Tentang Asuransi Kesehatan Allianz

Asuransi Kesehatan Allianz

Allianz adalah salah satu perusahaan yang bergerak layanan asuransi dan manajemen aset global terbesar di dunia. Perusahaa ini telah berdiri sejak tahun 1980 di Jerman sebagau sebuah perusahaan finansial dan berpengalaman di bidangnya. Allianz saat ini sudah beroperasi di lebih dari 70 negara di seluruh dunia. Di wilayah Asia Pasifik, Allianz berkomitmen untuk menghadirkan produk asuransi umum, jiwa, asuransi kesehatan, dan manajemen aset. Dengan tenaga staff lebih dari 15 ribu orang, Allianz juga melayani kebutuhan produk-produk asuransi lebih dari 20 juta orang nasabah di kawasan Asia Pasifik.

Allianz mulai masuk ke Indonesia pada tahun 1981 dengan mendirikan kantor cabang perwakilannya di wilayah Jakarta. Pada tahun 1989, PT Asuransi Allianz Utama Indonesia telah remi beroperasi dan memberikan pelayanan produk asuransi umum. Tahun 1996, Allianz menambah jenis pelayanan asuransinya dengan mendirikan PT Asuransi Allianz Life Indonesia yang bergerak pada bidang asuransi jiwa, asuransi kesehatan, serta dana pensiun. Lalu pada tahun 2006, kedua perusahaan tersebut mulai bergerak dalam bidang asuransi syariah.

Pada tahun 2007, Allianz Indonesia mulau memperkenalkan Allianz Center sebagai solusi untuk para agen dan nasabah Allianz untuk bisa mendapatkan pelayanan asuransi di satu tempat. Allianz Center telah tersebar di berbagai kota-kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Denpasar, dll.

Pada tahun 2010, Allianz telah mencetak premi bruto sebesar 5.6 triliyun dan menjadi salah satu pemimpin pasar asuransi jiwa dan asuransi kesehatan yang terpercaya yang sudah melayani lebih dari i juta nasabah individu maupun kelompok dari Indonesia. Dengan didukung lebih dari 14 ribu tenaga pemasar yang tergabung dalam Allianz Star Network (ASN), Allianz terus mengembangkan kiprahnya di dunia asuransi umum dan asuransi kesehatan melalui kurang lebih 80 kantor pemasaran yang tersebar di lebih dari 43 kota di seluruh Indonesia.

Sebagai salah satu penyedia produk asuransi terbaik, Allianz berkomitmen untuk memberikan pelayanan asuransi kesehatan terbaik untuk para nasabahnya. Beberapa produk asuransi kesehatan yang bagus dari Allianz adalah:

  • SmartHealth Maxi Violet:
    SmartHealth Maxi Violet adalah sebuah produk asuransi kesehatan yang dapat digunakan untuk pribadi atau keluarga Anda. Produk asuransi kesehatan ini akan memberikan penggantian biaya perawatan apabila Anda atau keluarga Anda mengalami kecelakaan atau terkena suatu penyakit. Penggantian biaya perawatan ini akan diberikan berdasarkan plan yang dipilih oleh nasabah.

    SmartHealth Maxi Violet memberikan berbagai manfaat dasar rawat inap dan manfaat tambahan lainnya seperti rawat jalan, rawat gigi, dan persalinan.

    Berikut ini adalah beberapa keunggulan dari produk asuransi kesehatan SmartHealth Violet:
    • Fasilitas pembayaran non-tunai(cashless) di setiap rumah sakit rekanan Allianz di Indonesia
    • Tersediannya plan asuransi yang bervariasi yang sesuai dengan kebutuhan pribadi dan keluarga
    • Tersediannya manfaat rawat inap dan manfaat pilihan seperti rawat jalan, persalinan, rawat gigi, atau manfaat tambahan pilihan berupa santunan harian
    • Sistem pembayaran klaim reimburstment dan eAZy claim bila perawatan rumah sakit dilakukan di rumah sakit yang bukan termasuk rekanan Allianz
    • Mendapatkan No Claim Bonus berupa diskon bonus yang dihitung dari premi tahun lalu saat perpanjangan klaim jika selama 1 tahun pihak tertanggung tidak memiliki catatan klaim apapun
    • Mendapatkan diskon premi 5% apabila Anda mengikutsertakan keluarga Anda
    • Tidak ada masa tunggu dan batasan tahunan, kecuali untuk persalinan
  • Smartmed Premier: Smartmed Premier adalah produk asuransi kesehatan dari Allianz yang dapat digunakan secara pribadi atau keluarga yang menjangkau berbagi wilayah di seluruh dunia dan memberikan perlindungan secara menyeluruh disaat Anda atau keluarga terkena penyakit.

    Smartmed Premier menyediakan manfaat dasar rawat inap dan berbagai manfaat tambahan seperti, rawat jalan, persalinan, rawat gigi dan berbagai manfaat spesial lainnya yaitu penggantian biaya kemoterapi, HIV/AIDS, hemodialisis, biaya pemakaman dan evakuasi darurat serta pertanggungan pemulangan jenazah

    Berikut ini adalah beberapa keunggulan dari produk asuransi kesehatan Smartmed Premier:
    • Fasilitas medis jenis VIP ditambah dengan kemudahan ganti rugi cashless di rumah sakit rekanan Allianz di Indonesia, Malaysia, Singapura, Malaysia Thailand,dll.
    • Manfaat tertanggung hingga 6 miliar rupiah per orang dalam setahun.
    • Ganti rugi biaya perawatan sesuai tagihan yang dibebankan (termasuk pada plan yang dipilih)
    • Biaya perawatan akan dibayarkan sesuai dengan limit dasar bila kamar yang dipilih lebih besar dari plan yang dipilih atau memilih untuk dirawat di rumah sakit di negara Amerika Serikat
    • Tersedianya manfaat rawat inap dasar dan manfaat tambahan yang menarik seperti rawat jalan, perawatan gigi, dan persalinan.
    • Tersedianya manfaat spesial seperti kemoterapi, hemodialisis, evakuasi medis & pemulangan darurat, HIV/AIDS, serta biaya pemakaman jenazah
    • Mendapatkan No Claim Bonus berupa diskon bonus sebesra 20% yang dihitung dari premi tahun lalu saat perpanjangan klaim jika selama 1 tahun pihak tertanggung tidak memiliki catatan klaim apapun
    • Sistem pembayaran klaim reimburstment dan eAZy claim bila perawatan rumah sakit dilakukan di rumah sakit yang bukan termasuk rekanan Allianz
    • Layanan co-share 20%, 10% dan 0% sesuai dengan perjanjuan antara pihak tertanggung dengan Allianz
    • Layanan Allianz medical hotline 24 jam untuk kebutuhan informasi, layanan medis, dan bantuan medis internasional
  • Allysia Care:
    Allysia Care adalah sebuah produk asuransi kesehatan yang dikelola berdasarkan prinsip-prinsip syariah dimana para peserta asuransi saling menolong melalui kontribusi yang dibayarkan untuk menghadapi risiko yang mungkin terjadi di masa depan.

