Tips Cara Jadi Selebgram Biar Hasilkan Pundi-pundi dan Hal yang Wajib Dihindari

Era digital seperti saat ini membuat banyak profesi baru bermunculan, salah satunya selebgram atau selebritis Instagram. Profesi yang satu ini bisa dibilang cukup menggiurkan, hanya dari posting foto di Instagram bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah dengan mudah. Tak heran jika banyak yang kemudian penasaran bagaimana caranya menjadi seorang selebgram.

Namun, sayangnya jadi seorang selebgram bukan hal yang mudah seperti yang kebanyakan orang bayangkan. Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan dan hal tersebut juga butuh tingkat kreativitas yang tinggi.

Baca Juga: Influencer Juga Wajib Taat Bayar dan Lapor Pajak, Begini Caranya

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Pengertian Selebgram

Selebgram adalah kata yang berasal dari gabungan “selebriti” dan “Instagram”. Ini merupakan sebutan untuk orang yang punya banyak followers di media sosial Instagram, sehingga yang bersangkutan bisa melakukan berbagai promosi produk maupun jasa melalui akunnya tersebut.

Jika melihat penjelasan di atas, cara agar jadi selebgram sukses tentu wajib memiliki banyak pengikut di akun Instagram terlebih dahulu. Pada dasarnya, selebgram bisa saja berasal dari berbagai kalangan yang berbeda, begitu juga dengan pengikut mereka di Instagram.

Makin populer seorang selebgram dan makin menarik konten yang disajikan olehnya, maka akan makin banyak juga pengikutnya di media sosial. Hal ini tentu akan secara otomatis membuat peluang yang bersangkutan untuk mendapatkan penghasilan juga makin tinggi.

Hal inilah yang menjadi alasan banyak orang untuk mencari tahu bagaimana cara jadi selebgram pemula, termasuk cara jadi selebgram tiktok yang populer. Namun, sama seperti profesi lainnya, cara agar jadi selebgram ini tentu tidak bisa dilakukan secara instan, sebab butuh usaha dan kerja keras agar seseorang dapat populer di media sosial.

Baca juga: Influencer Juga Wajib Taat Bayar dan Lapor Pajak, Begini Caranya

Cara Mudah Jadi Selebgram Sukses

Selain memiliki kreativitas, seorang selebgram juga dituntut untuk bisa mengelola media sosialnya dengan visi misi yang jauh ke depan. Meski bukan hal yang mudah bukan berarti kamu tak bisa menjadi seorang selebgram, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

  1. Pilih Niche yang Sesuai dengan Minat

    loader
    Memilih konten

    Awalnya istilah ini digunakan untuk menjuluki seseorang yang populer di Instagram, tapi kini julukan tersebut sudah jadi profesi yang bisa dibilang cuan banget. Sebetulnya, tak semua selebgram adalah seorang artis atau tokoh masyarakat. Seseorang dengan latar belakang apapun bisa jadi seorang selebgram, jadi siapa pun bisa mencobanya.

    Langkah pertama untuk sampai tujuan sebagai selebgram, kamu perlu menentukan tema atau niche dalam postingan di feed Instagram.

    Niche merupakan tema khusus yang akan digunakan dalam setiap konten yang diposting di media sosial. Cara jadi selebgram pemula yang sukses adalah dengan memilih tema konten yang tepat dan sesuai minat sejak awal. Hal ini akan mempermudah pengerjaan atau produksi konten sehingga kualitasnya juga lebih baik.

    Selain itu, pemilihan tema yang tepat seperti ini juga akan membuat setiap konten yang dihasilkan memiliki keterkaitan antara satu dengan yang lainnya. Hal ini juga akan mempermudah selebgram mendapatkan klien atau brand yang biasanya akan berkaitan dengan tema itu sendiri. Ada beberapa tema populer, seperti fashion, kuliner, kesehatan, traveling, dan yang lainnya.

  2. Lakukan Personal Branding

    Cara jadi selebgram sukses berikutnya adalah melakukan personal branding. Hal ini dapat dilakukan dengan menonjolkan kelebihan atau ciri khas tersendiri, seperti prestasi yang dimiliki, kecantikan, minat tertentu yang menarik, dan yang lainnya.

    Pada umumnya, orang akan tertarik pada selebgram yang memiliki karakteristik menarik dan unik. Penting untuk mengenali karakteristik diri dengan baik terlebih dahulu sehingga lebih mudah untuk menentukan target maupun segmen yang akan dituju.

    Terapkan inspirasi tersebut sesuai dengan karakter yang ingin kamu usung atau kenalkan ke khalayak ramai. Apakah seseorang dengan kepribadian unik dan humoris? Atau seseorang yang selalu kritis dan ingin membagikan opini pribadi ke ruang publik?

    Temukan karakter yang membuatmu berbeda dari kebanyakan dan tetap jadi diri sendiri, agar kamu tak dicap sebagai plagiat. Hal ini yang akan membuatmu makin menonjol.

