Mengenal UOB Internet Banking Beserta Fitur dan Cara Registrasinya

Bank UOB adalah bank yang berdiri dengan nama PT Bank UOB Indonesia yang fokus pada layanan Usaha Kecil Menengah (UKM), layanan pada nasabah retail, dan mengembangkan bisnis-bisnis consumer dan corporate banking melalui layanan treasury dan cash management. Bank UOB Indonesia juga memiliki tujuan untuk bisa menciptakan manfaat jangka panjang yang berkesinambungan untuk para pemangku kepentingan yang berfokus dengan pengarahan pada pembaharuan untuk menjadi Bank Premier lewat pertumbuhan yang disiplin dan stabilitas bisnis. Bank ini memiliki 41 kantor cabang, 168 kantor cabang pembantu, dan 191 ATM di 54 kota 18 provinsi.

Layanan yang Bank UOB Indonesia berikan antara lain ada UOB One Card, kartu kredit, tabungan, giro, deposito, KPR, investasi, asuransi, dan lainnya. Selain itu, Bank UOB Indonesia juga didukung oleh PIB atau Personal Internet Banking milik Bank UOB Indonesia yang memiliki banyak fitur. Melalui artikel ini, kita akan mengenal Personal Internet Banking milik Bank UOB Indonesia.

Baca juga: Kode Bank UOB Indonesia - Kode Transfer Bank UOB Indonesia dan Kode Bank Indonesia Lainnya

Bingung cari tabungan terbaik? Cermati solusinya!

Bandingkan Tabungan Terbaik Sekarang!  

Mengenal Internet Banking Bank UOB

loader

Internet Banking UOB

Internet Banking UOB bernama Personal Internet Banking (PIB). Personal Internet Banking UOB adalah layanan yang bisa digunakan oleh nasabah per orang untuk memenuhi kebutuhan saat melakukan transaksi secara online yang mempunyai mobilitas tinggi dan kemudahan untuk melakukan transaksi baik finansial maupun non finansial. Personal Internet Banking UOB dapat diakses dimanapun dan kapanpun selama 24 jam melalui perangkat apa saja seperti smartphone, laptop, komputer, dan lainnya selama seluruh perangkat tersebut terhubung dengan internet.

Sebagai nasabah tidak perlu khawatir akan tampilan dari Personal Internet Banking UOB yang berganti perangkat. Hal ini dikarenakan dengan teknologi baru, maka Personal Internet Banking UOB akan selalu menyesuaikan dengan layar perangkat yang digunakan oleh nasabah. Nasabah juga bisa mengakses Personal Internet Banking UOB dengan sangat mudah melalui website www.uob.co.id. Melalui link tersebut, nasabah bisa lakukan login dan klik UOB Personal Internet Banking.

Fitur Internet Banking Bank UOB

Berikut merupakan beberapa fitur yang unggul Personal Internet Banking UOB yang perlu diketahui.

  1. Nasabah dapat melakukan beberapa transaksi secara bersamaan dan menentukan limit transaksi melalui Personal Internet Banking UOB sesuai dengan kebutuhan.
  2. Nasabah dapat melakukan pembayaran tagihan dan pembelian pulsa.
  3. Nasabah memiliki fasilitas untuk melakukan pembelian surat berharga melalui Personal Internet Banking UOB.
  4. Nasabah mendapatkan fitur Quick Fund Transfer Quick Pay melalui Personal Internet Banking UOB yang digunakan untuk melakukan transaksi tanpa mendaftarkan rekening tujuan terlebih dahulu.
  5. Nasabah bisa membuat jadwal untuk melakukan transaksi dan bisa membuatnya menjadi transaksi berkala atau diulang pada tanggal yang sama.
  6. Nasabah dapat melihat mutasi rekening yang dilakukan melalui Personal Internet Banking UOB selama 90 hari terakhir.
  7. Untuk nasabah yang ingin melihat mutasi rekening yang dilakukan saat bertransaksi melalui mesin ATM dan kantor cabang Bank UOB dapat diakses selama 60 hari terakhir dari transaksi.
  8. Personal Internet Banking UOB menyediakan fitur transaksi Real Time Online (RTOL) bagi nasabah yang ingin bertransaksi baik transfer maupun melakukan pembayaran secara langsung.
  9. Personal Internet Banking UOB juga menyediakan fitur Real Time Gross Settlement (RTGS) bagi nasabah yang ingin bertransaksi dengan jumlah nominal yang besar sesuai ketentuan yang ada.
  10. Nasabah bisa membuka rekening tabungan kedua sebagai tambahan atau rekening deposito, penempatan dana di deposito, dan pengajuan aplikasi kartu kredit melalui Personal Internet Banking UOB.
  11. Personal Internet Banking UOB memiliki penempatan deposito berjangka dengan bunga yang menarik.
  12. Nasabah dapat melakukan transaksi pengiriman uang dengan mata uang asing yang dapat dilakukan dengan transfer antar rekening sesama Bank UOB.
  13. Nasabah bisa melakukan transaksi untuk Surat Berharga Ritel Negara (eSBN).
  14. Personal Internet Banking UOB memberikan fasilitas top up e-wallet (seperti Gopay, Dana, OVO, dan lainnya), pembayaran kartu kredit, tagihan, telepon dengan menggratiskan biayanya.
  15. Transaksi dapat dilakukan dengan aman karena menggunakan sistem keamanan yang berlapis seperti melalui Factor Authentication, Factors Authentication, dan SMS-One Time Password.

