5 Film Tema Lebaran yang Asyik Buat Temani Rayakan Idul Fitri di Rumah Aja

Idul fitri menjadi momen yang paling di tunggu-tunggu umat muslim di dunia. Sayangnya, perayaan hari kemenangan umat muslim di tahun ini sangat berbeda dari sebelumnya. Adanya wabah pandemi corona atau Covid-19 membuat semua umat muslim di dunia dilarang berkumpul melakukan silaturahmi, dan dihimbau tegas untuk merayakan Idul Fitri di rumah saja, sendiri ataupun bersama dengan keluarga.

Mari kita bersabar dalam menghadapi cobaan wabah covid-19 ini. Meski #LebarandiRumahAja , ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk merayakan momen kemenangan di tengah pandemi.

Pastinya, solat idul fitri dilakukan di rumah saja, lalu silaturahmi bersama kerabat dan keluarga jauh dilakukan melalui video call via WhatsApps, Zoom, Skype, Facebook Messenger, dan lain sebagainya. Lalu, yang tak kalah seru yaitu mengisi waktu dengan menonton film bertemakan lebaran.

Anda bisa nonton bersama streaming atau janjian untuk menonton barengan di rumah masing-masing dengan video call yang menyala. Tentunya, aktivitas ini bisa membuat lebaran Anda menjadi lebih seru dan terasa hangat bersama keluarga atau kerabat.

Berikut ini film-film rekomendasi dari Cermati.com yang cocok ditonton bersama keluarga:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Mencari Hilal

mencari hilal
Mencari hilal via tempo.co

Mencari hilal menjadi kegiatan yang selalu dilakukan Kementerian Agama untuk menentukan hari lebaran kapan akan tiba. Kegiatan ini pun tertuang dalam film Indonesia yang berjudul Mencari Hilal. Bedanya, dalam film ini terdapat konflik yaitu mencari hilal pada sidang isbat memakan biaya hingga miliaran.

Mendengar hal ini, membuat Deddy Sutomo dan Oka Antara memutuskan untuk mencari hilal sendiri dan memberikan bukti kalau ibadah bukan menjadi ajang mencari kekayaan. Cerita inilah yang membuat penontonnya sangat hangat dan menyentuh.

Baca Juga: 5 Fakta 'New Normal' Lebaran Tahun 2020 Akibat Covid-19

2. Mudik Lebaran

Rasa kangen mudik lebaran bisa terobati jika Anda bersama keluarga menonton film yang berjudul Mudik Lebaran. Film ini berkisahkan tentang 4 keluarga yang menjalankan tradisi mudik di saat mendekati hari lebaran. Ditambah lagi film ini diperankan oleh aktor hebat mulai Irwansyah, Wiwid Gunawan, Ray Sahetapy, Leroy Osmany dan lain-lain.

Tahun ini masyarakat Indonesia dilarang mudik lebaran karena harus taat dengan pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di beberapa daerah demi memutus rantai penyebaran virus corona.

3. Lebaran Datang

Hari Raya Idul Fitri sudah tiba. Pastinya semua umat islam akan merasakan haru, kegembiaraan dan lainnya. Namun, di tahun ini pastinya ada rasa sedih yang datang karena Anda tidak bisa berkumpul dengan teman-teman.

Tenang, rasa rindu ini akan terobati dengan film pendek Lebaran Datang. Pada film ini menceritakan bahwa Bersama teman-teman, momen Lebaran jadi lebih seru dan kocak. Selain itu, kamu juga bisa belajar sebuah arti pertemanan yang sesungguhnya.

4. Hadiah Lebaran untuk Ayah

hadiah lebaran untuk ayah
Hadiah lebaran untuk ayah via youtube.com

Maklumi saja, di tengah pandemi corona ini banyak perusahaan yang omsetnya menurun alhasil, tak sedikit karyawan yang di PHK. Namun, masih ada juga karyawan yang tetap bekerja dan mendapatkan haknya, baik gaji dan THR.

Jika dapat THR, jangan langsung Anda habiskan begitu saja untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan sendiri. Lebih baik Anda tonton film berjudul Hadiah Lebaran untuk Ayah yang akan mengajarkan kita bahwa sangat penting memberi sesuatu untuk orangtua, meskipun barang tersebut murah namun sangat berharga dimata orangtua.

Baca Juga: 11 Tradisi Khas Lebaran di Indonesia

5. Emak Ingin Naik Haji

Film Emak ingin Naik Haji juga sangat cocok ditonton bersama keluarga di hari lebaran. Film ini menceritakan bakti seorang anak yang ingin mengabulkan keinginan ibunya agar bisa berangkat ke tanah suci, Mekah untuk menunaikan ibadah haji. Film yang diperankan oleh Reza Rahadian ini tentunya sangat menyentuh hati para penontonnya dan menjadi contoh yang bisa kita tiru.

Film Bertema Keluarga, Lebaran Menjadi Lebih Hangat

Sebetulnya, ada banyak film yang bisa kita tonton, mulai dari drama korea, barat, lokal, genre romantis, komedi dan sebagainya. Namun, alangkah baiknya pilihlah film yang bertemakan tentang kekeluargaan disaat momen lebaran ini.

Dengan begitu, hubungan Anda dengan orangtua, kakak atau adik, suami dan istri menjadi lebih hangat. Lebaran pun akan terasa sangat seru dan tidak membosankan meski merayakan hari kemenangan di rumah saja.

Selamat Hari Raya Idul Fitri untuk semua umat muslim di dunia, semoga pandemi Covid-19 cepat berlalu dan bisa berkumpul bersama keluarga, saudara dan kerabat. Amin.

Baca Juga: Ingin Sharing Momen Lebaran? Ini Dia Tips Upload Momen Lebaran ke Instagram Biar Tambah Spesial