    Hal ini penting agar orang-orang mampu mengingat kamu sebagai sesuatu karakter atau branding yang ingin kamu tonjolkan. Selain itu, kedua hal ini akan membuat selebgram lebih mudah untuk menarik pengguna media sosial sebagai pengikutnya. Jika belum ada ide, kamu bisa mengamati selebgram mancanegara lebih dulu untuk mendapatkan inspirasi.

  3. Tentukan Target Audiens

    Jika sudah menentukan kedua poin di atas, langkah selanjutnya adalah menentukan target audiens yang akan disasar di media sosial. Hal ini bisa dilakukan dengan beberapa cara, seperti berdasarkan rentang usia, berdasarkan lokasi tempat tinggal, berdasarkan minat, dan yang lainnya.

    Menentukan target audiens yang tepat merupakan salah satu jitu cara jadi selebgram tiktok atau Instagram yang sukses. Para audiens ini akan lebih mudah tertarik dan menjadi pengikut, sebab konten-konten yang disajikan selebgram lebih relevan dan sesuai dengan mereka.

  4. Buat Profil Instagram yang Unik dan Menarik

    Profil menjadi salah satu bagian dari personal branding, jadi jangan sampai profil Instagram dibuat asal-asalan. Ini karena pengunjung yang tertarik dan penasaran akan melihat profil lebih dulu sebelum memutuskan hal lainnya.

    Jangan lupa, pastikan untuk tidak memprivatisasi akun Instagram jika ingin jadi selebgram. Selain itu, ubah juga akun pribadi jadi akun bisnis, agar lebih mudah untuk mengelolanya. Seperti bisa lebih mudah memantau statistik akun dan engagement yang diperoleh dalam satu periode tertentu.

    Berikut cara menjadikan profil Instagram lebih menarik.

    • Pakai foto yang berkualitas dan menarik
    • Tuliskan tentang diri kamu dalam bio yang menarik.
    • Cantumkan kontak yang valid sehingga orang mudah untuk menghubungi jika ada urusan kerja atau bisnis.
    • Cantumkan link website dan juga media sosial yang dimiliki.
    • Atur akun sebagai akun bisnis, agar mudah untuk mencari tahu tentang engagement yang masuk.
  5. Buat Konten yang Menarik

    Konten menjadi kunci utama seorang selebgram. Sebab itu, baik foto maupun video penting untuk membuat konten konten yang menarik. Selain itu juga harus bermanfaat, punya value lebih agar bisa menarik minat pengguna Instagram yang lain.

    Perhatikan kualitas gambar atau video yang diunggah karena kualitas visual sangat penting dalam konten. Jika bisa, hindari membuat konten yang berisi tentang kehidupan pribadi, meski banyak yang akan penasaran.

    Pasalnya, hal ini bisa membuatmu tidak sesuai dengan tujuan awal yang mengusung niche tertentu.

    Di dalam konten ada beberapa hal yang perlu diperhatikan selain foto atau video, di antaranya:

    • Tulis caption yang menarik, karena ini akan membantu audiens untuk lebih memahami konten kamu sesungguhnya. Jadi, buatlah dengan menarik, jelas dan unik.
    • Gunakan hashtag dengan tepat dan banyak digunakan, jika perlu bisa melakukan riset lebih dulu
  6. Jangan Lupakan Hashtag

    Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, hashtag merupakan salah satu yang penting untuk menjadi selebgram yang populer. Gunakan hashtag yang berkaitan dengan konten atau bahkan sedang trending. Ini akan menambah jumlah audiens dengan cepat, bahkan kemungkinan akan menambah jumlah followers di Instagram. Pilih dan gunakan hashtag yang relevan dengan setiap konten yang dipublikasikan.

  7. Membangun Engagement dengan Followers

    loader
    Tingkatkan engagement

    Selebgram tanpa follower  tak bisa jadi apa-apa sehingga penting untuk memilikinya. Tetapi, tentunya tak hanya berhenti dengan memiliki followers, kamu juga perlu membangun interaksi dan engagement dengan mereka melalui akun Instagram kamu.

    Selain bisa menjaga kepercayaan serta ketertarikan para follower, hal ini juga mampu meningkatkan follower secara organik. Ada baiknya, hindari menambah jumlah followers dengan cara yang curang. Misalnya, menggunakan jasa penambah follower atau beli follower fake, sebab hal ini bisa mengakibatkan akun akan dihapus oleh pihak Instagram.

  8. Konsisten dalam Memposting Konten

    Jika memang berniat ingin jadi seorang selebgram, pastikan untuk selalu konsisten dengan apa yang sudah dimulai. Sebab, ketika kamu mulai malas memposting konten atau menyapa follower bisa-bisa kamu ditinggalkan begitu saja. Selain karena dianggap kurang aktif, tapi juga terlalu membosankan.

    Berusahalah untuk selalu konsisten, terutama dalam membuat konten dan mengunggahnya secara berkala, baik di feed maupun di instastory. Jika memang sibuk, cobalah untuk membuat jadwal unggahan postingan secara otomatis. Konten yang sudah dibuat akan diterbitkan sesuai jadwalnya, jadi bisa bikin beberapa konten sekaligus dalam satu waktu.

