Pengertian Polis Asuransi dan Cara Memilih Polis yang Tepat

Asuransi merupakan sebuah hal yang cukup kompleks, di mana anda akan membutuhkan pemahaman dan juga pertimbangan yang matang sebelum menggunakannya. Meski asuransi bukan lagi sebuah hal yang terdengar asing pada pendengaran kita, namun pada kenyataannya hingga saat ini ada banyak sekali orang yang kurang memahami seluk beluk dan berbagai hal mengenai asuransi.

Bisa dipastikan bahwa pemahaman yang kurang tersebut pada akhirnya akan menurunkan minat sebagian besar orang untuk menggunakannya. Di Indonesia sendiri, perkembangan asuransi terbilang cukup baik dan menggembirakan, ini bisa terlihat dari banyaknya jumlah perusahaan asuransi yang memberikan layanan dan bisa tetap bertahan hingga saat ini seperti perusahaan penyedia layanan asuransi jiwa dan layanan asuransi kesehatan ternama.

Perusahaan asuransi ternama seperti Prudential, Allianz, Sinarmas, AXA Mandiri, dan Cigna menjadi contoh perusahaan penyedia layanan asuransi terbaik di Indonesia Jumlah pengguna asuransi di Indonesia juga menunjukkan peningkatan dari tahun ke tahun, kesadaran masyarakat akan pentingnya perlindungan jiwa serta aset mereka semakin tinggi dan membuat mereka memilih untuk menggunakan layanan asuransi.

Hal ini juga tentu didukung oleh banyaknya jenis asuransi yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat banyak, sehingga orang bisa dengan mudah memilih dan menggunakan jenis asuransi tertentu yang paling tepat untuknya.

Pengertian Polis Asuransi

loader
Memahami Polis Asuransi via cloudfront.net

Sebagaimana kita ketahui, asuransi memiliki banyak istilah-istilah yang berbeda dari yang biasa kita dengar. Hal ini tentu bisa membuat pemahaman yang salah serta menimbulkan beragam asumsi yang kurang tepat.

Sebelum menggunakan layanan asuransi, sebaiknya anda memang memahami dengan benar berbagai macam istilah yang digunakan di sana, sehingga anda tidak salah menafsirkan hal tersebut di kemudian hari. Jangan sampai anda menggunakan layanan asuransi tanpa mengerti dengan jelas berbagai macam istilah yang digunakan di dalamnya

Salah satu istilah yang paling sering kita dengar di dalam asuransi adalah polis asuransi. Ada banyak orang yang beranggapan bahwa polis asuransi adalah sejumlah dana yang akan dibayarkan ke perusahaan asuransi setiap bulannya (premi), hal ini tentu saja sangat tidak tepat karena terdapat perbedaan arti yang sangat jauh antara premi asuransi dan polis asuransi.

Polis asuransi merupakan sebuah bukti perjanjian tertulis yang dilakukan oleh pihak perusahaan asuransi (penanggung) dengan nasabah pengguna layanan asuransi (tertanggung), yang isinya menjelaskan segala hak dan kewajiban antara kedua belah pihak tersebut. Polis asuransi akan menjadi bukti tertulis yang sah dalam perjanjian yang dilakukan oleh pihak penanggung dan pihak tertanggung.

Dengan adanya polis asuransi, maka kedua belah pihak yang melakukan perjanjian asuransi tersebut akan terikat dan memiliki masing-masing tanggung jawab sebagaimana yang telah disepakati sejak awal. Polis asuransi merupakan hal yang sangat penting di dalam layanan asuransi itu sendiri, karena polis akan melindungi setiap hak dan kewajiban nasabah dan pihak perusahaan asuransi.

Baca Juga: Memilih Asuransi Pendidikan yang Tepat untuk Anak Anda

Fungsi Polis Asuransi

Mengingat pentingnya sebuah polis asuransi, maka sudah sewajarnya jika anda harus memahami keseluruhan isi dari polis asuransi yang dimiliki. Hal ini akan menghindarkan anda dari sejumlah kerugian yang bisa saja muncul di hari yang akan datang akibat kurangnya pemahaman anda terhadap semua detail yang tertulis di dalam polis asuransi yang anda gunakan.

Bagi kedua belah pihak antara tertanggung dan penanggung, polis asuransi memiliki fungsi masing-masing, yakni:

Fungsi polis bagi nasabah pengguna asuransi (tertanggung):

  • Menjadi alat bukti tertulis atas jaminan penanggungan atas berbagai risiko dan penggantian kerugian yang mungkin terjadi pada tertanggung, di mana kerugian tersebut tertulis di dalam polis
  • Menjadi bukti pembayaran premi yang diberikan kepada pihak perusahaan asuransi selaku penanggung
  • Menjadi bukti paling otentik untuk menuntut penanggung, jika sewaktu-waktu lalai atau tidak memenuhi jaminan yang menjadi tanggungannya

Fungsi polis bagi perusahaan asuransi (penanggung):

  • Menjadi alat bukti atau tanda terima premi asuransi yang dibayarkan oleh pihak tertanggung
  • Menjadi bukti tertulis atas jaminan yang diberikannya kepada tertanggung untuk membayar ganti rugi yang mungkin diderita oleh tertanggung
  • Menjadi bukti paling otentik untuk menolak tuntutan ganti rugi atau klaim yang diajukan oleh tertanggung, jika penyebab kerugian tersebut tidak memenuhi syarat polis yang dimiliki

Cara Memilih Polis yang Tepat

loader
Memilih Polis Asuransi via sarangapsychiatry.com

Ada banyak jenis asuransi yang ditawarkan oleh pihak perusahaan asuransi, hal ini dilakukan dengan satu tujuan yakni mendapatkan jumlah nasabah yang lebih besar serta keuntungan yang lebih tinggi. Dengan banyaknya jumlah tersebut, maka anda sebagai nasabah juga memiliki banyak pilihan yang bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan yang dimiliki.

