Dear Parents, Begini Cara Siapkan Dana Pendidikan dengan Tabungan Emas

Biaya pendidikan kini tak bisa dibilang murah. Setiap orang tua pastinya akan berusaha keras untuk memberikan pendidikan yang terbaik bagi anak-anaknya. Mulai dari pendidikan tingkat TK, SD, SMP, SMA hingga perguruan tinggi.

Oleh karenanya, dana pendidikan anak harus dipersiapkan sejak dini agar uangnya tercukupi sebab biaya pendidikan selalu menunjukkan tren kenaikan.

Menyikapi biaya pendidikan di masa depan, Anda tak perlu panik. Milikilah strategi yang mudah dilakukan dan tepat sasaran dalam menyiapkan dana pendidikan. Salah satu caranya adalah melalui tabungan emas.

Tabungan emas merupakan cara praktis menabung sekaligus investasi dalam bentuk aset berupa emas. Emas cocok digunakan sebagai tabungan dana pendidikan karena emas tergolong dalam kategori investasi yang rendah risiko, likuid dengan tren kenaikan harga yang stabil.  

Secara umum, proyeksi kenaikan harga emas per tahun yakni sekitar 8-15%. Investasi yang satu ini diproyeksikan mampu mengimbangi biaya pendidikan yang rata-rata mengalami kenaikan sekitar 10% setiap tahunnya.

Lalu bagaimana strategi nabung emas yang aman untuk tujuan dana sekolah di masa depan? Simak tips praktisnya, seperti dikutip dari Cermati.com.

loader

  1. Tentukan Tipe Tabungan Emas

Untuk tujuan tabungan dana pendidikan, sangat disarankan Anda memilih jenis investasi emas berupa logam mulia (LM) atau emas batangan, bukan emas perhiasan. 

Kemudian, pahami bahwa ada dua tipe tabungan emas LM, yaitu menabung dalam bentuk emas fisik (cetak) atau dalam bentuk emas virtual (bentuk fisiknya di simpan atau dititipkan dan di cetak sesuai permintaan).

Pastikan Anda memilih tipe tabungan emas yang sesuai dengan kebutuhan. Artinya, jika Anda termasuk orang yang lebih percaya dan nyaman menyimpan emas dalam bentuk fisik, maka Anda bisa memilih tabungan emas berupa kepingan atau batangan logam mulia.

Namun jika Anda termasuk orang yang praktis, dan ingin menghindari risiko kehilangan emas saat di simpan, maka solusinya Anda bisa memilih tabungan emas dalam bentuk virtual.

  1. Mulai dengan Uang yang Anda Punya 

Untuk mulai nabung emas ini mudah, Anda bisa membeli emas langsung di toko emas dan butik Antam, atau beli online lewat aplikasi e-commerce dan pegadaian yang memiliki program tabungan emas.

Selanjutnya, Anda tak perlu ragu untuk mulai menabung emas dengan modal kecil. Menabung emas bisa Anda mulai kapan saja, dengan modal berapapun yang Anda miliki. Bahkan dengan uang sebesar Rp5.000,- saja Anda bisa menabung emas.

Ingat ya, investasi emas kini semakin praktis, aman dengan modal yang terjangkau. Uang yang Anda setorkan nantinya akan dikonversi langsung menjadi bentuk emas sesuai dengan nilainya.

Apabila kelak tabungan emas Anda sudah terkumpul, Anda bisa mencairkannya, dalam bentuk uang tunai atau kepingan emas/batangan. Jadi, Anda bisa memiliki emas batangan senilai 100 gram melalui sistem menabung ini. Cukup mudah bukan?

Baca Juga: 7 Cara Pintar Atur Uang di Era New Normal

  1. Disiplin Nabung untuk Dana Pendidikan Anak

Kunci sukses menabung adalah disiplin. Jadi Anda harus selalu ingat pada tujuan menabung yaitu untuk kebutuhan biaya dana pendidikan. Agar tujuan tersebut tercapai, mulailah rutin menyisihkan sebesar 10 persen atau lebih dari gaji untuk ditabungkan emas.

Lalu, sebisamungkin kurangi pengeluaran konsumtif. Lebih baik alihkan dana konsumtif untuk menambah nilai tabungan emas. Mulailah fokus untuk menyiapkan biaya pendidikan sang buah hati.

Yakinlah, dengan disipilin menabung emas Anda pasti bisa memiliki dana yang cukup untuk biaya sekolah anak-anak hingga lulus di masa depan nanti.