjaan. Biasakan untuk membangun komunikasi yang sehat dan jelas sejak awal, agar Anda dapat bekerja maksimal tanpa masalah atau kesalahpahaman di tempat kerja.

Nikmati Pekerjaan dan Lingkungan Kerja dengan Nyaman

Berada di lingkungan kerja yang nyaman akan membuat Anda lebih produktif, bahkan meski memiliki banyak tugas sekalipun. Bangun lingkungan kerja yang seperti ini dengan berbagai kebiasaan yang mudah. Hal ini akan membuat Anda dan orang-orang di lingkungan kerja tetap positif dan bisa bekerja dengan hasil yang lebih produktif.

Baca Juga: Tingkatkan 5 Kemampuan Ini untuk Mendukung Kesuksesan Karir