Kunjungi 15 Tempat Wisata Dieng Wonosobo Ini, Jika Budget Liburan Anda Cuma 1 Jutaan!

Siapa yang tidak tahu salah satu destinasi wisata populer dalam negeri yang satu ini. Ya, Wisata Dieng telah menjadi primadona wisatawan yang ingin merasakan sensasi berlibur dengan suasana pegunungan yang asri dan alami. Tak hanya udaranya yang sejuk, Wisata Dieng memiliki suguhan alam yang sangat menawan dan mampu membuat kagum para pelancong yang berkunjung.

Berada di kabupaten Wonosobo, Wisata Dieng bisa dibilang sebagai spot liburan yang tidak pernah sepi pengunjung. Tak hanya turis dalam negeri, banyak wisatawan asing yang turut berdatangan karena penasaran dengan keindahan alamnya. Jika Bali terkenal dengan pemandangan sunset, Wisata Dieng Wonosobo populer dengan suguhan sunrisenya.

Biaya liburannya yang murah menjadi salah satu alasan utama mengapa daerah ini nampak selalu ramai dikunjungi. Dengan banyaknya tempat wisata menarik nan eksotis, tempat ini layak untuk disambangi saat sedang masa liburan atau cuti panjang.

Bahkan, saking murahnya biaya penginapan dan transportasi, Anda hanya perlu menyiapkan bujet 1 juta untuk bisa berlibur kesini. Namun, sebelum memutuskan untuk mengunjungi tempat wisata Dieng Wonosobo, Anda wajib mengetahui 15 destinasi unggulannya yang tidak boleh dilewatkan.

15 Tempat Wisata Dieng Wonosobo Terfavorit

1. Bukit Sikunir, Lokasi Favorit Idaman Para Pelancong Wisata Dieng

Bukit Sikunir Wonosobo

Spot wisata pertama yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Dieng adalah Bukit Sikunir. Memiliki ketinggian 2.300 meter di atas permukaan laut, Bukit Sikunir merupakan tempat yang memiliki pemandangan matahari terbit paling ciamik di Jawa Tengah.

Tak butuh waktu lama untuk bisa sampai ke puncak Bukit Sikunir. Biasanya, waktu tempuh para wisatawan hanya berkisar 30 hingga 60 menit saja, tergantung kondisi fisiknya. Jika cuaca sedang cerah dan berawan, Anda akan bisa merasakan sensasi melihat empat gunung paling terkenal di Jawa Tengah, Merbabu, Sindoro, Merapi, dan juga Sumbing.

2. Candi Arjuna yang Masih Aktif Digunakan untuk Beribadah

Candi Arjuna Wonosobo

Wisata Dieng juga memiliki banyak candi bersejarah yang bisa dikunjungi. Salah satu yang terpopuler adalah Candi Arjuna. Candi ini masih aktif dijadikan tempat ibadah warga sekitar yang beragama Hindu, terlebih saat Hari Raya Galungan. 

Pastikan Anda tidak sedang dalam kondisi letih karena Candi Arjuna memiliki luas mencapai 1 hektar. 

3. Telaga Warna dengan Warna Air yang Berubah Setiap Waktunya

Telaga Warna Dieng

Jika Anda akan berlibur ke Wisata Dieng pada musim kemarau, wajib hukumnya untuk mampir ke Telaga Warna. Pasalnya, saat berkunjung di bulan Juli sampai Agustus, Anda akan berkesempatan melihat warna air di telaga ini menjadi merah, hijau, biru, hingga kuning.

Mitosnya, perubahan warna yang terjadi di Telaga Warna terjadi karena isi pusaka yang terjatuh milik Cupu Manik Astagina. Namun, jika dijelaskan secara ilmiah, penyebab warna air yang berubah karena ekosistem yang ada di telaga tersebut.

