Gejala Demam Berdarah (DBD), Penyebab Penyakit DBD, Pertolongan Pertama, dan Pengobatannya

Masyarakat Indonesia secara luas sudah cukup tahu yang namanya penyakit demam berdarah. Penyakit ini biasa disebut Demam Berdarah Dengue (DBD) atau penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk. Penyakit ini dikenal dengan gejalanya yang sangat khas, yaitu suhu tubuh tinggi atau panas sekaligus nyeri sendi, sakit kepala, otot, tulang, dan sakit area belakang mata.

Meski demikian, penyebutan demam berdarah dalam terminologi medis tidak lah tepat, atau bisa dikatakan salah kaprah. Sebab sebenarnya DB (demam berdarah) itu adalah kondisi yang menjadi komplikasi dari demam dengue (dengue fever) yang memburuk.

DB sendiri dalam istilah medis disebut sebagai dengue hemorrhagic fever. Tetapi karena sudah familier, maka pembahasan penyakit yang satu ini akan tetap dengan penyebutan istilah DBD untuk merujuk pada penyakit yang sama.

Baca Juga: Kenali Sejak Dini, Demam Kelenjar atau Glandular Fever

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

Penyebab Demam Berdarah: Kenapa Seseorang bisa Terkena DBD?

loader
Kenali jenis nyamuk penyebar virus demam berdarah

Virus dengue ini menyerang seseorang melalui perantara nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus (bahasa latin). Ciri-ciri nyamuk yang menyebarkan virus dengue ini adalah berwarna hitam dengan belang-belang putih di tubuhnya.

Kedua jenis serangga ini banyak ditemui berkembang biak di wilayah iklim tropis, termasuk Indonesia dan negara-negara Afrika. Tiap tahun diketahui banyak penderita demam berdarah. Indonesia sendiri jadi salah satu yang tertinggi dengan jumlah kasus mencapai 204.171 penderita DBD pada tahun 2016, dan sebanyak 1.598 orang meninggal akibat penyakit DBD ini.

Kedua nyamuk DBD atau penyebar virus demam berdarah ini justru berkembang biak di genangan air yang jernih di sekitar pemukiman padat penduduk. Nyamuk ini biasanya menghisap darah di waktu pagi dan sore hari.

Kenali dan Ketahui Gejala Demam Berdarah

loader
Kenali gejala dan tanda terserang demam berdarah

Penyakit DBD ini bisa menyerang siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa. Gejala demam berdarah pada anak maupun orang dewasa sejatinya mudah dikenali. Secara umum gejala DBD bisa dikenali baik secara fisik maupun bukan, di antaranya:

  • Suhu tubuh penderita DBD sangat tinggi bisa mencapai 40 derajat celsius.
  • Nafsu makan kurang bahkan hilang selera.
  • Badan terasa lesu.
  • Kepala terasa berat.
  • Tulang, otot, dan sendi terasa nyeri/ngilu.
  • Mual hingga muntah.
  • Kelenjar getah bening bengkak.
  • Muncul bintik-bintik merah di kulit.

Untuk beberapa kasus gejala DBD, terkadang hidung dan gusi penderita juga mengalami pendarahan dengan intensitas ringan.

Masa inkubasi DBD adalah sekitar 4 hingga 7 hari yang berarti seseorang akan mengalami gejala DBD dalam waktu 4 sampai 7 hari (maksimal 12 hari) setelah tergigit nyamuk.

Tingkat Parah Penyakit DBD yang Perlu Diketahui

loader
Jika terlambat menangani serangan DBD bisa berakibat fatal

Setelah mendapatkan hasil tes darah pasien dari laboratorium, dokter selanjutnya akan membagi tingkat parah penyakit demam berdarah yang diderita, terbagi menjadi beberapa kriteria antara lain:

  1. Stadium Pertama

    Terjadi infeksi virus dengan derajat pendarahan yang tampak hanya melalui indikator positif pada saat uji tourniquet yaitu alat untuk mengerutkan dan menekan guna mengontrol aliran darah.

  2. Stadium Lanjutan

    Ditandai dengan pendarahan tiba-tiba seperti bintik merah dan mimisan. Selanjutnya bisa memasuki DBD tingkat ke-2, di mana penderita mengalami syok (menarik diri) yang ditandai dengan kondisi suhu badan dingin di bagian tangan dan kaki, lalu nadi cepat tapi lemah, kesadaran menurun dengan tekanan nadi yang masih terukur.

  3. Stadium Akut

    Dalam istilah kedokteran, ini disebut sebagai DSS (Dengue Shock Syndrome), yang disertai tanda seperti kesadaran menurun bahkan koma. Selanjutnya ditandai dengan nadi sangat lemah bahkan nyaris tidak teraba, hingga tekanan nadi tidak bisa diukur.

