Sederet Manfaat Buah Pir yang Penting untuk Kesehatan

Empat sehat lima sempurna, kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan jargon yang sudah dikenalkan sejak masa kecil tersebut. Tubuh manusia membutuhkan berbagai jenis asupan berbeda dengan kandungan gizi dan nutrisi yang lengkap agar tetap sehat. Agar lebih mudah untuk mengingatnya, dibuatlah jargon tersebut dan telah diajarkan sejak kita masih kecil. 

Jargon tersebut merujuk pada jenis makanan apa saja yang perlu dikonsumsi setiap hari agar nutrisi yang didapatkan oleh tubuh seimbang dan lengkap. Salah satunya adalah buah. 

Ada banyak sekali jenis buah yang bisa kamu pilih untuk menemani harimu. Setiap jenis buah pun mampu memberikan segudang manfaat menyehatkan, dan tentunya masih bisa memanjakan lidah siapa saja yang menyantapnya. Sebagai contoh, pir.

Baik di pasar maupun supermarket, buah pir akan selalu ada dan siap dibeli kapan pun dimau. Selain itu, buah pir juga menyimpan segudang manfaat menyehatkan bagi tubuh yang tentunya sayang jika dilewatkan. Nah, buat kamu yang penasaran dengan manfaat buah pir, penjelasan berikut adalah bocorannya.

Baca Juga: Mengonsumsi Buah Apel Setiap Hari Dapat Menghindarkan Diri dari Bertemu Dokter!

Apa Khasiat Buah Pir?

loader

Apa Khasiat Buah Pir?

  1. Menjaga Kesehatan Usus

    Salah satu kandungan nutrisi yang kaya terkandung dalam buah pir adalah probiotik dan serat pektin. Kedua jenis nutrisi tersebut memberikan manfaat buah pir sebagai pelancar pencernaan serta pencegah konstipasi. 

    Dalam sebuah pir, kandungan seratnya mencapai 6 gram atau setara 22 persen dari kebutuhan harian tubuh. Dengan kondisi pencernaan lancar, kamu juga akan lebih mampu untuk merasa kenyang lebih lama. 

    Dalam kata lain, buah pir mampu menjadi konsumsi sehat untuk mendukung program diet yang mungkin sedang dijalankan. Jangan lupa bahwa kandungan serat buah pir juga cukup banyak pada bagian kulitnya. So, lebih baik makan sekaligus dengan kulitnya agar serat yang didapatkan tubuh menjadi lebih banyak.

  2. Bantu Turunkan Risiko Penyakit Kardiovaskular

    Ya, salah satu manfaat buah pir yang tidak boleh dilewatkan adalah membantu turunkan risiko penyakit kardiovaskular. Seperti, penyakit jantung atau aliran darah terganggu. Riset yang dilakukan NCBI menunjukkan bahwa seseorang dengan metabolisme tubuh yang rendah akan mengalami peningkatan pada kondisi jantung dan tekanan darahnya ketika rutin mengonsumsi 2 buah pir per hari. 

    Selain itu, pilih buah pir dengan warna daging buah kemerahan karena mengandung anthocyanin, zat yang mampu meningkatkan kesehatan jantung serta menguatkan pembuluh darah. Sementara untuk pir hijau lebih banyak mengandung zeaxanthin dan lutein yang berguna untuk menjaga kesehatan mata. 

  3. Tangkal Radikal Bebas di Dalam Tubuh

    Buah pir dikenal sebagai buah yang memiliki kadar antioksidan sangat tinggi. Tidak hanya itu, buah tersebut juga kaya akan tembaga, vitamin C, dan vitamin K. Seluruh nutrisi tersebut mampu menangkal aktivitas radikal bebas pemicu kerusakan pada sel tubuh. 

  4. Cegah Terjadinya Inflamasi atau Peradangan

    Riset lainnya juga menguak fakta bahwa antioksidan flavonoid dan serat pada buah pir bisa meningkatkan sistem imun serta mencegah inflamasi. Artinya, risiko tubuh untuk terserang penyakit kanker, diabetes, hingga obesitas bisa menurun drastis. Di sisi lain, beragam jenis mineral dan vitamin, seperti, vitamin C dan vitamin K dapat berkhasiat untuk mencegah terjadinya inflamasi. 

  5. Turunkan Risiko Penyakit Diabetes

    Tidak hanya mengandung antioksidan flavonoid dan serat yang tinggi, pir merah pun menyimpan anthocyanin yang mampu turunkan risiko diabetes tipe 2 sebesar 23%. Selain itu, serat yang terkandung juga bisa melambatkan proses pencernaan sehingga lebih optimal menyerap karbohidrat dari makanan. Hal tersebut secara tidak langsung turut membantu proses regulasi kadar gula dalam darah agar terhindar dari risiko penyakit diabetes.

  6. Mencegah Risiko Munculnya Sel Kanker dalam Tubuh

    Siapa yang menyangka jika buah pir mempunyai banyak sekali kandungan nutrisi yang memiliki sifat anti kanker. Sebagai contoh, kandungan cinnamic acid dan anthocyanin sudah terbukti andal dalam menumpas sel kanker, terutama kanker perut, paru-paru, dan juga saluran kemih.