4. Hobi Hiking? Coba Taklukkan Gunung Prau di Wisata Dieng

Gunung Prau Dieng

Kurang lengkap rasanya jika berwisata ke dataran tinggi tanpa melakukan aktivitas mendaki. Jika Anda adalah penyuka aktivitas tersebut, maka tidak ada salahnya untuk coba menaklukkan Gunung Prau. Dengan ketinggian hampir 2.600 mdpl, Gunung Prau merupakan gunung dengan puncak paling tinggi di Dieng.

Dibandingkan dengan proses pendakian gunung lainnya, waktu untuk mendaki gunung ini termasuk ke dalam kategori yang cepat. Mayoritas pendaki hanya membutuhkan waktu sekitar 3 sampai 4 jam untuk sampai puncaknya. Dijamin ketika melihat sunrise di puncak Gunung Prau, semua beban pikiran akan hilang.

5. Rasakan Hawa Panas Uap Vulkanik di Kawah Sikidang

Kawah Sikidang Dieng

Masih berada di kawasan Gunung Prau, elok rasanya untuk melipir sebentar di kawah vulkanik yang masih aktif di sana. Sebenarnya, ada banyak kawah vulkanik yang ada di gunung tersebut.

Namun, Kawah Sikidanglah yang paling banyak dikunjungi. Pastikan sebelum ke tempat wisata ini, Anda sudah berbekal masker karena aroma belerangnya cukup tajam dan dapat membahayakan kesehatan.

6. Tak Kalah Menarik, Telaga Merdada Juga Layak untuk Dikunjungi

Telaga Merdada

Meski tidak sepopuler Telaga Warna, Telaga Merdada memiliki daya tarik yang sayang untuk dilewatkan. Saat berlibur ke Wisata Dieng di musim hujan, Anda akan diperlihatkan dengan pemandangan telaga yang dipenuhi dengan air dan dirangkul oleh kebun milik warga. Imajinasi pedesaan masa kecil akan langsung terealisasikan saat berkunjung ke Telaga Merdada.

Baca Juga: 7 Destinasi Wisata Yogyakarta yang Tampak Menawan dengan Cahaya Senja

7. Tempat Nongkrong Setinggi 1.789 MDPL di Gardu Pandang Tieng

Gardu Pandang Tieng

Sumber: pesona.travel

Bagi Anda yang segan untuk mendaki namun ingin menikmati pengalaman liburan di tempat tinggi, Gardu Pandang Tieng adalah tempat bersinggah paling cocok untuk dipilih. Berada di ketinggian nyaris 1.800 mdpl, lokasi ini menawarkan pemandangan sunrise tanpa harus repot mendaki. Spot wisata ini juga memiliki area nongkrong yang bisa dimanfaatkan untuk berkumpul bersama orang terdekat. 

8. Suasana Mistis nan Misterius di Goa Semar

  Goa Semar

Sumber: jejakpiknik.com

Penyuka tantangan? Jangan ragu untuk menguji keberanian dengan pergi ke Goa Semar yang konon merupakan tempat bertapa para raja zaman dahulu. 

Bahkan, berdasarkan petunjuk informasi yang ada, Presiden Soeharto pun pernah melakukan meditasi di gua ini. Jadi, jika menyukai suasana mistis nan misterius, Goa Semar wajib masuk dalam list kunjungan di Wisata Dieng.

9. Kunjungi Petak 9 Dieng

Petak 9 Dieng

Jika penasaran dengan bagaimana tampak Telaga Warna saat dilihat dari jauh, Anda dapat memutuskan untuk berkunjung ke Petak 9 Dieng. 

Tempat Wisata Dieng yang juga dikenal dengan nama Bukit Sidengkeng ini membebankan tiket masuk hanya Rp5.000 saja untuk setiap pengunjung. Harga yang murah bukan untuk bisa menikmati pemandangan Telaga Warna dengan lebih indah lagi?

10. Kawah Sileri yang Tak Kalah dengan Kawah Sikidang

Kawah Sileri

Berlokasi di Desa Kepakisan, Anda dapat mampir melihat Kawah Sileri sembari berjalan menuju pemandian air hangat Bitingan untuk beristirahat. Meski terhitung lebih aktif dan sering meletus ketimbang Kawah Sikidang, destinasi wisata ini masih kondusif untuk dikunjungi. 

