Kulit Kembali Mulus, 8 Salep Penghilang Bekas Luka Ini Perlu Kamu Coba

Kulit mulus tanpa ada cacat menjadi impian hampir semua orang. Tetapi terkadang, luka terbuka yang terjadi pada kulit bisa meninggalkan bekas, bahkan meskipun sudah sembuh.

Pada sebagian orang, bekas luka ini bisa menurunkan tingkat kepercayaan diri. Kondisi tersebut lebih mungkin terjadi jika bekas luka berada di area yang bisa dilihat orang dengan mudah, misalnya wajah atau lengan.

Tingkat kepercayaan diri yang menurun tentu akan sangat berdampak pada kehidupan sosial. Salah satu cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan menghilangkan bekas luka.

Selain melalui operasi plastik, kemajuan teknologi telah membuat bekas luka bisa dihilangkan hanya dengan obat. Banyak salep penghilang bekas luka yang bisa didapatkan dengan mudah di pasaran.

Nah, jika kamu saat ini sedang bingung mencari salep untuk bekas luka, ulasan berikut ini mungkin membantu.

Baca juga: Obat Betadine: Deskripsi Produk, Manfaat, hingga Efek Sampingnya

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

Penyebab Bekas Luka

loader

Bekas Luka

Bekas luka sebenarnya merupakan bagian dari proses tubuh untuk menyembuhkan luka. Ketika terjadi luka pada tubuh, secara otomatis tubuh akan langsung memberikan respon berupa peradangan. Kemudian tubuh akan mulai membelah jaringan hingga terjadi maturasi. Keseluruhan proses yang terjadi pada akhirnya menghasilkan jaringan parut yang berfungsi untuk menutup luka.

Tubuh telah dirancang sedemikian rupa agar bisa mengalami regenerasi untuk menyembuhkan luka. Luka yang timbul bisa diakibatkan oleh banyak hal, misalnya akibat sayatan, terbakar, pasca operasi pembedahan, penyakit kulit, hingga kondisi medis tertentu. Namun proses ini tidak serta merta membuatnya bisa menghasilkan jaringan yang sama persis seperti sebelum terjadinya luka.

Sebagai gantinya, tubuh akan menghasilkan jaringan parut yang berguna untuk menutup luka terbuka. Jenis jaringan ini memiliki beberapa perbedaan dibanding jaringan normal, misalnya dari kekuatan, fungsi pendinginan suhu tubuh, serta penampilan. Jaringan ini juga bisa mengganggu fungsi serta menarik organ di sekelilingnya.

Normalnya, jaringan parut yang terbentuk ini terlihat samar dan tidak terlalu mencolok dibanding dengan kulit di sekelilingnya. Bentuknya tidak cekung atau lebih tinggi dari kulit sekelilingnya dan warnanya pucat.

Namun, jaringan parut juga bisa tidak normal di mana warnanya jadi sangat kontras dan menjadi cekung atau lebih menonjol jika dibandingkan dengan kulit sekitarnya. Parut yang tidak normal juga bisa menarik organ di sekitarnya sehingga menyebabkan masalah saat seseorang bergerak.

Penyebab dari ketidaknormalan ini ada beragam faktor. Beberapa di antaranya, seperti usia yang lanjut, ras (kulit Afrika dan Asia lebih berisiko mengalami jaringan parut yang menonjol), karakteristik luka, hingga riwayat keluarga.

Selain itu, sejumlah area tubuh juga memiliki risiko lebih besar memicu terjadinya jaringan parut yang tidak normal. Misalnya saja bagian dada, bahu serta telinga dan bagian anggota gerak yang berisiko lebih mungkin terjadinya jaringan parut menonjol.

Baca juga: Thrombophob, Obat untuk Atasi Memar dan Gumpalan Darah di Kulit Akibat Cedera

Berbagai Macam Salep Penghilang Bekas Luka

Ada banyak sekali produk penghilang bekas luka yang dijual di pasaran. Kamu bisa datang ke apotek dan bertanya kepada apoteker jika ingin membelinya. Berikut beberapa rekomendasi salep untuk bekas luka yang bisa kamu coba.

Berikut ini beberapa jenis salep yang sering digunakan untuk tujuan ini:

Jenis Produk

Penjelasan

Breylee Acne Scar Removal Cream

Mengandung portulaca oleracea dan bahan aktif lain yang berguna untuk membantu menyembuhkan luka dan menyamarkan bekas luka.

Melanox

Mengandung hidrokuinon yang bermanfaat untuk menyamarkan bekas luka. Obat ini harus digunakan dengan resep dokter.

Lanakeloid-E cream

Kandungan vitamin E dalam obat ini berguna untuk membuat regenerasi kulit jadi lebih cepat. Selain itu ada juga centella asiatica yang berguna mempercepat luka sembuh.

Krim Mederma Gel Proaktif

Mengandung allantoin dan Aloe Vera yang berguna untuk menyamarkan bekas luka.

Bioplacenton

Salep bekas luka ini mengandung neomycin dan ekstrak plasenta yang bermanfaat untuk mempercepat regenerasi sel kulit. Kamu bisa membelinya dengan memiliki resep dokter.

Dermatix Ultra

Obat ini mengkombinasikan teknologi cyclopentasiloxane dan vitamin C yang efektif untuk menyamarkan bekas luka. Obat ini hadir dalam berbagai ukuran mulai dari 5 gram sampai 15 gram.

Bio Oil

Mengandung chamomile, vitamin E dan vitamin A yang berguna untuk membuat regenerasi kulit jadi lebih cepat. Selain itu, kandungan salep yang tersedia dalam ukuran 25 ml sampai 200 ml ini juga dapat membuat warna bekas luka jadi lebih mirip dengan area di sekitarnya.