    Produk asuransi ini bisa digunakan sebagai asuransi kesehatan perorangan atau asuransi kesehatan keluarga sesuai dengan berbagai pilihan plan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Dengan membayar premi asuransi kesehatan ini setiap bulan, Anda akan mendapatkan berbagai macam manfaat pilihan seperti manfaat rawat jalan, persalinan, rawat jalan, rawat gigi, dan santunan harian.

    Berikut ini adalah beberapa keunggulan dari produk asuransi kesehatan Allisya Care:
    • Sebuah jenis asuran si kesehatan yang dikelola berdasarkan prinsip syariah dimana setiap peserta tergabung dalam azas tolong-menolong untuk membantu peserta lainnya melalui sejumlah premi yang dibayarkan untuk menghadapi berbagai risiko kesehatan yang muncul di masa depan.
    • Mendapatkan fasilitas medis dengan kemudahan cashless (pembayaran non-tunai) di rumah sakit rekanan Allianz-Admedika di berbagai wilayah di Indonesia.
    • Penyediaan manfaat rawat inap yang disertai dengan berbagai manfaat pilihan seperti rawat jalan, gigi, persalinan, hingga santunan harian.
    • Fasilitas pembayaran klaim reimburstment dan eAZy claim bila perawatan rumah sakit dilakukan di rumah sakit diluar rekanan Allianz-Admedika.
    • Adanya pembagian surplus underwriting yang dananya diambil dari dana tabarru yang sudah terkumpul dan dibagikan kepada peserta bila saat melakukan perpanjangan polis tidak terjadi klaim dalam jangka waktu tertentu.
    • Mendapatkan potongan kontribusi sebesar 5% apabila anggota keluarga Anda juga turut ikut serta.
    • Tersedianya berbagai manfaat medis tambahan seperti evakuasi darurat, biaya pemulihan kesehatan, dan bantuan informasi medis selama 24-jam di seluruh dunia.
  • Critical Illness:
    Allianz Critical Illness memberikan adalah sebuah jenis produk asuransi kesehatan dari Allianz yang diperuntukkan untuk memberikan ganti rugi perawatan terhadap tertanggung yang terkena berbagai jenis penyakit kritis.

    Allianz Ciritcal Illness ini memiliki 3 jenis perlindungan yang bisa Anda dapatkan yaitu:
    • Critical Illness (CL) 100:
      Jenis asuransi kesehatan tambahan yang memberikan perlindungan dan ganti rugi terhadap 100 jenis penyakit kritis yang dimulai dari tahap awal hingga tahap akhir penyakit tersebut muncul. Manfaat yang diterima dari asuransi kesehatan tambahan ini tidak mengurangi uang pertanggungan dasar.

      CL 100 ini juga menyediakan berbagai manfaat tambahan seperti pembiayaan Angioplasty dan tindakan invasif penyakit arteri koroner beserta komplikasi akibat diabetes. CL 100 ini memiliki masa pertanggungan yang lama hingga 100 tahun, dengan usia fleksibel dari 5-70 tahun, serta uang pertanggungan yang diberikan secara komprehensif.

      Berbagai keuntungan dari asuransi kesehatan CL 100 ini antara lain adalah:
      • Memberikan perlindungan menyeluruh dari 100 kondisi penyakit kritis
      • Masa perlindungan sampai dengan usia 100 tahun
      • Usia masuk yang fleksibel (5-75 tahun)
      • Manfaat perlindungan tidak mengurangi uang pertanggungan dasar
      • Pengajuan klaim bisa dilakukan lebih dari 1 kali (sesuai syarat dan ketentuan polis)
    • Critical Illness (CL) Plus:
      CL plus adalah sebuah produk asuransi kesehatan tambahan yang memberikan perlindungan dan ganti rugi terhadap 49 jenis kondisi penyakit kritis tahap akhir tanpa syarat masa bertahan hidup (survival period) dan pengurangan uang pertanggungan dasar.

      Beberapa keuntungan dari asuransi kesehatan ini antara lain:
      • Perlindungan menyeluruh dari 49 kondisi penyakit kritis
      • Masa perlindungan sampai dengan usia 70 tahun
      • Usia masuk yang fleksibel (1-64 tahun)
      • Manfaat perlindungan tidak mengurangi uang pertanggungan dasar
    • Critical Illness (CL) Accelerated:
      Jenis asuransi CL Accelerated memberikan perlindungan dan ganto rugi terhadap 49 kondisi penyakit kritis tahap akhir pada tertanggung tanpa syarat masa bertahan hidup (survival period)

      Beberapa keunggulan dari asuransi CL Accelerated ini antara lain:
      • Perlindungan terhadap 9 kondisi penyakit kritis tahap akhir
      • Masa perlindungan sampai dengan usia 85 tahun
      • Usia masuk yang fleksibel (1-64 tahun)
      • Premi asuransi kesehatan yang kompetitif
  • Hospital and Surgical Care Plus:
    Allianz Hospital and Surgical Care Plus adalah sebuah produk asuransi kesehatan dari Allianz yang memberikan ganti rugi perawatan di rumah sakit berupa reimburstment atau cashless kepada tertanggung dengan berbagai manfaat tambahan kesehatan yang bisa diambil berdasarkan kebutuhan. Asuransi kesehatan tambahan ini memberikan perlindungan kesehatan komprehensif dengan jaringan rumah sakit yang luas di seluruh dunia.

    Berikut ini adalah beberapa keunggulan dari produk asuransi kesehatan Allianz Hospital and Surgical Care:
    • Perlindungan kesehatan komprehensif
    • Fasilitas pembayaran cashless untuk rumah sakit rekanan
    • Jaringan rumah sakit rekanan yang luas di seluruh dunia
    • Perrindungan rumah sakit 24 jam di seluruh dunia
    • Menyediakan 10 plan pilihan untuk berbagai kebutuhan nasabah
    • Tidak ada batasan maksimum klaim rawat inap per tahun
    • Tidak ada top-up wajib
  • Alysia Hospital and Surgical Care Plus:
    Allianz Alysia Hospital dan Surgical Care Plus adalah sebuah produk asuransi kesehatan yang dijalankan berdasarkan prinsip-prinsip syariah dari Allianz yang memberikan perlindungan komprehensif terhadap perawatan di rumah sakit rekanan yang luas di seluruh dunia. asuransi kesehatan tambahan ini juga memberikan ganti rugi perawatan di rumah sakit berupa reimburstment atau cashless kepada tertanggung dengan berbagai manfaat tambahan kesehatan.

