Lebih Dekat dengan Apa Itu Parsley dan Sederet Manfaat Kesehatannya bagi Tubuh

Buat kamu yang hobi masak atau kulineran pasti sudah tidak asing lagi dengan tumbuhan yang satu ini. Ya, parsley adalah jenis tanaman yang sangat umum dijadikan sebagai pelengkap atau garnish untuk mempercantik penampilan suatu hidangan. Memiliki nama latin, Petroselinum crispum, daun parsley terkenal sebagai garnish yang tak hanya mampu menggugah selera makan, namun juga kaya akan nutrisi juga gizi. 

Walaupun populer dikenal sebagai bahan yang memperindah berbagai jenis makanan, daun parsley atau peterseli ternyata juga sudah lama dimanfaatkan untuk menghilangkan bau mulut ataupun bau amis pada masakan. Bahkan, dalam sejarah Yunani, daun parsley juga umum digunakan untuk menyamarkan bau busuk pada jasad di masa peperangan. 

Kandungan nutrisi pada sayuran berwarna hijau ini terbilang cukup lengkap, seperti, kaya akan zat besi, antioksidan, asam folat, kalium, klorofil, kalium, dan juga asam amino. Daun parsley juga dikenal sebagai tumbuhan yang tinggi akan kandungan berbagai jenis vitamin, seperti, vitamin A C, K, dan E.

Parsley bukanlah tumbuhan yang dapat tumbuh dengan subur di Indonesia atau wilayah tropis lainnya. Melainkan, berasal dari wilayah Eropa dan dapat tumbuh dengan subuh di wilayah Mediterania Timur. 

Setelah mengetahui apa itu parsley dan sederet nutrisi yang terkandung di dalamnya, kamu mungkin penasaran, manfaat kesehatan seperti apa sih yang diberikan oleh tanaman tersebut? Nah, untuk menjawabnya, yuk simak kumpulan manfaat parsley berikut ini.

Baca Juga: 8 Langkah Mudah atasi Bau Mulut Tanpa Gosok Gigi

9 Manfaat Parsley

loader

Daun Parsley Segar dan Parsley Kering

  1. Andal Mengatur Kadar Gula Darah

    Manfaat parsley yang pertama adalah kemampuannya dalam mengatur kadar gula dalam darah. Khasiat peterseli dalam membantu tubuh meningkatkan gula darah berasal dari kandungan antioksidannya yang tinggi.

    Jenis antioksidan yang mampu memberikan manfaat kesehatan ini dikenal dengan sebutan myristicin. Tidak hanya berguna untuk membantu tubuh dalam mengontrol kadar gula, myristicin ini juga dipercaya mampu menurunkan resistensi dan juga peradangan insulin. Jadi, bagi penderita diabetes atau yang memiliki risiko tinggi terjangkit penyakit tersebut, ada baiknya untuk menjadikan daun peterseli ini sebagai konsumsi rutin. 

  2. Berguna untuk Menjaga Kesehatan Organ Ginjal

    Hal ini disebabkan karena garnish hidangan tersebut memiliki sifat diuretik yang alami, sehingga, mampu membantu ginjal agar tetap sehat. 

    Selain itu, daun parsley juga memiliki khasiat sebagai penawar racun dan juga kuman yang terdapat di dalam tubuh. Parsley pun mampu menghambat proses pompa natrium kalium yang berhubungan dengan regulasi urine di organ ginjal.

  3. Dapat Menjadi Konsumsi Rutin untuk Mencegah Risiko Penyakit Kanker

    Seperti yang kita tahu, kanker merupakan salah satu jenis penyakit paling mematikan di dunia dan ditakuti oleh banyak orang. Oleh karena itu, tak mengherankan jika semua orang pasti tidak ingin menjadi pengidap penyakit tersebut, ataupun sampai menyerang orang terdekatnya. 

    Nah, daun peterseli ini memiliki kandungan flavonoid yang cukup tinggi di dalamnya. Bagi yang belum tahu, flavonoid merupakan kandungan yang ampuh membantu turunkan risiko sel kanker muncul di dalam tubuh, baik itu, jenis kanker kulit, kanker prostat atau saluran pencernaan, ataupun kanker payudara. 

    Mengapa manfaat tersebut mampu diberikan oleh daun parsley? Alasannya karena parsley memiliki sifat anti inflamasi dan memiliki kandungan antioksidan di dalamnya. Jadi, potensi terjadinya kerusakan sel akibat aktivitas radikal bebas menjadi lebih kecil.

  4. Mampu Menjaga Kesehatan Jantung dan Menurunkan Risiko Penyakit Kardiovaskular

    Selain tinggi akan antioksidan dan zat besi, kandungan lainnya pada peterseli yang tak kalah bermanfaatnya bagi kesehatan adalah vitamin B dan asam folat. Kedua kandungan nutrisi tersebut mampu membantu tubuh dalam menjaga kesehatan jantung. Hal ini secara tidak langsung juga turut menurunkan risiko munculnya penyakit kardiovaskular pada orang yang gemar mengonsumsi daun peterseli. 

    Peterseli juga dikenal sebagai makanan yang menjadi sumber dari nutrisi asam folat. Saat kadar folat dalam tubuh tercukupi, kesehatan jantung akan lebih terjaga dan terhindar dari risiko masalah kesehatan yang bisa berakibat fatal. 

