Kenali Lebih Dekat Berbagai Jenis-jenis Kartu BCA, Mulai dari Debit Hingga Kredit

Bank Central Asia alias BCA merupakan salah satu bank swasta yang namanya sudah sangat populer di Indonesia. Bank swasta terbesar di Indonesia ini selama puluhan tahun telah menjadi pilihan masyarakat untuk tempat penyimpanan uang. BCA sendiri hadir sebagai perusahaan yang menghadirkan berbagai produk dan layanan keuangan. Jadi tidak hanya tabungan, BCA juga menawarkan deposito, kredit, kartu kredit, investasi, asuransi, dan layanan perbankan elektronik seperti mobile banking dan internet banking.

Masing-masing dari layanan tersebut juga memiliki banyak variasi sehingga nasabahnya bisa lebih leluasa memilih. Mulai dari kartu debit hingga kartu kredit, kamu bisa bebas menentukan produk seperti apa yang dibutuhkan.

Jika kamu penasaran dengan produk apa saja yang ditawarkan oleh BCA, simak ulasannya berikut ini.

Sekilas Tentang BCA

loader

BCA merupakan bank swasta paling besar di Indonesia yang telah berdiri sejak tahun 1957. Dalam perkembangannya, BCA terus memperluas layanannya dan telah membuka cabang di berbagai wilayah di Indonesia, bahkan di sejumlah negara lain.

Dalam perjalanannya, Bank BCA terus mengalami perkembangan dengan mengeluarkan berbagai layanan dan produk. Termasuk mengembangkan sistem teknologi informasi dan memperluas jaringan kantor cabang.

Layanan dan produk yang ditawarkan oleh BCA pun semakin beragam sejak masuk ke tahun 2000-an. Sistem bisnis yang dikembangkan semakin banyak hingga muncul internet banking, mobile banking, hingga kemunculan kartu prabayar Flazz.

Sejumlah anak perusahaan juga dibangun untuk mengembangkan bisnisnya. Tercatat saat ini ada 9 anak perusahaan yang dimiliki oleh BCA. Bank BCA sendiri sudah memiliki 1.247 kantor cabang dan 18.268 mesin ATM.

Baca Juga: Pengertian Rekening Koran, Fungsi, dan Cara Mengajukannya

Jenis-Jenis Kartu BCA

loader

Sebagai perusahaan perbankan swasta terbesar di Indonesia, layanan yang ditawarkan oleh BCA tentu sangat beragam. Berbagai kartu pun dihadirkan untuk membuat para nasabahnya semakin nyaman dan mudah dalam bertransaksi.

Berikut beberapa jenis kartu yang ditawarkan BCA untuk para nasabah.

1. Kartu Flazz

Kartu Flazz BCA hadir untuk memenuhi kebutuhan para nasabah yang menginginkan transaksi tanpa uang tunai. Di dalam kartu ini terdapat teknologi chip Radio Frequency Identification (RFID) yang berguna untuk membuat proses transaksi non-tunai jadi lebih cepat dan mudah.

Kartu ini bisa dipakai untuk transaksi pada lebih dari 57 ribu outlet merchant untuk melakukan beragam transaksi. Untuk bisa menggunakan kartu Flazz, kamu perlu melakukan Top Up dana minimal Rp20 ribu. Top Up paling banyak dalam sebulan mencapai Rp20 juta. Sementara saldo paling banyak dalam kartu hanya Rp2 juta.

Perlu diingat, kartu Flazz ini hanya menjadi semacam dompet. Tidak dibutuhkan tanda tangan Personal identification Number (PIN) maupun sandi untuk menggunakannya. Karena itu, siapapun yang memegang kartu ini bisa menggunakannya untuk transaksi.

Kartu Flazz sendiri hadir dalam dua macam, reguler dan desain khusus. Kartu reguler didesain oleh BCA, sementara desain khusus bisa dipesan untuk souvenir atau hadiah dengan desain sesuai pilihan.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

2. Kartu Kredit BCA

Bank BCA juga menghadirkan layanan produk kartu kredit untuk para nasabahnya. Ada banyak produk Kartu kredit BCA yang bisa dipilih oleh nasabahnya. Menurut situs resminya, saat ini sudah ada 6 jenis kartu kredit yang dikeluarkan oleh Bank swasta terbesar di Indonesia ini.

