Lebih Dekat dengan The Dancing Queen Hyoyeon SNSD, Penari Idola Nomor 1 Korea Selatan

Hyoyeon tak hanya dikenal sebagai anggota girlband kenamaan SNSD (GG) yang paling andal menari. Secara profesional, sosoknya yang lincah dan cantik ini populer sebagai penyanyi, penari, DJ, produser, pencipta lagu, peragawati, serta Television Personality (Host).

Selain bersama SNSD (GG), Hyoyeon juga tergabung di sejumlah sub-unit lainnya yaitu YOUNIQUE, Triple T, Girls’ Generation Oh!GG, dan yang terbaru GOT the beat (Girls on Top). Di tahun 2021, Hyoyeon SNSD menjadi host untuk web show bertajuk Today’s Celebrity – Filial Master dan juga Unnie’s Beauty Carpool bersama Bora.

Pelantun lagu Dessert (2020) ini pernah masuk nominasi Female Newcomer Show Variety dalam MBC Entertainment Awards 2012. Di tahun 2022 ini, sejumlah media memperkirakan jumlah kekayaannya berada di angka 7 juta Dollar AS (setara Rp74,5 miliar).

Baca Juga: Menyimak Prestasi dan Perjalanan Karier Taeyeon SNSD

Fakta Hyoyeon SNSD

View this post on Instagram

A post shared by Hyoyeon Kim (@hyoyeon_x_x)

Kim Hyoyeon mulai belajar menari sejak masih di sekolah dasar. Ia sudah belajar menari Latin, Hip-Hop, dan juga Jazz di lingkungan bermain sekolahnya. Pada tahun 1999, ia kemudian mendaftar di sekolah dansa kenamaan Korea Selatan, Winners Dance School

Di sekolah itu, Hyoyeon belajar seni tari secara spesifik seperti locking, popping, animasi, serta beragam Hip-Hop styles lainnya. Dan di situlah ia berjumpa dengan Min yang belakangan menjadi idol serta member dari Miss A. 

Saat itu, Hyoyeon dan Min membentuk Little Winners, sebuah tim dansa yang tampil di sejumlah shows dan disorot HipHoper.com (2004). Di tahun itu, Hyoyeon juga diketahui pergi ke Negeri Tiongkok bersama Siwon Super Junior. Mereka mengunjungi negara tersebut khusus untuk mempelajari Bahasa Mandarin.

Mendapat Julukan Dancing Queen

Berkat sejumlah keahlian dan keunggulannya, SNSD Hyoyeon mendapatkan banyak nama julukan dan alias. Beberapa di antaranya yaitu Dancing Queen, Fiona, Hyoraengi, Kim Yeolsal, DJ Hyo, Specialist HY, hingga Kim-choding. 

Julukan Dancing Queen ia dapatkan lantaran keunggulannya yang luar biasa di bidang seni tari, serta pengalaman dan jam terbangnya yang sudah tak perlu diragukan lagi.

Jadi Idol karena Permintaan Ibu

View this post on Instagram

A post shared by Hyoyeon Kim (@hyoyeon_x_x)

Kesuksesan yang Kim Hyoyeon SNSD dapatkan secara masif ternyata bisa terjadi karena patuh pada permintaan orang tua. Seperti diketahui, Hyoyeon telah merintis karier musiknya sejak tahun 2007 hingga kini. Selain terkenal sebagai vokalis dan Dancing Queen dalam SNSD (GG), ia juga populer sebagai DJ dan peragawati. 

Wanita kelahiran Incheon, Korea Selatan, 22 September 1989 ini lulus audisi di umurnya yang masih belia, yakni 11 tahun. Saat itu masih tahun 2000 dan ia lulus dari audisi SM Casting System. 

Yang menarik, Hyoyeon sesungguhnya tak pernah berniat mengikuti audisi yang digelar SM Entertainment. Namun ibunya ialah fans berat dari boyband kenamaan, H.O.T. Alhasil, Hyoyeon pun mengikuti perintah ibunya yang ingin putrinya ikutan audisi. 

