Jangan Sampai Over Limit, Begini Cara Cek Limit Kartu Kredit

Memiliki kartu kredit memang menyenangkan karena dapat memudahkan berbagai transaksi serta menguntungkan. Dengan benda kecil satu ini, kamu tidak perlu repot lagi membawa banyak uang serta bisa membayar tagihan kredit secara dicicil. Akan tetapi, dalam penggunaannya kamu perlu mengetahui cara cek limit kartu kredit agar tidak sampai over limit.

Sebagai informasi, dana yang ada dalam kartu kredit merupakan milik bank sehingga berbagai transaksi pembayaran yang dilakukan adalah utang. Setiap bank juga menetapkan sejumlah batasan dana atau yang disebut limit kartu kredit.

Limit tersebut disesuaikan pihak bank dengan produk kartu kredit serta kemampuan keuangan nasabah yang dilihat melalui penghasilan. Nah, sebagai pemilik kartu kredit, kamu perlu tahu cara cek limit kartu kredit sehingga bisa mengecek jumlah limit yang tersisa.

Baca Juga: Credit Scoring Jelek ? Kenali Sebab dan Alasannya Berikut Ini

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Cara Cek Limit Kartu Kredit

loader

Cek Limit Kartu Kredit

Banyak orang mengerti tentang limit pada kartu kredit. Akan tetapi, belum banyak yang tahu cara cek limit kartu kredit sehingga sering tidak sadar bahwa limit kartu kredit tersebut ternyata sudah habis atau over limit.

Tentunya, kamu akan merasa sedih atau kesal karena gagal bertransaksi saat belanja. Hal ini bisa terjadi jika kartu kredit over limit. Oleh karena itu, pahami beberapa cara cek limit kartu kredit berikut.

  1. Cek Limit Kartu Kredit BCA

    Bank Central Asia (BCA) merupakan salah satu bank yang memiliki banyak nasabah di Indonesia. BCA pun mengeluarkan sederet produk kartu kredit yang menawarkan berbagai fasilitas, fitur, serta keuntungan yang dapat dinikmati.

    Jika kamu merupakan salah satu nasabah kartu kredit BCA. Simak informasi beberapa cara cek limit kartu kredit BCA berikut.

    • Cek Limit via HaloBCA

      Salah satu cara cek limit kartu kredit BCA adalah melalui layanan HaloBCA. Layanan ini adalah call center BCA yang tersedia selama 24 jam. Kamu bisa menghubungi HaloBCA di nomor 500888 yang akan terhubung dengan customer service (CS) BCA. Di sana, kamu bisa menyampaikan tujuan pengecekan limit kartu kredit kepada CS HaloBCA.

    • Cek Limit via SMS Banking

      Cara kedua untuk cek limit kartu kredit BCA adalah melalui SMS banking. Namun, kamu perlu mendaftarkan atau melakukan registrasi nomor handphone di ATM BCA terdekat. 

      Kemudian, setelah nomor handphone selesai didaftarkan. Kamu bisa cek limit kartu kredit BCA melalui SMS dengan mengetik Limit(spasi)(4 digit kode akses).

    • Cek Limit via Klik BCA

      Kamu juga bisa menggunakan Klik BCA untuk mengecek limit kartu kredit. Akan tetapi, kamu harus mendaftarkan kartu kredit yang dimiliki ke dalam sistem Klik BCA. Kemudian, barulah lakukan login pada KlikBCA.

      Selanjutnya, pilih opsi menu “Informasi Saldo”. Di sana, kamu bisa mengetahui jumlah limit yang dimiliki.

    • Cek Limit via VIRA

      VIRA adalah layanan messenger dari BCA yang dapat diakses melalui aplikasi media sosia Facebook Messenger Bank BCA, Line @BankBCA, Kaskus Chat BankBCA, serta Asisten Google.

      Sebelum menggunakan VIRA, daftar terlebih dahulu nomor handphone di ATM BCA. Lalu, pilih “e-banking” hingga menerima One Time Password (OTP).

      Setelah registrasi, buka platform chatting pilihan dan tambah akun BCA untuk memulai percakapan dengan VIRA. Lalu, aktivasi dengan memasukkan kode OTP. Selanjutnya, pilih “opsi Cek Transaksi Perbankan disini”, pilih “Info Kartu Kredit”, dan pilih “Cek Sisa Limit KK.”

  2. Cek Limit Kartu Kredit BNI

    Bank Negara Indonesia (BNI) merupakan salah satu perbankan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang juga mengeluarkan banyak produk kartu kredit. Untuk mengetahui limit yang dimiliki, berikut beberapa cara cek limit kartu BNI.

