Gigi Berlubang Bisa Menimbulkan 4 Penyakit ini! Begini Cara Mengatasinya

Gigi berlubang merupakan salah satu masalah gigi yang sering terjadi, baik pada anak-anak, remaja, dan orang dewasa. Gigi yang berlubang tentu menimbulkan rasa tidak nyaman, terutama saat mengunyah makanan. Jika tidak hati-hati, maka makanan bisa nyangkut di sela-sela gigi berlubang yang dapat menimbulkan rasa sakit tak tertahankan.

Apabila hal ini tidak segera ditangani, maka makanan yang masuk ke lubang gigi akan membusuk dan memperparah kondisi gigi berlubang. Atau bahkan menimbulkan kerusakan permanen pada gigi.

Berikut beberapa penyakit yang bisa muncul karena gigi berlubang, dan cara mengatasi gigi berlubang agar tidak semakin parah.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

4 Penyakit dari Gigi Berlubang

sakit gigi

1. Gingivitis

Gingivitis disebut juga sebagai sakit gusi, dimana gusi mengalami peradangan akibat masalah yang terjadi pada gigi, seperti gigi berlubang. Dilansir dari Healthline, gingivitis juga bisa terjadi karena kebisaan menyikat gigi yang kurang bersih, sehingga menimbulkan tumpukan plak pada gigi. Ketika plak sudah mengeras, maka plak sulit untuk dibersihkan. 

Hal ini yang nantinya dapat mengakibatkan pendarahan pada gusi. Jika gingivitis tidak segera ditangani, maka dapat mengakibatkan periodontitis atau masalah gigi yang lebih serius lagi.

2. Periodontitis

Dalam dunia medis, periodontitis adalah infeksi pada gusi yang menjadi cikal bakal kerusakan jaringan lunak dan penyangga pada gigi. Infeksi ini tidak lepas dari adanya penumpukan plak pada gigi, yang akhirnya merusak beberapa jaringan gigi. 

Healthline menyebutkan kalau periodontitis yang semakin parah dapat merusak rahang, tulang, dan menyebabkan peradangan pada seluruh tubuh. Periodontitis banyak terjadi pada remaja karena kurangnya kepedulian terhadap gigi. 

3. Gigi rusak

Gigi berlubang ternyata bukan satu-satunya penyebab kerusakan pada gigi. Dilansir dari Healthline, kebiasaan seperti menggertakkan gigi dan mengunyah makanan yang terlalu keras juga dapat menyebabkan gigi rusak. Dan ketika gigi sudah rusak, nafsu makan akan otomatis berkurang karena kondisi ini menimbulkan ketidaknyamanan dan rasa sakit saat mengunyah makanan.

Untuk gigi yang sudah rusak, sebaiknya cepat bawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Jika dibiarkan, yang ada kerusakan tersebut akan menyebar pada gigi yang lainnya.

Baca Juga: Punya BPJS Kesehatan? Gunakan Untuk Perawatan Gigi Anda

4. Gigi sensitif

Gigi yang berlubang cenderung lebih sensitif untuk mengecap makanan dan minuman. Contohnya saja makanan panas atau dingin, yang bila masuk ke mulut dapat menimbulkan rasa nyeri dan ngilu pada gigi. Hal ini terjadi merupakan respon spontan yang terjadi pada gigi saat terkontaminasi dengan makanan atau minuman.

Mengobati gigi sensitif sangatlah mudah. Dengan perawatan yang tepat dan telaten, seperti menggunakan pasta gigi atau obat kumur khusus, maka rasa nyeri dan ngilu pada gigi sensitif akan berkurang secara perlahan.

Tips Mengatasi Gigi Berlubang

perawatan gigi

1. Ketahui Tingkat Keparahan Gigi

Pertama-tama, Anda perlu mengetahui separah apa gigi yang berlubang. Tujuannya agar Anda tahu treatment seperti apa yang paling efektif untuk gigi, sehingga gigi berlubang tidak semakin parah. Sebaiknya diskusikan hal ini dengan dokter gigi untuk meminimalisir terjadinya salah diagnosis.

2. Rutin menyikat gigi

Bagi yang malas menyikat gigi, masalah gigi berlubang adalah tanda kalau Anda mesti mengubah kebiasaan buruk ini demi gigi yang sehat. Menggosok gigi secara teratur membantu membersihkan sisa makanan atau plak yang menempel pada gigi, sehingga gigi menjadi bersih dan sehat.

Sikat gigi dua kali dalam sehari, lalu gunakan pasta gigi yang pas untuk mencegah munculnya permasalahan gigi yang baru. 

3. Kurangi konsumsi minuman yang bercita rasa

Minuman bercita rasa yang dimaksud adalah segala minuman yang mengandung gula atau asam. University of Illinois di Chicago menyebutkan kalau minuman ini dapat meningkatkan risiko gigi berlubang. Bahkan menambahkan susu sekalipun berpotensi menimbulkan lubang pada gigi. 

Untuk mengatasinya, perbanyak minum air putih untuk membersihkan sisa rasa minuman yang masih menempel di mulut sekaligus menetralkan air ludah.

Baca Juga: Kista Gigi, Ketahui Penyebab dan Cara Mengobatinya

4. Bersihkan gigi dengan benang sutra

Kedengaran menjijikkan, tapi percayalah kalau cara ini ampuh untuk membersihkan gigi, bahkan ke bagian yang sulit dijangkau oleh sikat gigi sekalipun. Lakukan secara rutin setelah makan atau sebelum tidur di malam hari, kira-kira 1-2 menit.

Gunakan benang sutra yang bersih untuk menghindari adanya kuman yang berkembang biak pada rongga mulut. Dengan begitu, gigi jadi putih, bersih, dan pastinya tidak berlubang.

5. Berhenti merokok

Selain dapat merusak organ tubuh, merokok juga berbahaya untuk kesehatan gigi Anda, lho! Gigi jadi mudah patah dan rentan terhadap berbagai penyakit, seperti gingivitis dan kanker gigi. Di sisi lain, tembakau yang ada pada rokok berpotensi menghambat aliran darah ke gusi, yang dapat mengakibatkan gigi mudah terinfeksi.

6. Lakukan perawatan ke dokter gigi

Jangan remehkan gigi, sebab gigi juga menjadi aset bagi setiap orang. Maka dari itu, sangat penting lakukan perawatan ke dokter gigi. Bayangkan bila gigi tidak di rawat, jangan menyesal jika nanti sakit gigi kemudian tidak bisa makan. Lakukan pemeriksaan rutin setiap 6 bulan sekali ke dokter gigi terpercaya. 

Rawat dan Sayangi Gigimu

Itu dia berbagai masalah yang dapat dipicu oleh gigi berlubang, sekaligus cara mengatasi gigi berlubang yang bisa Anda terapkan dari sekarang. Upayakan untuk terus merawat dan menyayangi gigi, apalagi gigi sangat berpengaruh pada penampilan. 

Baca Juga: 7 Obat Paling Ampuh Untuk Mengobati Sakit Gigi