Ketika itu, sang ibu berharap bisa bertemu dengan idolanya sewaktu putrinya mengikuti pergelaran audisi. Setelah enam tahun menjadi trainee, Hyoyeon lantas sukses debut bersama SNSD (GG) di tahun 2007 dan berjaya sebagai idol kenamaan Korea Selatan.

Tak disangka, permintaan dari ibunya membuka gerbang untuk karier Hyoyeon yang gemilang di industri hiburan sampai sekarang. Ia pun tak hanya bertumbuh menjadi idola yang dicintai di seluruh dunia, tapi juga menjadi mandiri finansial dan kaya raya.

Solo Karier yang Gemerlap

Memasuki tahun 2016, Hyoyeon merilis Mystery sebagai solois. Setelahnya, ia kembali mendulang sukses dan mengeluarkan sejumlah karya musik lainnya. Di antaranya ialah kolaborasi bersama San E—Wannabe (2017), serta Sober featuring Ummet Ozcan, dan Punk Right Now featuring 3LAU di tahun 2018.

Beranjak ke tahun 2019, Hyoyeon menelurkan Badster. Disusul kemudian dengan Dessert featuring Loopy dan Soyeon, serta Think About Me featuring Coogie dan Raiden di tahun 2020.

Pada tahun 2021, ia bersama Lil Cherry merilis G! (Remix,) serta lagu berjudul Second bersama Bibi. Hyoyeon lalu merilis Deep sebagai karya terbarunya di tahun 2022.

Baca Juga: Menilik Profil Sunny SNSD, Keponakan Pendiri SM Entertainment

Terpilih Sebagai Penari Idola Nomor 1 Korea

View this post on Instagram

A post shared by Hyoyeon Kim (@hyoyeon_x_x)

Dikenal sebagai penari andal melibatkan proses panjang dalam hidup Hyoyeon. Rupanya, di awal pembentukan kariernya, Hyoyeon SNSD kerap menerima berbagai instruksi tari dari para koreografer dan dancer hebat nan terkemuka. 

Ia pernah menerima instruksi tari dari Electric Boogaloos, Kim Hye-rang, Kwang Hoo (Crazy Monkey), Poppin Seen, Kwon Seok-jin (Locking Khan), Poppin DS, hingga Shim Jae-won dari Black Beat. Kerennya lagi, Hyoyeon juga pernah bekerja dengan salah satu koreografer dari Justin Timberlake dan sejumlah guru tari asing lainnya.

Sebelum debutnya dengan SNSD (GG), Hyoyeon pernah bekerja dengan koreografer dari penyanyi legendaris, Janet Jackson. Hyoyeon pun sempat menjadi penari siluet BoA di tahun 2005. 

Di tahun 2007, ia berkolaborasi dengan Jae Won dalam pertunjukan tari Anonymous. Dengan deretan panjang pengalaman hebatnya, tak heran jika Hyoyeon terpilih menjadi Penari Idola Nomor 1 Korea oleh Star News.

Tergabung dalam Sejumlah Grup Keren Lainnya

Kiprah Hyoyeon sebagai idol tak hanya melulu bersama SNSD (GG). Ia pernah dan masih tergabung dalam beberapa grup musik keren lainnya. 

  1. YOUNIQUE

    Kilas balik ke hampir satu dasawarsa lalu, YOUNIQUE dibentuk pada tahun 2012 berkat kerja sama SM Entertainment dan Hyundai Motor Company. Dalam grup ini, Hyoyeon ditemani oleh Taemin SHINee, Henry Lau, Kai EXO, Luhan, dan Eunhyuk Super Junior

    Kemampuan dance Hyoyeon yang unggul membuatnya menjadi satu-satunya member perempuan di YOUNIQUE. Seperti diketahui, grup yang satu ini memang dibentuk untuk mempertunjukkan kepiawaian anggotanya dalam menari. Selain itu olah vokal mereka juga terdengar fantastis dan mendulang banyak pujian dalam lagu MAXSTEP

  2. Triple T

    SM Entertainment menggandeng agensi saingannya, JYP Entertainment, untuk berkolaborasi melahirkan Triple T. Grup ini terdiri dari tiga orang member, yaitu Hyoyeon, Min dari Miss A, serta Jo Kwon 2AM. Mereka kemudian merilis single yang berjudul Born to be Wild pada tahun 2016 lalu.