    Agar manfaat ini bekerja lebih maksimal, kamu bisa menambahkan beberapa jenis buah lain maupun sayur mayur. Jadi, nutrisi penting yang tidak dimiliki oleh buah pir juga bisa didapatkan oleh tubuh untuk meningkatkan kesehatan. 

  7. Mengandung Vitamin B Kompleks yang Baik untuk Kesehatan Janin

    Folic acid atau asam folat adalah salah satu jenis nutrisi yang sangat berguna dalam fase awal dari pembentukan janin. Bentuk dari vitamin B kompleks tersebut merupakan nutrisi penting yang harus didapatkan oleh ibu yang sedang menunggu kedatangan buah hati.

    Asam folat yang terkandung di dalam buah pir mampu meningkatkan kesuburan, mendorong pertumbuhan plasenta, menurunkan risiko terjadinya keguguran, dan juga baik untuk meningkatkan kualitas sperma pada pria. Jadi, tidak hanya rutin dikonsumsi ketika sedang hamil, buah pir juga cocok dijadikan sebagai makanan sehari-hari bagi pasangan suami istri yang berencana untuk memiliki keturunan.

  8. Memiliki Manfaat Anti-Aging

    Manfaat dari buah pir lainnya yang mungkin tidak disangka oleh banyak orang adalah memiliki manfaat anti aging atau penuaan dini. Rutin menjadikannya sebagai santapan setiap hari mampu membantu kamu untuk membantu kulit agar selalu terlihat kencang dan awet muda. 

    Manfaat ini berasal dari kandungan antioksidannya yang tinggi, dan zat tembaga, vitamin C, serta vitamin K. Kombinasi dari seluruh nutrisi tersebut bisa menjadi penangkal radikal bebas serta membantu kulit untuk terhindar dari kerusakan dan memperlambat proses terbentuknya kerutan pada bagian wajah. Manfaat dari buah pir ini cukup menakjubkan, bukan?

  9. Atasi Masalah Kulit Berminyak

    Sudah sering disebutkan sebelumnya jika buah pir memiliki kandungan mineral dan vitamin yang cukup tinggi. Hal tersebut menambah pula deretan manfaat menyehatkan yang mampu diberikan oleh buah pir. Selain manfaat kesehatan di atas, buah pir juga bisa diolah sebagai bahan pembuatan masker wajah. 

    Caranya cukup simpel, yaitu dengan mencampurkan buah pir, fresh cream, serta madu. Kemudian, aplikasikan masker tersebut pada wajah sebanyak 3 kali dalam satu minggu. Dengan rutin melakukan hal tersebut, dijamin masalah produksi minyak yang berlebihan pada wajah akan teratasi. 

  10. Menjadikan Bibir Lebih Lembut

    Berkat lactic acid yang terkandung di dalam buah pir, kamu bisa mendapatkan manfaat kesehatan tambahan berupa menjaga kondisi sel pada bibir. Mengonsumsi buah pir secara rutin juga mampu membantu tubuh agar tetap terhidrasi sehingga bibir tidak mengering dan akhirnya pecah-pecah. Namun, meski rutin mengonsumsinya, tetap usahakan untuk meminum air putih dengan jumlah yang cukup sebagai sumber cairan utama pada tubuh, ya!

  11. Solusi untuk Mengatasi Keluhan Rambut Kering dan Kusam

    Buah pir yang sudah matang mempunyai kandungan sorbitol di dalamnya. Kandungan tersebut dapat berperan sebagai moisturizer atau pelembap alami yang bisa diaplikasikan pada kulit kepala hingga akar rambut. Vitamin C yang terkandung dalam pir juga mampu memberikan manfaat sebagai antioksidan sempurna guna menjaga kondisi sel rambut agar tetap sehat. 

  12. Menurunkan Tekanan Darah dan Risiko Penyakit Lainnya

    Kandungan terakhir yang tak kalah pentingnya dalam buah pir adalah glutathione. Kandungan antioksidan dan anti karsinogen tersebut dapat berperan sebagai pengatur tekanan darah di dalam tubuh. Dalam kata lain, risiko penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi akan lebih tidak mungkin untuk terjadi pada tubuhmu.

    Selain itu, beragam kandungan gizi lain dalam buah pir juga mampu membantu tubuh dalam mengatasi berbagai jenis penyakit. Misalnya adalah masalah arthritis, kantong empedu, hingga encok bisa dihindari jika buah tersebut dikonsumsi setiap harinya. 

Baca Juga: Kian Populer, Inilah Manfaat Buah Bit Bagi Kesehatan

Lezat dan Menyehatkan, Yakin Masih Enggan Mengonsumsi Buah Pir Secara Rutin?

Itulah sederet manfaat dari buah pir untuk kesehatan yang tentunya sayang kalau sampai kamu lewatkan. Untuk itu, daripada tidak kunjung mendapatkan manfaat kesehatan tersebut, jangan tunda lagi dan segera jadikan buah pir sebagai penghias piring setiap kali kamu makan!

Baca Juga: Kaya Antioksidan, Inilah Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan