Tradisi Unik Hari Raya Waisak di Berbagai Negara

Hari Raya Waisak merupakan perayaan yang dilakukan untuk memperingati kelahiran Buddha. Hari Raya ini dirayakan dengan berbagai tradisi yang unik di beberapa negara di dunia, salah satunya Indonesia yang biasanya dipusatkan di Candi Borobudur, Jawa Tengah. Selain itu, perayaan Waisak di Tanah Air juga digelar di wilayah lainnya.

Terkait dengan perayaan Hari Raya Waisak, ada 3 tahap penting di dalam kehidupan Buddha yang diperingati dalam perayaan tersebut, yakni tahap kelahiran, tahap pencerahan, dan kematian. Ketiga tahap tersebut biasa disebut sebagai Trisuci Waisak, yang berdasarkan kalender tradisional jatuh pada hari yang sama.

Perayaan ini biasanya digelar pada saat puncak bulan purnama pertama di bulan Mei setiap tahunnya. Buddha sendiri lahir di Lumbini, sebuah wilayah di kaki Gunung Himalaya yang saat ini masuk ke dalam kawasan Nepal. Di sanalah Buddha yang awalnya bergelar Pangeran Siddharta Gautama tersebut dilahirkan dan menghabiskan 29 tahun usianya.

Waisak telah menjadi sebuah perayaan yang besar setiap tahunnya. Hal ini ditandai dengan adanya berbagai kegiatan yang dilakukan oleh umat Buddha di berbagai belahan dunia. Perayaan ini tentu akan menjadi sebuah perayaan unik sebagaimana perayaan keagamaan lain, di mana setiap wilayah yang berbeda akan merayakannya dengan istimewa sesuai dengan tradisi yang mereka pegang di wilayah tersebut.

Sebagaimana agama lainnya yang terbilang cukup besar, ajaran Buddha juga telah tersebar luas di berbagai belahan bumi, sehingga umat Buddha bisa ditemui di hampir seluruh wilayah. Perayaan Waisak biasanya akan dilakukan dengan berbagai kegiatan, di mana Umat Buddha di berbagai wilayah dunia akan melakukan beragam ritual dan tradisi unik dalam merayakan Waisak.

Biasanya berbagai kegiatan dan tradisi yang diadakan sangat terpengaruh oleh tradisi atau kebiasaan masyarakat setempat. Namun semua itu dilakukan tanpa menghilangkan makna yang terkandung di dalam perayaan Waisak itu sendiri. Hal ini dilakukan sebagai sebuah peringatan dan untuk mengenang nilai-nilai Buddha. Beberapa perayaan unik Hari Raya Waisak di berbagai negara bisa dilihat di bawah ini.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Indonesia

loader

Meski penganut Buddha di Indonesia tidak sebanyak penganut agama lainnya, namun bukan berarti perayaan kelahiran Buddha ini tidak digelar dengan meriah dan unik. Peringatan Waisak dilakukan di berbagai wilayah di Indonesia, namun secara khusus puncak perayaan Waisak biasanya berpusat di Candi Borobudur, Magelang, Jawa tengah.

Ada banyak rangkaian acara yang digelar dalam memperingati Trisuci Waisak. Secara garis besar semua kegiatan tersebut bisa dikelompokkan dalam 3 bagian, yakni:

  • Prosesi pengambilan air berkat dari mata air Jumprit di Kabupaten Temanggung, serta penyalaan obor yang dilakukan dengan menggunakan sumber api abadi di Mrapen, Kabupaten Grobogan.
  • Ritual “Pindapatta”, yaitu sebuah ritual yang diberikan secara khusus kepada masyarakat (umat) untuk berbuat kebajikan, di mana  mereka diberi kesempatan untuk memberikan dana makanan kepada para Bikkhu dan Bikshu.
  • “Samadhi” yang dilakukan pada detik-detik menjelang puncak bulan purnama. Dalam Buddha, penghitungan puncak purnama ini dilakukan berdasarkan perhitungan falak, sehingga bisa saja puncak purnama jatuh pada siang hari dan bukan malam hari.

Pada malam perayaan puncak Waisak, biasanya semua acara akan dilakukan di Candi Borobudur, di mana umat Buddha berkumpul dan menyalakan lilin dan memasukkannya ke dalam lentera. Lentera-lentera ini kemudian akan dilepaskan atau diterbangkan ke udara secara bersama-sama, sehingga akan terlihat sangat indah di langit malam yang gelap.

Meski tidak terdapat makna khusus di dalam pelepasan lentera-lentera tersebut, namun hal ini telah menjadi sebuah tradisi perayaan Waisak yang dilakukan oleh umat Buddha di Indonesia. 