Untuk itu, jangan lupa untuk meluangkan waktu sebentar ke Kawah Sileri ini.

Baca Juga: 7 Tips Liburan Hemat dan Menyenangkan

11. Bersantai dan Memancing di Telaga Menjer

Telaga Menjer

Terbuat karena aktivitas vulkanik, Telaga Menjer dimanfaatkan sebagai PLTA. Namun, karena pemandangannya yang indah, tak sedikit wisatawan yang menjadikan kawasan ini sebagai tujuan wisata. 

Tak hanya itu, Anda juga dapat bersantai dan memancing di telaga ini sembari melepas lelah setelah seharian berwisata.

12. Telaga Cebong, Spot Unik untuk Berkemah dan Naik Perahu

Telaga Cebong

Telaga Cebong dulunya adalah sebuah kawah purba yang terisi oleh air. Banyak wisatawan yang memanfaatkan tempat wisata ini dengan aktivitas berperahu hingga berkemah. Peralatan kemah pun dapat dengan mudah disewa dari warga sekitar di sekitar area tersebut.

13. Alun-Alun Wonosobo, Pusat Kota Terbaik di Jawa Tengah

  Alun-alun Wonosobo

Sumber: wonosobozone.com

Sedikit melipir dari area Dieng, Anda dapat berjalan-jalan ke Alun-Alun Wonosobo yang dianggap sebagai pusat kota terbaik di Jawa Tengah. Fasilitas yang ada di Alun-Alun Wonosobo pun terbilang lengkap. Maka dari itu, tempat ini layak dijadikan pilihan untuk menjadi penutup liburan di Dieng.

14. Wisata Ala Grand Canyon di Lubang Sewu

  Lubang Sewu

Sumber: surudan.blogspot.com

Sama halnya dengan Telaga Warna, tak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi Lubang Sewu. Alasannya karena pada musim kemarau dan air menjadi kering, Anda dapat melihat suasana layaknya Grand Canyon yang ada di Amerika Serikat. 

Namun, jika Anda berkunjung saat musing penghujan, Lubang Sewu akan dipenuhi air dan juga ikan yang berenang dan bersembunyi di celah lubang.

15. Renang Kolam Air Panas di D’qiano Water Park

D

Sumber: idahceris.com

Ingin mengembalikan tubuh ke kondisi yang segar dan fit, D’qiano Water Park cocok dijadikan destinasi liburan terakhir yang menyenangkan di Dieng. Cukup merogoh kocek 25.000 Rupiah saja Anda sudah bisa berenang di kolam air panas sepuasnya. 

Jika bingung mencari tempat untuk bernaung, D’qiano Water Park juga menawarkan fasilitas penginapan dengan kualitas mumpuni. Jadi, momen liburan bersama keluarga di Wisata Dieng akan terasa lebih memorable. 

Baca Juga:  Pulau Bintan, Destinasi Wisata Terpopuler yang Tidak Boleh Dilewatkan

Tips Liburan Hemat di Wisata Dieng Bersama Keluarga

Berada di dataran tinggi, Anda disarankan untuk membawa pakaian hangat dan sepatu gunung agar nyaman berwisata di Dieng. Untuk yang berdomisili di Jakarta, Anda dapat menggunakan moda transportasi berupa bus ke Wonosobo yang memiliki kisaran tarif mulai dari 85 ribu hingga 200 ribu Rupiah. Selain itu, mencari paket wisata dieng yang murah pun dapat dijadikan alternatif lain.

Tekan kembali budget liburan dengan memanfaatkan promosi penginapan di situs perjalanan dan mencari yang sesuai dengan isi dompet. Dengan begitu, impian berlibur murah di Wisata Dieng bisa didapatkan tanpa perlu takut mengacaukan kondisi keuangan keluarga.