Punya Persyaratan Mudah, Simak Cara Membuat Kartu Kredit BRI

Di Indonesia, kartu kredit merupakan salah satu metode pembayaran yang sudah banyak digunakan. Bank Rakyat Indonesia (BRI), misalnya, merupakan perbankan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang menyediakan fasilitas kartu kredit. Namun, sebagian masyarakat belum mengetahui cara membuat kartu kredit BRI.

Sebelum jauh membahas cara membuat kartu kredit BRI. Perlu diketahui, kartu kredit BRI merupakan kartu yang terbit dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran nontunai. Kartu ini memiliki lisensi dari MasterCard dan Visa.

Pada umumnya, kartu kredit BRI memiliki kegunaan atau fungsi yang sama dengan kartu kredit lain, yaitu metode pembayaran nontunai secara kredit dengan limit berbeda pada setiap kartu. Limit tersebut ditentukan oleh pihak bank dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Dengan kartu kredit, nasabah bisa melakukan transaksi tanpa harus memiliki uang terlebih dahulu. Pembayaran akan dilakukan oleh pihak bank di awal. Kemudian, nasabah diharuskan membayar nominal yang digunakan pada waktu berikutnya sesuai dengan yang telah ditetapkan. Pembayaran tagihan ini bisa dilakukan melalui ATM BRI, ATM Bersama, transfer antar bank, perbankan SMS, dan perbankan internet.

Sistem kredit tersebut dianggap memudahkan banyak orang, terutama di Indonesia. Pasalnya, selain berbelanja dengan sistem kredit, metode pembayaran kartu kredit juga bisa digunakan pada jaringan luas dan tempat yang beragam.

Kemudian, penggunaan kartu kredit juga dapat membantu mengetahui catatan keuangan selama satu bulan. Selain itu, ada ada pula beberapa manfaat dari penggunaan kartu kredit BRI, seperti reward, diskon, cashback, serta berbagai keuntungan lainnya.

Dengan berbagai keuntungan dan kemudahannya, kamu tentu tidak boleh kelewatan informasi cara membuat kartu kredit BRI. Simak, cara dan syarat membuat kartu kredit BRI yang perlu diketahui!

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Syarat Membuat Kartu Kredit BRI

loader

Setiap penyedia kartu kredit, termasuk perbankan, memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda. Sebelum kamu membuat kartu kredit, ketahui dan pahami terlebih dahulu syarat tersebut. Adapun dilansir dari laman resmi BRI, berikut syarat membuat kartu kredit BRI yang harus dipenuhi oleh nasabah.

  1. Nasabah yang mengajukan kartu kredit minimal berusia 21 tahun
  2. Membawa fotokopi atau salinan buku tabungan selama 3 bulan terakhir dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).
  3. Memiliki slip gaji terbaru dengan pendapatan minimal Rp3 juta per bulan yang telah dilegalisir.
  4. Jika tidak memiliki slip gaji, opsi lain bisa menggunakan surat keterangan penghasilan dari tempat bekerja.

Itulah syarat yang diberikan BRI untuk nasabah yang ingin mengajukan permohonan kartu kredit. Setelah semua syarat terpenuhi, kamu bisa mengajukan permohonan kartu kredit dengan cara yang telah ditetapkan.

Cara Membuat Kartu Kredit BRI

BRI merupakan salah satu perbankan BUMN yang memiliki jumlah nasabah cukup banyak. Pada kuartal II 2021, tercatat BRI memiliki nasabah 89 juta. Oleh sebab itu, banyak produk dan inovasi yang dihadirkan BRI untuk kemudahan masyarakat Indonesia sebagai nasabah. 

Salah satu produk BRI yang terus digerakkan untuk dapat dimanfaatkan masyarakat, yakni kartu kredit. Ada dua cara membuat kartu kredit BRI, yakni online dan offline. Kamu bisa memilih cara mana yang ingin kamu lakukan. Berikut adalah cara membuat kartu kredit BRI.

1. Cara Membuat Kartu Kredit BRI Online

Digitalisasi mendorong berbagai hal, termasuk perbankan untuk merambah ke online. Oleh sebab itu, banyak masyarakat lebih memilih metode online dalam setiap kegiatan. Cara membuat kartu kredit BRI pun bisa dilakukan secara online. Kamu bisa melakukannya melalui website resmi BRI dengan langkah berikut:

  1. Buka situs https://kartukredit.bri.co.id/apply melalui browser. 
  2. Setelah masuk ke halaman, klik ‘Apply Sekarang’.
  3. Kemudian, pilihlah jenis kartu kredit yang diinginkan.
  4. Setelah menentukan pilihan, klik bagian ‘Apply Kartu’. 
  5. Siapkan data-data yang dibutuhkan, seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).
  6. Lalu, klik bagian ‘Lanjutkan’.
  7. Akan muncul Syarat dan Ketentuan untuk pembuatan kartu kredit BRI secara online. Baca dan pahami dengan baik.
  8. Setelahnya, pilih bagian ‘Mulai Mengisi’.
  9. Lengkapi formulir, mulai dari identitas hingga tujuan pembuatan kartu. 
  10. Setelah selesai mengisi formulir, isi bagian tanda tangan online pada bagian yang ditunjukkan.

Itulah cara membuat kartu kredit BRI secara online. Meskipun lebih praktis, BRI tetap memfasilitasi cara membuat kartu kredit secara offline dengan bantuan pihak perbankan.