  5. Bisa Jadi Obat Alami Mencegah Peradangan

    Sebagai manfaat menyehatkan yang kelima, daun parsley dapat menjadi obat alami untuk mencegah dan juga menyembuhkan peradangan atau inflamasi. Peradangan yang disebabkan oleh sakit gigi, gigitan serangga, kulit kasar, ataupun memar bisa diobati dengan menggunakan daun tersebut. Di sisi lain, daun parsley juga bisa dimanfaatkan untuk meringankan inflamasi internal. 

  6. Membantu Tingkatkan Sistem Imun Tubuh

    Sederet kandungan utama yang dimiliki oleh daun parsley adalah mineral, vitamin, dan juga antioksidan. Kandungan tersebut jika dikombinasikan ternyata mampu memperkuat sistem imun tubuh. Dengan sistem kekebalan yang terjaga, tubuh akan lebih kuat melawan virus dan bakteri agar tak mudah terserang penyakit.

    Selain kombinasi nutrisi tersebut, daun ini pun memiliki kandungan vitamin A yang relatif tinggi. Bagi kamu yang belum tahu, tubuh yang mendapatkan cukup asupan vitamin A mampu bekerja langsung dengan limfosit atau sel darah putih untuk menguatkan kemampuan tubuh melawan bibit penyakit. 

  7. Mampu Tingkatkan Kesehatan Tulang

    Menjaga kesehatan tulang penting untuk dilakukan karena berkaitan erat dengan pertumbuhan tubuh. Jika asupan nutrisi yang dibutuhkan tulang tak tercukupi, terdapat beragam masalah kesehatan yang mungkin terjadi pada seseorang, beberapa di antaranya adalah osteoporosis dan mengganggu pertumbuhan. 

    Nah, untungnya, daun ini memiliki kandungan kalsium dan vitamin K yang terbilang cukup kaya. Dengan mencukupi asupan gizi tersebut, kesehatan tulangnya akan lebih terjaga dan terhindar dari beragam masalah penyakit tulang.

    Mengonsumsi makanan sumber kalsium dan vitamin K penting untuk dilakukan agar risiko terjadinya patah tulang menjadi lebih kecil. Jika kamu mencari jenis makanan yang merupakan sumber nutrisi tersebut, daun parsley tentu bisa menjadi salah satu pilihannya. 

  8. Membuang Semua Racun yang Mengendap dalam Tubuh

    Dewasa ini, hampir semua orang tak begitu memerhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsinya setiap hari. Padahal, tak sedikit makanan mengandung zat yang bisa mengendap di dalam tubuh dan menyebabkan berbagai jenis penyakit saat jumlahnya sudah terlalu banyak. Hal inilah yang sering kali membuat kinerja dari organ hati dan ginjal menjadi terlalu berat hingga akhirnya kewalahan untuk mengatasi racun yang tersimpan di dalam tubuh.

    Mengetahui hal tersebut, kamu tentu perlu mempertimbangkan konsumsi makanan yang mampu meningkatkan proses detoksifikasi pada tubuh. Salah satunya bisa dengan rutin mengonsumsi daun parsley ini. 

    Alasannya karena daun tersebut memiliki kandungan myristicin dan apigenin yang mampu membantu tingkatkan produktivitas enzim pada organ hati. Enzim tersebutlah yang bermanfaat untuk mendorong tubuh dalam melakukan proses detoksifikasi atau membuang racun. 

  9. Kinerja Pencernaan Tak Lancar? Atasi dengan Mengonsumsi Daun Parsley

    Manfaat terakhir yang bisa didapatkan dari rutin mengonsumsi daun parsley adalah memperlancar kinerja organ pencernaan. Bagi kamu yang sering mengalami sembelit atau masalah pencernaan lainnya, mengonsumsi daun parsley ini mungkin bisa menjadi salah satu solusi alami untuk mengatasinya.

    Pasalnya, daun parsley tergolong sebagai jenis sayuran yang memiliki kandungan serat tinggi. Saat kebutuhan serat dalam tubuh tercukupi, kinerja organ pencernaan dalam memindahkan makanan akan menjadi lebih lancar sehingga menjauhkannya dari risiko terjadinya berbagai masalah pencernaan yang mengganggu. Tak hanya itu, mengonsumsi daun parsley juga mampu memberikan makanan prebiotik bagi bakteri baik yang ada di dalam usus. 

Baca Juga: Tahukah Kamu, Daun Salam Bisa Usir Ketombe sampai Cegah Kanker Payudara

Lengkap Kandungan Nutrisinya, Tak Mengherankan Jika Ada Banyak Sekali Manfaat Parsley yang Ditawarkan

Itulah sekilas penjelasan tentang apa itu parsley dan sederet manfaat kesehatan yang mungkin didapatkan oleh tubuh orang yang mengonsumsinya. Yang terpenting, jika ingin merasakan manfaat parsley tersebut dengan lebih optimal, usahakan untuk mengonsumsinya secara rutin dan dalam jumlah yang wajar. 

Baca Juga: Ingin Mulai Berkebun di Masa Pandemi? Coba Tanam 6 Bumbu Dapur Ini