Pengguna Makin Untung, ini 5 Tips Dapat Banyak Cashback Kartu Kredit

Sekarang ini bukan hanya orang dewasa atau orang tertentu saja yang menggunakan kartu kredit, tapi kebanyakan milenial juga sudah beralih dari uang tunai ke kartu kredit. Hal ini tidak lepas dari pengaruh gaya hidup masyarakat zaman sekarang yang menuntut semuanya harus serba praktis. Cukup wajar memang, apalagi mengingat mobilitas masing-masing orang yang sangat tinggi.

Bagi penggunaan kartu kredit yang bijak beranggapan bahwa kartu kredit membuat kondisi keuangan menjadi lebih terkontrol dengan baik karena semua pengeluaran telah tercatat pada laporan kartu kredit setiap bulannya. Selain itu, kartu kredit juga membuat keuangan menjadi lebih hemat karena banyak promo yang bisa dimanfaatkan, salah satunya cashback.

Pada umumnya, cashback yang ditawarkan kartu kredit bervariasi mulai dari puluhan hingga ratusan ribu rupiah. Bahkan, di waktu-waktu tertentu kartu kredit bisa memberikan cashback hingga jutaan rupiah. Nah, agar cashback dari kartu kredit bisa didapatkan dalam jumlah yang banyak, berikut beberapa tips yang bisa langsung Anda terapkan. 

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Tips Dapat Banyak Cashback Kartu Kredit

cashback
Dapat banyak cashback dari kartu kredit

1. Bayar Tagihan Pakai Kartu Kredit

Beberapa orang sering menggunakan kartu kreditnya untuk membayar semua tagihan rutin. Mulai dari listrik, air, telepon, pulsa, hingga internet. Semuanya mengandalkan kartu kredit dengan tujuan untuk mengumpulkan cashback sebanyak-banyaknya.

Sangat masuk akal, tetapi jangan sampai kebablasan. Apalagi kalau Anda sampai menggunakan kartu kredit di luar kebutuhan rutin setiap bulan. Jika ini terjadi, yang ada pengeluaran malah akan membengkak dan nantinya akan kesulitan untuk membayar tagihannya setiap bulan. 

2. Tawarkan Kartu Kredit Kepada Teman

Bagi yang ingin mendapatkan cashback atau reward tanpa harus belanja, Anda bisa coba cara yang satu ini, yaitu, tawarkan kartu kredit milik Anda kepada teman atau rekan kerja. Biarkan mereka menggunakan kartu kredit untuk membayar tagihan atau barang belanjaannya.

Sebagai gantinya, Anda bisa meminta mereka untuk membayarkan uang tunai. Apabila tagihan sudah jatuh tempo, maka uang tunai yang mereka berikan kemarin bisa digunakan untuk membayar semua tagihan..

Cukup mudah dan praktis, bukan? Tapi, Anda harus pilih-pilih teman yang ingin dipinjamkan kartu kredit. Jangan sampai memberinya ke orang yang salah untuk menghindari adanya kemungkinan penyalahgunaan kartu yang dapat merugikan Anda di kemudian hari.

3. Ajak Teman Senang-senang Bersama

Anda dan teman-teman ingin menghabiskan weekend di luar rumah, misal nonton di bioskop, nongkrong di kafe atau makan di restoran dan lainnya? Silahkan saja, tetapi untuk pembayarannya nanti jangan lupa gunakan kartu kredit. Tujuannya tak lain untuk menghemat pengeluaran setiap masing-masing orang.

Setiap transaksi yang dilakukan di merchant yang bekerja sama dengan bank kartu kredit, pengguna berhak mendapatkan promo atau diskon yang sedang berlangsung. Meski diskon yang diberikan tidak terlalu besar persentasenya, setidaknya bisa menghemat sebagian pengeluaran. Selain itu, besarnya cashback di kemudian hari juga bisa kamu dapatkan. 