    Sangat dianjurkan untuk melakukan perawatan sedini mungkin sebelum memasuki stadium pertama. Dengan mengetahui dan melakukan perawatan sejak awal, penyakit DBD ini akan mudah disembuhkan.

Baca Juga: Berapa Sebenarnya Kebutuhan Gizi Tubuhmu? Begini Cara Menghitungnya

Pertolongan Pertama dan Pengobatan Bila Terserang DBD

loader
Banyak minum air putih untuk mengembalikan cairan dalam tubuh

Bila terjangkit penyakit DBD ini, langkah pertama apa yang perlu dilakukan untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan lebih lanjut?

Cara terbaik tentu pergi ke dokter apabila menemukan gejala-gejala seperti di atas.

Guna memperkuat diagnosa, dokter biasanya akan mengarahkan pasien untuk melakukan tes darah. Dari contoh (sample) darah pasien ini akan mudah ditemukan jenis penyakitnya. Seorang pasien dinyatakan terserang DBD apabila hasil pemeriksaan tes darah tergolong dalam kriteria sebagai berikut:

  • Terjadi pengentalan darah atau disebut hemokonsentrasi. Ini terjadi karena perembesan plasma, dengan nilai Hct (Hematokrit) berkisar antara 20% dari saat normal.
  • Trombosit di bawah 150.000/mikroliter, dengan angka normal berkisar 150.000-450.000/mikroliter. Kondisi ini dikenal dengan istilah trombositopenia.

Di fase awal penyakit DBD ini menyerang, banyak literatur menyebutkan bahwa demam ini memang bisa sembuh dengan teknik perawatan di rumah. Ini adalah masa ketika masih belum memasuki tahapan stadium pertama atau berubah dari demam dengue menjadi DSS. Di fase awal atau ringan bisa melakukan perawatan sendiri, seperti:

  • Istirahat yang cukup.
  • Konsumsi paracetamol dan acetaminophen sesuai dosisnya untuk meredakan demam dan nyeri.
  • Hindari aktivitas yang berat hingga kondisi benar-benar pulih.
  • Konsumsi banyak air mineral untuk mencegah dehidrasi, karena suhu tubuh tinggi dan muntah.
  • Umumnya dokter melarang konsumsi obatan-obatan seperti ibuprofen, naproxen sodium, juga aspirin karena bisa memicu pendarahan di dalam.

Cara Pencegahan Demam Berdarah

loader
Ilustrasi pembasmian nyamuk dengan cara pengasapan atau fogging

Untuk mencegah terjangkitnya penyakit demam berdarah, maka perlu memerhatikan dan melakukan beberapa hal sebagai berikut:

  • Budayakan hidup bersih, bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan sekitar.
  • Menggunakan losion anti nyamuk, dengan kandungan N-diethyl-meta-toluamide yang secara umum terbukti efektif, tetapi penggunaan losion tidak dianjurkan untuk anak di bawah usia 2 tahun.
  • Pasang kawat anti nyamuk di bagian ventilasi rumah.
  • Bersihkan tempat bersarang nyamuk, dengan menutup penampungan air yang berpotensi menjadi sarang jentik nyamuk. Taburkan serbuk abate agar jentik nyamuk mati.
  • Membasmi nyamuk dengan Fogging (pengasapan). Sebagai langkah sterilisasi lingkungan dan menekan populasi nyamuk, maka fogging cukup efektif menekan jentik nyamuk untuk tumbuh dan berkembang biak.

Cegah Penyakit DBD dengan Menjaga Lingkungan Tetap Bersih

Meski termasuk penyakit yang bisa berisiko fatal, penyakit demam berdarah bisa disembuhkan dengan pengobatan di rumah secara intensif. Asalkan menjalankan saran pengobatan dengan benar, maka kondisi bisa segera pulih seperti sedia kala.

Biasanya, penderita akan mulai menunjukan tanda-tanda membaik pada hari ke 3-5. Namun dengan demikian, bukan berarti penderita bisa bebas untuk segera kembali melakukan aktivitas. Sebab pada fase ini, bila demam kembali terjadi maka sebenarnya bisa saja penyakit memasuki stadium lanjutan.

Apabila tidak ditangani segera, maka ini akan menjadi fase kritis yang membawa dampak fatal. Karenanya, tetap sangat disarankan bagi penderita untuk tetap menemui dokter bahkan setelah memasuki hari ke 5 demam sudah mulai menunjukan tanda membaik. Waktu pemulihan total biasanya hingga 2 minggu.

Namun yang terpenting adalah mencegah penyakit DBD ini sedini mungkin dengan cara menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Bila terserang penyakit demam berdarah ini, sesegara mungkin melakukan tindakan yang diperlukan.

Baca Juga: Peserta BPJS Kesehatan Wajib Tahu 5 Tipe Rumah Sakit Agar Tak Salah Berobat