    Berikut ini adalah beberapa keunggulan dari produk asuransi kesehatan Allianz Alysia Hospital and Surgical Care:
    • Perlindungan kesehatan komprehensif
    • Fasilitas pembayaran cashless untuk rumah sakit rekanan
    • Jaringan rumah sakit rekanan yang luas di seluruh dunia
    • Perlindungan rumah sakit 24 jam di seluruh dunia
    • Menyediakan 10 plan pilihan untuk berbagai kebutuhan nasabah
    • Tidak ada batasan maksimum klaim rawat inap per tahun
    • Tidak ada top-up wajib

Berikut adalah daftar penyakit kritis yang ditanggung oleh produk asuransi kesehatan Allianz berdasarkan manfaat Produk asuransi kesehatan yang dipilih:

Untuk CL Plus dan CL Accelerated:

No

Jenis Penyakit

1 Serangan Jantung
2 Stroke
3 Operasi Jantung Koroner
4 Operasi Penggantian Katup Jantung
5 Kanker
6 Gagal Ginjal
7 Kelumpuhan
8 Multiple Sclerosis
9 Transplantasi Organ
10 Penyakit Alzheimer
11 Koma
12 Penyakit Parkinson
13 Terminal Illness
14 Penyakit Paru-Paru Kronis
15 Penyakit Hati Kronis
16 Penyakit Motor Neuron
17 Muscular Dystrophy
18 Anemia Aplastis
19 Operasi Pembuluh Aorta
20 Hepatitis Fulminant
21 Pulmonary Arterial Hypertension Primer
22 Meningitis Bakteri
23 Tumor Otak Jinak
24 Radang Otak
25 Luka Bakar
26 Poliomyelitis
27 Trauma Kepala Serius
28 Apallic Syndrome
29 Penyakit Jantung Koroner Lain yang Serius
30 Angioplasty dan Penatalaksanaan Invasif Lainnya untuk Penyakit Jantung Koroner
31 Lupus Eritematosus Sistemik
32 HIV Yang Didapatkan Melalui Transfusi Darah dan Pekerjaan
33 Tuli (Hilangnya  Fungsi Indra Pendengaran)
34 Bisu (Kehilangan Kemampuan Bicara)
35 Kebutaan
36 Skleroderma Progresif
37 Penyakit Kista Medullary
38 Cardiomyopathy
39 Aneurisma Pembulan Darah Otak yang Mensyaratkan Pembedahan
40 Terputusnya Akar-Akar Syaraf Plexus Brachialis
41 Stroke yang Memerlukan Operasi Arteri Carotid
42 Operasi Scoliosis Idiopatik
43 Pankreatitis Menahun yang Berulang
44 Penyakit Kaki Gajah Kronis
45 Hilangnya Kemandirian Hidup
46 Kematian Selaput Otot atau Jaringan (Gangrene)
47 Rheumatoid Arthritis Berat
48 Colitis Ulcerative Berat (Cronh's Disease)
49 Penyakit Kawasaki yang Mengakibatkan Komplikasi Pada Jantung

 

Untuk CL 100:

Early CI Intermediate CI Advanced CI Catastropic CI
- Pemasangan alat pacu jantung
- Pericardetomy
Pemasangan defirbrilator jantung Serangan Jantung Pertama Serangan Jantung yang ekstensif
- Karsinoma in situ pada organ tertentu
- Kanker Prostat Tahap Awal
- Kanker Tiroid Tahap Awal
- Leukimia Limfositik Kronis Tahap
Awal
- Melanoma Tahap Awal
Karsinoma in situ dan kanker tahap awal pada organ tertentu yang dilakukan pembedahan radikal Kanker Kanker dengan Metastatis
Kehilangan fungsi salah satu anggota gerak Kehilangan fungsi dari satu anggota gerak dan kehilangan penglihatan dari satu mata Kelumpuhan Total Quadriplegia akibat Sinal Cord
Injury
Pemasangan Celebral Shunt   Stroke Stroke Berat
- Transplantasi Usus Kecil
- Transplantasi Kornea
  Transplantasi Organ Vital Tubuh Transplantasi Jantung dan Paru-Paru
Koma selama 48 jam - Epilepsi Berat
- Koma selama 72jam
Koma  
Penyakit Parkinson Sedang Penyakit Parkinson Idiopatik Penyakit Parkinson  
- Asma Berat
- Pemasangan Filter Veno-Cava
Pengangkatan satu paru Penyakit Paru-paru Kronis/Tahap Akhir  
Pembedahan Hati Penyakit Sirosis Hati Penyakit Hati Kronis  
Anemia Plastik yang dapat dipulihkan Myelodyplastic Syndrome atau
Myelofibrosis
Anemia Aplastis  
Neuropati Periferal Poliomyelitis Sedang Poliomyelitis  
- Kehilangan sebagian fungsi pendengaran
- Pembedahan pada Trombosis Sinus
Kavernosus
Pembedahan untuk penanaman cochlear karena gangguan pendengaran Tuli (Hilangnya fungsi Indra
Pendengaran)
 
Skleroderma Progresif Tahap Awal Skleroderma Progresif dengan sindroma CREST Skleroderma progresif  
Rheumatoid Arthritis Ringan Rheumatoid Arthritis Sedang Rheumatoid Arthritis Berat  
  Schlerosing Cholangitis Primer Kronis Hepatitis Fulminant  
- Penyakit Crohn Kronis
- Penyakit Kolitis Ulseratif Kronis
  - Colitis Ulcerative Berat (Cronh' disease)  
Transmyocardial Laser Therapy   Operasi Jantung Koroner  
Pembedahan Katup Jantung
Percutaneous
  Operasi Penggantian Katup Jantung  
- Pengangkatan satu ginjal
- Penyakit ginjal kronis
  Gagal Ginjal  
Penyakit atau cedera pada syaraf tulang belakang yang menyebabkan usus dan kandung kemih tidak berfungsi   Multiple Sclerosis  
Penyakit Alzheimer Sedang atau
Demensia
  Penyakit Alzheimer/Gangguan Otak Organik Degeneratif yang tidak dapat pulih kembali  
    Terminal Illness  
    Penyakit Motor Neuron  
Muscular Dystrophy Sedang   Muscular Dystrophy  
- Pembedahan invasif minimum terhadap Pembuluh Darah Aorta
- Aneurisma besar aorta asimtomatik
  Operasi Pembuluh Aorta  
Hipertensi Pulmonalis Tahap Awal   Pulmonary Arterial Hypertension
Primer
 
