7 Makanan dan Minuman yang Memicu Penyakit Batu Ginjal

Pernah mendengar istilah gagal ginjal? Sesuai namanya, istilah ini ada kaitannya dengan penyakit batu ginjal. Ketika penyakit batu ginjal ini tidak ditangani dengan serius, maka dapat mengakibatkan kerusakan pada ginjal atau gagal ginjal. 

Menurut Medical News Today, batu ginjal disebabkan karena adanya peningkatan jumlah garam dan mineral dalam tubuh. Yang mana kedua zat ini berasal dari makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap hari.

Nah, untuk mengantisipasi batu ginjal, berikut 7 jenis makanan dan minuman yang harus dihindari dalam menu sehari-hari:

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

1. Garam

garam

Garam mengandung zat yodium yang kurang baik untuk kesehatan ginjal. Sebaiknya hindari konsumsi garam yang berlebih, baik yang biasa Anda tambahkan sebagai perisa makanan. Atau yang terdapat pada jajanan ringan, seperti keripik. Bila ingin makan keripik, pastikan tidak terkontaminasi dengan garam.

2. Protein Hewani

protein hewani

Sebaiknya kurangi konsumsi semua protein yang berasal dari hewan, seperti daging sapi, telur, keju, dan ikan segar. Sebab protein hewani dapat memicu terjadinya batu ginjal. Sebagai gantinya, Anda bisa mengonsumsi makanan yang terbuat dari olahan kacang-kacangan, seperti tahu atau tempe.

3. Bayam

bayam

Siapa sangka kalau sayuran senikmat bayam justru berbahaya bagi penderita batu ginjal. Ini karena di dalam sayur bayam terdapat kandungan oksalat yang cukup tinggi. Apabila oksalat ini menumpuk, maka dapat berbahaya bagi ginjal. 

Tapi, bukan berarti Anda sama sekali tidak bisa mengonsumsi bayam. Boleh-boleh saja, asal Anda bisa membatasi diri untuk tidak mengonsumsi bayam dalam jumlah berlebih.

Baca Juga: Gunakan Obat Cendo Xitrol dengan Tepat untuk Mengatasi Infeksi Mata Akibat Bakteri

4. Minuman Bersoda dan Makanan Cepat Saji

junk foods

Dilansir dari Healthline, minuman bersoda seperti coca-cola dapat meningkatkan risiko terjadinya batu ginjal. Di dalam minuman bersoda terdapat kandungan asam fosfat yang tinggi dan tidak baik untuk kesehatan ginjal. Selain itu, hindari pula makanan cepat saji seperti burger atau kentang goreng. Seperti yang Anda ketahui, makanan cepat saji rendah vitamin.

5. Makanan Kaleng

makanan kaleng

Dari segi praktisme, makanan kaleng memang paling juara. Tapi, ketahuilah kalau konsumsi makanan kaleng dapat memicu risiko terjadinya batu ginjal. Bagi Anda yang selama ini suka mengonsumsi makanan kalengan, seperti sarden, kornet, atau ikan kaleng lainnya, sebisa mungkin dikurangi agar ginjalmu jauh lebih sehat. 

6. Gula

gula

Cita rasa manis yang terdapat pada gula memang enak di lidah, tapi ternyata berbahaya bagi ginjalmu, lho! Maka dari itu, hindari menambahkan gula pada makanan atau minuman yang hendak dikonsumsi, seperti pada jus atau sirup. Biarlah cita rasa manis yang didapat murni dari makanan atau minuman itu sendiri, sehingga lebih sehat.

7. Vitamin C

vitamin c

Tidak hanya baik untuk tubuh, vitamin C juga baik untuk kesehatan kulit. Namun bagi penderita batu ginjal, vitamin C merupakan zat yang konsumsinya mesti dikurangi karena dapat meningkatkan produksi oksalat. Webmd menyarankan agar konsumsi vitamin C tidak lebih dari 500 mg per hari, sehingga tidak berbahaya bagi kesehatan ginjal.

Baca Juga: Penyakit Sinusitis, Kenali Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobatinya

Lantas, Makanan Apa yang Baik untuk Ginjal?

1. Air Putih

Untuk mencegah terjadinya dehidrasi sekaligus batu ginjal, pastikan asupan air putih dalam tubuh sudah cukup. The National Institute for Diabetes and Digestive and Kidney Diseases menyarankan untuk minum setidaknya 6-8 gelas air putih per hari agar kesehatan ginjalmu terjaga dengan baik.

2. Sayur dan buah yang mengandung air

Selain minum air putih, Anda juga dapat memenuhi kebutuhan air dalam tubuh dengan mengonsumsi buah dan sayur yang kaya akan air. Dr Shilpa Arora, seorang pakar kesehatan sekaligus nutrisi menyarankan untuk mengonsumsi semangka, jeruk, dan buah plum secara rutin. Anda bisa mengolah ketiga buah ini menjadi jus, tapi tidak perlu menambahkan gula ke dalamnya.

3. Makanan tinggi kalsium

Meskipun kalsium oksalat menjadi pemicu batu ginjal, tapi bukan berarti Anda harus menghindari makanan berkalsium seperti susu, yogurt, dan es krim. Apalagi makanan ini cukup nikmat dan bisa membuat tubuh bertenaga sepanjang hari. Dilansir dari situs Kidney.org, Anda hanya perlu membatasi konsumsi kalsium menjadi 1000 - 1200 mg per hari.

4. Protein nabati

Mengingat konsumsi protein hewani dibatasi, maka Anda bisa ganti dengan menambah konsumsi protein nabati. Tahu, tempe, dan kacang polong merupakan contoh protein nabati yang bisa dikonsumsi setiap hari guna mencukupi kebutuhan protein harian dalam tubuh.

Sayangi Ginjalmu dari Sekarang

Gaya hidup yang tidak sehat menjadi salah satu pemicu penyakit batu ginjal. Untuk itu, coba ubah gaya hidupmu menjadi lebih baik. Minum air putih yang banyak, kurangi konsumsi garam, daging, dan makanan lainnya seperti yang disebutkan di atas, sehingga ginjalmu tetap terjaga dengan baik sampai tua nanti. Yuk, sayangi ginjalmu dari sekarang. Kalau bukan Anda, siapa lagi?

Baca Juga: Mengenal Meningitis, Penyebab, Gejala, serta Metode Penyembuhannya