Mudah, Cara Perbaiki Dokumen Kena Banjir ke ANRI

Banjir Jakarta
Ilustrasi banjir di Jakarta

Cermati.com, Jakarta – Banjir memang menyisakan berbagai masalah, mulai dari terkendalanya aktivitas sehari-hari hingga rusaknya dokumen penting. Tapi jangan khawatir, dokumen-dokumen penting itu bisa diganti atau diperbaiki.

Seperti diketahui, banjir bandang kembali melanda wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi). Curah hujan yang ekstrim dan berbagai masalah lainnya membuat banjir tak terhindarkan lagi di awal 2020 ini.

Musibah banjir ini tentu menyisakan berbagai masalah bagi setiap orang yang terdampak. Berbagai kerugian materi, fisik, hingga mental tak terelakkan.

Tapi tak sedikit yang harus kehilangan berbagai dokumen penting, mulai dari KTP hingga berbagai ijazah. Tak perlu bingung lagi, simak ulasan Cermati.com berikut ini bagaimana cara mengganti dokumen yang hilang atau risak terendam banjir.

Bingung cari asuransi mobil terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Beli Asuransi Mobil Terbaik Sekarang!  

Jangan Panik bila Dokumen Rusak Terendam Banjir

Perabot Terendam Banjir
Ilustrasi perabotan terendam banjir

Siapa yang tak khawatir saat mendapati kenyataan berbagai dokumen penting rusak banjir. Pun demikian, jangan panik bila semua itu menimpa, karena berbagai dokumen penting itu bisa diperbaiki.

Bagaimana caranya?

Pemerintah menyediakan fasilitas perbaikan atau penggantian dokumen-dokumen yang rusak. Perbaikan dokumen-dokumen penting itu bisa diurus di Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

Hal ini diungkapkan oleh Kasubdit Restorasi Arsip ANRI, Anak Agung Gede Sumardhika. Menurut dia, ANRI bisa merestorasi dokumen masyarakat yang rusak terdampak banjir.

ANRI juga mengimbau agar masyarakat tidak menjemur dokumen yang terkena banjir dengan panas matahari langsung. Sebab sinar matahari akan mempercepat kerusakan arsip maupun struktur kertanya.

“Diangin-anginkan saja menggunakan kipas angin. Kalau ada yang kotor cukup diusap dengan kuas halus. Pengeringannya juga bisa dibantu dengan setrika tapi tetap dilapisi kertas di bagian atas arsip dengan panas tertentu,” tutur Anak Agung Gede, seperti dilansir dari Tempo.co.

Baca Juga: Waspada Banjir, Ini Hal yang Perlu Diperhatikan saat Banjir

Ingat! ANRI Tak Mengganti Dokumen yang Hilang

Dokumen Terendam Banjir
Ilustrasi dokumen rusak terendam banjir

Perlu diingat, ANRI hanya bisa memperbaiki dokumen-dokumen penting yang rusak, seperti kerendam air karena banjir dan sejenis. Tapi ANRI tidak bisa menerbitkan dokumen baru menggantikan dokumen yang hilang.

“Kalau (dokumen) hilang atau terbawa air itu silakan menghubungi atau mengurus ke lembaga yang menerbitkan. Kalau di ANRI, kami tugasnya hanya merawat fisik. Bukan informasi, apalagi menerbitkan (dokumen) itu bukan wewenang lembaga kami,” kata Anak Agung Gede, seperti dikutip dari Tempo.co.

Syarat mengurus perbaikan dokumen rusak di ANRI:

  • Bawa dokumen yang rusak
  • Dokumen masih terlihat bentuk fisiknya
  • Dokumen asli tidak hilang
  • Dokumen tidak dilaminating

Ketentuan perbaikan dokumen oleh ANRI ini hanya sebanyak 10 lembar yang terdiri dari arsip asli dan dalam bentuk fotokopi.

Jadi, seperti dikutip dari CNN Indonesia, ANRI hanya memperbaiki dokumen rusak karena banjir menggunakan teknologi Vacuum Freeze Dry Chamber yang merupakan alat khusus untuk memperbaiki arsip-arsip yang terendam air atau banjir.

Baca Juga: Pilih Jenis Asuransi ini biar Mobil Kena Banjir Ditanggung Asuransi

Dokumen yang Bisa Diperbaiki di ANRI

Dokumen Pribadi
Ilustrasi dokumen pribadi

Lalu, apa saja dokumen penting yang bisa diperbaiki di ANRI? Pihak ANRI mengungkapkan, dokumen rusak terkena banjir yang bisa diperbaiki di antara:

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Kartu Keluarga (KK)
  • Akta Kelahiran
  • Akta Perkawinan
  • Sertifikat Tanah
  • Ijazah
  • Dan dokumen lainnya

Bagaimana cara memperbaiki dokumen rusak kena banjir? Tak sulit, begini cara memperbaikinya dokumen yang rusak akibat terendam air karena banjir.

  • Datang langsung ke kantor ANRI
  • Membawa dokumen rusak yang akan diperbaiki
  • Pelayanan dibuka pada Senin-Jumat
  • Layanan dibuka pukul 07.30 WIB – 15.30 WIB
  • Alamat kantor ANRI di Jalan Ampera Raya, No.7, Cilandak, Jakarta Selatan

Anda juga bisa memantau informasi lainnya seputar perbaikan arsip-arsip penting yang mengalami kerusakan akibat banjir ini dan lainnya di media sosial Twitter @ArsipNasionalRI atau @BNPB_Indonesia lalu @kemkominfo kemudian di @BPBDJakarta juga @bpbdkotabogor sesuai kebutuhan informasi yang diinginkan.

Perbaikan Dokumen di ANRI Gratis!

Tak perlu khawatir pula karena perbaikan dokumen yang rusak terendam banjir itu tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis. Pelayanan restorasi oleh ANRI ini secara cuma-cuma, dengan catatan arsip/dokumen asli tidak boleh hilang.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai perbaikan dokumen rusak karena banjir, bisa juga menghubungi ANRI di nomor (021) 7805851 ext.406. Jangan hanya panik dan bingung, selamatkan dokumen penting Anda sekarang juga!

Baca Juga: Menguak Catatan Sejarah Banjir Jakarta dari Zaman Belanda dan Penyebabnya