Meningitis Bakteri dengan penyembuhan total   Meningitis Bakteri  
Luka Bakar Sedang   Tumor Otak Jinak  
Trauma Berat pada Kepala   Radang Otak  
    Luka Bakar  
Penyakit Arteri Koroner Ringan   Trauma Kepala Serius  
Sistemik Lupus Eritematosus Ringan   Apallic Syndrome  
Hepatitis B atau C karena pekerjaan   Penyakit Jantung Koroner Lain yang
Serius
 
Kehilangan kemampuan bicara karena penyakit neurologis   Lupus Eritematosus Sistemik
(Systemic Lupus Erythematosus)
 
    HIV yang Didapatkan melalui Transfusi  
    Bisu (Kehilangan Kemampuan Bicara)  
    Kebutaan  
    Penyakit Kista Medullary  
    Cardiomyopathy  
    Aneurisma pembuluh darah otak yang mensyaratkan pembedahan  
    Terputusnya akar-akar syaraf Plexus brachialis  
    Stroke yang memerukan operasi arteri carotid  
    Operasi scoliosis idiopatik  
    Pakreatitis menahun yang berulang  
    Penyakit Kaki Gajah Kronis  
    Hilangnya kemandirian hidup  
    Necrotising Faciitis  
    Penyakit Kawasaki Yang Menyebabkan
Komplikasi Pada Jantung
 

Sebagai salah satu perusahaan asuransi kesehatan terbaik di Indonesia, mengajukan asuransi kesehatan terbaik di Allianz memiliki berbagai macam keuntungan seperti:

  • Tersedianya berbagai produk asuransi kesehatan tambahan yang sesuai dengan kebutuhan nasabah yang bervariasi
  • Premi asuransi kesehatan dengan harga yang cukup terjangkau dan sesuai dengan kebutuhan nasabah
  • Mendapatkan dukungan agen asuransi yang profesional yang selalu siap melayanai nasabah kapan saja.
  • Pelayanan asuransi kesehatan internasional selama 24 jam.
  • Sistem pembayaran asuransi kesehatan yang lengkap yang bisa Anda lakukan dengan berbagai cara seperti setoran langsung, bayar melalui ATM, atau Auto-Debet dari bank-bank ternama di Indonesia.
  • Proses klaim asuransi yang tergolong mudah dan cepat, ditambah lagi proses klaim ini dapat dilakukan oleh agen asuransi sehingga Anda hanya tinggal melengkapi data-data yang dibutuhkan saja tanpa harus pergi bagian klaim di Allianz.

Ada beberapa alasan mengapa Anda lebih baik membeli asuransi kesehatan Allianz secara online, yaitu:

  • Proses dilakukan secara online:
    Semua proses yang dilakukan mulai dari transaksi, proses aplikasi, update status dan pengecekan dilakukan secara online (dalam sistem yang terintegrasi) sehingga dapat menghemat waktu Anda dibandingkan harus mengunjungi bank atau melalui agen asuransi.
  • Biaya polis lebih murah:
    Pengajuan asuransi secara online memakan biaya yang lebih murah dbanding secara offline karena pengurangan biaya distribusi dan infrastruktur sehingga pemegang polis mendapatkan asuransi dengan premi lebih rendah.
  • Banyak produk yang tersedia secara online:
    Dalam konteks ini karena pengajuan asuransi dilakukan secara online maka calon nasabah dapat dengan leluasa memliih dan membandinkan banyak produk-produk asuransi yang tersedia dan tersebar di berbagai tempat. Hal ini akan membantu nasabah memahami lebih dalam berbagai produk asuransi yang terseda sehingga calon nasabah dapat menjatuhkan pilihan ke produk yang tepat dibandingkan secara online.
  • Portal asuransi yang menarik dan lengkap:
    sebagain besar website pengajuan asuransi memiliki tampilan yang menarik dan form yang lebih lengkap untuk diisi sehingga proses pengajuan bisa dilakukan dengan mengupload dokumen yang diperlukan dibandingkan harus menyiapkan secara offline.
  • Mendapatkan akses review produk:
    Dengan melakukan pengajuan secara online Anda dapat melihat dan mendengarkan berbagai macam review dari produk asuransi yang Anda inginkan dari orang-orang yang sebelumnya pernah mengajukan produk tersebut sebagai referensi produk yang tepat.

Untuk mengajukan produk asuransi kesehatan biasa atau asuransi kesehatan syariah di Allianz, calon nasabah diwajibkan untuk memenuhi berbagai persyaratan sebagai berikut:

  • Tertanggung / Peserta memiliki usia minimum 1 bulan sampai dengan usia 70 tahun
  • Menyiapkan dokumen dan data pribadi seperti:
    • Fotokopi KTP/KITAS
    • Lampiran hasil pemeriksaan kesehatan (bila dibutuhkan)
  • Mengisi formulir pengajuan asuransi kesehatan Allianz

Pembayaran asuransi kesehatan Allianz dapat dilakukan dengan berbagai cara dengan kemudahan akses pembayaran yang luas. Pembayaran premi asuransi kesehatan Allianz baru dianggap sah, jika sudah di terima di rekening bank PT. Asuransi Allianz Life Indonesia.

