Rekomendasi Judul Novel untuk Remaja yang Wajib Dibaca di Wattpad

Kehidupan para remaja diliputi lika-liku di dunia sekolah yang membuatnya lebih berwarna. Kisah persahabatan yang mengharukan, percintaan yang manis, serta konflik sosial di dalamnya membuat kehidupan di sekolah seringkali diangkat menjadi tema cerita di Wattpad.

Kisah-kisah di sekolah juga digemari para remaja, terutama jika usia karakter sama dengan mereka. Dengan tema sekolah, remaja seringkali merasa relate dengan kisah yang ditulis oleh penulis.

Jika kamu suka genre school life, ada beberapa rekomendasi novel Wattpad yang dapat dicoba. Novel-novel ini juga sudah dibaca jutaan kali dan sangat populer. Berikut daftarnya.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Buku Self Improvement untuk Teman Flightmu

Beli Voucher Streaming dengan Mudah Hanya di Cermati!

Beli Voucher Streaming di Sini!  

  1. Insecurity

    loader

    Novel ini menceritakan kehidupan Bianca yang memiliki masalah percaya diri alias selalu insecure dengan keadaannya. Bianca sering kesulitan jika harus berbicara dengan orang lain.

    Suatu saat, Bianca bertemu dengan kapten tim basket sekolah bernama Nathaniel. Berkat pertemuannya itu, perlahan-lahan Bianca mulai berani membuka diri. Tanpa disadari, kedekatan itu membuat Bianca memiliki perasaan spesial kepada Nathaniel.

    Sayangnya, di saat yang sama, sahabat Bianca, Emily, juga menaruh perasaan kepada Nathaniel. Lantas, bagaimana Bianca menyikapi situasi ini? Akankah ia mengungkapkan perasaannya kepada Nathaniel atau mengalah demi Emily.

    Insecurity merupakan karya Angelxs yang terbit pada 2016. Novel ini terdiri dari 15 part sudah dibaca hingga 3,4 juta orang. 

  2. Bad Romance

    loader

    Nathan dan Katya yang memiliki kepribadian yang berbeda. Nathan merupakan cucu seorang pemilik yayasan sekolah. Ia dikenal karena kenakalannya dan rebel.

    Sementara, Katya adalah seorang siswi sederhana dan memiliki kehidupan yang datar. Namun, diam-diam Katya ternyata kesal dengan keonaran yang dibuat oleh Nathan.

    Celakanya, Katya malah harus melakukan tantangan yang dibuat oleh teman-temannya: berpacaran dengan Nathan. Tak berhenti di situ, selama menjalankan tantangan tersebut, pihak yang meminta putus duluan harus menjadi pembantu.

    Tentu saja hal ini menjadi permainan yang seru bagi Nathan untuk menyengsarakan Katya. Bagaimana kisah selanjutnya?

    Falls Like Snow merupakan penulis di balik kisah Bad Romance yang bikin geregetan pembacanya. Dirilis pada 2016, novel ini sudah dibaca hingga 10,9 juta orang.

  3. Senior’s

    loader

    Aluna memulai kehidupan sekolah di SMA Sevit yang cukup rumit. Pada hari pertama kepindahannya, Aluna harus berhadapan dengan senior-senior yang jahil kepadanya, termasuk Nakula, ketua OSIS yang dikenal dingin.

    Suatu saat, Aluna harus menerima hukuman dari Nakula karena dirinya datang terlambat. Siapa sangka, dari interaksi itu, Aluna jadi mengetahui sisi gelap Nakula yang tidak pernah diketahui orang lain.

    Bagaimana kehidupan Aluna di SMA Sevit selanjutnya? Apa saja rahasia yang disembunyikan Nakula?

    Senior dirilis pada 2017 dan mendapat respons yang positif dari pembaca. Karya Katatokoh ini sudah dibaca hingga 21,2 juta dan sudah dicetak dan dijual di toko buku.

  4. Caramel Macchiato

    loader

    Tak pernah disangka oleh Kezia bahwa dirinya akan mengalami kisah percintaan yang rumit semasa bersekolah. Hal ini dimulai ketika David, teman sekolahnya, tiba-tiba menyatakan cinta kepada dirinya.

    Ketika “ditembak”, Kezia tidak langsung memberi jawaban kepada David. Sayangnya, justru David menolak balasan Kezia yang baru menyadari perasaannya. David malah menyatakan perasaanya kepada Rika.

    Hati Kezia hancur dan ia sedih hingga sering muram. Namun, diam-diam ia menerima pesan dari seseorang yang memberikannya semangat. Siapakah ia? Apakah Kezia bisa sembuh dari lukanya dan menerima perasaan dari orang lain?

    Iffah Ariqoh merilis novel Caramel Macchiato pada 2014. Novel yang terdiri dari 31 chapter ini sudah dibaca oleh 9,5 juta orang. 

  5. Dear Nathan

    loader

    Nathan tidak pernah menyangka kehadiran Salma akan mengubah kehidupannya. Berawal dari Salma yang menyelamatkan Nathan dari hukuman saat upacara di sekolah, hubungan mereka jadi semakin dekat.

    Nathan yang terkenal berandal dan urakan ternyata bisa menunjukkan sisi yang berbeda di hadapan Salma. Tanpa disadari, benih cinta mulai tumbuh di antara mereka dan menjadi sepasang kekasih.

