Granola, Camilan yang Menyehatkan Jika Dikonsumsi dengan Benar

Dewasa ini granola digunakan sebagai pilihan camilan pengganti makanan berat. Baik saat sarapan, atau ketika muncul hasrat ingin ngemil. Selain enak untuk disantap, granola juga dipilih karena segudang manfaat yang digembar-gemborkan saat ini.

Sebenarnya apa sih granola itu? Granola adalah makanan yang dibuat dari gandum, kacang-kacangan, juga buah-buahan kering dan biasanya dijadikan camilan. 

Bahan-bahan tersebut, kemudian dikombinasikan dengan bahan yang bertekstur basah. Bahan ini digunakan untuk mengeratkan bahan pokok granola yang kebanyakan bertekstur kering. Bahan-bahan tersebut adalah minyak-minyakan, cokelat, serta madu.

Bahan-bahan basah ini, juga digunakan untuk menambah nutrisi di dalamnya. Sehingga, mereka mendapatkan semua nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh dalam satu makanan. Namun, beberapa juga diberikan sebagai penambah rasa. 

Granola dipasarkan dalam bentuk berbagai macam. Ada yang menjualnya dalam bentuk batangan seperti cokelat. Ada juga yang menyajikannya seperti sereal dan tinggal ditambah susu atau yoghurt.

Menurut United States Department of Agriculture (USDA), dalam semangkuk granola ada banyak sekali nutrisi dan manfaat di dalamnya. Berikut ini, merupakan beberapa manfaat granola yang bisa Anda temukan.

Baca Juga: Macam-macam Jenis Diet, Kamu Pilih Mana?

6 Manfaat Granola

manfaat granola

Manfaat Granola

  1. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh dan Mencegah Kanker

    Terdiri dari biji-bijian dan kacang-kacangan, granola mengandung banyak vitamin B1, vitamin E, dan asam folat.

    Nutrisi-nutrisi baik ini berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi Anda dari radikal bebas. Radikal bebas sendiri, merupakan salah satu pemicu munculnya kanker dan bisa mempercepat pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

    Dengan rutin mengonsumsi camilan sehat ini, maka tubuh akan terus mendapatkan perlindungan. 

    Tidak hanya itu, antioksidan ini juga berfungsi untuk meningkatkan imun tubuh. Sehingga, pengonsumsinya akan jarang terserang oleh penyakit. Win-win solution. Tidak hanya mencegah kanker, granola juga bisa mencegah seseorang terjangkit penyakit-penyakit lainnya.

  2. Mempercepat Program Diet yang Dijalankan

    Biji-bijian dan kacang-kacangan yang terkandung juga menjadi sumber protein yang cukup besar. Protein ini dipercaya bisa menghambat produksi hormon ghrelin, hormon yang diproduksi oleh lambung. 

    Hormon tersebut biasanya akan mengirim sinyal ke otak dan memberi tanda bahwa seseorang sedang lapar. Anda akan merasa sangat kelaparan jika tubuh terlalu banyak memproduksi hormon ghrelin. Padahal, sebenarnya tubuh sudah kenyang.

    Nah, dengan mengonsumsi granola secara teratur, seseorang bisa menekan produksi hormon ini. Tidak hanya itu, banyak yang menyebutkan bahwa granola mampu memberikan efek ‘kenyang’ yang lama dan mampu mendukung program diet seseorang.

  3. Menurunkan Tingkat Kolesterol di Tubuh

    Gandum utuh yang biasa ditemukan di granola, di sini memiliki peran penting. Sebab, gandum utuh bisa menyerap kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh. Sehingga bisa menjadi salah satu pilihan makanan sehat bagi orang yang berkolesterol tinggi.

    Menurunnya tingkat kolesterol dalam darah, juga bisa menurunkan kemungkinan timbulnya plak dalam pembuluh darah. Plak-plak yang menjadi alasan munculnya pembunuh paling keji di dunia yaitu serangan jantung.

    Untuk mendapatkan manfaat granola yang satu ini, Anda harus benar-benar jeli. Sebab, ada banyak yang menjual granola dengan minyak terhidrogenasi. Ini adalah sebuah proses untuk mengubah minyak nabati ke bentuk padat.