Berikut jenis-jenis kartu kredit BCA yang bisa kamu pilih:

Jenis Kartu Kredit BCA

Keterangan

BCA Card

BCA Card hadir dalam tiga pilihan kartu, yakni BCA Smartcash, BCA Card Platinum, dan. BCA Everyday Card BCA Everyday Card menawarkan manfaat dalam berbelanja kebutuhan sehari-hari. Untuk bisa memiliki kartu kredit BCA Everyday Card, kamu harus berpenghasilan setidaknya Rp36 juta tiap tahun.

Kemudian untuk BCA Card Platinum cocok digunakan untuk nasabah mapan yang memiliki mobilitas tinggi dan ingin lebih leluasa dan nyaman saat melakukan transaksi. Kartu Kredit BCA ini hanya bisa dimiliki oleh orang yang berpenghasilan Rp120 juta tiap tahun.

Sementara itu, BCA Smartcash menawarkan dana tambahan untuk bisnis dengan cara yang mudah seperti ketika memakai kartu kredit.

Visa

Kartu kredit ini merupakan hasil kerjasama antara BCA dan Visa. Jenisnya pun sangat beragam, mulai dari BCA Singapore Airlines PPS Club Visa Infinite, BCA Singapore Airlines KrisFlyer Infinite, BCA Singapore Airlines KrisFlyer Signature, BCA Visa Corporate, BCA Visa Black, dan BCA Visa Batman.

Masing-masing dari jenis kartu kredit BCA ini pun memiliki syarat dan keunggulan masing-masing. Setiap jenis kartu kredit ini memiliki batasan pendapatan minimum untuk bisa mengajukannya.

Mastercard Kartu kredit ini merupakan hasil kerja sama BCA dengan Mastercard. Jenis dari kartu ini juga cukup beragam, yakni BCA Mastercard World, BCA Mastercard Platinum, BCA Blibli Mastercard, BCA tiket.com Mastercard, dan BCA Mastercard Black. Masing-masing dari kartu ini juga mempunyai batas penghasilan minimum berbeda untuk bisa memilikinya.
Kartu Kredit BCA JCB Black Kartu kredit ini menawarkan sejumlah keuntungan terkait mata uang asing. Misalnya saja akan ada reward BCA yang lebih banyak setiap bertransaksi di Singapura, Korea Selatan, dan Jepang. Nilai tukar untuk mata uang won Korea, dolar Singapura, dan yen juga kompetitif.
BCA UnionPay Kartu kredit BCA ini merupakan hasil kerja sama dengan jaringan pembayaran internasional UnionPay. Kartu kredit ini sudah menggunakan teknologi NFC sehingga bisa dilakukan secara contactless. Kartu kredit ini juga menawarkan sejumlah keuntungan seperti asuransi perjalanan untuk nasabah yang sering bepergian hingga nilai tukar rendah saat bertransaksi di Taiwan, China, Hong Kong, dan Singapura.
BCA American Express Platinum Kartu kredit BCA ini bekerja sama dengan American Express, jaringan kartu kredit dari Amerika. Dengan memiliki kartu ini, kamu bisa mendapatkan berbagai benefit yang biasa dimiliki pemegang kartu kredit platinum, termasuk nilai tukar kompetitif saat bertransaksi di luar negeri.

Baca Juga: Layanan Klik Individual BCA: Fitur dan Cara Daftarnya

3. Kartu Debit BCA

Sebagai sebuah perusahaan perbankan, kartu debit BCA atau kartu ATM BCA menjadi salah satu produk utama dari bank swasta ini. Kartu ATM BCA sendiri saat ini telah diganti dengan kartu BCA chip (Kartu ATM BCA) atau kartu chip BCA.

Dibanding kartu ATM lama, kartu chip ini memiliki lebih banyak manfaat dan dapat mengurangi risiko kejahatan seperti pencurian data kartu. BCA sendiri menghadirkan banyak pilihan kartu ATM untuk para nasabahnya.

Berikut beberapa jenis kartu debit BCA yang ditawarkan.

Jenis Kartu Debit BCA Keterangan
Kartu ATM BCA Dollar

Kartu debit BCA ini hadir untuk para nasabah yang memerlukan transaksi keuangan dengan menggunakan mata uang asing yakni dollar Singapura (SGD) dan dollar Amerika Serikat (USD).

Dengan menggunakan kartu ATM ini, orang bisa memiliki simpanan uang dollar meski yang ditabung uang rupiah. Hal ini dikarenakan uang rupiah akan dikonversi sesuai nilai kurs dollar terbaru secara otomatis. Kartu debit ini juga bisa dipakai di semua mesin ATM BCA yang ada di wilayah Indonesia.