    Penting untuk membuat jadwal posting konten secara rutin, baik itu harian, mingguan, atau yang lainnya. Pilih waktu yang tepat untuk memposting konten ini sehingga ada banyak orang yang melihatnya. Jam istirahat atau bahkan waktu santai di sore hari bisa jadi pertimbangan.

    Intinya pandai-pandailah dalam mengelola Instagram jika memang ingin berkembang dan mendapatkan sesuatu.

  9. Pilih Produk Endorse dengan Selektif

    Memiliki pertimbangan yang baik ketika memilih produk endorse dan sesuaikan dengan audiens yang akan dituju. Selain itu, cek juga legalitas, keamanan produk dan hal penting lainnya yang berkaitan dengan produk itu terlebih dahulu. Ini termasuk salah satu cara biar jadi selebgram yang sukses dan populer di pasaran.

  10. Tetap Jaga Privasi

    Seperti yang telah disebutkan sebelumnyam, buatlah konten yang tidak mengumbar kehidupan pribadi. Meski menerapkan berbagai cara agar jadi selebgram, pastikan untuk tetap menjaga privasi diri dengan baik. Jangan pernah mengekspos kehidupan pribadi terlalu banyak di media sosial, sebab hal ini justru akan merugikan diri sendiri. Gunakan cara biar jadi selebgram yang cerdas dan bukan dengan hal-hal seperti ini.

  11. Berkolaborasi dengan Selebgram Lain

    Ini menjadi cara jadi selebgram TikTok maupun Instagram yang banyak diterapkan oleh pemula. Berkolaborasi dengan selebgram lain akan memberikan peluang dan kesempatan untuk lebih terkenal. Ini akan sangat membantu, apalagi jika memilih selebgram yang tepat dan menerapkan cara biar jadi selebgram dengan baik.

  12. Menjadi Diri Sendiri

    Apapun cara jadi selebgram pemula yang diterapkan, pastikan untuk tetap menjadi diri sendiri. Hal ini penting, agar tetap bisa nyaman dan maksimal untuk terus menekuni profesi yang satu ini. Ini juga jadi cara jadi selebgram TikTok dan media sosial lainnya yang penting.

  13. Jangan Gunakan Foto Milik Orang Lain Tanpa Izin

    Menjadi seorang selebgram menandakan kreativitas, hindari mengunggah konten milik orang lain, baik foto maupun video tanpa izin dari pemiliknya. Jika ketahuan, bukannya hanya malu yang bakal diterima, tapi bakal mendapatkan penilaian negatif. Terutama dari pengikut atau followers kamu dan ujung-ujungnya nanti bakal ada gerakan unfollow rame-rame.

    Pastinya, tak mau followers pergi karena kesalahan fatal tersebut, kan? Memang sepele, tapi efeknya begitu buruk untuk kredibilitas akun Instagram yang dikelola. Jadi, pastikan untuk mengunggah karya-karya original milik sendiri, dan jika ingin mengunggah karya orang lain pastikan untuk selalu mencantumkan kredit.

Baca juga: Jualan Laris Manis, Pakai 5 Tips Sukses Promosi Lewat Instagram Ini!

Hal yang Wajib Dihindari Jika Ingin Menjadi Selebgram

Berikut ini adalah beberapa hal yang wajib dihindari jika ingin menjadi selebgram yang sukses.

  • Tidak menggunakan tagar yang tepat dan sesuai dengan konten.
  • Menggunakan foto atau video yang berkualitas buruk.
  • Tidak membuat caption yang jelas dan relevan dengan isi konten.
  • Tidak mencantumkan informasi yang jelas dan tepat tentang produk yang dipromosikan.
  • Memposting konten di waktu yang tidak tepat sehingga tidak banyak yang melihat konten tersebut.
  • Menggunakan konten yang tidak relevan dengan produk yang dipromosikan.
  • Tidak memberi respon dengan cepat atau bahkan tidak memberi komentar kepada audiens sama sekali.
  • Membeli followers secara instan.
  • Lakukan cara biar jadi selebgram dengan benar dan hindari berbagai kesalahan di atas sejak awal. Hal ini penting, agar impian menjadi selebgram sukses bisa diwujudkan.

Baca juga: 8 Peluang Usaha dengan Modal di Bawah 500 Ribu

Terapkan Cara Jadi Selebgram dengan Baik dan Tepat

Jika berniat menjadi selebgram yang sukses, pastikan untuk tidak melakukan berbagai hal secara instan. Pelajari cara agar jadi selebgram dengan baik terlebih dahulu, lalu terapkanlah dengan langkah yang tepat. Hal ini penting, mengingat persaingan di bidang yang satu ini juga terbilang sangat ketat.

Mulailah bergerak dari sekarang. Jangan biarkan ide kreatif membeku dalam benakmu saja, cobalah untuk membagikannya dan jadilah seorang selebgram. Teruslah konsisten membuat konten yang menarik dan bagikan vibes positif, soal hasil pasti akan mengikuti.

Baca juga: Penghasilan Tambahannya Bikin Melongo! 7 Artis Ini Jadi Youtuber Terkaya di Indonesia