Pembayaran dengan eAzy Payment:
  • Ketik atau salin URL https://services.allianz.co.id/allianz-eazy-pay/#/renewal
  • Masukan Nomor Polis, Tanggal lahir, dan akun email
  • Klik "Cari"
  • Periksa detail polis dan baca syarat dan ketentuan, kemudian klik "Selanjutnya"
  • Pilih metode pembayaran dan klik "Bayar"
  • Masukan data pribadi untuk pembayaran dengan Kartu Kredit atau Kartu Debit, dan lik "Proses"
  • Notifikasi pembayaran akan dikirim ke akun email Anda
Pembayaran dengan Indomaret:
  • Melalui Kasir Indomaret:
    • Datang ke kasir indomaret dan menyebutkan nomor polis yang akan dibayarkan
    • Kasir Indomaret akan melakukan konfirmasi nama pemegang polis, periode jatuh tempo polis yang akan dibayar dan jumlah premi
    • Jika sudah benar, Anda dapat menyerahkan uang tunai sebesar jumlah premi kepada kasir
    • Kasir akan menghitung serta menyebutkan jumlah uang yang telah diterima dan menyerahkan bukti pembayaran dari transaksi pembayaran yang telah dilakukan
    • Simpan bukti transaksi sebagai bukti pembayaran yang sah
    • Anda juga akan menerima notifikasi berupa sms dan email (bagi Anda yang sudah mendaftarkan layanan e-statement) pada hari yang sama sejak pembayaran dilakukan
  • Melalui Kasir I-Kios:
    • Pada mesin i-kios yang terdapat di Indomaret, Pilih menu “ Payment Point”,
    • Pilih tombol “Next“,
    • Pilih menu “Insurance”
    • Pilih menu Allianz
    • Masukan nomor HP pada kolom HP dan nomor polis pada kolom kode pembayaran, kemudian Klik tombol Next
    • Lalu akan muncul “ informasi data Nasabah” yang berisi:
      • Nama intitusi: Allianz Life Indonesia
      • Nomor Polis
      • Nama Nasabah (Pemegang polis)
      • Tanggal Bayar
      • Tanggal Jatuh Tempo
      • Total Tagihan / Premi yang harus dibayarkan
    • Pastikan informasi yang tercantum pada layar sudah benar, kemudian klik "Next". Setelah informasi pembayaran tercetak kemudian lanjutkan ke Kasir.
Pembayaran dengan Setor Tunai:
  • Melalui BCA-OPC:
    • Mencantumkan no rekening tujuan: 217-301985-8 a/n PT.Asuransi Allianz Life Indonesia pada slip setoran
    • Mengisi Nomor Polis / Nomor Referensi pada slip setoran (wajib)
    • Mengisi Jumlah Premi yang akan dibayarkan
    • Pastikan bahwa 1 transaksi hanya berlaku untuk 1 Polis atau 1 SPAJ
  • Melalui Bank Mandiri (Premi Lanjutan):
    • Pada Slip Setoran di kolom NAMA PENERIMA, isikan ALLIANZ LIFE RENEWAL (23887)
    • Kolom NOMOR REKENING tidak perlu diisi (dikosongkan)
    • Kolom BANK diisi BANK MANDIRI
    • Kolom TUJUAN/KETERANGAN TRANSAKSI, cantumkan No. Polis Anda (wajib)
    • Mengisi NAMA, ALAMAT, dan NO. TELEPON PENYETOR
    • Mengisi JUMLAH PREMI yang dibayarkan
  • Bank Mandiri (Non Premi Lanjutan):
    • Pada Slip Setoran di Kolom Nama Penerima isikan PT ASURANSI ALLIANZ LIFE INDONESIA (23888)
    • Kolom Nomor Rekening tidak perlu diisi (dikosongkan)
    • Kolom Bank diisi Bank Mandiri
    • Kolom Tujuan/Keterangan Transaksi, cantumkan No. Polis (Wajib)
    • Mengisi Nama, Alamat & No. Telp Penyetor
    • Mengisi Jumlah Premi yang dibayarkan Non Premi Lanjutan adalah Premi Pertama, Premi Pemulihan, Premi Perubahan dan Premi Top Up.
    Untuk pembayaran melalui Bank Mandiri/BCA nasabah tidak dikenakan biaya 5.000.-. Pembayaran melalui Bank Mandiri/BCA hanya dapat dilakukan melalui Setoran Tunai, pemindahbukuan, dan penggunaan cek/ Bilyet Bank Mandiri/BCA. Transaksi atau Transfer hanya dapat dilakukan sesama Bank Mandiri/BCA.
  • Melalui Syariah Mandiri:
    Melalui Teller Bank Syariah Mandiri (BSM) dan pada slip bayar tagihan dicantumkan:
    • Nama pelanggan: Nama Pemegang polis atau calon pemegang polis
    • Nomor tagihan: Nomor Polis/nomor referensi (bisnis baru)
    • Jenis tagihan: Premi PT Asuransi Allianz Life Indonesia
    • Besar kiriman: Jumlah Premi yang akan dibayarkan (hanya mata uang Rupiah)
    Tidak ada biaya yang dikenakan nasabah, BSM tidak bisa menerima pembayaran / transfer dari bank lain. Nasabah tidak perlu mencantumkan nomor rekening Allianz
Pembayaran dengan ATM:
  • Melalui ATM BCA:
    • Pilih Menu PEMBAYARAN
    • Pilih Menu ASURANSI
    • Pilih ALLIANZ
    • Masukan No. Polis/Nomor Referensi yang Benar (WAJIB)
    • Masukan Jumlah Premi yang akan dibayarkan
    • Pastikan bahwa 1 transaksi hanya berlaku untuk 1 Polis atau 1 SPAJ
  • Melalui ATM Mandiri (Premi Lanjutan):
    • Pilih menu BAYAR/BELI
    • Pilih menu ASURANSI
    • Pada menu KODE PERUSAHAAN/INSTITUSI, pilih menu DAFTAR KODE pada layar atau masukkan 23887 untuk Asuransi Allianz Life Renewal
    • Masukkan No. Polis. Lalu klik Lanjut
    • Pada layar akan muncul tampilan tagihan: No. Polis, Nama Pemegang Polis, Tanggal Jatuh Tempo dan Jumlah Tagihan. Lalu masukkan angka 1, kemudian klik YA
    • Muncul konfirmasi pembayaran. Lalu klik LANJUT
  • Melalui ATM Mandiri (Non Premi Lanjutan):
    • Pilih menu BAYAR/BELI
    • Pilih menu PEMBAYARAN LAINNYA
    • Pilih menu ASURANSI
    • Pada layar DAFTAR PENYEDIA JASA, silakan masukan nomor urut 08 (Asuransi Lainnya) kemudian pilih tombol YA
    • Pilih menu DAFTAR KODE pada layar atau masukan langsung kode 23888 untuk Asuransi Allianz Life Indonesia
    • Masukan Nomor Polis / Nomor Referensi (wajib)
    • Masukan Nomor Telepon / Handphone nasabah (wajib)
    • Masukan Jumlah Premi yang akan dibayarkan
    • Pastikan bahwa 1 transaksi hanya berlaku untuk 1 Polis atau 1 SPA Non Premi Lanjutan adalah Premi Pertama, Premi Pemulihan, Premi Perubahan dan Premi Top Up
Pembayaran dengan Mobile Banking:
  • Melalui mobile banking Bank Mandiri:
    • Masuk ke Aplikasi Mobile Banking Bank Mandiri yang telah di download nasabah di Play Store atau Apple Store
    • Pilih menu BAYAR
    • Pilih menu ASURANSI
    • Pada Menu Penyedia Layanan Pilih Asuransi Allianz Life Renewal
    • Masukan Nomor Polis. Lalu klik Lanjut
    • Pada layar akan muncul otomatis tampilan: No Polis, Nama Pemegang Polis, Nama Tertanggung, Tanggal Jatuh Tempo dan Jumlah Premi yang akan dibayar
    • Lalu Masukan PIN SMS BANKING kemudian klik OK
    • Muncul Konfirmasi pembayaran. Lalu Klik Lanjut
  • Melalui mobile banking BCA (M-Payment):
    • Masuk ke Menu M-Payment
    • Pilih Menu ASURANSI
    • Pilih ALLIANZ
    • Masukan NO. POLIS/NO. SPAJ (Wajib)
    • Masukan Jumlah Premi yang akan dibayarkan
    • Pastikan bahwa 1 transaksi hanya berlaku untuk 1 Polis atau 1 SPAJ
Pembayaran dengan Internet Banking:
  • Melalui internet banking BCA:
    • Akses ke situs Bank BCA www.klikbca.com, lalu klik login
    • Masukan user id dan password
    • Pada Menu Utama, pilih menu PEMBAYARAN
    • Selanjutnya pilih sub menu ASURANSI
    • Pilih Menu Perusahaan Asuransi yaitu ALLIANZ ,
    • Menu berikutnya masukan Nomor Polis/Nomor Referensi (wajib)
    • Pada Menu Jumlah Pembayaran, masukan Jumlah Premi yang akan dibayarkan.
    • Setelah itu akan muncul layar konfirmasi
    • Pastikan bahwa 1 transaksi hanya berlaku untuk 1 Polis atau 1 SPAJ
  • Melalui internet banking Bank Mandiri (Premi Lanjutan):
    • Akses ke situs Bank Mandiri, yaitu www.bankmandiri.co.id, lalu klik LOGIN
    • Masukkan User ID dan Password
    • Setelah masuk ke menu utama, pilih menu BAYAR
    • Pilih menu ASURANSI
    • Pada Penyedia Jasa, pilih ALLIANZ LIFE RENEWAL
    • Masukkan Nomor Polis yang akan dibayarkan, lalu pada layar akan muncul otomatis tampilan: No Polis, Nama Pemegang Polis, Tanggal Jatuh Tempo dan Jumlah tagihan Kemudian beri tanda pada kolom PEMBAYARAN, lalu tekan LANJUTKAN
  • Bank Mandiri (Non Premi Lanjutan):
    • Akses ke situs Bank Mandiri www.bankmandiri.co.id, lalu klik login
    • Masukan user id dan password
    • Setelah masuk ke Menu Utama, pilih menu BAYAR
    • Selanjutnya pilih sub menu ASURANSI
    • Pilih nomor rekening yang akan didebet
    • Pada Penyedia Jasa pilih Allianz Life Indonesia
    • Masukan Nomor Polis/Nomor Referensi dan Nomor Handphone (wajib), Jumlah Premi yang akan dibayarkan. Lalu klik LANJUTKAN
    • Pastikan bahwa 1 transaksi hanya berlaku untuk 1 Polis atau 1 SPAJ Non Premi Lanjutan adalah Premi Pertama, Premi Pemulihan, Premi Perubahan dan Premi Top Up
Pembayaran dengan Virtual Account:
  • Melalui virtual account Bank Permata (khusus untuk pembayaran premi Renewal /Lanjutan):

