Jangan Sampai Salah, Ini Fungsi Penting Nomor pada Kartu Kredit

Fasilitas kartu kredit menjadi salah satu alat pembayaran yang paling populer dan digunakan hingga saat ini. Beragam fitur yang menarik disematkan dalam produk keuangan yang satu ini, sehingga berbagai transaksi keuangan bisa berjalan dengan nyaman dan mudah.

Desain kartu kredit yang ditawarkan oleh beberapa bank juga cukup menarik. Selain hal tersebut, sistem pengenal unik yang disematkan melalui sejumlah nomor kartu kredit juga menjadi hal menarik lainnya yang bisa ditemukan pada alat pembayaran yang satu ini.

Bukan dibuat secara acak dan tanpa arti, nomor yang tertera pada kartu kredit memang memiliki fungsi sebagai tanda pengenal kartu tersebut. Nomor kartu kredit ini dicetak timbul di permukaan bagian depan kartu kredit. Setiap digit yang tertera di permukaan kartu kredit Anda tersebut memiliki arti tersendiri.

Selain untuk membedakan antara satu kartu dengan yang lainnya, nomor kartu kredit ini dibuat dengan tujuan keamanan kartu kredit itu sendiri, Jadi, sangat penting untuk selalu merahasiakan nomor kartu kredit dari orang lain. 

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Memuat Identitas dan sebagai Pengaman Kartu Kredit

cvv kartu kredit  

Nomor kartu kredit dibuat dengan kombinasi algoritma yang unik dan sudah terenkripsi, sehingga sulit untuk dipalsukan / digandakan.

Selain memuat identitas, nomor kartu kredit juga memiliki beberapa fungsi lainnya, antara lain:

  • untuk identifiasi provider kartu
  • identifikasi bank penerbit kartu
  • identifikasi berbagai informasi terkait akun
  • dan juga untuk pemeriksaan keamanan

Selain 16 digit nomor kartu kredit yang tertera pada bagian depan kartu kredit, bank juga membuat nomor verifikasi untuk mengamankan berbagai transaksi yang digunakan dengan kartu tersebut.

Nomor verifikasi atau yang biasa disebut dengan Card Verification Value (CVV) ini terdiri dari 3 digit dan bisa ditemukan di bagian belakang kartu kredit yang Anda miliki. Nomor verifikasi ini biasanya akan dibutuhkan untuk berbagai transaksi online.

Sama halnya dengan nomor kartu kredit, Anda juga harus merahasiakan 3 digit nomor verifikasi Anda ini dari orang lain.

Baca Juga: Biar Pengeluaran Hemat, Begini Cara Gunakan Kartu Kredit Agar Tidak Konsumtif

Berbeda untuk Setiap Jaringan Kartu Kredit

kartu kredit

Perusahaan atau jaringan kartu kredit di dunia menerapkan nomor kartu yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Sistem penomoran ini ditetapkan oleh Pittsburgh Post-Gazette yang merupakan organisasi di mana beberapa perusahaan kartu kredit terbesar dunia tergabung di dalamnya, antara lain: MasterCard, Visa, dan Bank of America.

Dalam sistem penomoran ini digunakan algoritma matematika atau yang dikenal dengan nama “Algoritma Luhn”. Setiap digit yang tertera dalam nomor kartu kredit akan memuat berbagai informasi penting terkait dengan kartu kredit tersebut.

Masing-masing perusahaan ini memuat informasi yang berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Berikut ini adalah sistem penomoran yang digunakan oleh beberapa perusahaan kartu kredit terbesar di dunia:

Visa

Visa menggunakan angka 4 sebagai digit pertamanya. Selanjutnya digit ke-2 sampai digit ke-3 memuat informasi tentang institusi keuangan yang berhubungan dengan Visa itu sendiri. Sedangkan 12 digit berikutnya adalah nomor akun, dan digit terakhir pada kartu merupakan nomor pemeriksaan. 

MasterCard

Untuk penomoran kartu kreditnya, MasterCard menggunakan angka 5 pada digit pertama nomor identifikasi kartunya. Selanjutnya perusahaan ini menggunakan digit ke-2 dan ke-3, atau ke-2 dan ke-4, atau ke-2 dan ke-5 sebagai nomor yang memuat informasi tentang institusi keuangan.

Sedangkan digit ke-3, digit ke-4, atau digit ke-5 hingga digit ke-15 merupakan nomor akun pada kartu tersebut. Untuk digit ke-16 digunakan sebagai nomor pemeriksaan. 

American Express

Berbeda dengan Visa dan Matercard yang hanya menggunakan 1 digit pertama sebagai penanda perusahaannya, American Express justru memakai 2 digit pertama nomor kartu kreditnya sebagai identitas perusahaan mereka.

Selanjutnya, digit ke-3 dan digit ke-4 menjadi penanda tipe kartu serta mata uang yang dipakai dalam transaksi. Setelah digit ke-4, 6 digit selanjutnya menjadi penanda nomor akun.

Lalu digit ke-12 sampai digit ke-14 memuat informasi nomor kartu, dan digit ke-16 menjadi digit pemeriksaan kartu.

Baca Juga: Biar Makin Untung, Begini Cara Kumpulkan ‘Point Reward’ 

Jaga Kerahasiaan Nomor Kartu Kredit

16 digit nomor kartu kredit memuat berbagai informasi yang penting dan rentan terhadap penyalahgunaan oleh oknum-oknum pelaku kejahatan.

Meski dibuat dengan sistem yang unik dan canggih, tetap jangan sampai memberikan informasi nomor kartu kredit kepada orang lain. Demi keamanan data kartu kredit, pastikan Anda selalu menjaga kerahasiaan nomor kartu kredit sebaik mungkin.

Baca Juga:  Bunga Kartu Kredit Turun, Cek Besarannya Sebelum vs Saat Pandemi Corona