Setiap perusahaan asuransi tentu akan memiliki kebijakan masing-masing yang mereka terapkan di dalam produk asuransi yang mereka jual. Semua hal ini akan anda temukan di dalam polis asuransi yang mereka tawarkan, hal inilah yang kemudian menjadi sangat penting untuk anda cermati sejak awal, karena ada banyak kasus di mana terjadi persengketaan akibat pemahaman polis yang salah dari pengguna layanan asuransi.

Jika anda tidak bisa memahami setiap detail yang terdapat di dalam polis, maka ada baiknya anda meminta penjelasan dari pihak ketiga, dalam hal ini biasanya jasa yang digunakan adalah broker asuransi. Broker asuransi dapat menjelaskan dan membantu anda memilih sebuah produk asuransi yang paling tepat dan memang benar-benar anda butuhkan, sehingga anda tidak akan membuang-buang uang untuk membeli sebuah polis asuransi yang tidak memiliki manfaat maksimal bagi diri anda.

Di dalam prakteknya, perusahaan asuransi akan sangat detail dalam membuat isi polis asuransi yang mereka jual. Namun hal yang sebaliknya justru terjadi pada nasabah yang akan menggunakan asuransi tersebut, di mana ada banyak sekali orang yang malas membaca polis asuransi yang akan dibelinya. Jika hal tersebut yang terjadi, lalu kapan dan bagaimana anda akan memahami isi keseluruhan polis asuransi tersebut?

Penting sekali untuk membaca dan memahami isi polis dengan benar, sebelum anda membelinya. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda pertimbangkan dalam mendapatkan polis asuransi yang tepat:

Baca Juga: 9 Strategi Memilih Asuransi Kesehatan yang Tepat

1. Sesuaikan dengan Kebutuhan Anda

Ada banyak jenis layanan asuransi yang dikeluarkan oleh perusahaan asuransi, hal ini tentu berbanding lurus dengan banyaknya polis yang mereka tawarkan. Sebagai calon nasabah, maka akan sangat penting bagi anda untuk benar-benar memahami jenis asuransi yang anda butuhkan. Jangan membeli asuransi yang perlindungannya sama sekali tidak anda butuhkan, tindakan ini hanya akan membuang-buang uang.

Contoh: anda telah memiliki sebuah asuransi kesehatan murni, namun karena tertarik dengan produk asuransi kesehatan unit link, maka anda menggunakannya juga. Sementara kedua asuransi tersebut tidak memungkinkan anda melakukan double claim, maka penggunaan asuransi kesehatan unit link adalah hal yang sia-sia saja. Jika anda memang ingin berinvestasi, maka anda bisa melakukannya secara terpisah dari layanan asuransi (investasi murni).

2. Gunakan yang Menerima Double Claim

Ketika anda menggunakan dua layanan asuransi kesehatan sekaligus (misalnya satu fasilitas kantor dan yang lainnya dana pribadi), maka upayakan untuk menggunakan layanan asuransi kesehatan yang bisa double claim, di mana asuransi pribadi anda tersebut bisa di klaim hanya dengan menggunakan fotokopi kuitansi yang dikeluarkan oleh rumah sakit. Ini akan memberi anda manfaat yang maksimal atas penggunaan asuransi tersebut.

3. Satu Polis untuk Satu Keluarga

Ada layanan asuransi yang memungkinkan anda menggunakan satu polis secara bersamaan dengan anggota keluarga lainnya. Ini jauh lebih hemat, di mana anda hanya perlu membayar satu polis saja untuk seluruh anggota keluarga.

4. Pahami Syarat-Syarat yang Ditentukan

Ada banyak hal yang tertulis dalam polis asuransi, salah satu yang paling penting untuk anda cermati adalah mengenai ketentuan mengajukan klaim. Meski setiap perusahaan memiliki ketentuan yang berbeda, namun berikut ini adalah ketentuan standar yang harus anda pahami sejak awal:

  • Sistem perhitungan premi yang diterapkan dan besaran premi yang harus anda bayarkan
  • Jenis pertanggungan yang bisa diklaim, seperti: syarat rawat inap, pilihan rumah sakit/klinik, jenis layanan rumah sakit yang bisa diklaim (biaya kamar, jasa dokter, obat-obatan, dan yang lainnya).

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

Pilih dan Gunakan yang Paling Tepat

Dalam memilih polis asuransi, maka anda wajib memahami jenis asuransi yang anda butuhkan. Pilih layanan asuransi dari sebuah perusahaan asuransi yang kredibel dan bisa dipercaya, sehingga anda bisa mendapatkan layanan terbaik dari mereka.

Baca Juga: 9 Tips Jitu Memilih Asuransi untuk Balita Anda