Kartu ATM BCA TabunganKu

Jika kamu sedang ingin belajar menabung, kartu debit BCA ini bisa jadi pilihan yang pas. Pasalnya, produk ini tidak memiliki biaya administrasi bulanan maupun biaya ganti kartu dan penerbitan. Bahkan saldo minimal juga hanya Rp20 ribu saja.

Namun dengan semua kemudahan itu, ada keterbatasan yang diberikan Bank BCA pada produk ini. Keterbatasan itu berupa tidak bisa mendapatkan layanan transfer ke bank lain, akses m-banking, internet banking, serta SMS banking. Hal ini bertujuan agar uang memang benar-benar hanya ditabung.

Kartu ATM BCA LAKU

Jika kamu tinggal di daerah yang jauh dari cabang Bank BCA, kartu ATM yang satu ini bisa jadi pilihan yang pas. Pasalnya, kamu hanya perlu datang ke agen LAKU di dekat rumahmu untuk mendaftar. Jadi, kamu tidak perlu repot pergi ke kota hanya untuk membuat kartu debit BCA.

Kartu ini tidak memiliki biaya administrasi bulanan. Biaya pembukaan maupun penutupan serta kirim uang antar LAKU juga gratis.

Kartu ATM BCA SimPel Untuk para orang tua yang ingin putra-putrinya yang berumur kurang dari 18 tahun memiliki tabungan, kartu ATM BCA Simpel bisa jadi pilihan. Kartu ini bebas biaya cetak dan ganti kartu.
Kartu ATM BCA Tahapan Xpresi

Bank BCA juga mengeluarkan kartu debit yang memiliki tampilan menarik dan bisa mengekspresikan dirimu, kartu ATM BCA Tahapan Xpresi bisa jadi pilihan. Jika menggunakan kartu ini, kamu perlu membayar biaya bulanan untuk administrasi sebesar Rp7.500,-. Untuk menerbitkan dan mengganti kartu juga akan dikenai biaya sebesar Rp25 ribu.

Kartu ini memiliki batasan pengiriman saldo ke rekening bank lain sebesar Rp10 juta. Sementara untuk sesama BCA bisa sampai Rp25 juta.

Kartu ATM Paspor BCA Platinum

Jika kamu merupakan orang yang membutuhkan transaksi keuangan dalam jumlah cukup besar, kartu ATM Paspor BCA Platinum bisa menjadi pilihan. Selain mempunyai batas transfer yang besar, tampilan dan desain yang diusung juga elegan dan mewah.

Kartu ini memberikan batas untuk kirim ke rekening bank lain hingga Rp25 juta sementara untuk sesama BCA sampai Rp100 juta. Tetapi tentu saja hal ini juga dibarengi dengan beban biaya yang lebih besar. Biaya bulanan untuk administrasi sebesar Rp20 ribu sedangkan untuk pembuatan kartu Rp20 ribu.

Kartu ATM Paspor BCA Gold

Kartu ini dihadirkan untuk mendukung para pebisnis karena memiliki limit yang lebih besar. Untuk batas pengiriman uang ke rekening bank lain mencapai Rp20 juta dan sesama BCA sampai Rp75 juta. Kamu juga bisa menarik uang tunai di ATM sebesar Rp10 juta.

Sementara itu, untuk uang bulanan administrasi Rp17 ribu. Biaya untuk membuat kartu sebesar Rp15 ribu.

Kartu ATM Paspor BCA Blue

Memiliki warna biru, kartu debit BCA ini menjadi produk yang disediakan untuk nasabah Tahapan, Tahapan Gold, dan Giro. Biaya bulanan untuk administrasi hanya Rp15 ribu, sementara untuk membuat kartu dikenakan biaya Rp10 ribu. Batas kirim uang ke rekening bang lain Rp15 juta dan sesama BCA sampai Rp50 juta.

Ada Banyak Pilihan Kartu Kredit BCA

Sebagai bank swasta terbesar di Indonesia, bukan hal yang aneh jika BCA memiliki banyak sekali produk dan layanan  perbankan untuk nasabahnya. Mulai dari kartu debit, kartu kredit, hingga kartu Flazz dihadirkan untuk mempermudah nasabah Bank BCA di era modern. Banyaknya kartu yang ditawarkan membuat kamu bisa lebih bebas memilih produk yang paling sesuai dengan isi dompet dan kebutuhanmu.

Baca Juga: Kode Bank Indonesia Terlengkap