Tips Liburan Aman dan Tetap Asik di Era New Normal

Seiring dengan kembalinya dibuka berbagai tempat wisata di Indonesia karena telah memasuki era new normal. Keinginan travelling dan berlibur pun semakin tidak bisa dipendam lagi. Apalagi untuk kamu yang terlalu lama menghabiskan waktu di rumah saja. Baik itu untuk bekerja sampai belajar.

Berlibur  atau traveling di era new normal sih boleh-boleh saja. Tapi karena masih musim pandemik dan ancaman tertular virus corona masih berpotensi tinggi dimanapun kamu berada.

Ada baiknya selain mengerti dan memahami protokol kesehatan yang ada, tapi juga mengetahui tips atau cara aman berlibur yang lain untuk perlindungan lebih selama liburan.

Nah, berikut tips aman berlibur saat new normal di berbagai tempat wisata baik sendiri, bersama teman atau keluarga:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Usahakan untuk Membawa Kendaraan Pribadi

kendaraan pribadi

Jika tujuan wisata kamu tidak terlalu jauh dan bisa ditempuh dengan mengendarai kendaraan pribadi sendiri seperti mobil atau motor maka lebih baik memanfaatkan kendaraan pribadi saja.

Ini demi mencegah kamu dari terpapar virus dari kendaraan umum. Seperti yang kita semua tahu, menaiki kendaraan umum artinya kamu tidak tahu kondisi para penumpang disana apakah sehat atau tidak. Dan juga biasanya kendaraan umum seperti kereta dan bis bisa berisi lebih dari 50 penumpang yang artinya risiko penularan juga lebih tinggi.

Jika terpaksa menggunakan kendaraan umum pastikan untuk terus memakai masker dan face shield, tidak melepas sarung tangan dan selalu mencuci tangan dengan hand sanitizer setiap menyentuh sesuatu.

2. Jangan Sampai Lupa Menggunakan APD Kemanapun

APD

APD (alat pelindung diri) standar tapi penting seperti masker, face shield dan sarung tangan dianjurkan untuk digunakan saat liburan. Masing-masing dari APD tersebut terbukti bisa menurunkan risiko tertular virus Covid-19, peluang tertular menjadi sangat kecil.

Jadi apabila kamu berkunjung ke tempat wisata manapun, terlebih lagi ke tempat yang ramai dan cukup populer, ingat jangan pernah mencoba melepas APD mu yah, terutama masker.

Baca Juga:  Apa Saja Untung Rugi Pakai Kartu Kredit untuk Liburan?

3. E-Wallet, E-Money dan Check-in Online

check in online

Demi menghindari kontak fisik semaksimal mungkin, ada baiknya untuk memanfaatkan teknologi internet atau digital setiap akan melakukan transaksi selama perjalanan.

Misalnya melakukan check-in online pesawat/hotel dengan aplikasi tempat mem-booking hotel. Membayar tiket, hotel atau keperluan apapun secara digital, baik itu dengan e-money atau e-wallet jika fasilitas disediakan.

Jika terpaksa harus membayarkan menggunakan uang tunai atau kartu kredit secara langsung, pastikan menggunakan sarung tangan agar tidak langsung bersentuhan.

4. Membawa Hand Sanitizer, Tisu Basah dan Kering Kemanapun

tisu basah dan hand sanitizer

Ketika kita akan singgah kemanapun baik itu restauran, tempat belanja atau jajanan pinggir jalan. Kita tidak tahu siapa dan sudah berapa orang yang telah menyentuh, duduk atau memegang barang yang sama yang sedang kita pegang selama berada ditempat itu.

Jadi, karena kita tidak mungkin selalu sempat untuk mengecek, membersihkan atau berusaha tidak memegang sembarangan. Pasti akan selalu ada kecerobohan. Tapi risiko tertular melalui sentuhan bisa dikurangi dengan selalu mencuci tangan dengan hand sanitizer setiap memegang apapun.

Sedangkan fungsi tisu basah dan kering adalah untuk mengelap setiap barang yang akan kamu sentuh seperti meja tempat makan, alat makan atau pegangan pintu hotel atau tempat menginap.

5. Tetap Duduk selama di Pesawat

duduk selama dipesawat

Untuk kamu yang berlibur dengan pesawat, jangan pernah meninggalkan tempat duduk mu jika tidak perlu. Walaupun pesawat memiliki filter udara HEPA yang bisa membuat virus sulit menyebar dengan mudah di pesawat tapi sekali lagi harus diingat, kita tidak mengetahui secara penuh kondisi setiap penumpang yang berada dalam pesawat.

Untuk itu, lebih baik diam ditempat sampai pesawat tiba di tempat tujuan untuk social distancing dan mengurangi kontak fisik seminim mungkin.

6. Membawat Alat Makan, Tempat Makan, Tempat Minum dan Sedotan Pribadi

alat makan sendiri

Ada baiknya jika kamu menggunakan peralatan milik pribadi ketika berlibur di tengah musim pandemic seperti saat ini. Karena di masa pandemic seperti ini kamu harus lebih sensitif lagi terhadap kebersihan untuk peralatan atau perlengkapan yang akan gunakan selama liburan.

Dan tentu saja peralatan tersebut tersebut termasuk untuk keperluan makan dan minum. Jika kamu akan makan disebuah restaurant atau kafe. Usahakan untuk menggunakan alat makan sendiri dan sedotan minuman sendiri.

Jika kamu akan membeli makanan di tempat berkonsep prasmanan. Makanlah dengan tempat makan sendiri dan alat makan sendiri juga tempat minum sendiri. Karena peralatan yang digunakan untuk beramai-ramai memiliki risiko tinggi terpapar oleh virus.

Baca Juga:  10 Destinasi Wisata Terbaik di Indonesia untuk yang Doyan Ecotourism Travelling

Patuhi Setiap Protokol Kesehatan yang Ada untuk Melindungi Sesama

Jangan egois dan lalai dalam melaksanakan aturan dan anjuran yang ada di protokol kesehatan yang ada disetiap tempat yang kamu kunjungi. Karena protokol kesehatan ini tidak hanya berlaku untuk melindungi kamu tapi juga orang lain disekitar kamu bahkan keluarga kamu yang ada dirumah menanti kepulanganmu dari liburan.

Jangan sampai karenya menyepelakan protokol kesehatan, pulang liburan bukan bawa oleh-oleh tapi malah membawa virus dan menularkannya keseluruh anggota keluarga. Jadi selalu berhati-hati dan jaga kebersihan yah.

Baca Juga: Kelamaan di Rumah Aja? Coba Liburan Staycation di saat New Normal