Rekomendasi Obat Gatal untuk Kulit, Dari yang Alami Hingga Dijual di Apotik

Gatal bisa sangat tidak nyaman bahkan membuat aktivitas sehari-hari jadi terganggu. Apalagi, gatal seringkali mendorong orang untuk menggaruk area tubuh yang merasakannya. Akibatnya, bagian tubuh bisa mengalami luka sehingga risiko terjadinya masalah kesehatan lain seperti infeksi bisa terjadi.

Untuk menghindarinya, kamu perlu segera melakukan pengobatan di area yang terasa gatal. Ada banyak jenis obat gatal yang bisa kamu gunakan, baik itu yang alami maupun yang tersedia di apotik.

Jika kamu masih bingung obat gatal kulit mana yang harus dipilih, ulasan berikut mungkin bisa membantumu.

Apa Itu Gatal

loader

Gatal sebenarnya merupakan sensasi atau perasaan tidak nyaman pada kulit yang menyebabkan timbulnya keinginan untuk menggosok atau menggaruk bagian tersebut. Rasa gatal yang muncul bisa menjadi gejala dari berbagai masalah kesehatan, seperti gangguan saraf, infeksi kulit, alergi, atau masalah kulit kronis seperti dermatitis atopik dan psoriasis. Tetapi Gatal juga bisa disebabkan oleh faktor eksternal seperti panas, terpapar zat kimia, atau gigitan serangga.

Gatal ringan umumnya membaik dengan sendiri. Tetapi terkadang, pengobatan mungkin juga diperlukan jika gatal yang dirasakan cukup mengganggu. Tetapi jika gatal berlangsung terus-menerus atau tidak membaik dengan pengobatan mandiri, kamu perlu menemui dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

Jenis Obat Gatal

Secara umum, obat gatal ini dibedakan menjadi dua macam, yakni obat gatal alami dan buatan pabrik. Obat gatal alami berasal dari berbagai bahan yang disediakan alam dan bisa ditemukan di sekitar rumah. Sementara buatan pabrik biasanya tersedia di apotek.

Jenis Produk

Penjelasan

Obat Gatal Alami

Jenis obat gatal ini bisa dengan mudah kamu temukan di rumah. Obat gatal alami berasal dari alam sehingga harganya lebih terjangkau. Selain itu, risiko efek samping yang ditimbulkan juga lebih ringan.

Umumnya manfaat yang didapat dari obat gatal alami berasal dari bahan aktif yang terkandung di dalamnya. Bahan-bahan ini bermanfaat untuk membantu mengurangi gejala gatal pada kulit. Beberapa di antaranya es batu, kunyit, minyak kelapa, lidah buaya, dan lain sebagainya.

Meski begitu, obat gatal alami hanya bisa digunakan untuk meredakan gatal-gatal ringan. Beberapa jenis gatal mungkin memerlukan perawatan dan obat medis.

Obat Gatal di Apotek

Jenis obat gatal ini bisa dengan mudah kamu temukan di apotek. Beberapa di antaranya bisa didapat dengan bebas tanpa resep dokter dan sebagian lain perlu resep dokter untuk membelinya.

Obat gatal yang dijual di apotek ini ada yang terbuat dari bahan herbal, tetapi ada juga obat medis. Untuk jenis sediaannya juga cukup beragam, ada yang berbentuk tablet, bedak tabur, hingga gel.

Obat gatal medis yang tersedia di apotek biasanya bisa digunakan untuk mengatasi berbagai penyebab gatal. Mulai dari yang disebabkan alergi, infeksi kulit, hingga penyakit kulit. Contoh obat gatal medis seperti antihistamin, kortikosteroid, obat anti-jamur, dan obat anti-bakteri.

Baca Juga: Obat Flu Alami yang Ampuh

Manfaat Obat gatal

Seperti namanya, obat ini memang bermanfaat untuk mengatasi gatal pada kulit. Obat gatal alami maupun obat gatal medis memiliki banyak jenis dan dapat digunakan untuk mengatasi gatal yang dipicu oleh berbagai sebab.

Berikut beberapa contoh obat gatal dan cara kerjanya.

Obat Gatal Alami
Madu

Madu mempunyai sifat anti-inflamasi, antioksidan, dan antimikroba yang berguna untuk meredakan gatal kulit yang disebabkan eksim.

Kulit pisang

Di dalamnya terkandung senyawa antioksidan dan anti-inflamasi. Senyawa ini berguna untuk mengurangi peradangan kulit dan rasa gatal.

Minyak kelapa Didalamnya terkandung asam lemak yang berguna untuk melembabkan dan menghidrasi kulit. Hal ini bermanfaat untuk meredakan rasa gatal.
Teh hijau

Di dalamnya terkandung senyawa antioksidan yang berguna mengatasi rasa gatal dan peradangan pada kulit.

Lidah buaya

Kandungan senyawa anti-inflamasi di dalamnya berguna mengatasi rasa gatal dan peradangan pada kulit.

Obat Gatal Medis

Obat anti-bakteri

Obat ini berguna untuk mengatasi infeksi bakteri pada kulit yang dapat menyebabkan gatal. Contohnya, eritromisin dan azitromisin.

Obat anti-jamur

Obat ini digunakan untuk mengobati infeksi jamur yang dapat menyebabkan gatal pada kulit. Contohnya, miconazole dan ketoconazole.

Kortikosteroid

Obat ini bekerja dengan mengurangi peradangan pada kulit dan meredakan rasa gatal. Obat kortikosteroid tersedia dalam bentuk salep atau krim topikal dan juga dapat diberikan dalam bentuk oral. Contohnya, hidrokortison, prednison, dan betametason.

