Bisa Ditanggung BPJS Kesehatan, Ini Kisaran Biaya Operasi Hernia di Indonesia

Di Indonesia, biaya operasi hernia sudah menjadi informasi yang tidak asing lagi. Hernia atau juga dikenal turun berok merupakan penyakit medis yang memberikan gejala berupa tonjolan organ di perut bagian bawah. Hal ini banyak dialami masyarakat Indonesia dan menimbulkan rasa sakit serta tidak nyaman.

Perlu diketahui, hernia yang tak kunjung membaik dalam waktu lama biasanya harus ditangani melalui tindakan operasi. Nah, bicara soal operasi tentu yang terbayang di benak adalah biaya yang besar. Tak dipungkiri, biaya operasi hernia yang mahal seringkali membuat para penderita hernia mengurungkan niat operasi.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas terkait kisaran biaya operasi turun berok atau hernia pada beberapa Rumah Sakit (RS) di Indonesia. Hal ini mungkin sedikit banyak dapat membantu kamu mengetahui, menyiapkan biaya, serta menentukan RS yang tepat. Yuk, simak informasi kisaran biaya operasi hernia yang bisa kamu ketahui.

Biaya Operasi Hernia di Indonesia

loader

Sebagai informasi, operasi hernia merupakan tindakan pembedahan guna mengembalikan kantong hernia pada posisi semula. Untuk biaya operasi hernia ini sendiri sekitar Rp4 jutaan sampai Rp40 jutaan. Biaya ini tentu berbeda pada setiap RS.

Bahkan, ada RS yang sudah merinci biaya operasi hernia dalam satu paket termasuk biaya perawatan, kamar perawatan, serta obat-obatan. Apa pula yang memberikan harga untuk tindakan operasi saja di luar biaya lainnya. Berikut daftar biaya operasi hernia di beberapa rumah sakit di Indonesia yang dilansir dari Alodokter.

  1. RS Umum Royal Prima Medan Rp4.464.900.
  2. RS Citra Medika Lamongan Rp5.680.500.
  3. Siloam Hospitals Lippo Cikarang Rp6.300.000.
  4. Ciputra Hospital Citra Garden City Jakarta Rp8.680.000.
  5. Mayapada Hospital Kuningan Rp9.825.000.
  6. RS St. Carolus Salemba Jakarta Rp11.500.000.
  7. RS Umum YARSI Jakarta Rp12.500.000.
  8. RS Sumber Waras Jakarta Rp13.632.000.
  9. RS Bedah Hasta Husada Malang Rp15.600.000.
  10. Siloam Hospitals Tb Simatupang Jakarta Rp16.000.000.
  11. MRCCC Siloam Hospitals Semanggi Jakarta Rp18.000.000.
  12. Mayapada Hospital Jakarta Selatan Rp18.260.000.
  13. RS Premier Bintaro Tangerang Selatan Rp20.000.000.
  14. RS Premier Surabaya Rp46.000.000.

Itulah beberapa kisaran biaya operasi hernia di RS swasta di Indonesia. Harga tersebut tentu berbeda dengan RS lainnya yang tidak disebutkan. Adapun, kamu juga bisa memanfaatkan asuransi kesehatan serta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Baca Juga: Ketahui Rincian Biaya Operasi Miom Terbaru Sebelum Melakukan Operasi

Ingin bayar BPJS Kesehatan anti ribet? Cermati solusinya!

Bayar BPJS  Kesehatan Sekarang!  

Bebas Biaya Operasi Hernia dengan BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan merupakan pengelola program JKN yang diadakan oleh pemerintah Indonesia untuk layanan kesehatan masyarakat. Adapun, peserta BPJS Kesehatan bisa memanfaatkan untuk berbagai pelayanan serta tindakan medis. Salah satunya operasi hernia atau turun berok yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

Biaya operasi hernia dengan BPJS Kesehatan bisa kamu dapatkan secara gratis. Pasalnya, hernia masuk ke dalam 19 layanan operasi medis yang ditanggung BPJS Kesehatan. 

Tidak hanya biaya operasi hernia, BPJS Kesehatan juga menanggung biaya perawatan hingga pengobatan pasca operasi. Oleh karena itu, penderita hernia tidak perlu lagi merasa khawatir dengan biaya operasi hernia yang cukup mahal.

