6 Hal Penting yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Berangkat Piknik dengan Keluarga

Sedang mempersiapkan liburan seru bersama keluarga? Momen-momen seperti saat ini mungkin merupakan waktu yang tepat untuk mewujudkan keinginan menghabiskan waktu bersama orang terdekat. 

Sekali-kali piknik bersama keluarga bisa memberikan pengalaman yang asyik, lho. Apalagi, jika kebanyakan waktu habis untuk pekerjaan yang tak ada habisnya. Tak ada salahnya untuk meluangkan waktu sejenak untuk piknik ke tempat wisata dengan keluarga.

Mau hiking ke gunung? Seru. Piknik ke taman kota? Boleh juga. Tinggal disesuaikan dengan kemauan anggota keluarga lainnya. Biar tak ada lagi yang namanya “kurang piknik”.

Baca Juga: 12 Indikator Keluarga Sehat Menurut Kementrian Kesehatan RI!

Bingung cari asuransi perjalanan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Beli Asuransi Perjalanan Terbaik Sekarang!  

Daftar Persiapan untuk Piknik Bersama Keluarga

loader

Piknik Keluarga

Lantas apa yang perlu dipersiapkan agar piknik bersama keluarga makin asyik? Gak perlu risau, berikut ini daftar persiapan yang perlu kamu lakukan sebelum berangkat. Cek dulu yuk!

  1. Memilih Lokasi Piknik Terbaik

    Persiapan penting yang pertama saat akan membuat rencana piknik bersama anggota keluarga adalah dengan memilih lokasi pikniknya. Buat daftar destinasi mana saja yang ingin dikunjungi, lalu buat voting untuk mencapai kesepakatan.  

    Pastikan semua anggota keluarga sepakat dengan destinasi wisata yang dipilih. Agar, semuanya merasa enjoy dan menikmati acara piknik yang sudah direncanakan sebelumnya.

    Oh iya, jangan lupa cari tahu informasi detail terkait tempat piknik tersebut. Mulai dari jam operasionalnya, biaya tiketnya hingga aturan apa saja yang perlu dipatuhi ketika berada disana. 

    Ini supaya momen piknik keluarga yang akan dilakukan tidak terganggu hal-hal yang tak diinginkan.

  2. Siapkan Kendaraan Dalam Kondisi Prima

    Setelah semua anggota keluarga setuju dengan lokasi piknik yang dipilih, selanjutnya persiapkan kendaraan untuk pergi ke tempat tersebut. 

    Berhubung piknik yang direncanakan merupakan momen spesial agar kebersamaan dengan keluarga makin erat. Maka akan lebih baik jika menyiapkan kendaraan privat

    Kamu bisa membawa kendaraan pribadi yang ada di rumah. Jika kapasitasnya kurang karena jumlah anggota keluarga yang banyak, maka menyewa kendaraan rental bisa jadi pilihan menarik.

    Saat ini ada banyak tempat yang menyediakan layanan rental kendaraan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Kamu bisa memilih kendaraan sesuai kapasitas penumpang, jenis mobil hingga durasi sewa.

    Namun jika lebih memilih untuk membawa mobil sendiri, maka cek kondisinya sebelum digunakan, ya. Agar, kendaraan tetap nyaman saat dibawa pergi jalan-jalan ke tempat tujuan.

  3. Buat Daftar Barang Bawaan 

    Selanjutnya buat atmosfer piknik keluarga yang menyenangkan dengan membawa barang bawaan secukupnya. Cukup untuk memenuhi kebutuhan dan kenyamanan selama piknik, pastikan juga jangan sampai ada yang tertinggal atau terlupa. 

    Bawa barang bawaan sesuai tempat piknik yang dituju. Misalnya jika pergi ke pantai, maka jangan lupa bawa kacamata hitam, payung lebar, tikar, sunblock, tisu basah, handuk, sabun cair dan pakaian ganti.

    Agar tak mudah lupa saat menyiapkan barang bawaan untuk piknik, buat daftarnya lebih dulu. Tulis barang bawaan satu persatu dari yang paling penting dan harus dibawa di urutan paling atas. Selanjutnya, siapkan sesuai daftar tersebut, pastikan jangan sampai ada yang terlup atau ketinggalan.

  4. Siapkan Bekal Makanan untuk Piknik 

    Saat piknik bersama keluarga, rasanya kurang lengkap jika tak membawa bekal sendiri dari rumah. Selain agar lebih hemat, makanan buatan rumah tentu lebih higienis dan bisa disesuaikan dengan selera anggota keluarga yang lain.

    Buat menu piknik yang simpel, praktis dan tidak mudah basi. Agar, bisa tetap dinikmati ketika sudah sampai di tempat piknik yang dituju.  Pastikan untuk menggunakan wadah bekal makanan yang bisa digunakan kembali untuk mengurangi sampah. 

    Baca Juga: Kumpulan Resep Camilan Buka Puasa Sederhana yang Mudah Dibuat

  5. Pilih Waktu Piknik yang Tepat

    Ketika musim liburan, umumnya objek wisata akan sangat ramai dan dipenuhi banyak pengunjung. Maka dari itu, jika memungkinkan atur waktu piknik agar tidak berbenturan dengan hari libur. 

    Karena biasanya, selain terlalu padat pengunjung, harga-harga juga lebih mahal dan jalanan pun juga jauh lebih macet dari biasanya. Lokasi yang terlalu ramai dan berdesak-desakan akan membuat kamu kesulitan menemukan tempat untuk bersantai bersama keluarga. Akibatnya, momen piknik bersama keluarga menjadi kurang nyaman.

    Lain halnya jika, memilih waktu piknik di luar hari libur. Kamu bisa lebih menikmati momen piknik bersama keluarga dengan lebih santai dan tenang, sebab situasinya tak seramai saat musim liburan.

  6. Pastikan Cuaca Cerah Sebelum Berangkat

    Jangan lupa, perhatikan prakiraan cuaca hari itu sebelum berangkat ke tempat tujuan piknik. Supaya, momen piknik yang sudah direncanakan tidak terganggu hujan yang tiba-tiba turun. Alih-alih happy saat piknik justru acaranya jadi berantakan bahkan bisa saja terserang flu atau demam karena kehujanan.

    Maka dari itu, pastikan cuaca sedang cerah di hari itu, ya. Tapi, jika perkiraan cuaca memang menyebut akan turun hujan dan kamu memilih untuk tetap pergi, maka siapkan payung dan juga perlengkapan pendukung lainnya.

Buat Persiapan dengan Terencana Agar Piknik Keluarga Lebih Menyenangkan 

Demikian tadi sejumlah persiapan piknik yang sebaiknya dilakukan sebelum berangkat. Dengan mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang, kamu tinggal berangkat bersama keluarga dan bersenang-senang! 

Jangan lupa jaga kesehatan diri dan anggota keluarga yang lain agar pikniknya makin seru dan memberikan kesan tak terlupakan.

Baca Juga: Asuransi Rumah: Pengertian, Jenis dan Simulasi, dan Cara Klaimnya