    Penerima: PT. Asuransi Allianz Life Indonesia
    Bank Penerima: Bank Permata Cabang BEJ Jakarta
    No Rek. Penerima: (contoh 88010001 12345678)
    (Nomor Virtual Account Bank Permata, terdiri dari 16 digit)
    Selanjutnya nasabah harus melakukan transfer melalui ATM Bersama ke PT Asuransi Allianz Life Indonesia dengan ketentuan sebagai berikut:
    • Masukan pin Anda
    • Pilih jenis transaksi (TRANSFER)
    • Pilih Transfer ke bank ATM Bersama/Bank Lain.
    • Masukan nomor Rekening tujuan transfer (digit kode bank + no rek tujuan yaitu: 013 + no Virtual Account Bank Permata
    • Contoh: 013 8801000101234567)
    • Masukan Jumlah Premi yang akan dibayar
    • Kosongkan nomor referensi transfer Anda
    • Konfirmasi akan menampilkan data transaksi yang akan diproses
    • Pastikan bahwa 1 transaksi hanya berlaku untuk 1 Polis
  • Melalui virtual account HSBC (untuk premi Pertama (NewBusiness) dan premi Lanjutan (renewal):

    Transfer antar bank ke PT Asuransi Allianz Life Indonesia sebagai berikut:
    Penerima: PT. Asuransi Allianz Life Indonesia
    Bank Penerima: HSBC WTC Jakarta
    No rek. Penerima: (Contoh 8701 123456789012)
    (Nomor Virtual Account HSBC terdiri dari 16 digit)
    Selanjutnya nasabah harus melakukan transfer melalui ATM Bersama ke PT Asuransi Allianz Life Indonesia dengan ketentuan sebagai berikut:
    • Masukan pin Anda
    • Pilih jenis transaksi (TRANSFER)
    • Pilih Transfer ke bank ATM Bersama/Bank Lain.
    • Masukan nomor Rekening tujuan transfer (digit kode bank + no rek tujuan) yaitu:087 + no Virtual Account HSBC. Contoh: 087 8711005001234567/li>
    • Contoh: 013 8801000101234567)
    • Masukan Jumlah Premi yang akan dibayar
    • Kosongkan nomor referensi transfer Anda
    • Konfirmasi akan menampilkan data transaksi yang akan diproses
    • Pastikan bahwa 1 transaksi hanya berlaku untuk 1 Polis
    Bila nasabah melakukan transfer melalui ATM bersama, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi yaitu:
    • Memiliki rekening di anggota bank ATM bersama
    • Memiliki kartu ATM anggota bank ATM bersama
    • Biaya ATM bersama 5.000.- khusus bagi pe
    • megang kartu ATM HSBC dan beberapa bank lokal, tidak akan dikenakan biaya transfer
    • Nomor rekening unik untuk setiap polis (satu nomor rekening berlaku untuk satu polis)
  • Melalui virtual account BCA hanya (khusus pembayaran premi Renewal / Lanjutan):