    Akankah kisah cinta Nathan dan Salma berjalan mulus? Apakah sikap Nathan akan berubah kepada Salma ketika hubungan mereka mengalami masalah?

    Dear Nathan dirilis pada 2015 dan langsung booming kala itu. Karya Erisca Febriani ini sudah dibaca sebanyak 33,7 juta orang. Bahkan, Dear Nathan sudah dicetak dan diangkat menjadi film.

    Itulah kelima novel Wattpad remaja yang menarik untuk dibaca. Novel-novel ini memiliki kisah masa sekolah yang mencakup pertemanan, cinta, dan kesetiaan yang seru untuk dinikmati dikala senggang.

    Baca Juga: Bikin Baper, Ini 5 Rekomendasi Novel Romantis di Wattpad

Mengenal Novel Remaja

Novel merupakan bacaan yang bisa dinikmati semua orang. Dari banyaknya target pembaca, remaja merupakan salah satu yang paling aktif membaca novel di Wattpad.

Umumnya, novel remaja akan mengangkat tema yang dekat dengan dunia remaja. Hal-hal yang dibahas juga masih tergolong sederhana dan mudah dipahami.

Pada novel remaja, hal-hal yang sering ditonjolkan adalah watak atau kepribadian yang unik dan menarik. Dibumbui dengan intrik dan konflik yang seru membuat novel remaja sangat disukai penikmatnya.

Untuk mengenal novel remaja, ada beberapa ciri yang yang dapat menjadi acuan. Berikut ulasannya.

  1. Tema yang dekat dengan remaja

    Salah satu ciri novel remaja yang dapat dikenali adalah tema yang diangkat. Novel remaja biasanya membahas tentang permasalahan yang dekat dengan mereka, seperti tentang pertemanan, dunia sekolah, dan kisah percintaan.

    Tema tersebut akan disandingkan dengan nuansa novel, bisa jadi romantis, membawa unsur keluarga, fantasi, horor, hingga misteri. Namun, karakter utamanya tetap remaja bersama teman-teman atau pasangannya untuk menyelesaikan konflik atau permasalahan yang kompleks.

  2. Gaya bahasa

    Ciri lain dari novel remaja yang mudah dikenali adalah gaya bahasanya. Umumnya, penulis akan menggunakan bahasa informal yang sering dipakai sehari-hari dalam dialog. Bahkan, ada beberapa istilah kekinian yang sering diselipkan di dalam narasi atau percakapan.

    Penuturan “aku” dan “kamu” bisa diganti dengan “lo” dan “gue”, tergantung dari karakter yang mengucapkannya. Selain itu, beberapa novel remaja juga sering menyelipkan bahasa asing, biasanya bahasa Inggris, dalam narasi atau percakapan.

  3. Formula penokohan

    Karakter yang digambarkan pada novel remaja umumnya menggunakan formula yang sama. Misalnya, good girl dengan bad guy, si kaya dengan si miskin, anak populer dengan anak pendiam, dan semacamnya.

    Selain karakter yang sifatnya berseberangan, usia tokoh juga dipilih antara 15-19 tahun. Sementara, mayoritas cerita remaja akan menggunakan latar SMA agar bisa menggambarkan school life dan konflik sosial yang lebih kompleks.

    Itulah tiga ciri khas novel remaja yang sering dijadikan sebagai patokan penulis, baik di buku ataupun di Wattpad. Ciri tersebut juga mudah dikenali dan diidentifikasi.

Novel dapat Memengaruhi Karakter Remaja

loader

Membaca Novel

Selain sebagai hobi, membaca novel ternyata juga dapat dijadikan sebagai contoh dan pembelajaran pembacanya, termasuk para remaja. Sebab, membaca novel menghubungkan kamu dengan orang, ide, dan situasi yang terdapat dalam sebua cerita.

Sebab, ketika membaca novel, kamu masuk sebagai “orang baru” untuk menikmati cerita. Kamu akan menyerap segala informasi yang dibangun oleh penulis. Perlahan-lahan, kamu akan tumbuh menjadi bagian dari cerita itu, ikut berpikir, dan ikut merasakan perasaan tokoh dalam cerita.

Hal tersebut dapat membangun rasa empati. Awalnya, rasa itu memang tumbuh untuk karakter dalam novel, tapi lama kelamaan rasa empati bisa terbawa ke dalam kehidupan nyata.

Cerita yang baik dapat mengandung banyak makna yang kompleks, misalnya tentang budaya sosial, dan ekonomi. Namun, permasalahan yang terlihat berat jika terjadi di dunia nyata menjadi mudah dipahami saat dibalut dengan cerita yang menarik.

Dengan membaca novel, pandangan kamu terhadap dunia akan lebih terbuka. Kamu juga mungkin akan mendapatkan pengalaman berharga tentang bagaimana karakter bertahan ketika menghadapi masalah.

Bicara soal karakter, pembaca juga mungkin terinspirasi dari para tokoh di cerita dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, untuk urusan cinta, kamu akan lebih “berpengalaman” ketika mengalami masalah serupa berkat kejadian yang dialami oleh karakter.

Selain itu, membaca novel juga erat kaitannya dalam pengelolaan emosi. Tanpa disadari, banyak hal yang dapat memengaruhi perubahan emosi mu sehari-hari. Dengan membaca novel, kamu akan menyadari bagaimana harus bersikap ketika mengalami konflik.

Baca Juga: Rekomendasi Film dan Series Netflix yang Cocok untuk Menemani Keseharian