Merupakan Indeks Bursa Saham di Paris, Ini Ulasan CAC 40, Cara Beli, dan Keunggulannya

Guna memudahkan investor dalam memilih produk investasi unggulan, ada banyak indeks acuan yang bisa dimanfaatkan. Bahkan, bursa saham di setiap negara pasti mempunyai indeks yang dijadikan sebagai patokan investor ketika menanam modal. Salah satu contohnya adalah CAC 40.

Secara umum, CAC 40 merupakan suatu indeks pada bursa saham di Paris yang menyediakan kesempatan reguler bagi investor untuk bisa berinvestasi pada pasar saham di Perancis. Selaku investor, kamu bisa bergabung pada komunitas trader dan investor yang menghasilkan keuntungan pada bursa saham online melalui fluktuasi indeks CAC 40.

Tentunya, sebelum memutuskan untuk berinvestasi dan menjadikan indeks CAC 40 sebagai acuan, kamu perlu memahami dulu segala hal penting seputarnya. Nah, untuk lebih jelasnya, simak ulasan tentang CAC 40, termasuk cara beli, keunggulan, hingga contohnya berikut ini.

Baca juga: Kerap Dijadikan Pilihan Investasi, Cari Tahu Apa Itu Index Fund, Sejarah, hingga Cara Kerjanya

Bingung cari investasi Reksa Dana yang aman dan menguntungkan? Cermati solusinya!

Mulai Berinvestasi Sekarang!  

Selengkapnya tentang CAC 40

loader

Indeks CAC-40

Pada dasarnya, CAC 40 merupakan cerminan atau representasi nilai saham dari 40 produk atau emiten dengan kapitalisasi pasar paling besar di bursa Paris. Indeks ini diluncurkan di bulan Agustus 2005, di mana nama CAC 40 diambil dari sebutan sistem otomatis bursa saham yaitu Cotation Assistee en Continuu, alias Continuous Assisted Quotations.

Indeks ini merupakan indeks bursa saham utama di Perancis. Jika di Amerika, indeks ini setara dengan Dow Jones Industrial Average atau DJIA, Nikkei asal Jepang, atau DAX asal Jerman.

Di sisi lain, indeks ini juga kerap dikutip guna mewakili tingkat pasar finansial di Perancis pada orientasi dan sentimennya secara menyeluruh. Bursa Saham Paris merupakan salah satu tempat finansial terbesar dan utama di Eropa yang memberi CAC 40 pengaruh penting dalam skala internasional.

Pasar saham dari indeks CAC 40 sendiri mewakili hingga melebihi 80 persen total angka kapitalisasi pasar dari Euronext Paris. Nilai indeks ini juga terhitung secara kontinu terhitung sejak hari Senin sampai Jumat, dari pukul 9 pagi sampai 5 sore waktu Paris.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, indeks ini kerap dijadikan sebagai acuan untuk mengetahui kondisi ekonomi di Perancis karena terdiri dari beragam perusahaan besar yang bergerak di sejumlah sektor bisnis. Selain itu, daftar perusahaan yang terdapat pada indeks ini juga terus diperbarui secara teratur dengan tujuan bisa selalu menunjukkan gambaran ekonomi terbaru.

Hal yang menarik tentang indeks ini adalah perhitungannya tak mencakup dividen untuk diinvestasikan lagi. Hal tersebut merupakan kelebihan CAC 40 tersendiri dan menjadikannya sulit dibandingkan secara langsung dengan indeks lain di pusat finansial utama.

Baca juga: Mengenal MSCI Index dan Daftar Indeks MSCI Indonesia Terbaru

Cara Beli dan Jual Indeks CAC 40

Sebenarnya, investor dalam negeri bisa dengan mudah membeli atau menjual indeks CAC 40 melalui sejumlah platform investasi online. Caranya dengan mengunduh aplikasi investasi online yang memiliki akses terhadap indeks ini dan melakukan pendaftaran akun. Setelah akun berhasil dibuat, kamu bisa langsung mencari indeks ini dan melakukan pesanan pembelian dan melakukan pembayaran sesuai nominal yang ditunjukkan.

Sementara untuk menjualnya, pilih indeks CAC 40 dan ajukan pesanan penjualan dengan nilai sesuai dengan keinginan. Kemudian, pesanan akan diproses dan uang hasil penjualan bisa didapatkan dalam kurun waktu beberapa hari kerja sesuai ketentuan pada setiap platform investasi online yang digunakan.

Contoh Trading dan Investasi CAC 40

Agar lebih memahami tentang trading dan investasi di CAC 40, berikut terdapat beberapa contoh yang bisa kamu cermati.

Contoh pertama, kamu membeli 1 lot saham CFD indeks ini di harga 5600 dengan penutupan di harga 5700. Dalam kondisi tersebut, artinya kamu mencatatkan keuntungan sebesar 100 poin. Apabila pada pembelian 1 lot indeks ini tiap poinnya setara dengan 1 Euro, artinya keuntungan atau imbal hasil yang didapatkan dari pembelian tersebut adalah 100 x 1 Euro = 100 Euro.

Contoh lainnya, kamu menjual 1 lot saham CAC di harga 5600 dengan nilai penutupan sebesar 5500. Dengan begitu, nilai keuntungan yang didapatkan adalah 100 poin. Sehingga, berdasarkan perhitungan tersebut, posisi tersebut mampu memberikan hasil keuntungan sebesar 100 x 1 Euro = 100 Euro.