Selain melepaskan lentera ke langit malam, di beberapa wilayah Indonesia juga ada tradisi melepas burung ke langit bebas. Terdapat rangkaian kegiatann lainnya yang bisa dilakukan kembali di Candi Borobudur setelah sebelumnya dilarang selama 2 tahun sebelumnya karena pandemi Covid-19:

Rangkaian Perayaan Waisak 2566 BE di Candi Borobudur adalah sebagai berikut.

  • 13 Mei 2022, bakti sosial di Kaloran Temanggung
  • 13 Mei 2022, bakti sosial di Kabupaten Semarang
  • 14 Mei 2022, bakti sosial sembako
  • 14 Mei 2022, pengambilan Api Abadi Mrapen dibawa dan disemayamkan di Candi Mendut
  • 15 Mei 2022, pengambilan Air Suci dari Umbul Jumprit dibawa dan disemayamkan di Candi mendut
  • 16 Mei 2022, prosesi jalan kaki dari Candi Mendut ke Candi Borobudur
  • 16 Mei 2022, acara puncak di Lapangan Kenari detik-detik Waisak 11.13.46 ada acara-acara ritual dan lain-lain
  • 16 Mei 2022, Dharmasanti Waisak pukul 19.00 WIB di Lapangan Lumbini Candi Borobudur.

2. Nepal

loader
Perayaan Waisak di Nepal (Foto: AP Photo/Bernat Amangue) via berita.bhagavant.com

Umat Buddha di Nepal akan berbondong-bondong menuju Lumbini, tempat kelahiran Buddha untuk merayakan Hari Raya Waisak. Dalam momen penting tersebut, mereka berbuat kebajikan dengan memberi sumbangan atau berbagi kepada orang-orang yang membutuhkan. Selain itu, mengunjungi wihara-wihara untuk memberi penghormatan kepada Buddha. Bentuk perayaan utama lainnya adalah berdoa di Monkey Temple. 

3. Taiwan

loader
Waisak di Taiwan via ytimg.com

Di wilayah ini, umat Buddha akan merayakan Hari Raya Waisak dengan cara menuangkan air suci ke patung Buddha. Hal ini dianggap sebagai lambang dari sebuah awal yang baru di dalam kehidupan. Meski terbilang sederhana, namun kegiatan ini sarat akan makna dan menjadi bentuk rasa syukur.

Baca Juga: Liburan ke Thailand dengan Gaji UMR? Bisa Kok, Ini Caranya

4. Korea Selatan

loader
Waisak di Korea Selatan via ibtimes.co.uk

Bagi umat Buddha yang berada di Korea Selatan, perayaan Hari Raya Waisak menjadi sebuah perayaan besar yang selalu ditandai dengan acara menghias candi-candi di wilayah tersebut. Ratusan lentera-lentera cantik berbentuk teratai akan dinyalakan untuk menerangi candi di kegelapan malam. Hal ini dilakukan sebagai bentuk tradisi dalam mengenang kelahiran Sang Buddha ke dunia ini.

5. Singapura

loader
Waisak di Singapura via straitstimes.com

Berbeda dan menjadi salah satu ritual unik, Singapura memperingati Hari Raya Waisak dengan cara melepas burung dari sangkarnya ke udara. Hal ini dianggap melambangkan datangnya hari yang baru dan menjadi perayaan nilai-nilai yang ditinggalkan oleh Buddha bagi umatnya. Ini tentu menjadi sebuah ritual yang menyenangkan, sebab akan ada ribuan burung yang diterbangkan pada saat perayaan kelahiran Buddha tersebut berlangsung.

6. Sri Lanka

loader
Waisak di Sri Lanka via ytimg.com

Bagi masyarakat Sri Lanka, perayaan kelahiran Buddha akan disambut dengan warna-warni lampu yang ceria dan menyemarakkan wilayah tersebut. Berbeda dengan beberapa negara yang menyalakan dan melepas lentera sebagai perayaan kelahiran Buddha, Sri Lanka justru memasang lampu-lampu listrik berwarna-warni di berbagai sudut kota. Ini akan terlihat sangat unik dan menarik, terutama jika malam tiba.

Kelahiran dan Hari yang Baru

Perayaan Hari Raya Waisak tentu bukanlah sebuah ritual semata bagi umat Buddha. Ini dimaksudkan menjadi sebuah penyambutan, kedatangan hari, dan kelahiran jiwa yang baru. Setiap perayaan patut untuk diapresiasi dan dihargai sebagai bagian dari budaya dan tradisi sebuah bangsa. Turut merayakan dan merasakan makna perayaan itu sendiri, bisa memberi kita rasa kebersamaan dan toleransi terhadap saudara-saudara kita yang merayakannya. Selamat Hari Raya Waisak 2556 BE. 

Baca Juga: Daftar Libur Nasional dan Cuti Bersama 2021, Mau Ke Mana Usai Corona Minggat?