Antihistamin

Obat ini bekerja dengan cara menghambat histamin, zat yang dilepaskan oleh tubuh sebagai reaksi alergi, dan mengurangi gatal pada kulit. Contohnya, cetirizine, loratadine, dan fexofenadine.

Efek Samping Obat Gatal

  • Antihistamin oral  jenis tertentu bisa menyebabkan rasa lelah dan kantuk
  • Sakit kepala atau pusing
  • Kulit iritasi dan kering
  • Kulit bengkak atau kemerahan
  • Sensasi terbakar atau terasa panas pada kulit
  • Timbul ruam pada kulit

Efek samping yang muncul umumnya ringan dan membaik ketika dosis dikurangi atau penggunaan obat dihentikan. Tetapi bisa juga timbul efek samping serius seperti infeksi kulit atau reaksi alergi, meskipun sangat jarang terjadi. Pastikan untuk mengikuti aturan pakai pada kemasan obat dengan hati-hati dan hubungi dokter jika muncul efek samping serius..

Harga Obat Gatal

Harga obat gatal yang ditawarkan di pasaran sangat bervariasi. Bahkan untuk obat gatal alami, ada yang tidak perlu mengeluarkan uang untuk mendapatkannya, misalnya seperti es batu. Untuk bahan alami yang lain seperti kunyit, minyak kelapa, harganya bervariasi mulai ribuan sampai belasan ribu, tergantung banyak sedikitnya jumlah yang dibeli.

Sementara untuk obat medis, harganya juga bervariasi. Harga ini tergantung dari bentuk sediaan serta merek obat yang akan digunakan.

Aturan Pakai

Jenis

Aturan Pakai dan Dosis

Lidah buaya

Ambil sepotong kecil lidah buaya dan oleskan gelnya ke kulit yang gatal.

 

Minyak kelapa

Oleskan minyak kelapa secara langsung ke kulit yang gatal dan biarkan selama beberapa jam. 

Kulit pisang

Gosokkan bagian dalam kulit pisang ke kulit yang gatal selama beberapa menit.

Madu

Oleskan tipis-tipis pada bagian kulit yang terasa gatal.

Teh hijau

Celupkan kantong teh hijau dalam air hangat dan letakkan di atas kulit yang gatal selama beberapa menit.

Es batu

Lapisi dengan kain atau masukkan ke dalam kantong es lalu gunakan untuk mengompres kulit yang gatal.

Antihistamin

Obat antihistamin tersedia dalam bentuk sirup, tablet, kaplet, krim dan suntikan. Untuk tablet, kaplet, dan sirup dikonsumsi secara oral. Untuk krim dioles pada bagian yang gatal, sedangkan sediaan suntikan diberikan menggunakan jarum suntik lewat pembuluh darah.

Untuk dosisnya tergantung dari jenis antihistamin dan merek obat yang digunakan.

Kortikosteroid

Obat kortikosteroid tersedia dalam bentuk salep atau krim topikal dan juga dapat diberikan dalam bentuk oral. Dosisnya tergantung dari jenis kortikosteroid dan merek obat yang digunakan. 

Obat anti-jamur

Obat ini tersedia dalam bentuk tablet, krim, salep, suntik, hingga sampo. Untuk tablet digunakan dengan cara diminum, krim dan salep dioleskan pada bagian yang gatal, sedangkan bentuk suntik diberikan secara injeksi ke dalam pembuluh darah. 

Kemudian untuk sampo, bisa digunakan pada badan atau kepala yang terasa gatal akibat jamur. Dosisnya tergantung dari merek dan sediaan obat. Dosis penggunaannya bisa dilihat pada kemasan obat.

Obat anti-bakteri

Obat ini tersedia dalam bentuk kaplet, tablet, kapsul, sirup kering, suspensi kering, dan suntik. Untuk tablet, kapsul, kaplet, dan sirup kering digunakan dengan cara diminum. Sedangkan bentuk suntik diberikan dalam bentuk injeksi ke dalam pembuluh darah. 

Baca Juga: Obat Batuk Berdahak Alami yang Mudah Ditemukan

Hal yang Harus Diperhatikan

  • Gunakan obat sesuai dengan petunjuk penggunaan dengan dosis yang tepat. Untuk obat gatal medis, besar dosis yang digunakan bisa dilihat pada kemasan dan petunjuk penggunaan.
  • Jangan menambah atau mengurangi dosis tanpa adanya anjuran dokter.
  • Jika memiliki alergi dengan kandungan bahan pada obat gatal, hindari untuk menggunakannya.
  • Berkonsultasilah dengan dokter jika memiliki riwayat penyakit atau alergi sebelum menggunakan obat ini.
  • Jika dalam beberapa hari gejala tidak membaik, hentikan penggunaan obat dan kunjungi dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.
  • Simpan obat di tempat kering, tidak terkena matahari langsung, dan tidak terjangkau anak.

Kunjungi Dokter Jika Gejala Tidak Kunjung Membaik

Meskipun gatal tidak mengancam jiwa, namun bukan berarti jika kondisi ini bisa dibiarkan begitu saja. Jika masih cukup ringan, kamu bisa mengatasinya sendiri dengan berbagai obat gatal alami yang bisa didapatkan dengan mudah di rumah. Di apotek, beberapa jenis obat gatal juga bisa dibeli secara bebas.

Tetapi, seandainya setelah diobati sendiri selama beberapa hari gatal tidak juga membaik, segera kunjungi dokter untuk mengetahui penyebab gatal dan mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Baca Juga: Deretan Obat yang Dilarang Beredar, Kamu Wajib Tahu