7 Ide Pekerjaan untuk Tambah Penghasilan yang Bisa Dilakukan selama #DiRumahAja

Saat ini, menghasilkan uang bisa dilakukan dengan banyak cara. Bahkan tidak perlu lagi yang namanya ke kantor, karena cari uang bisa dilakukan di rumah masing-masing.

Hal ini sangat cocok dengan situasi sekarang, dimana kebanyakan perusahaan tengah menetapkan kerja work from home (WFH). Dengan modal yang kecil, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang besar. Cukup menggiurkan, bukan?

Bagi yang ingin menambah penghasilan, berikut beberapa referensi pekerjaan yang bisa dilakukan #dirumahaja. Yuk, cek selengkapnya!

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Bisnis Online

bisnis online

Dengan dukungan teknologi yang canggih, membuka bisnis jauh lebih mudah bahkan tanpa modal yang besar. Penghematan diperoleh karena Anda tidak perlu menyewa tempat berjualan.

Cukup dengan smartphone dan internet, maka bisnis online bisa berjalan layaknya bisnis pada umumnya. Selain hemat dan praktis, bisnis online juga lebih cepat berkembang karena dapat menjangkau konsumen yang lebih banyak dari berbagai wilayah. 

Tertarik menggeluti bisnis online? Pastikan Anda sudah mengenal beberapa produsen yang siap menyuplai barang yang dibutuhkan. Selain itu, pahami mekanisme pemasaran produk dengan baik guna meningkatkan angka penjualan dari waktu ke waktu.

2. Reseller

reseller online

Bagi yang ingin menjalankan bisnis online dengan cara yang lebih mudah dan murah, cobalah jadi seorang reseller. Anda bisa mendapatkan keuntungan dengan cara menaikkan harga barang yang dibeli dari produsen, sebelum akhirnya dijual kembali kepada konsumen.

Kalau dihitung-hitung, keuntungannya cukup lumayan apalagi kalau Anda menjadi reseller besar yang menjual barang-barang impor.

Anggaplah keuntungan yang diambil sebesar Rp25.000/barang, jadi kalau Anda berhasil menjual 20 barang saja per hari, maka total keuntungan bersihnya yaitu Rp500.000/hari. Menggiurkan, bukan?

Baca Juga: Cegah Penyebaran Corona, Lakukan 7 Cara Asyik Ini Biar Betah di Rumah Aja!

3. Freelancer

freelancer

Tertarik dengan dunia kerja yang fleksibel? Menjadi freelancer sangat pas untukmu. Anda tidak perlu bangun atau mandi pagi, apalagi ngantor karena kerjanya bisa di rumah atau di mana saja. Meski kerjanya fleksibel, tapi penghasilannya cukup lumayan terutama kalau Anda berhasil mendapat banyak proyek dari klien. 

Salah satu job desk freelancer yang paling diminati adalah menulis. Bagi Anda yang punya ide-ide menarik, tapi belum sempat tersalurkan lewat kata-kata, maka menulis adalah wadah penyalur pikiran sekaligus bakat yang paling tepat. 

4. Guru Online

guru online

Mengajari seorang murid tidak lagi harus di sekolah atau tempat les, karena belajar-mengajar bisa dilakukan di rumah masing-masing. Dengan bantuan aplikasi video call, seperti Skype atau Zoom, maka proses belajar bisa berjalan lancar seperti biasa. Selain menjelaskan materi baru, Anda juga bisa membantu para murid untuk mengerjakan PR sekaligus mengadakan ulangan. 

Sebelum menggeluti profesi ini, pastikan Anda dapat menguasai satu bidang ilmu yang akan diajarkan kepada murid. Misalnya, kalau ingin menjadi guru matematika, maka Anda harus menguasai pelajaran matematika secara menyeluruh. Sehingga Anda dapat menyampaikan materi pelajaran dengan baik, dan murid-murid pun cepat paham.

5. Translator

penerjemah

Kemampuan bahasa asing yang Anda miliki jangan dibiarkan begitu saja. Sebaiknya manfaatkan kemampuan ini untuk mencari pemasukan tambahan selama work from home. Anda bisa menawarkan jasa translate secara online, baik untuk artikel konten, buku, lagu, jurnal, dan karya ilmiah lainnya. 

Bila ingin menjadi translator, sebaiknya siapkan satu portofolio terbaikmu untuk dilampirkan kepada klien. Dari portofolio ini, klien dapat menilai sejauh mana Anda dapat menguasai suatu bahasa. Jika ternyata memenuhi kriteria, maka jasa Anda bisa langsung dipakai oleh klien.

6. Endorsement

endorsement

Khusus untuk Anda yang mempunyai banyak followers di sosial media, seperti Instagram, pekerjaaan yang satu ini cukup menjanjikan. Karena pundi-pundi uang yang bisa didapatkan lumayan besar, apalagi kalau kliennya dari brand-brand ternama. Mungkin hanya dengan posting satu foto, Anda bisa mendapatkan jutaan rupiah sekaligus. 

Untuk memaksimalkan hasil foto endorsement, Anda harus pintar memilih sudut ruangan yang memiliki pencahayaan yang bagus. Karena di sini Anda tidak hanya mempertaruhkan nama baik dari suatu brand, tapi juga nama baik sendiri. Jika penjualan suatu brand meningkat, maka fee endorsement yang Anda peroleh juga ikut meningkat.

Baca Juga: Daftar Layanan Gratis yang Bisa Kamu Dapat Selama Pandemi Corona

7. Editor

editor

Sebelum diterbitkan, tulisan yang dibuat oleh penulis harus disunting terlebih dahulu. Baik dari segi penggunaan ejaan, bahasa, dan istilah-istilah tertentu. Dalam tahap penyuntingan ini lah kontribusi para editor sangat dibutuhkan. Dan kalau berminat, Anda bisa coba peruntungan dalam bidang yang satu ini. Apalagi pekerjaan ini bisa diselesaikan di rumah. 

Menjadi seorang editor sangat menyenangkan, dan pastinya tidak butuh modal besar. Cukup bermodal komputer, internet, kemampuan berbahasa yang baik dan teliti, maka Anda bisa menggeluti pekerjaan ini serta mendapatkan penghasilan tetap setiap bulannya.

Pekerjaan Apapun Bisa Menghasilkan Uang

Jangan hanya terpaku pada rutinitas kantor saja, karena bekerja dari rumah pun nyatanya bisa memberimu penghasilan yang lumayan asal Anda pintar memanfaatkan peluang dan mau berusaha. Jadi, jangan hanya duduk diam dan menunggu keberuntungan datang. Ambil laptop atau gadget, dan cari tahu keberuntunganmu. Good luck!

Baca Juga:  Kerja di Rumah? Ini 7 Langkah Cerdas untuk Tetap Fokus