    • Cek Limit via Call Center

      Layanan call center BNI dapat diakses selama 24 jam 7 hari. Kamu bisa menghubungi call center BNI pada nomor 1500046. Di sana akan ada CS yang membantumu untuk mengecek limit kartu kredit milikmu.

    • Cek Limit via SMS

      Cara lain cek limit kartu kredit BNI adalah melalui SMS banking. Sebelumnya, pastikan nomor handphone sudah terdaftar pada sistem kartu kredit BNI. Perhatikan jenis kartu kredit, yakni Visa, Master dan JCB karena memiliki format berbeda meskipun pesan ketiganya sama-sama dikirimkan ke nomor 336. 

      Berikut cara mengecek limit pada masing-masing jenis kartu kredit BNI.

      1. Cek sisa limit kartu kredit BNI Visa via SMS banking dengan format, VISA(spasi)SAL(spasi)(4 digit terakhir kartu kredit Visa).
      2. Cek sisa limit kartu kredit BNI Master adalah dengan format, MASTER(spasi)SAL(spasi(4digit terakhir kartu kredit BNI Master)
      3. Cek sisa limit kartu kredit BNI JCB
        dengan format berikut, JCB(spasi)SAL(spasi)4 digit terakhir kartu kredit JCB)
  3. Cek Limit Kartu Kredit BRI

    Pada perbankan BUMN Bank Rakyat Indonesia (BRI). Ada dua cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui sisa limit kartu kredit yang dimiliki. Berikut cara cek kartu kredit BRI yang bisa diketahui.

    • Cek Limit via Call BRI

      Hubungi Call Center BRI pada 14017 untuk mengetahui informasi terkait kartu kredit BRI.

      Call center BRI merupakan cara yang paling aman dan efektif untuk mendapatkan informasi tersebut karena dapat diakses 24 jam termasuk hari minggu dan libur.

    • Cek Limit via Internet Banking

      Internet banking bank BRI juga dapat digunakan untuk cek limit kartu kredit. Langkahnya adalah sebagai berikut:

      • Masuk ke dalam halaman BRI Internet Banking.
      • Isi Username dan password.
      • Pilih Pembayaran.
      • Pilih Kartu Kredit, lalu masukkan 16 digit nomor kartu kredit.
      • Akan tampil informasi terkait kartu kredit, seperti detail tagihan, sisa limit, serta tanggal jatuh tempo.
  4. Cek Limit Kartu Kredit Mega

    Bank Mega juga memiliki berbagai produk kartu kredit yang digandrungi nasabah. Adapun bank dengan semboyan “Mega Tujuan Anda” ini memiliki tiga cara mudah mengetahui sisa limit kartu kredit. Berikut adalah cara cek limit kartu kredit Mega.

    • Cek Limit via Call Center

      Untuk pengguna kartu kredit dari bank Mega. Kamu bisa mengecek sisa limit melalui layanan call center dengan cara berikut.

      1. Tekan nomor 60010 atau 1500010 untuk telepon rumah atau kantor.
      2. Selanjutnya, tekan angka 1 untuk tersambung ke Transaksi Perbankan dan Kartu Kredit.
      3. Masukkan 16 digit nomor kartu kredit dan dengan tanda bintang.
      4. Masukkan PIN kartu kredit.
      5. Tunggu sampai call center menyampaikan rincian transaksi serta limit kartu kredit.
    • Cek Limit via SMS

      Cara pengecekan limit melalui SMS punya biaya yang lebih murah dan cepat dibanding melalui call center. Berikut langkah cek limit kartu kredit Mega via SMS.

      1. Ketik INFOLIMIT(spasi)(4 digit terakhir kartu kredit).
      2. Kirim ke 3377. Pastikan menggunakan nomor handphone yang terdaftar di Bank Mega.
      3. Tunggu SMS balasan terkait tagihan terakhir, informasi limit, dan tanggal jatuh tempo pembayaran.
    • Cek Limit via Aplikasi Mega Credit Card Mobile

      Cara lain mengecek sisa limit kartu kredit mega melalui aplikasi Mega Credit Card Mobile. Cara online ini jauh lebih praktis. Berikut cara cek limit kartu kredit Mega via aplikasi.

      1. Unduh aplikasi Mega Credit Card Mobile di ponsel.
      2. Masuk atau login aplikasi Mega Credit Mobile dengan user ID dan password.
      3. Pilih Kartu Kredit.
      4. Informasi mengenai kartu kredit, seperti sisa limit, jumlah limit, dan total tagihan, akan tercantum pada aplikasi.
  5. Cek Limit Kartu Kredit CitiBank

    Limit kartu kredit CitiBank dapat dicek dengan beberapa cara. Mulai dari, cara online hingga offline bisa kamu pilih. Berikut adalah cara cek limit kartu kredit CitiBank.