    Menariknya, Triple T saat itu jadi sorotan karena Hyoyeon dan Min dikenal sering tampil bersama sejak kecil. Sayangnya, banyak yang mengira bahwa kolaborasi impian antara mereka tak bisa terjadi. Hal ini dikarenakan keduanya dikontrak oleh dua agensi yang berkompetisi satu sama lain. 

    Namun rupanya, kehadiran Triple T sanggup menepis batasan tersebut sehingga para fans pun sangat terbius oleh karenanya. Kabarnya, hingga kini comeback mereka masih dinanti-nanti oleh banyak orang.

  3. Girls’ Generation – Oh!GG

    Grup yang satu ini merupakan pecahan dari SNSD (GG) dan terdiri dari Hyoyeon, Yoona, Taeyeon, Yuri, dan Sunny. Grup ini dibentuk pada tahun 2018 sebagai reaksi dari keluarnya Choi Sooyoung, Tiffany, dan Seohyun dari SM Entertainment. Meski begitu, ketiga orang tersebut tetap menjadi member dari SNSD (GG).

    Demi untuk memuaskan kerinduan para fans setia mereka terhadap idolanya, Girls’ Generation – Oh!GG merilis lagu Lil’ Touch (2018) sebagai single perdana. Di tahun yang sama, mereka mengeluarkan Fermata dengan aransemen musik yang manis serta tema lirik yang filosofis. 

    Sementara untuk karya terbarunya, girlband ini kembali merilis lagu berjudul Melody pada tahun 2021 lalu. 

  4. GOT the beat (Girls on Top)

    Salah satu sub-unit terkini yang melibatkan Hyoyeon ini juga menarik untuk disimak. Girlband yang mengusung musik R&B serta Hip-Hop ini pertama kali diperkenalkan ke publik melalui foto teaser yang dibagikan SM Entertainment di akhir tahun 2021.

    Uniknya, GOT the beat menggabungkan tujuh orang member dari empat generasi yang berbeda. Dari generasi pertama, ada BoA yang selama ini berkarier sebagai solois.

    Selanjutnya, line-up dari generasi kedua ialah Hyoyeon dan Taeyeon dari SNSD (Girls’ Generation). Untuk perwakilan generasi ketiga, ada Wendy dan Seulgi dari Red Velvet. Sementara susunan anggota dari generasi keempat ialah Winter dan Karina aespa.

    Mempunyai konsep yang mirip NCT U, GOT the beat disebut-sebut sebagai SuperM versi perempuannya. GOT the beat telah merilis sebuah single pada 3 Januari 2022 yang bertajuk Step Back. Sementara itu, sejumlah media massa menyebutkan bahwa line-up dari GOT the beat akan bervariasi dengan berbagai tema. 

Tajir Melintir dari Karier Musik

View this post on Instagram

A post shared by Hyoyeon Kim (@hyoyeon_x_x)

Sukses berkarier sebagai DJ, produser, dan penulis lagu, Hyoyeon dengan nama panggung barunya DJ Hyo ditaksir memiliki jumlah kekayaan bersih sebesar 7 juta Dollar AS (setara Rp74,5 miliar).

Ia diketahui membeli penthouse (lantai 60) di Incheon yang dibanderol seharga 1,2 juta Dollar AS. Dalam acara It’s Okay to Go a Little Crazy di SBS, ia memamerkan hunian mewahnya. Tak hanya itu, bintang acara Good Girl (2020) ini pun mempunyai tiga mobil mewah yaitu Range Rover, Audi A, serta BMW Mini Cooper. 

Baca Juga: Mengintip Profil Choi Sooyoung SNSD