Hentikan! 10 Kebiasaan Ini Merusak Ginjal, Lho!

Gaya hidup yang tidak teratur sejatinya dapat merusak peran anggota tubuh, salah satunya adalah ginjal. Kerusakan tidak terjadi dalam waktu 1x24 jam, melainkan secara bertahap berdasarkan fasenya masing-masing. Dan akan ketahuan setelah memasuki fase lanjutan yang mengakibatkan kondisi tubuh semakin memburuk.

loader

Kerusakan yang terjadi pada ginjal biasanya disebabkan oleh kebiasaan-kebiasaan yang menurut kita wajar, tapi memberi pengaruh buruk pada ginjal. 

Berikut beberapa kebiasaan yang merusak ginjal dan sebisa mungkin dihindari jika Anda tidak mau menghabiskan banyak uang untuk pengobatannya.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

1. Kebanyakan duduk

Terlalu lama duduk membuat tubuh kurang pergerakan yang akhirnya meningkatkan risiko penyakit ginjal. So, buat kamu yang  kerja di kantor, hindarilah duduk berjam-jam sambil menatap layar monitor. Bergeraklah sekali 30 menit agar tubuhmu menjadi aktif.

Jangan lupa untuk berolahraga secara rutin guna menunjang pergerakan tubuh. Dua atau tiga kali seminggu saja sudah cukup, ditambah dengan menjaga pola makan untuk menghindari produksi lemak berlebihan.

2. Menahan pipis

Salah satu kebiasaan buruk pekerja kantoran adalah sering menahan pipis, terutama saat sedang asyik menyelesaikan pekerjaan kantor. Tanggung rasanya kalau seandainya harus beranjak dari kursi kerja untuk beberapa menit, jadi lebih baik ditahan-tahankan. Dan karena mengulur waktu, kamu malah menjadi lupa pipis.

Ketahuilah, sering menahan pipis dapat meningkatkan perkembangbiakan bakteri di dalam kantung kemih. Kondisi ini menyebabkan ginjal mudah terkena infeksi atau terjadinya inkontinensia urin.

Baca Juga: Sayangi Ginjal Kamu dengan 7 Cara Mudah Ini

3. Konsumsi daging berlebihan

Siapa coba yang tidak suka mengonsumsi daging? Rasanya yang nikmat membuat siapa saja menginginkannya lagi dan lagi, tapi waspadalah karena penyakit ginjal akan menghantuimu. Tidak sekarang, tapi dalam kurun waktu beberapa tahun ke depan.

Daging tinggi akan protein dan ketika tubuh mendapat protein berlebih, maka produksi asam dalam darah meningkat. Hal ini membuat ginjal kesulitan untuk mengontrol kadar pH di dalam tubuh. Akibatnya, pencernaan menjadi terganggu, bahkan ada kemungkinan terjadinya penyakit ginjal kronis.

4. Kurang minum

Pada dasarnya, ginjal perlu dibersihkan secara rutin dari zat-zat beracun yang mungkin terdapat pada makanan yang dikonsumsi. Itu sebabnya kenapa minum air putih yang banyak setelah makan sangat dianjurkan, sehingga racun terpecah dan dibuang melalui urin. Minum yang banyak juga menjauhkanmu dari risiko batu ginjal.

Pastikan tubuhmu mendapat cairan yang cukup setiap harinya, yaitu 1,5 sampai 2 liter. Usahakan minum air putih, bukan minuman bersoda apalagi alkohol yang sejatinya kurang baik untuk kesehatan tubuhmu secara menyeluruh.

5. Kebiasaan begadang

Siklus tidur yang kurang teratur dapat menyebabkan terjadinya insomnia. Kalau sudah begini, tubuhmu akan lebih sulit mendapat tidur yang cukup dan berkualitas. Seiring berjalannya waktu, kesehatan ginjal pun akan terganggu.

Selain itu, kurang tidur dapat meningkatkan risiko terjadinya pengerasan maupun penyumbatan pada arteri. Jika waktu tidur tidak segera diubah, yang ada kamu bisa terkena risiko gagal ginjal. Pastikan tubuh tidur setidaknya 7-8 jam per hari agar tetap sehat.

6. Kebanyakan mengonsumsi makanan asin

Hampir semua makanan yang dikonsumsi mengandung garam untuk menjaga cita rasanya tetap nikmat. Tidak apa-apa selagi konsumsinya masih terkontrol. Jika tidak terkontrol, maka dapat menyebabkan risiko penyakit darah tinggi dan juga ginjal.

Garam adalah zat yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan kadar cairan pada tubuh. Caranya dengan memberi isyarat kepada ginjal tentang kapan harus menahan maupun buang air. Jika konsumsinya berlebihan, maka fungsi ini dapat menjadi terganggu.

Baca Juga: Mengenal Penyakit Ginjal, Mulai dari Gejala, Penyebab, Pengobatan daan Pencegahannya

7. Konsumsi gula berlebihan

Mengonsumsi gula dalam jumlah berlebih dapat meningkatkan tekanan darah dan berisiko terhadap penyakit diabetes. Jika keduanya sudah menimpa kesehatanmu, maka potensi terjadinya penyakit ginjal pun sangat besar. 

Sebisa mungkin kurangilah konsumsi makanan manis, seperti permen, manisan, dan minuman kekinian. Apalagi porsi gula yang dianjurkan masuk ke dalam tubuh cuma sekitar 25-38 gram atau 6-9 sendok teh per harinya.

8. Konsumsi soda dan alkohol

Berbicara tentang kenikmatan, mengonsumsi soda dan alkohol memang nikmat. Apalagi ditambah dengan suguhan junk food. Tapi, ketahuilah konsumsi kedua minuman ini dapat menurunkan fungsi ginjal secara signifikan.

Sebaiknya ganti jenis minuman menjadi lebih sehat, yaitu air putih. Tidak perlu diolah, harganya murah, dan mudah didapatkan.

9. Merokok

Kebiasaan lainnya yang sudah pasti merusak ginjal adalah merokok. Kebiasaan ini dapat menyebabkan protein pada tubuh tertahan pada urin yang dapat membahayakan ginjal.

Kalau kamu termasuk perokok aktif, sebaiknya kurangilah jumlah rokok yang dihisap setiap harinya. Begitu pula untuk kamu yang tidak merokok, sebaiknya jauhilah perokok aktif karena asapnya tidak baik bagi kesehatanmu.

10. Konsumsi obat penghilang nyeri

Adalah hal yang wajar saat tubuhmu terasa nyeri, terutama setelah berolahraga dan melakukan aktivitas berat. Tapi, kamu tidak perlu mengobati rasa nyeri ini dengan mengonsumsi obat penghilang nyeri.

Konsumsi yang berlebihan menimbulkan efek fatal bagi kesehatan ginjalmu. Kerusakannya tidak terjadi sekarang, tapi di kemudian hari saat kamu sudah ketergantungan pada obat-obatan.

Jaga Fungsi Ginjal Agar Tetap Baik

Mengingat ginjal memiliki peranan penting bagi tubuh, sebaiknya jaga kesehatan ginjal agar fungsinya tetap baik. Ubahlah kebiasaan buruk di atas menjadi kebiasaan yang lebih baik guna meningkatkan kesehatan ginjalmu. 

Baca Juga: 7 Makanan dan Minuman yang Memicu Penyakit Batu Ginjal