Namun, untuk bisa mendapatkan bebas biaya operasi hernia dengan BPJS Kesehatan. Ada beberapa prosedur atau persyaratan yang perlu dipersiapkan oleh pasien. Simak beberapa prosedur operasi hernia menggunakan BPJS Kesehatan.

1. Pendaftaran

Pertama-tama, pasien perlu mendaftar untuk melakukan pemeriksaan pada fasilitas kesehatan (faskes) tingkat pertama menggunakan BPJS Kesehatan.

2. Faskes Pertama

Kemudian, pasien harus mendapat diagnosa dan mengikuti langkah yang ditentukan di faskes pertama. Jika kondisi medis tidak dapat ditangani di sana, faskes pertama akan memberikan surat rujukan ke faskes tingkat lanjut.

3. Faskes Tingkat Lanjut

Setelah mendapat surat rujukan, ikuti langkah-langkah di faskes tingkat lanjut. Mulai dari, mendaftar, pemeriksaan, perawatan, tindakan, dan lainnya.

Demikian beberapa prosedur operasi hernia menggunakan BPJS Kesehatan agar bisa bebas biaya. Langkah ini memang lebih rumit dibandingkan pemeriksaan dan operasi secara mandiri tanpa tanggungan kesehatan.

Baca Juga: Biaya Operasi Wasir Terbaru

Jenis-jenis Operasi Hernia

Setelah mengetahui informasi biaya operasi turun berok atau hernia, baik bagi pasien mandiri maupun menggunakan BPJS Kesehatan. Kini kamu pun perlu mengetahui seputar jenis operasi hernia. Ada dua jenis operasi hernia yang bisa kamu ketahui sebagai berikut.

Laparoskopi Operasi Terbuka

Laparoskopi merupakan jenis bedah minimal invasif yang memberikan sayatan lebih kecil. Dengan begitu, rasa sakit pasca operasi jauh lebih sedikit serta proses penyembuhan pun jauh lebih cepat dibandingkan operasi terbuka.


Dokter akan menyayat beberapa bagian tubuh berukuran kecil untuk memasukkan beberapa pipa kecil berisi kamera dan alat bedah. Sudah tentu operasi ini memiliki waktu pelaksanaan yang lebih singkat. Meskipun begitu, biaya operasi hernia dengan tindakan laparoskopi lebih mahal dari operasi terbuka pada umumnya.

jenis operasi hernia kedua adalah operasi terbuka yang sering disarankan untuk pasien hernia inguinalis atau strangulata. Tindakan ini dilakukan dengan cara menyayat bagian perut yang mengalami hernia. 

Kemudian, kantong hernia akan dikembalikan ke posisi sebenarnya serta memperkuat dinding perut yang lemah dengan jahitan maupun jala sintetis. Jika kamu melakukan operasi hernia terbuka ini, maka dokter akan menyarankan untuk menghindari aktivitas berat selama 4 sampai 6 minggu.

Itulah dua jenis operasi hernia yang bisa kamu pilih. Namun, dokter biasanya akan mempertimbangkan beberapa hal untuk menentukan jenis operasi yang bisa dilakukan. Hal ini bergantung pada riwayat kondisi pasien.

Manfaatkan BPJS Kesehatan untuk Bebas Biaya Operasi Hernia

Demikian informasi seputar biaya operasi hernia yang merupakan kisaran di beberapa RS swasta di Indonesia. Melalui artikel ini kamu juga bisa mengetahui langkah memanfaatkan BPJS Kesehatan untuk mendapatkan biaya operasi hernia gratis sekaligus perawatan dan pengobatan pasca operasi.

Untuk kamu masyarakat Indonesia, kini tidak perlu khawatir lagi untuk menyembuhkan hernia atau turun berok melalui tindakan operasi. Jika kamu terdaftar pasien BPJS, kamu tidak lagi dipusingkan biaya mahal. Namun, pastikan kamu mengikuti langkah prosedur yang ditetapkan. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

Baca Juga: Ketahui Prosedur hingga Biaya Operasi Mata Juling