Manfaat Salep Penghilang Bekas Luka

  • Membantu menyamarkan bekas luka.
  • Memudarkan jaringan parut hipertrofi dan keloid.
  • Membantu mengobati luka bakar dan luka lainnya pada kulit.
  • Membantu menyembuhkan luka pasca operasi, luka akibat trauma, dan luka bakar.
  • Membantu mengatasi hiperpigmentasi yang diakibatkan penggunaan kontrasepsi oral.
  • Membuat regenerasi sel jadi lebih cepat.
  • Mempercepat pertumbuhan sel tertentu di jaringan sel epidermis.

Baca juga: 7 Cara Merawat Kulit Sehat Ala Wanita Korea

Efek Samping Salep Penghilang Bekas Luka

loader

Efek Samping Salep Penghilang Bekas Luka

Secara umum, penggunaan salep penghilang bekas luka tergolong aman. Tetapi, pada beberapa kondisi khusus, penggunaan obat ini juga bisa menimbulkan efek samping. Berikut beberapa efek samping yang bisa muncul.

  • Sensasi terbakar di kulit.
  • Pembengkakan, gatal, ruam, dan kemerahan pada kulit.
  • Pengelupasan kulit.
  • Perubahan warna yang tak diinginkan pada kulit.
  • Ketergantungan pada kortikosteroid

Efek samping yang dialami oleh setiap orang mungkin tidak sama. Jika kamu merasakan ada efek yang tidak biasa atau kurang nyaman sesudah memakai obat-obatan tersebut, hentikan pemakaian. Kunjungi dokter untuk berkonsultasi dan mendapatkan perawatan jika diperlukan.

Baca juga: Informasi Lengkap Lokasi Dokter Kulit dan Kelamin Terdekat di Jakarta

Harga Salep Penghilang Bekas Luka

Salep bekas luka dipasarkan dengan harga yang cukup bervariasi. Kamu bisa mendapatkannya dengan harga mulai dari Rp20 ribuan sampai Rp250 ribuan, tergantung dari ukuran serta merek yang dipilih.

Dosis dan Cara Penggunaan Salep Penghilang Bekas Luka

Penggunaan obat-obatan ini harus sesuai dengan petunjuk penggunaan yang ada di kemasan atau resep dokter. Jangan menambah atau mengurangi dosis tanpa ada anjuran dokter.

Jenis

Aturan Pakai dan Dosis

Breylee Acne Scar Removal Cream

Ambil krim secukupnya lalu dioleskan pada bagian yang luka yang menimbulkan bekas sehari dua hingga tiga kali.

Melanox

Oleskan krim pada area yang memiliki bekas luka, cukup digunakan sehari sekali saat malam hari.

Lanakeloid-E cream

Oleskan secukupnya pada area yang memiliki bekas luka sehari dua kali. Setiap orang mungkin mendapatkan hasil yang berbeda.

Krim Mederma Gel Proaktif

Gunakan salep ini sehari dua sampai empat kali. Agar hasilnya lebih efektif, kamu bisa mengaplikasikannya sambil melakukan pijatan lembut di area bekas luka supaya bisa meresap lebih baik.

Bioplacenton

Oleskan secukupnya pada area yang terdapat luka. Gunakan sehari 4 sampai 6 kali.

Dermatix Ultra

Gunakan sehari dua kali saat pagi dan sore. Ambil krim secukupnya lalu oleskan di area yang terdapat bekas luka sambil dipijat. Gunakan setidaknya 2 bulan untuk hasil optimal.

Bio Oil

Digunakan sehari dua kali pada bagian yang memiliki bekas luka.

Hal yang Harus Diperhatikan saat Menggunakan Salep Penghilang Bekas Luka

  • Selalu gunakan salep untuk bekas luka sesuai dengan petunjuk penggunaan atau resep dokter.
  • Pilihlah obat yang tidak mengandung bahan yang menyebabkan alergi pada tubuhmu.
  • Obat-obatan ini hanya boleh digunakan untuk bagian luar tubuh.
  • Berkonsultasilah dengan dokter jika kamu memiliki riwayat alergi obat, hamil, menyusui, atau mempunyai kondisi kesehatan khusus.
  • Jika terjadi reaksi alergi atau muncul efek samping yang cukup berat, hentikan pemakaian dan segera kunjungi fasilitas kesehatan terdekat.
  • Hindari menggunakan salep bekas luka pada luka yang masih basah.
  • Obat yang mengandung kortikosteroid bisa menyebabkan ketergantungan. Pastikan untuk menggunakannya sesuai dengan resep dokter.
  • Pakailah pakaian longgar selama pengobatan.
  • Simpan obat di tempat kering, sejuk, dan tidak terkena sinar matahari langsung.
  • Jauhkan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Bedah Plastik Mungkin Diperlukan Jika Salep Penghilang Bekas Luka Tidak Berhasil

Salep bekas luka dihadirkan untuk membantu pasien memudarkan bekas luka pada kulit. Penggunaan obat ini secara rutin dengan dosis yang tepat bisa membuat bekas luka yang tadinya begitu berbeda dengan kulit di sekitarnya jadi lebih samar. Apalagi jika dibarengi dengan perawatan yang tepat selama proses penyembuhan.

Tetapi pada kondisi tertentu, misal bekas luka yang terlalu dalam atau lebar, tidak bisa diatasi dengan menggunakan salep bekas luka saja. Kamu mungkin perlu melakukan operasi plastik untuk membuat bekas luka tersebut tidak lagi terlihat.

Baca juga: Jadikan Penampilan Tetap Maksimal, Begini Cara Tepat Treatment Wajah agar Awet Muda