Sementara untuk contoh kerugian ketika investasi di indeks ini adalah sebagai berikut.

Kamu menjual 1 lot saham CAC 40 di harga 5600 dengan nilai penutupan di angka 5700. Artinya, nilai kerugian yang didapatkan adalah 50 poin. Alhasil, perhitungan penjualan indeks tersebut adalah 100 x 1 Euro = -100 Euro.

Baca juga: Reksa Dana Indeks dan Reksa Dana Saham, Apa Bedanya? Begini Penjelasannya!

Keunggulan Investasi di Indeks CAC 40

Sebagai salah satu indeks unggulan, ada beberapa keuntungan dari trading atau investasi di indeks ini, antara lain:

  • Merupakan salah satu index pasar saham paling populer serta secara luas diperdagangkan grup Euronext.
  • Menawarkan tingkat likuiditas dan volatilitas cukup tinggi bagi investor maupun trader.
  • Trading di indeks CAC 40 menggunakan CFD memudahkan trader mengambil posisi jual atau beli pada 40 perusahaan terbesar Perancis.
  • CFD pada indeks ini juga memberi akses memanfaatkan leverage ketika investasi
  • Tak akan kehilangan kesempatan trading karena indeks ini dibuka dan ditutup di waktu yang telah ditetapkan di setiap hari kerjanya.
  • Investor bisa mendapat manfaat dari pembukaan market saham serta strategi pergerakan yang dikembangkan sesuai celah pembukaan serta rentang pasar.
  • Investor memperoleh manfaat spread indeks yang ketat serta kompetitif di sejumlah platform sehingga mampu membatasi biaya transaksi trading.
  • Bisa melakukan aktivitas trading di instrumen yang terkait ekonomi serta berita perusahaan Perancis sehingga proses intervensi oleh penggemar bursa saham lebih cepat dan mudah dilakukan pada indeks ini.

Kekurangan Trading di Indeks CAC 40

Meski menawarkan beragam keunggulan di atas, trading di indeks ini juga memiliki sejumlah kekurangan, seperti:

  • Cara investasi terbilang kompleks dan risiko tinggi
  • Terdapat beban biaya swap apabila melakukan posisi terbuka seharian.
  • Bursa ditutup tiap malam dan membuat trader mempunyai risiko di celah pembukaan pasar, khususnya di kondisi ketika trader hanya bisa melakukan aktivitas di hari selanjutnya pasca pasar kembali dibuka.

Tips Investasi di Indeks CAC 40

Karena mengacu pada indeks saham luar negeri, ada beberapa tips investasi CAC 40 yang perlu kamu ketahui, yaitu:

  • Luangkan waktu mempelajari bursa saham serta cara trading lebih dulu
  • Tentukan strategi secara terperinci, termasuk terkait waktu serta cara berinvestasi atau trading
  • Gemar mengikuti berita ekonomi Perancis dan dunia.
  • Analisis pula indeks bursa saham utama lain, seperti DJIA dan Nikkei untuk mengetahui kondisi ekonomi dunia secara lebih akurat
  • Tentukan manajemen risiko dan finansial secara ketat, tanpa terlalu banyak menggunakan leverage guna mempertahankan modal

Waktu Terbaik Trading Indeks CAC 40

Selain tips di atas, kamu juga perlu memahami beragam waktu terbaik untuk trading di indeks CAC 40 agar mampu menjalani aktivitas tersebut dengan optimal. Jika ingin mendapatkan kondisi volatilitas tinggi, rekomendasi waktu trading adalah sebagai berikut.

  • Ketika bursa saham dibuka jam 9 pagi, kurun waktu tersebut biasanya menjadi kesempatan baik karena indeks saham biasanya bergerak cepat. Periode ini biasanya berlangsung selama beberapa menit sampai sekitar 1 jam pasca jam pembukaan.
  • Ketika pusat finansial terbesar dunia buka bersamaan, sekitar pukul 3 sampai 5 sore waktu Paris.
  • Ketika informasi ekonomi diumumkan, khususnya kawasan Perancis dan Eropa yang cenderung mempengaruhi nilai saham indeks ini.

Sebaliknya, jika menginginkan volatilitas rendah, waktu berikut ini biasanya dijadikan pilihan.

  • Sebelum bursa saham dibuka, sekitar pukul 8 pagi sampai jam pembukaan pasar saham.
  • Sekitar tengah hari saat jam istirahat siang
  • Pasca bursa ditutup, sekitar pukul 5 sore sampai 10 malam waktu Paris

Baca juga: Pasar Saham Indonesia: Pengertian, Jenis, dan Jam Perdagangan

Sesuaikan Aktivitas Investasi dan Trading di CAC 40 dengan Karakteristiknya

Karena menggunakan indeks luar negeri, kamu tentu perlu menyesuaikan aktivitas investasi dan trading di indeks ini dengan karakteristiknya. Pasalnya, berbeda bursa dan indeks acuan yang dipilih, langkah dan strategi yang dilakukan oleh investor atau trader juga perlu disesuaikan. Barulah dengan begitu kegiatan investasi atau trading bisa dijalani dengan lebih optimal.