    Pastikan produk yang dibeli, tidak mengandung minyak yang terhidrogenasi. Karena minyak ini akan memberikan efek sebaliknya dari gandum utuh.

  4. Mencegah Munculnya Anemia

    Ada beberapa bahan di granola yang menjadi sumber zat besi. Beberapa di antaranya adalah, sereal dan biji wijen. Menurut penelitian, dari 100 gram biji wijen seseorang akan mendapatkan setidaknya 4 miligram (mg) zat besi.

    Tidak hanya itu, biji wijen juga kaya akan vitamin E, fosfor, dan seng. Semakin banyak jumlah biji wijennya, akan semakin banyak zat besi yang dikonsumsi. Seperti yang kita tahu, zat besi merupakan zat yang menangkal terjadinya anemia. Penyakit yang mungkin dialami oleh jutaan orang. 

  5. Menjaga Kesehatan Kulit 

    Granola juga cocok, untuk Anda yang memiliki seabrek rutinitas skincare. Sebab, biji-bijian dan kacang-kacangan yang digunakan merupakan sumber dari vitamin E.

    Seperti yang Anda tahu, vitamin E dibutuhkan tubuh untuk merawat kulit. Mengonsumsi granola secara rutin, akan membebaskan seseorang dari penuaan dini. Vitamin ini, juga bisa memulihkan kulit dari efek terbakar karena terkena sinar matahari.

  6. Menurunkan Kadar Gula Dalam Darah

    Granola adalah menu yang cocok disantap, untuk penderita diabetes. Penderita diabetes wajib menjaga pola makan dan apa yang dimakan sebab, tubuh mereka tidak bisa lagi memproduksi insulin.

    Padahal, zat tersebut dibutuhkan oleh tubuh untuk memecah gula dalam darah menjadi energi. Sehingga, sedikit saja penderita diabetes memakan makanan manis, kadar gula darah mereka juga akan langsung meroket. 

    Oleh karena itu, makanan ini bisa menjadi penawar dari tingginya gula darah tapi tetap mengenyangkan.

Baca Juga: 4 Olahraga Diet yang Cepat Menurunkan Berat Badan

Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan dan Dipertimbangkan

Pada dasarnya, granola adalah karbohidrat yang dimasak dalam lemak. Yang menjadikan camilan berbentuk kecil ini sehat adalah pemilihan karbohidrat dan lemak yang menjadi bahan pokoknya. Terlepas dari itu, granola sebenarnya adalah makanan biasa yang juga menimbulkan penyakit jika dikonsumsi terlalu banyak.

Pemilihan bahan pokok dan apa yang terkandung menjadi satu hal penting. Salah-salah, Anda malah tidak akan mendapatkan manfaat yang sudah dijelaskan di atas. Selain hanya mendapatkan rasa kenyang sesaat.

Selain bahan pokoknya, Anda juga harus mengetahui bahan campuran atau bahan basah yang digunakan. Misalnya, kandungan gula yang ada di dalam bahan basah tersebut. Berikut ini merupakan beberapa hal yang perlu Anda cermati:

  1. Kandungan gulanya, selalu perhatikan kandungan gula dalam camilan ini. Jika berlebihan, kandungan tersebut malah akan meningkatkan kadar gula dalam darah.
  2. Kalori yang terdapat dalam satu sajian, perhatikan banyaknya kalori yang dikonsumsi. Jangan mengonsumsinya secara berlebihan karena dapat meningkatkan berat badan. Diet bisa gagal jika hal ini diacuhkan.
  3. Pilih topping yang sehat, bukan enak. Nikmatnya granola memang menggiurkan, tapi ingat tujuan awal bahwa Anda mengonsumsi makanan beraneka rasa ini untuk menjaga kesehatan. Jadi, selalu pilih topping atau pelengkap yang tepat. Sepeti, yoghurt.

Itu lah beberapa hal yang juga harus Anda cermati dalam mengonsumsi granola. Jangan sampai, terlena oleh rasanya yang menggiurkan. Sehingga mengorbankan kebaikannya. Serta, camkan bahwa semua yang dikonsumsi berlebihan, tetap akan memicu penyakit.

Baca Juga: Beragam Manfaat Beras Merah bagi Kesehatan