Biaya Operasi Wasir Terbaru

Untuk mengobati penyakit wasir yang sudah akut, tindakan operasi di rumah sakit perlu dilakukan. Karena merupakan tindakan operasi, penderita harus bersiap menyiapkan biaya yang cukup tinggi. 

Sebelum operasi, penderita akan mendapatkan informasi terkait tahapan dan tindakan yang akan dilakukan oleh dokter saat operasi. 

Sebelum menjalani operasi wasir, terdapat beberapa hal yang perlu dipersiapkan dan dipertimbangkan:

  • Berkonsultasi dengan dokter spesialis untuk menentukan apakah operasi diperlukan dan jenis operasi yang paling sesuai untuk kondisi wasir .

  • Pelajari tentang prosedur operasi yang akan dilakukan, termasuk jenis operasi, risiko, dan proses pemulihan. Diskusikan dengan dokter mengenai prosedur operasi yang akan dilakukan.

  • Persiapkan diri secara mental untuk menghadapi proses operasi dan pemulihan.

  • Diskusikan dengan dokter mengenai risiko dan komplikasi yang mungkin terjadi setelah operasi. 

  • Memenuhi persyaratan medis sebelum operasi, seperti puasa sebelum operasi jika diperlukan, dan mematuhi instruksi dokter terkait obat-obatan atau makanan yang perlu dihindari sebelum operasi.

  • Pemahaman yang baik mengenai biaya operasi, asuransi kesehatan, dan persiapan keuangan terkait prosedur operasi wasir.

Baca Juga: Penyakit Wasir: Penyebab, Gejala, hingga Cara Mengobatinya

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Jenis Perlindungan
Pilih Jenis Kelamin
Pilih Tanggal Lahir
Pilih Bulan Lahir
Pilih Tahun Lahir
Pilih Tipe Asuransi

Cara Operasi Wasir

loader

Cara Operasi Wasir

Untuk mengangkat benjolan wasir, dokter akan memberikan sedikit sayatan pada bagian anus sebagai jalur untuk memotong benjolan. 

Setelah benjolan terpotong, sayatan pada anus akan dijahit kembali. Pada beberapa kasus, dengan pertimbangan tertentu, sayatan dibiarkan terbuka. 

Setelah selesai operasi, penderita wasir akan terbebas dari wasir. 

Pemulihan Pasca Operasi Wasir

Masa pemulihan pasca operasi wasir setiap individu pun berbeda. 

Hal terpenting adalah selalu terapkan anjuran dokter untuk menunjang penyembuhan agar luka cepat tertutup. 

Meskipun telah dilakukan operasi, wasir masih bisa kembali muncul apabila tidak dibarengi dengan pola hidup dan makan yang sehat. Jadi, setelah operasi, mulailah tinggalkan kebiasaan buruk yang dulu telah menyebabkan terjadinya wasir.

Baca Juga: Biaya Operasi Polip Hidung 2022, Persiapan, dan Metode Operasinya

Biaya Operasi Wasir di Rumah Sakit

loader

Biaya Operasi Wasir di Rumah Sakit

Biaya operasi wasir tentunya tidak sedikit. Hal ini terjadi karena operasi wasir membutuhkan tindakan medis yang berkaitan dengan pembedahan. Oleh karena itu, sebelum melakukan operasi wasir di rumah sakit, penderita perlu mengetahui biaya yang harus dikeluarkan. 

Biaya operasi wasir pun beragam. Setiap rumah sakit dan daerah tertentu pastinya memiliki kebijakan masing-masing dalam menetapkan harga. Walaupun secara umum langkah tindakan operasinya sama, tetap ada andil keputusan rumah sakit di dalamnya yang memengaruhi harga operasi. 

Adapun biaya operasi yang dikeluarkan berkisar mulai Rp2.000.000 hingga Rp40.000.000. Kisaran harga ini didapatkan dari sejumlah rumah sakit yang ada di kota besar. Hal ini berarti masih ada rumah sakit lain di wilayah yang tidak tercantum yang mungkin memasang harga lebih rendah atau lebih tinggi. 

Meskipun biaya operasi wasir di rumah sakit cukup fantastis, penderita tidak perlu khawatir. Hal ini karena operasi wasir bisa ditanggung dengan layanan jaminan kesehatan, seperti asuransi dan produk Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). 

Operasi wasir bisa dibayarkan lewat layanan-layanan tersebut karena sifatnya yang krusial dan harus dilakukan dengan segera. Jadi, operasi wasir sudah pasti bisa ditanggung oleh asuransi kesehatan dan BPJS. 

Akan tetapi, perlu diketahui, BPJS belum tentu bisa menanggung seluruh biaya operasi wasir BPJS. Hal ini karena BPJS hanya bisa menanggung biaya tindakannya saja, tanpa termasuk alat. Sebab, alat-alat yang digunakan cukup mahal dan tidak termasuk dalam daftar tanggungan BPJS.

Namun, tak perlu putus asa. Walaupun tidak menanggung seluruh tagihan tindakan operasi, BPJS sangat membantu mengurangi jumlah total biaya yang harus dibayarkan. Penebusan obat pun bisa berjalan aman dan lancar karena ditanggung juga oleh BPJS Kesehatan.

Operasi Wasir dengan Asuransi

Lain cerita dengan asuransi. Pada produk tertentu, asuransi bisa benar-benar menanggung seluruh biaya tindakan. Namun, pastikan penderita atau pihak keluarga berkonsultasi terlebih dahulu dengan pihak manajemen rumah sakit ataupun pihak layanan asuransi. 

Itulah cara operasi, pemulihan pasca operasi, hingga biaya operasi wasir di rumah sakit yang harus kamu ketahui. Agar tidak terkena wasir, jalanilah kehidupan yang sehat dengan berolahraga, makan makanan bergizi dan kaya serat, serta menghindari kebiasaan yang dapat memicu wasir. 

Kesehatan mahal harganya. Oleh karena itu, mari hidup sehat dan investasikan kesehatan hidupmu untuk masa tua yang lebih bahagia.

Baca Juga: Ketahui Prosedur hingga Biaya Operasi Patah Tulang

Disclaimer: Seluruh informasi yang terdapat dalam artikel ini terutama mengenai rincian atau estimasi biaya, tidak bisa digunakan sepenuhnya sebagai rujukan biaya operasi yang sesungguhnya. Harap melakukan konsultasi terlebih dahulu ke dokter dan pihak rumah sakit tempat kamu dirawat untuk mendapatkan informasi harga dan perawatan yang lebih akurat.