Cara Alami Mengatasi Mata Minus, Tak Perlu Operasi!

Mata minus merupakan kondisi dimana indera penglihatan tidak bisa bekerja dengan normal. Kondisi ini juga dikenal dengan miopia, dimana mata tidak bisa melihat benda-benda yang jauh dengan jelas. Hal ini tentu akan membuat produktivitas seseorang menjadi terhambat.

Apalagi jika terus dibiarkan, kondisi ini tentu akan semakin parah. Sebagian besar penderita yang mengalami mata minus diakibatkan karena penggunaan gadget dan alat elektronik yang berlebihan. Misalnya TV, laptop maupun smartphone.

Jika belum terlanjur, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengurangi kondisi mata minus dengan cara alami. Berikut selengkapnya.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Jenis Perlindungan
Pilih Jenis Kelamin
Pilih Tanggal Lahir
Pilih Bulan Lahir
Pilih Tahun Lahir
Pilih Tipe Asuransi

1. Lakukan Gerakan Senam untuk Mata

loader

Tips pertama yang bisa dilakukan untuk mengurangi masalah mata minus adalah dengan senam mata. Berikut langkah-langkah senam mata yang bisa diikuti. 

  • Gerakan bola mata ke kanan, ke kiri, ke bawah, ke atas dan ke sudut perlahan-lahan.
  • Lanjutkan dengan gerakan memutar bola mata dari kiri ke atas lalu ke kanan, kembali lagi ke atas dan sebaliknya. 
  • Kemudian latihan berkedip hingga 100 kali atau semampunya.

Lakukan gerakan di atas secara rutin, agar kondisi mata jadi lebih segar. Sehingga, gejala mata minus bisa berkurang dan tak semakin memburuk.

2. Perbanyak Konsumsi Wortel

loader

Masyarakat sudah mengenal wortel sebagai obat untuk mengatasi mata minus secara alami. Pasalnya, sayuran berwarna oranye ini kaya akan kandungan beta-karoten. 

Dimana kandungan tersebut sangat bagus untuk menjaga kesehatan mata. Agar manfaatnya lebih maksimal, konsumsi jus wortel 2 gelas setiap hari sangat dianjurkan. 

Baca Juga: Kenali 4 Gangguan Retina Mata dan Cara Menjaga Kesehatannya

3. Buat Jus dari Lidah Buaya dan Konsumsi Secara Rutin

loader

Bukan hanya jus wortel, ternyata lidah buaya yang diolah menjadi jus juga bagus untuk kesehatan mata. Ini karena ternyata lidah buaya juga mengandung vitamin antioksidan, seperti vitamin A, B12, C dan E. Dimana kita tersebut sangat efektif untuk menangkal radikal bebas yang berbahaya.

Untuk mengurangi gejala mata minus, buatlah jus dari lidah buaya segar dan minum secara rutin. Untuk menambah rasa, kamu bisa menambahkan perasan lemon dan madu. 

4. Kompres Mata dengan Daun Sirih

loader

Tak hanya bisa digunakan sebagai bahan untuk minuman herbal jamu tradisional, ternyata daun sirih bisa jadi bahan alami untuk mengurangi masalah mata minus atau miopi. Caranya cukup mudah, siapkan daun sirih sebanyak dua lembar, lalu gunakan sebagai kompres mata di malam hari menjelang tidur. Tapi sebelum menggunakannya, cuci dulu daun sirih hingga bersih.

Selain cara tersebut, daun sirih juga bisa digunakan untuk membersihkan mata. Cukup ambil daun sirih beberapa lembar dan bersihkan. Lalu daun sirih tadi diremas-remas sambil direndam dalam wadah berisi air bersih dan saring.

Selanjutnya gunakan air rebusan daun sirih yang sudah disaring tadi untuk membersihkan mata. Caranya kedip-kedipkan mata ke dalam air tersebut selama beberapa saat. 

5. Terapi dengan Lilin

loader

Banyak orang yang sudah mengakui keampuhan lilin untuk mengurangi masalah mata minus. Meskipun belum ada penelitian yang mendukung terapi ini, tapi tak ada salahnya dicoba.