2. Cara Membuat Kartu Kredit BRI secara offline

Selain metode online, kamu juga bisa membuat kartu kredit BRI secara offline melalui kantor cabang terdekat. Pihak BRI akan membantu kamu mengarahkan langkah-langkah pembuatan serta memberikan informasi terkait jenis kartu kredit BRI. Simak cara membuat kartu kredit BRI secara offline berikut:

  1. Sebelum pergi ke kantor cabang BRI, pastikan kamu telah menyiapkan dokumen persyaratan yang dibutuhkan dengan lengkap.
  2. Temui customer service di kantor cabang BRI terdekat.
  3. Isi formulir pendaftaran dengan lengkap sesuai yang telah diarahkan dan serahkan kembali kepada customer service yang melayani kamu.
  4. Terakhir, tunggu konfirmasi selanjutnya dari pihak bank terkait permohonan pengajuan kamu.

Untuk diketahui, pihak bank akan mengkonfirmasi terkait penerimaan atau penolakan pengajuan kartu kredit. Jika diterima, pihak BRI akan meminta kamu mengikuti tahap wawancara terkait daftar riwayat hidup dan pekerjaan kamu. Kemudian, kamu akan diminta menunggu beberapa waktu. Pihak BRI akan menghubungi kamu selaku nasabah, jika permohonan kartu kredit disetujui.

Demikian dua cara membuat kartu kredit BRI yang bisa kamu lakukan. Jika permohonan pembuatan kartu kredit telah disetujui oleh pihak BRI, kamu akan mendapatkan kartu yang bisa digunakan sebagai pembayaran. Namun, sebelum digunakan pastikan kartu tersebut sudah diaktivasi.

Cara Aktivasi Kartu Kredit BRI

loader

Setelah kartu kredit disetujui oleh BRI, kamu perlu melakukan aktivasi terlebih dahulu agar bisa digunakan. Untuk mengaktifkannya, ada tiga cara yang bisa kamu pilih.

1. Aktivasi Melalui call center BRI

Cara aktivasi kartu kredit BRI melalui call center di nomor telepon 14017 atau 1500017. Setelah terhubung, kamu bisa memilih angka 2 pada ponsel untuk diarahkan ke pihak BRI yang akan membantu. Kemudian, kamu akan mendapat nomor PIN yang dikirim melalui nomor telepon yang kamu gunakan melalui pesan singkat. PIN tersebut bisa kamu ganti pada ATM BRI.

2. Aktivasi Melalui BRI Credit Card Mobile

Unduh aplikasi BRI Credit Card Mobile melalui Play Store atau App Store. Kamu perlu terlebih dahulu membuat akun dan mengisi data-data yang diminta. Kemudian, untuk mendaftar kamu perlu memasukkan 16 digit nomor kartu kredit BRI kamu, tanggal kadaluarsa kartu, nama lengkap sesuai pemilik kartu, tanggal lahir, dan nomor handphone.

3. Aktivasi melalui SMS

SMS atau pesan singkat juga bisa membantu kamu mengaktifkan kartu kredit BRI. Gunakan nomor handphone yang sudah terdaftar dengan sistem bank. Kamu bisa mengirimkan pesan dengan format KKBRIAKT6 Digit Pertama Nomor Kartu Kredit#4 Digit Terakhir Nomor Kartu Kredit#Tanggal Lahir ke nomor 3300. Lalu, tunggu balasan pesan dari pihak BRI. Adapun untuk aktivasi ini, pastikan kamu memiliki pulsa minimal Rp5.000.

Buat Kartu Kredit BRI Sesuai Tipe

Bagaimana, sudah paham kan syarat dan cara membuat kartu kredit BRI, serta pilihan cara aktivasi kartu tersebut? Namun, bagi kamu yang tertarik memiliki dan mengajukan kartu kredit. Mengetahui syarat dan cara membuat kartu kredit saja belum cukup, lho!

Kamu sebaiknya mengetahui jenis atau tipe kartu kredit yang disediakan BRI sebelum membuat atau mengajukannya. Dengan begitu kamu bisa memilih tipe dengan limit serta manfaat yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Sebagai informasi, penggunaan kartu kredit terus mengalami peningkatan. Bank Indonesia (BI) mencatat, jumlah kartu kredit yang beredar pada Juni 2022 mencapai 16,58 juta unit. Angka ini meningkat 0,84% dari periode yang sama tahun 2021 sebesar 16,56 juta.

Oleh sebab itu, BRI sebagai salah satu perbankan dengan jumlah nasabah banyak memiliki beberapa tipe kartu kredit sebagai pilihan. Berikut adalah beberapa tipe kartu kredit BRI yang dilansir dari laman resmi https://kartukredit.bri.co.id/card/compare

  1. Kartu BRI Easy dengan limit Rp3.000.0000 sampai Rp4.999.999.
  2. Kartu Kredit BRI Raya dengan limit Rp5.000.000 sampai Rp999.999.999.
  3. BRI Wonderful Indonesia dengan limit Rp15.000.000 sampai Rp49.999.999.
  4. BRI JCB Platinum dengan limit Rp15.000.000 sampai Rp49.999.999.
  5. Platinum BRI dengan limit Rp50.000.000 sampai Rp99.999.999.
  6. Akses BRI Dunia dengan limit Rp100.000.000 sampai Rp999.999.999.

Pahami Cara Membuat Kartu Kredit BRI agar Transaksi Lebih Nyaman

Sebagai informasi, penggunaan kartu kredit terus mengalami peningkatan. Bank Indonesia (BI) mencatat, jumlah kartu kredit yang beredar pada Juni 2022 mencapai 16,58 juta unit. Angka ini meningkat 0,84% dari periode yang sama tahun 2021 sebesar 16,56 juta.

Nah, itulah informasi lengkap seputar pengertian, kegunaan, tipe kartu, syarat dan cara membuat kartu kredit BRI. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk kamu, ya!