Baca juga: Bank UOB dan Nomor Call Centernya

Syarat dan Ketentuan Memiliki Internet Banking Bank UOB

Untuk mempunyai akun Personal Internet Banking UOB, terdapat beberapa syarat yang perlu dipenuhi yaitu:

  1. Wajib mempunyai nomor telepon yang sudah didaftarkan di sistem Bank UOB Indonesia.
  2. Wajib mempunyai alamat email yang sudah didaftarkan di sistem Bank UOB Indonesia.
  3. Wajib memiliki minimal satu produk layanan Bank UOB Indonesia, tetapi deposito maupun rekening dalam mata uang asing tidak bisa memenuhi syarat pembukaan layanan Personal Internet Banking UOB.
  4. DIharuskan nasabah perorangan atau nasabah tipe joint account OR.

Tips Aman Bertransaksi dengan UOB Internet Banking

Dalam menggunakan Personal Internet Banking UOB, nasabah juga tetap harus menjaga keamanannya walaupun internet banking ini memiliki sistem keamanan yang berlapis. Berikut merupakan tips yang dapat kamu lakukan agar aman saat bertransaksi, yaitu:

  1. Jangan pernah memberikan data rahasia seperti kata sandi, login ID, PIN, data pribadi, dan lainnya apabila ada yang menghubungi nasabah melalui telepon maupun email untuk memintai data tersebut.
  2. Silahkan ubah password kamu secara berkala.
  3. Jangan lupa untuk logout jika transaksi sudah selesai dilakukan.
  4. Usahakan untuk tidak mencatat data pribadi seperti login ID, password, dan lainnya di smartphone kamu.
  5. Pastikan kamu selalu menggunakan perangkat yang kamu percayai seperti smartphone atau laptop pribadi.
  6. Lakukan cek berkala pada mutasi rekening dan email notifikasi untuk memastikan seluruh transaksi yang berjalan berasal dari diri kamu sendiri.
  7. Silahkan simpan website https://pib.uob.co.id/PIBLogin atau http://www.uob.co.id di bookmarks maupun favorite dan selalu akses Personal Internet Banking UOB melalui link tersebut.
  8. Jika kamu merasa ada yang mencurigakan dari Personal Internet Banking UOB, silahkan tutup website-nya dan lapor ke UOB call centre  di nomor 14008.
  9. Biasakan hapus riwayat pencarian dan seluruh aktivitas yang dilakukan di browser, terutama jika sudah logout dari Personal Internet Banking UOB untuk mencegah adanya informasi rekening kamu yang tersimpan.
  10. Biasakan juga tidak menggunakan public Wi-Fi untuk mengakses Personal Internet Banking UOB untuk menghindari adanya kebocoran data saat bertransaksi.
  11. Pastikan perangkat yang kamu gunakan seperti laptop dan smartphone untuk mengakses Personal Internet Banking UOB sudah terlindungi dari virus maupun program yang berbahaya.
  12. Jangan lupa untuk download software anti virus untuk melindungi komputer atau laptop kamu dari virus dan program yang berbahaya.

Baca juga: Waspadai Modus Cyber Crime, Ini Cara Aman Transaksi Internet Banking

Berbagai Istilah Keamanan yang Perlu Diketahui

Dalam dunia bank, Bank UOB memberitahu beberapa istilah keamanan yang perlu nasabahnya ketahui. Berikut merupakan beberapa istilah keamanan yang perlu kamu tahu, yaitu:

  1. Phishing: terdapat pihak yang tidak bertanggungjawab untuk mendapatkan data pribadi seperti login ID, password, PIN, dan lainnya untuk tujuan menipu.
  2. Virus: sebuah software komputer yang dibuat untuk merusak sistem operasi, aplikasi, dan data lainnya yang ada.
  3. SIM Swap: pengambilan nomor yang nasabah gunakan untuk mengakses akun bank.
  4. Malware: sebuah software yang diciptakan untuk merusak sistem komputer yang mengalihkan data input nasabah untuk kepentingan yang tidak bertanggungjawab dan bisa menyebabkan kerugian finansial pada nasabah.
  5. Social Engineering: sebuah penipuan yang dilakukan oleh orang tidak bertanggungjawab dengan cara hipnotis atau manipulasi psikologis korban melalui telepon untuk mengetahui data pribadi.
  6. Keylogger: sebuah software yang bisa menyimpan apa saja yang kamu ketik pada perangkatmu.

Baca juga: Daftar Bank Digital di Indonesia, Yuk Kenalan!

Yuk, Gunakan Internet Banking Bank UOB!

Layanan yang disediakan Bank UOB Indonesia, yaitu Personal Internet Banking (PIB) merupakan layanan yang cukup lengkap untuk memenuhi kebutuhan nasabahnya. Yuk segera dapatkan layanan ini!