    • Cek via Citi Mobile SMS

      cara pertama untuk mengetahui sisa limit kartu kredit CitiBank adalah melalui layanan Citi Mobile SMS. Caranya, cukup mengirim pesan ke nomor 699999 dengan format, Saldo(spasi)(4 digit terakhir nomor kartu kredit).

    • Cek via Citi Mobile App

      Selain itu, CitiBank juga memiliki aplikasi mobile bernama Citi Mobile App yang bisa digunakan untuk mengecek sisa limit kartu kredit. Untuk menggunakannya, kamu cukup registrasi pada aplikasi dengan mengisi 16 digit nomor kartu kredit beserta keterangan tempat dan tanggal lahir.

      Kemudian, kamu dapat mengakses informasi seputar kartu kredit, mulai dari pengecekan limit hingga penggantian PIN kartu kredit.

    • Cek via Citiphone

      Cara terakhir cek sisa limit kartu kredit CitiBank melalui layanan Citiphone. Caranya, hubungi nomor telepon 69999 atau (021)2529999 atau 30009999.

      Kemudian, jika sudah terhubung masukkan 16 digit nomor kartu kredit. Lalu, masukkan PIN kartu kredit dan tekan tombol “2" untuk informasi rekening.

      Itulah beberapa cara cek sisa limit pada kartu kredit beberapa perbankan. 

Tips Saat Kartu Kredit Over Limit

Nah, jika kartu kredit mengalami over limit, ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar kartu kredit dapat digunakan kembali. Yuk, simak tips yang bisa dilakukan saat kartu kredit over limit!

  1. Segera Bayar Tagihan

    Ketika kartu kredit mengalami over limit. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah segera membayar semua tagihan beserta denda. Sebab, transaksi dengan kartu kredit yang over limit akan dikenakan biaya over limit sekitar 5%.

    Setelah membayar tagihan, limit kartu kredit akan kembali bisa digunakan tanpa ada persentase denda over limit. 

  2. Minta Bank Meningkatkan Limit

    Cara berikutnya adalah menghubungi bank penerbit untuk meningkatkan batas limit kartu kredit. Sebaiknya, kamu melakukan pengajuan kenaikan limit pada kondisi yang tepat. Contohnya, saat kondisi keuangan stabil dan tidak sedang memiliki hutang besar.

    Pasalnya, sebelum bank menyetujui permohonan, mereka akan memeriksa rekening koran selama beberapa bulan terakhir untuk memastikan kamu mampu membayar ketika limit sudah disetujui.

    Namun, pengajuan kenaikan limit tersebut memang seringkali ditolak dengan alasan tertentu meskipun finansial atau pendapatan berada di kondisi baik-baik saja.

  3. Mengganti Jenis Kartu Kredit

    Cara yang bisa dilakukan selanjutnya ketika kartu kredit over limit adalah mengajukan penggantian jenis kartu. Kamu bisa mengupgrade kartu kredit ke jenis yang lebih tinggi, seperti platinum, infinite, signature, dan lainnya.

    Semakin tinggi jenis kartu kredit, maka limit yang ditawarkan pun semakin besar. Kamu bisa menghubungi bank penerbit untuk mengajukan pergantian kartu. Namun, jangan lupa untuk tetap memperhatikan batas limit tetap di bawah agar tidak terjadi lagi over limit kedepannya.

    Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan saat kartu kredit mengalami over kredit.

    Baca Juga: Ubah Kebiasaan Buruk Penggunaan Kartu Kredit agar Tidak Terjebak Hutang Jangka Panjang

Cek Limit Kartu Kredit Berkala untuk Mencegah Over Limit

loader

Cek Limit Kartu Kreditmu Secara Berkala

Demikianlah pembahasan mengenai hal-hal yang bisa dilakukan ketika kartu kredit mengalami over limit. Sebagai langkah mencegah, kamu bisa melakukan cek limit kartu kredit secara berkala. Dengan demikian, kamu akan ingat jumlah sisa limit kartu kredit yang dimiliki. 

Sebisa mungkin, hindari over limit kartu kredit untuk mencegah biaya denda yang terus berjalan. Bayarlah tagihan kartu kredit beserta biayanya dan ajukan kenaikan limit jika dirasa tidak cukup.

Meski sudah mendapat kenaikan limit atau penggantian jenis, tetap lakukan cek limit kartu kredit. Semoga informasi pada artikel ini bermanfaat untuk kamu, ya!

Baca Juga: Kini Verifikasi Akun Paypal Lebih Mudah, Bisa Pakai Kartu Kredit atau Debit!