Biar Makin Untung, Begini Cara Kumpulkan ‘Point Reward’

Tahukah, ada banyak keuntungan yang menggiurkan dari kartu kredit. Dan yang paling menarik biasanya adalah point reward. Banyak pengguna yang rajin mengumpulkan point reward untuk mendapatkan berbagai keuntungan.

Point reward memang dapat ditukarkan dengan berbagai macam hal seperti diskon hotel, voucher belanja, potongan tiket hingga bebas iuran tahunan. Namun sebelum bisa menukarkannya, Anda harus memenuhi jumlah point reward minimal terlebih dahulu.

Jika point reward kurang, Anda belum bisa menukarkannya. Bagi Anda yang ingin cepat mengumpulkan reward points, ada beberapa tips yang bisa dilakukan.

Tapi untuk mengumpulkan point reward ini ternyata tidaklah sulit. Caranya gampang, lakukan ini biar point reward cepat terkumpul. Tapi sebelum itu, simak ulasan berikut ini.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Bagaimana cara hitung reward points?

Bagi Anda yang punya kartu kredit dengan limit dasar, mengumpulkan point reward dengan cepat memang cukup sulit. Point reward biasanya diberikan tiap transaksi, misalnya penerbit kartu kredit BCA memberikan 1 poin tiap transaksi sebanyak Rp2.500. 

Jika Anda merupakan pengguna kartu kredit berwarna silver dengan limit Rp5.000.000 maka point reward yang bisa didapatkan sebesar Rp5.000.000/Rp2.500 yakni 2000 point per bulan.

Namun melakukan transaksi mencapai batas limit per bulan tidak mungkin selalu dilakukan. Anda bisa menjadi boros jika melakukannya hanya demi reward points. Ada tips lain yang lebih efisien untuk Anda ikuti.

Cara Cepat Kumpulkan Point Reward Kartu Kredit

Point Reward Kartu Kredit
Ilustrasi point reward kartu kredit

Berikut ini adalah cara untuk mendapatkan point reward dengan cara yang mudah dan cepat:

1. Belanja Selalu Pakai Kartu Kredit

Belanja Online
Ilustrasi belanja online pakai kartu kredit

Jika Anda sering belanja bulanan dengan uang tunai atau kartu debit maka Anda harus segera pindah ke kartu kredit. Sebenarnya pembayaran menggunakan uang tunai, kartu debit, maupun kartu kredit besarnya sama saja. Pengeluaran yang Anda lakukan tidak akan berubah meskipun beralih metode pembayarannya.

Bedanya, Anda harus membayar tagihan kartu kredit di akhir bulan sehingga harus mengalokasikan dana untuk hal tersebut. Perbedaan lainnya yaitu, Anda juga bisa menambah point reward menjadi semakin banyak.

2. Gunakan Kartu Kredit untuk Makan dan Hiburan

Liburan Pakai Kartu Kredit
Liburan pakai kartu kredit

Selain belanja rutin, Anda pasti juga membutuhkan barang maupun jasa lainnya yang dilakukan setiap bulan. Kebutuhan Anda tersebut misalnya yaitu dining, pergi bersama teman ke tempat makan yang lumayan mahal, ajakan karaoke, atau ajakan untuk menonton film. 

Untuk melakukan pembayaran, Anda bisa memanfaatkan kartu kredit. Selain mendapatkan reward point, biasanya kartu kredit juga memberikan promo diskon tiket karaoke atau tiket nonton film jika Anda beruntung. Gunakan e-statement untuk melakukan pengecekan transaksi selama satu bulan.

3. Menggunakan Kartu Kredit untuk Transaksi Perawatan Kecantikan

Kartu Kredit untuk SPA
Ilustrasi kartu kredit untuk transaksi SPA

Sudah banyak tempat yang menerima pembayaran dengan kartu kredit termasuk dengan pembayaran jasa seperti treatment ke klinik gigi, klinik kesehatan, atau klinik kecantikan. Anda bisa menggunakan kartu kredit untuk pembayaran karena biasanya juga tersedia promo menarik misalnya diskon.

Ketiga tipe belanja tadi merupakan belanja rutin yang kemungkinan selalu Anda lakukan setiap bulan. Bagi Anda yang masih belum berkeluarga, sulit mencapai limit Rp5 juta dengan hanya belanja rutin bulanan saja.

Biasanya pengeluaran hanya satu hingga dua juta sehingga masih tersisa limit dua hingga tiga juta. Jika Anda mengalaminya, limit tersebut bisa digunakan untuk kebutuhan tidak rutin yang tidak dilakukan setiap bulan.

Kebutuhan tidak rutin misalnya yaitu membeli mesin cuci jika Anda membutuhkannya. Gunakan kartu kredit untuk membeli mesin cuci dengan sistem cicilan. Anda bisa mencari promo cicilan nol % agar tidak membayar bunga cicilan.

Jika tidak membutuhkan barang tertentu, gunakan limit sisa tersebut untuk liburan. Caranya yaitu dengan belilah tiket pesawat pulang pergi menggunakan kartu kredit.

Pilih destinasi yang tidak jauh misalnya saja Malaysia atau Singapura. Biasanya ada promo travel yang bisa menguntungkan Anda.

Baca Juga: Menggunting Kartu Kredit, Perlu Atau Tidak?

Tetap Perhatikan yang Lainnya

Mengatur Keuangan
Jangan lupa mengatur keuangan

Meski manfaat kartu kredit sangat menggiurkan dan menguntungkan dari pengumpulan point reward, tetap saja Anda harus memerhatikan hal-hal lain terkait dampak yang bisa saja merugikan jika tidak bijak dalam penggunaannya. Oleh karena itu, perhatikan hal berikut ini saat menggunakan kartu kredit.

1. Aturlah pengeluaran dengan bijak

Hal yang harus selalu Anda ingat adalah bahwa kartu kredit merupakan pinjaman. Pastikan Anda sudah mengalokasikan dana untuk membayar tagihan yang dibebakan setiap bulannya. Hindari  menggunakan kartu hingga limit namun tidak mampu membayar tagihan. 

Reward points adalah bonus. Jadi janganlah melakukan pemborosan terhadap hal tidak penting hanya untuk mencari reward points.

2. Hati-hati dengan biaya lainnya

Anda harus tahu apa saja biaya lain-lain atau charge yang dibebankan bank penerbit kartu kredit ketika melakukan transaksi. Ada beberapa bank yang memberikan charge sebesar 2,5 % hingga 3 % jika menggunakan kartu kredit di merchant tertentu. 

Ada juga yang membebankan biaya materai sebesar 3.000 untuk selembar tagihan kartu kredit saat tagihan lunas. Dan lain sebagainya tergantung kebijakan dari bank penerbit.

Baca Juga: Lebih Untung Mana, Kartu Kredit atau Kartu Debit?

Nikmati Keuntungan Kartu Kredit Secara Maksimal

Karena point reward didapatkan jika Anda melakukan transaksi, maka cara cepat untuk mengumpulkannya yakni dengan banyak-banyak melakukan transaksi menggunakan kartu kredit. Usahakan setiap transaksi dilakukan menggunakan kartu kredit agar point reward cepat terkumpul. Tapi jangan lupa juga mengontrol pengeluaran dengan baik agar keuangan tidak kedodoran.

Baca Juga: Siapa Bilang Pakai Kartu Kredit Bikin Boros? Bisa Hemat dengan Trik Ini