Jadi sekarang Anda tidak perlu takut bila diajak atau ingin mengajak teman untuk jalan-jalan atau senang-senang bersama. Selagi kartu kredit ada di tangan, maka semua pengeluaran bisa dibayarkan dengan aman tanpa harus takut membayar lebih.

4. Hubungkan dengan Pembayaran Cashless

Sekarang sudah banyak perusahaan atau aplikasi yang ditujukan untuk pembayaran cashless. Tanpa disebutkan sekalipun, Anda juga sudah tahu nama aplikasi tersebut. Nah, sekarang saatnya untuk menghubungkan kartu kredit Anda ke aplikasi yang ada.

Setiap kali ingin isi saldo atau bertransaksi, maka semua pembayaran akan dialihkan otomatis ke kartu kredit. Dengan cara ini, maka Anda bisa menikmati beragam cashback atau bahkan mengumpulkan poin untuk mendapatkan reward menarik.

Agar penggunaan tetap terkontrol, sebaiknya atur alur kas keluar dengan baik. Hindari melakukan transaksi di luar kebutuhan utama agar pengeluaran tidak membengkak.

5. Pilih Kartu Kredit yang Tepat

Ada banyak jenis kartu kredit yang bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan rutin setiap bulan, mulai dari silver, gold, atau platinum yang hadir dengan kelebihan masing-masing. 

Sebagai pengguna, Anda benar-benar harus memahami kartu kredit apa yang paling sesuai dengan kebutuhan. Jika tujuan utama untuk mendapatkan beragam cashback, sebaiknya pilih kartu yang memang diperuntukkan khusus untuk program ini.

Untuk mengetahui hal ini, Anda bisa langsung berkunjung ke situs online bank penerbit. Lalu, perhatikan jenis-jenis penawaran kartu kredit dari bank yang bersangkutan. Kalau mau lebih mudah lagi, silakan kunjungi kantor bank cabang terdekat untuk mendapatkan informasi pentingnya lebih lengkap. 

Baca Juga: Tips Berhasil Membuat Kartu Kredit Pertama Bagi Milenial

Pakai Kartu Kredit dengan Aman

kartu kredit
Pakai kartu kredit dengan aman

Banyak orang yang mengurungkan niatnya untuk punya kartu kredit karena alasan takut ditimpa utang. Ada benarnya juga, tetapi percayalah kartu kredit tidak akan memperburuk kondisi finansial asal penggunaannya dengan bijak, yaitu teratur dan terkontrol.

Agar penggunaan kartu kredit aman, sebaiknya perhatikan cara-cara berikut ini. Bila perlu aplikasikan langsung saat hendak menggunakan kartu kredit.

1. Hindari Pengeluaran yang Besar

Pengeluaran yang jumlahnya besar dan tidak terjadi secara rutin sebaiknya dihindari. Misalnya untuk membeli gadget, furniture, atau kendaraan bermotor. Cukup gunakan kartu kredit untuk membayar tagihan rutin setiap bulan, atau memenuhi kebutuhan sehingga tagihan tidak membengkak.

2. Bayar Tagihan Tepat Waktu

Perhatikan kapan batas maksimum pembayaran tagihan kartu kredit setiap bulan. Hindari membayar tagihan secara terlambat kalau Anda tidak mau membayar bunga yang lebih besar di bulan berikutnya. Sebab total bunga kartu kredit akan selalu meningkat seiring dengan bertambahnya transaksi atau hutang yang ada di dalam kartu.

Baca Juga: Tips Menjaga Keamanan Kartu Kredit

Bangun Pertahanan Diri yang Kuat

Membangun pertahanan diri yang kuat maksudnya adalah bisa membatasi diri saat hendak menggunakan kartu kredit. Jangan sampai kebablasan hanya karena ingin menikmati promo yang ditawarkan oleh merchant. Selalu perhatikan apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan agar kondisi finansial bisa terkontrol dengan baik.

Baca Juga: Waspada Penipuan Kartu Kredit! Oknum Minta Nomor Kartu dan CVV