Perjalanan Karir Kang So Ra, Mantan Hyun Bin yang Pernah Bintangi Drakor Doctor Stranger

Aktris serba bisa Kang So Ra sudah cukup lama malang melintang di industri hiburan Korea Selatan. Debut perdananya terjadi pada tahun 2009, sewaktu So Ra masih berumur 19 tahun. Saat itu, ia langsung merambah akting dan tampil di film serta serial drama.

Selain melakoni film horror berjudul 4th Period Mystery, Kang So Ra juga menjadi bintang dalam Sunny (2011). Dalam serial drama, So Ra sempat melakoni Misaeng dan Doctor Stranger (2014), The Beauty Inside (2018) serta lainnya yang terbilang fenomenal.

Tak hanya sukses dan tenar dalam seni peran. So Ra juga dikenal sebagai model, host, bintang iklan, dan piawai dalam tarik suara. Per tahun 2021, total kekayaan mantan kekasih Hyun Bin ini telah menembus angka 1–5 juta Dollar AS, atau setara dengan Rp14,5–72 miliar.

Baca juga: Fakta dan Profil Chae Soo Bin, Aktris Cantik dan Berbakat Korea Selatan yang Menginspirasi

Menapaki Karir di Panggung Hiburan 

View this post on Instagram

A post shared by 강소라 (@reveramess_)

Kang So Ra memulai kiprahnya di panggung hiburan pada tahun 2009. Saat itu, So Ra yang lulusan Seni Teater dan Film dari Universitas Dongguk ini terlibat dalam beragam film layar lebar. Di tahun tersebut, ia membintangi film 4th Period Mystery serta film pendek bertajuk Kwang Tae’s Basic Story.

Namun, sebelum terjun ke dunia akting, Kang So Ra sudah terlebih dahulu membintangi sejumlah video musik untuk para musisi kenamaan di Negeri Ginseng. Perlahan namun pasti, nama wanita kelahiran Gangdong, 18 Februari 1990 ini pun makin dikenali. Di tahun 2011, ia melakoni film Sunny yang membuatnya meraih predikat Best New Actress.

Karir Kang So Ra pun kian menanjak seiring beragam film yang dijajalnya. Di antaranya seperti Brave (2012), serta My Paparotti dan Cheer Up, Mr. Lee di tahun 2013. 

Kang So Ra yang ditunjuk kampusnya menjadi Dongguk Ambassador 2016 ini juga menunjukkan keahliannya berakting dalam Race to Freedom: Um Bok Dong (2019). Berikutnya di tahun 2020, ia menjajal kemampuan aktingnya dan hadir dalam Secret Zoo dan I Won’t Hurt You.

Bintangi Beragam Serial Drama

View this post on Instagram

A post shared by 강소라 (@reveramess_)

Di tahun 2010 lalu, So Ra sempat melakoni tiga serial drama yang naik daun. Selain hadir di Dr. Champ serta Rude Miss Young-ae (season 7 and 8). So Ra juga hadir dengan apik dalam The Women of Our Home (2011) dan Dream High 2 di tahun 2012.

Selain bermain dalam Ugly Alert, So Ra juga menjajal Rude Miss Young-ae musim ke-12 di tahun 2013. Sedangkan di tahun 2014, nama So Ra kian melambung karena telah membintangi Misaeng dan Doctor Stranger. 

Popularitas Kang So Ra pun kian meningkat. Ia belakangan membintangi Warm and Cozy (2015), My Lawyer, Mr. Jo (2016), Revolutionary Love (2017), hingga The Beauty Inside (2018).

Jadi Host Berbagai Acara

View this post on Instagram

A post shared by 강소라 (@reveramess_)

Selain jago akting, Kang So Ra cakap dalam memandu berbagai variety show. Ia juga sempat hadir dalam acara radio KBS Cool FM Volume Up di tahun 2011. 

So Ra lantas tampil mengisi acara We Got Married season 3 pada tahun 2011-2012. Kemudian ia pun hadir dalam My Soul’s Table (2013).

Sebagai host, ia telah membawakan MBC Music Festival (2011) dan MBC Entertainment Awards (2012). Ia juga telah tiga kali berturut-turut memandu acara Golden Disc Awards yang ke-31, 32 dan 33 di tahun 2017-2019.

Penampilan di Ranah Musik

View this post on Instagram

A post shared by 강소라 (@reveramess_)

Tak hanya membintangi serial dramanya saja, Kang So Ra juga ikut menyumbangkan suaranya untuk soundtrack Sunny. Dalam lagu yang berjudul Round and Round, So Ra menyanyikannya dengan sejumlah bintang seperti Nam Bo Ra, Kim Bo Mi dan lainnya.