    • Bila melakukan setoran tunai:
      • Mencantumkan no rekening tujuan Virtual Account BCA a/n PT.Asuransi Allianz Life Indonesia pada slip setoran. Contoh: 9xxxxxxxxx (10 digit)
      • Mengisi Jumlah Premi yang akan dibayarkan
      • Pastikan bahwa 1 transaksi hanya berlaku untuk 1 No. Polis
    • Bila melalui ATM:
      • Pilih Menu TRANSFER bukan Menu Pembayaran
      • Masukan no rekening tujuan Virtual Account BCA. Contoh: 9xxxxxxxxx (10 digit)
      • Masukan Jumlah Premi yang akan dibayarkan
      • Pastikan bahwa 1 transaksi hanya berlaku untuk 1 Polis
    • Bila melalui internet banking BCA:
      • Akses ke situs Bank BCA www.klikbca.com, lalu klik login
      • Masukan user id dan password
      • Pilih Menu TRANSFER DANA
      • Pilih Menu, Daftar Rekening Tujuan
      • Pilih Rekening BCA
      • Pada Menu NO. REKENING TUJUAN lalu Masukan No.Virtual Account BCA dan simpan Contoh: 9xxxxxxxxx (10 digit)
      • Selanjutnya pilih sub menu TRANSFER KE REKENING BCA
      • Lalu Pilih Menu DARI DAFTAR TRANSFER
      • Pada Menu Jumlah Pembayaran, masukan Jumlah Premi yang akan dibayarkan.
      • Setelah itu akan muncul layar konfirmasi.
    • Bila melalui Transfer ATM Bersama:

      Penerima: PT. Asuransi Allianz Life Indonesia
      Bank Penerima: Bank BCA Cab Kuningan Jakarta
      No Rek. Penerima: (contoh 9xxxxxxxxx). (Nomor VA dan wajib 10 digit)
      Selanjutnya nasabah harus melakukan transfer melalui ATM Bersama ke PT Asuransi Allianz Life Indonesia dengan ketentuan sebagai berikut:
      • Masukkan pin Anda
      • Pilih jenis transaksi (TRANSFER)
      • Pilih Transfer ke bank ATM Bersama/Bank Lain.
      • Masukan nomor Rekening tujuan transfer (digit kode bank + no rek tujuan) Kode Bank BCA 014. Contoh: 014 9xxxxxxxxx (10 digit)
      • Contoh: 013 8801000101234567)
      • Masukan Jumlah Premi yang akan dibayar
      • Kosongkan nomor referensi transfer Anda
      • Konfirmasi akan menampilkan data transaksi yang akan diproses
      • Pastikan bahwa 1 transaksi hanya berlaku untuk 1 Polis
    Pembayaran dengan Autodebet:
    • Melalui autodebet kartu kredit (kontraktual (setiap jatuh tempo) dan non-kontraktual (sekali bayar):
      • Pastikan Kartu kredit Anda berlogo Visa, Master Atau BCA Card
      • Sebelum melakukan pembayaran dengan kartu kredit pastikan Anda sudah membaca syarat-syarat ketentuan yang ada di belakang surat kuasa kartu kredit
    • Melalui rekening tabungan (BCA, Mandiri, BRI, atau BNI):
      • Nasabah mengisi surat kuasa auto debet rekening / kartu kredit yang telah ditentukan dengan melampirkan foto copy KTP & buku rekening / kartu kredit.
      • Untuk mendapatkan formulir surat kuasa pendebitan rekening tabungan / kartu kredit dapat menghubungi Customer Service Allianz.

Sebelum melakukan proses klaim asuransi kesehatan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu:

  • Pastikan Premi Anda selalu Terbayar Tepat Waktu:
    Jika Anda memiliki poluas asuransi ada baiknya Anda selalu memperhatikan pembayaran premi yang harus Anda bayarkan setiap bulan. Pastikan bila Anda selalu membayar premi asuransi kesehatan Anda dengan tepat waktu, karena bila sewaktu-waktu Anda ingin mengajukan klaim kesehatan. Perusahaan asuransi akan mencatat polia asuransi kesehatan Anda sebagai polis yang aktif dan Anda mengumpulkan dokumen kelengkapan yang dibutuhkan.
  • Perhatikan Masa Aktif Asuransi Kesehatan Anda:
    Berbagai perusahaan asuransi secara umum menetapkan masa aktif polis asuransi setelah kurang lebih 30 hari atua 1 bulan. Karena hal tersebut bila kita melakukan klaim atau pengobatan ke rumash sakit sebelum polis kita aktif, kemungkinan besar akan ditolak karena belum memasuki masa aktif polis. Karena itu, penting bagi Anda yang memiliki polis asuransi kesehatan untuk memastikan masa aktif polis Anda sebelum melakukan klaim.
  • Pahami Peraturan Pengecualian Asuransi:
    Dalam polis asuransi ada beberapa peraturan pengecualian yang harus diperhatikan oleh para pemegang polis dan tertanggung dalam hal pengecualian pertanggungan. Secara umum beberapa peraturan pengecualin itu antara lain adalah:
    • Untuk penyakit yang bersifat kritis seperti jantung koroner dan penyakit kritis lainnya, baru bisa untuk diklaimkan minimal setelah 6 bulan. Dengan begitu jika kita sebelumnya telah memiliki penyakit jantung sebaiknya jangan terburu-buru untuk mengklaimnya, cobalah menunggu 6 bulan hingga 1 tahun baru kita bisa mengklaim.
    • Untuk penyakit yang memang sudah ada sebelumnya, baik kita ketahui atau tidak maka perusahaan asuransi tidak akan menanggungnya. Misalnya untuk penyakit penyakit bawaan lahir.
    • Setelah itu pastikan kita untuk mengecek plafon asuransi yang telah disediakan untuk kita. Plafon ini berisi jatah biaya medis maksimal yang akan ditanggung oleh asuransi selama kita dirawat. Jika menggunakan biaya rawat lebih dari yang ditetapkan maka kita harus membayar kembali untuk kekurangannya.