Caranya cukup mudah, siapkan lilin lalu nyalakan. Kemudian tatap lilin tersebut selama beberapa saat dengan fokus, usahakan agar jangan sering-sering berkedip. Jika mata mulai berair, atau mata merah sebaiknya hentikan kegiatan tersebut, karena mata bisa mengalami iritasi.

Baca Juga: Selain Batasi Penggunaan Gadget, ini 8 Cara Menjaga Kesehatan Mata

6. Berjemur di Pagi Hari

loader

Menurut penelitian, paparan sinar UVB (ultraviolet) sangat bagus untuk menjaga kesehatan mata. Terutama sinar matahari pagi di antara jam 7 sampai jam 9, karena indeks sinar ultraviolet masih dalam batas aman. Karenanya, perbanyaklah aktivitas di luar ruangan. 

Selain itu, lakukan terapi berjemur untuk mata. Caranya dengan mengarahkan pandangan mata ke matahari pagi sejenak, lalu tutup keduanya sampai terasa hangat.

7. Lakukan Gerakan Eye Palming

loader

Tips mengatasi mata minus secara alami tanpa harus operasi selanjutnya adalah dengan menggunakan teknik eye palming. Selain itu, teknik ini juga bisa meredakan mata lelah atau pegal-pegal, caranya pun cukup mudah.

Pertama gosok telapak tangan sampai terasa hangat lalu letakkan pada kelopak mata yang terpejam. Kemudian diamkan hingga hangatnya hilang dan ulangi lagi sampai otot-otot mata terasa lebih nyaman. 

8. Latihan Fokus dengan Jari Telunjuk

loader

Cara ini sebetulnya tak jauh berbeda dengan terapi lilin, yang membedakan hanya pada objek fokusnya saja. Dengan melatih fokus, ini akan membuat masalah miopia pada mata lebih bisa dicegah.

Untuk melakukan latihan fokus dengan jari telunjuk ini sangat sederhana. Letakkan jari telunjuk telat di depan hidung. 

Lalu fokuskan pandangan ke jari telunjuk, dan ubah fokus ke benda lain yang berada di belakang jari telunjuk dengan cepat tanpa mengubah posisi.

Langkah-langkah ini bisa dilakukan rutin setiap hari untuk pencegahan mata minus. Jangan lupa, siapkan posisi duduk yang nyaman sebelum melakukan kegiatan tersebut.

9. Konsumsi Jus dari Buah Bit

loader

Selain wortel dan lidah buaya, buah bit ternyata juga bagus untuk kesehatan mata. Ini karena buah bit kaya dengan kandungan zeaxanthin dan lutein. Dimana keduanya merupakan senyawa antioksidan yang dipercaya mampu menjaga kesehatan retina dan makula pada mata. 

Selain itu buah bit juga kaya vitamin C, dimana mampu membantu menjaga kelembaban mata dan mencerahkan tingkat penglihatan. Untuk memperoleh manfaatnya, kamu bisa mengolahnya menjadi jus lalu dikonsumsi secara teratur. Kamu juga bisa mengkombinasikan jus buah bit dengan buah-buahan lain, seperti wortel dan belimbing.

Pencegahan Jauh Lebih Baik Daripada Membiarkan Mata Bermasalah

Kondisi mata minus sebetulnya bisa dicegah sedari dini. Pasalnya, kondisi tersebut diakibatkan karena gaya hidup dan kebiasaan yang buruk. Seperti bekerja terlalu lama di depan komputer, nonton televisi terlalu dekat dan sebagainya.

Nah, sebelum penglihatan mulai bermasalah, ada baiknya untuk mengurangi kebiasaan buruk dan memperbaiki pola hidup. Selain itu, periksakan kondisi mata secara rutin ke dokter. Agar masalah pada mata bisa ditangani lebih cepat!

Baca Juga: Kenali Manfaat Hingga Resiko Kelebihan Mengonsumsi Vitamin A Bagi Tubuh