Berikutnya di tahun 2012, So Ra kembali hadir dalam lagu B Class Life bersama Jeong Jinwoon dan Kim Ji Soo. Lagu tersebut diketahui menjadi soundtrack untuk Dream High 2.

Sebelumnya, wajah cantik So Ra telah hadir sebagai model di berbagai video klip musik. Di tahun 2009, ia hadir dalam video klip Gloria dari PK Heman dan This Good Day yang dibawakan Halla Man. Di tahun yang sama, So Ra ikut membintangi video klip Happy Me milik Hong Kyung Min serta Merely dari JK Kim Dong Wook.

Beralih ke tahun 2011, Kang So Ra muncul dalam Hello dan I Told You I Wanna Die dari Huh Gak. Selanjutnya ia menjadi model untuk video klip Curtain dari Suho dan Song Young Joo.

Muncul dalam Beraneka Iklan

View this post on Instagram

A post shared by 강소라 (@reveramess_)

Sejak awal kemunculannya di tahun 2009, Kang So Ra telah didapuk untuk membintangi beraneka macam pariwara. Di tahun 2009 aja, ia hadir dalam Melon, Anycall Show Omnia, Aegar dan PC Sa-Rang. 

Sementara pada tahun berikutnya, iklan Wood-metal, Haitai, McDonald McCafe dan Orion Market-O juga menghadirkan Kang So Ra. Memasuki 2011, So Ra tampil dalam pariwara Lotte Tacos, Buckaroo Jeans hingga Fish & Grill dan Tving.

Semakin populer, Kang So Ra lantas menjadi model iklan Dior Diorsnow, Chosungah Raw, K Swiss, Muzak dan Busan Milk Yonette. Di tahun tersebut, So Ra pun muncul dalam NHN Naver A ninth grader of baseball, Center Pole, Basic House dan Kooksoondang Rice Makkoli.

Kantongi Segudang Penghargaan

View this post on Instagram

A post shared by 강소라 (@reveramess_)

Dengan kiprahnya yang bersinar di industri entertainment, tak heran jika Kang So Ra diapresiasi oleh banyak pihak. Hal ini terbukti dari segudang penghargaan yang telah berhasil diraihnya.

Di tahun 2011, ia memenangkan Hot Movie Star dari Mnet 20’s Choice Awards. Ia juga menyabet Best New Actress dari Buil Film Awards di tahun yang sama. Kedua penghargaan tersebut dikantonginya berkat akting ciamik So Ra dalam Sunny.

Memasuki 2012, Kang So Ra berhasil meraih Most Popular Actress (Film) dari Baeksang Arts Awards. Selain itu, Popularity Award (Variety Show) dari MBC Entertainment Awards 2012 juga dibawanya pulang.

Beralih ke 2013, ia menyabet New Star Award dari SBS Drama Awards. Tahun berikutnya juga menjadi momen gemilang bagi karirnya. Ia berhasil memenangkan Popular Star Award dari Asia Model Festival Awards 2014.

Selain itu, ia meraih Asia New Star dari Miss Asia Pasific World Super Talent dan Best Style of the Year dari Herald Donga Lifestyle Awards 2014. Sedangkan dari Korea Drama Awards, ia mendapatkan Excellence Awards, Actress di tahun tersebut.

Di tahun 2015, karir Kang So Ra tetap pada puncaknya. Korea Advertisers Association Awards menganugerahkannya Best Model Award. Sementara, MBC Drama Awards menganugerahinya Excellence Award, Actress in a Miniseries. 

Baca juga: Profil Emma Roberts, Aktris Cantik Keponakan Julia Roberts yang Gemar Literasi

Mengasah Bakat Agar Makin Profesional

Kini, Kang So Ra telah menikah dan menjalani hidup berkeluarga. Meski begitu, karir yang telah lama dirintisnya telah membuat nama Kang So Ra berada di deretan aktris papan atas. Bahkan, seperti diketahui, Kang So Ra hampir selalu mendapat peran utama sejak awal debutnya. 

Pilihannya untuk menimba ilmu Seni Teater dan Film telah mengasah bakat aktingnya menjadi semakin baik. Alhasil, kemampuan aktingnya pun semakin ulung seiring dengan bertambahnya pengalaman dan jam terbang yang ia miliki.

Teruslah belajar dan berfokus pada pengembangan diri. Dengan performa serta keahlian yang kian meningkat, niscaya karir profesional akan ikut mengalami kemajuan dan perkembangan.