Berikut ini adalah prosedur cara klaim asuransi kesehatan Allianz:

  • Menghubungi call center Allianz pada nomor 1500 136 / Fax: +6221-2926 8080 / contactus@allianz.co.id
  • Melengkapi dokumen asuransi kesehatan (individu atau kelompok)

    Untuk dokumen asuransi kesehatan individu:

    Dokumen yang diperlukan

    Meninggal

    Dunia

    Meninggal karena kecelakaan

    Penyakit Kritis

    Cacat Tetap

    Flexicare/ Violet

    Polis Asli X X      
    Fotocopy Identitas diri Tertanggung X X X X X
    Fotocopy Identitas diri Ahli waris, jumlah .....orang X X      
    Fotocopy Akte Lahir untuk Tertanggung / Ahli Waris dibawah umur X X      
    Fotocopy Kartu Keluarga X X      
    Fotocopy Surat Nikah / Surat Cerai X X      
    Formulir pengajuan klaim meninggal dunia diisi dan di tandatangani oleh
    Ahli Waris
    X X      
    Formulir Surat Keterangan Dokter tentang Penyebab Kematian X X      
    Formulir Keterangan Kesehatan yang Lebih Luas X X      
    Formulir Surat Kuasa Pemaparan Isi Rekam Medik di isi dan tanda tangan di atas meterai oleh Ahli Waris / Tertanggung X X X X  
    Formulir Pemberitahuan No. Rekening / Fotocopy Buku Rekening X X X X  
    Formulir Surat Kuasa Ahli Waris apabila di kuasakan ke orang lain atau Ahli
    Waris lebih dari satu (tanda tangan di atas meterai)
    X X      
    Surat Keterangan Meninggal dari Instansi Pemerintahan yang berwenang
    (Kutipan Akte Kematian) yang di legalisir
    X X      
    Surat Keterangan Meninggal dari Rumah Sakit X X      
    Surat Keterangan Meninggal dari Kelurahan yang di legalisir X X      
    Jika meninggal di rumah tanpa perawatan Dokter, buat kronologis kematian dan di tandatangani oleh Ahli Waris X        
    Bila Meninggal/Cacat karena kecelakaan, lampirkan Berita Acara
    Pemeriksaan (BAP) dari Kepolisian
      X   X  
    Bila Meninggal karena kecelakaan, lampirkan Hasil autopsi atau visum oleh
    Dokter
      X      
    Copy hasil pemeriksaan yang telah dilakukan Tertanggung X X X X X
    Bila usia polis kurang dari 2 tahun, maka lampirkan List Rumah Sakit / Dokter / Klinik / Instansi kesehatan lainnya yang pernah di kunjungi Tertanggung dengan alamat beserta no. telp X   X    
    Formulir pengajuan klaim penyakit kritis     X    
    Formulir Surat Keterangan Dokter tentang penyakit yang di derita     X    
    Formulir pengajuan klaim cacat       X  
    Formulir Surat Keterangan Dokter tentang cacat       X  
    Formulir Klaim Asuransi Kesehatan Perorangan         X
    Formulir Resume Medis         X
    Kwitansi asli Perawatan Rumah Sakit beserta perinciannya         X
    Surat rujukan dari Dokter untuk perawatan dan pengobatan ke Dokter
    Spesialis, pemeriksaan penunjang diagnostik dan fisioterapi
            X
    Salinan hasil pemeriksaan penunjang diagnostik dan salinan resep yang berkaitan dengan perawatan.         X
    Dokumen lain yang menunjang, jika diperlukan X X X X X


    Untuk dokumen asuransi kesehatan kelompok

    Dokumen yang diperlukan

    Meninggal Dunia

    Meninggal karena kecelakaan

    Cacat Tetap karena kecelakaan

    Perawatan Rumah Sakit

    Rawat Jalan

    Melahirkan

    Fotocopy Identitas diri Tertanggung X X X      
    Fotocopy Kartu Keluarga X X        
    Formulir Klaim Meninggal Dunia X X        
    Formulir Surat Keterangan Dokter tentang Penyebab Kematian X X        
    Surat Keterangan Meninggal dari Instansi Pemerintahan yang berwenang
    (Kutipan Akte Kematian) yang di legalisir
    X X        
    Surat Keterangan Meninggal dari Rumah Sakit X X        
    Jika meninggal di rumah tanpa perawatan Dokter, buat kronologis kematian X          
    Bila Meninggal/Cacat karena kecelakaan, lampirkan Berita Acara
    Pemeriksaan (BAP) dari Kepolisian
      X X      
    Bila Meninggal karena kecelakaan, lampirkan Hasil autopsi atau visum oleh
    Dokter
      X        
    Surat keterangan dari Kantor perwakilan Republik Indonesia setempat dalam hal meninggal di luar negeri X X        
    Formulir Klaim Kecelakaan     X      
    Formulir Surat Keterangan Dokter tentang cacat     X      
    Foto Rontgen bagian tubuh yang cacat     X      
    Foto bagian tubuh yang cacat (close up)     X      
    Foto seluruh tubuh dengan menunjukkan bagian yang cacat     X      
    Formulir Klaim Asuransi Kesehatan Kumpulan       X   X
    Formulir Resume Medis       X X X
    Salinan hasil pemeriksaan penunjang diagnostik dan salinan resep yang berkaitan dengan perawatan       X X X
    Formulir Klaim Rawat Jalan Asuransi Kesehatan Kumpulan         X  
    Kronologis terjadinya kecelakaan, jika perawatan diakibatkan kecelakaan       X X  
    Dokumen lain yang menunjang, jika diperlukan X X X X X X
  • Melengkapi Formulir Klaim Asuransi Kesehatan (individu / kelompok)
  • Melengkapi Formulir Aplikasi Asuransi Kesehatan Perseorangan (khsus klaim individu)

Pada dasarnya, asuransi merupakan sebuah bentuk perjanjian, maka dengan demikian hal ini memiliki risiko batal atau dibatalkan jika tidak memenuhi syarat keabsahan perjanjian yang mengacu pada Pasal 1320 KUH Perdata. Namun di luar KUHD tersebut, perjanjian asuransi juga dibatalkan bila terjadi beberapa hal seperti:

  • Memuat keterangan yang keliru atau tidak benar atau bila tertanggung tidak memberitahukan hal-hal yang diketahuinya, di mana apabila hal tersebut disampaikan kepada penanggung akan berakibat tidak ditutupnya perjanjian asuransi tersebut (Pasal 251 KUHD).
  • Memuat suatu kerugian yang sudah ada sebelum perjanjian asuransi ditandatangani (Pasal 269 KUHD).
  • Memuat ketentuan bahwa tertanggung dengan pemberitahuan melalui pengadilan membebaskan si penanggung dari segala kewajiban yang akan datang (Pasal 272 KUHD).
  • Terdapat suatu akalan cerdik, penipuan, atau kecurangan si tertanggung (Pasal 282 KUHD).
  • Apabila obyek pertanggungan menurut peraturan perundang-undangan tidak boleh diperdagangkan dan atas sebuah kapal baik kapal Indonesia atau kapal asing yang digunakan untuk mengangkut obyek pertanggungan menurut peraturan perundang-undangan tidak boleh diperdagangkan (Pasal 599 KUHD).