7 Tips Berkendara dengan Aman Selama Puasa Ramadan

Menjalankan ibadah puasa selama bulan Ramadan tentu menjadi kewajiban bagi setiap umat muslim. Kamu pasti berharap bisa menunaikan ibadah puasa ini dengan baik selama satu bulan penuh.Penting untuk menjaga kondisi kesehatan tubuh dengan baik selama bulan puasa, terutama bagi kamu yang terbiasa berkendara sendiri ketika melakukan rutinitas harian.

Sama seperti hari lainnya, berkendara di saat menjalankan puasa juga membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Terutama buat kamu yang ingin melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman. Kamu akan menghadapi kondisi lalu lintas yang padat.

Selain menjaga konsentrasi, menjaga kondisi tubuh tetap fit juga tak kalah pentingnya. Pastikan untuk selalu memiliki persiapan yang baik saat berkendara selama bulan puasa nanti.

Simak beberapa tips berikut ini yang bisa dilakukan untuk berkendara, baik di saat menjalankan rutinitas harian atau perjalanan pulang kampung dengan aman saat berpuasa.

Baca Juga: Jenis Spare Part Mobil dan Bagian yang Kerap Diganti

Bingung cari asuransi mobil terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Tahun Kendaraan
Pilih Merek Mobil
Pilih Model Mobil
Pilih Tipe Mobil
Pilih Plat Kendaraan
Pilih Tipe Asuransi
 

Tips Berkendara Saat Puasa

  1. Lakukan Servis Rutin di Bengkel

    loader

    Lakukan Servis Rutin di Bengkel

    Perjalanan yang aman tentu harus dilakukan dengan menggunakan kendaraan yang juga aman dan dalam kondisi yang prima. Lakukan servis kendaraan di bengkel secara berkala. Cek kembali bagian apa saja yang perlu diperbaiki sehingga kendaraan benar-benar siap untuk digunakan dalam beraktivitas.

    Servis rutin seperti ini akan memperkecil risiko kerusakan pada mobil, termasuk berbagai gangguan selama berkendara, seperti kondisi mesin overheat, ban kempes, mobil mogok, dan lainnya.

    Selain itu, kondisi mobil yang baik akan memungkinkan perjalanan tetap berjalan dengan lancar dan menyenangkan sehingga rutinitas dan juga puasa bisa berjalan dengan baik setiap harinya.

  2. Perbanyak Asupan Protein dan Vitamin

    Selama menjalankan ibadah puasa, kamu juga akan tetap beraktivitas dengan normal sebagaimana biasanya. Semua ini hanya bisa berjalan lancar jika tubuh mendapatkan nutrisi yang cukup dan sesuai dengan kebutuhan.Apalagi, kalau kamu sudah merencanakan mudik sebelum lebaran, penting untuk mencermati asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh selama berpuasa, terutama di saat sahur.

    Konsumsilah makanan yang mengandung cukup banyak protein dan juga vitamin ketika sedang sahur.Kedua nutrisi tersebut dapat memenuhi kebutuhan energi selama menjalankan puasa sepanjang hari sehingga tubuh tetap fit untuk beraktivitas.

    Sebaliknya, hindari untuk mengkonsumsi terlalu banyak karbohidrat ketika sahur, sebab makanan seperti ini bisa menyebabkan kantuk selama menjalankan puasa, termasuk ketika berkendara.

  3. Istirahat dan Tidur yang Cukup

    Jangan lupa untuk tetap beristirahat dan menjaga pola tidur yang teratur selama bulan puasa. Tubuh membutuhkan waktu tidur setidaknya 8 jam setiap harinya, agar konsentrasi tetap tinggi dan tubuh tidak mudah lelah.

    Selain itu, batasi juga untuk melakukan berbagai aktivitas yang bisa menguras tenaga, terutama berbagai aktivitas yang tidak begitu penting. Jika ada waktu luang, akan jauh lebih bijak jika digunakan untuk beristirahat.

    Baca Juga: Bengkel Mobil: Jenis dan Servis Lengkapnya

  4. Sadari Batasan Kemampuan Fisik Ketika Berkendara

    Selama berkendara di bulan puasa, pastikan untuk selalu mencermati kemampuan fisika dengan baik. Perhatikan waktu tempuh serta jarak yang harus ditempuh pada setiap perjalanan dan sesuaikan dengan ketahanan tubuh. Bila sudah merasa lelah atau mengantuk, beristirahat sejenak adalah keputusan yang paling tepat.

    Jika memungkinkan, kamu bisa menepi atau masuk ke rest area dan keluarlah dari mobil untuk melakukan peregangan otot selama beberapa waktu agar aliran darah di dalam tubuh kembali lancar.

    Hiruplah udara segar sehingga pikiran dan tubuh kembali rileks dan sedikit lebih fresh. Meski hanya sebentar, cara ini akan membuat tubuh kembali siap untuk melanjutkan perjalanan berkendara dengan konsentrasi yang baik.

  5. Dengarkan Musik atau Mengobrol Saat Berkendara

    loader

    Berkendara dengan Aman

    Jika memiliki teman lama dalam perjalanan, mengobrol akan membuat perjalanan terasa lebih menyenangkan dan tidak terasa melelahkan. Jika ternyata berkendara seorang diri saja, mendengarkan musik maupun radio bisa menjadi pilihan yang tepat.

    Hal ini akan mengatasi rasa bosan dan mengantuk selama dalam perjalanan, terutama untuk perjalanan yang cukup panjang dan membutuhkan waktu yang lama.

  6. Kontrol Emosi Selama Berkendara

    Kondisi jalanan yang padat dan dipenuhi oleh kendaraan seringkali memancing emosi ketika berkendara. Sebagai pengendara yang baik, kamu harus bisa menghadapi kondisi seperti ini dengan cara yang tepat.

    Kontrol emosi selama berkendara dan hindari hal-hal yang tidak penting selama berada di jalan raya. Selain lebih aman, cara ini juga akan membuat puasa tetap bisa berjalan dengan baik dan lancar.

  7. Memiliki Asuransi Kendaraan

    Selama bulan Ramadan, banyak orang melakukan perjalanan jarak jauh untuk pulang kampung, menghadiri acara keagamaan, atau menjalankan ibadah umrah. Dalam situasi seperti ini, risiko kecelakaan atau kerusakan kendaraan bisa meningkat karena lalu lintas yang padat dan kondisi jalan yang mungkin tidak optimal.

    Dengan memiliki asuransi kendaraan, kita dapat melindungi diri dari berbagai risiko seperti kecelakaan, pencurian, atau kerusakan akibat bencana alam. Asuransi kendaraan memberikan perlindungan finansial yang penting dan menjamin bahwa kita dapat mendapatkan bantuan dan perbaikan yang diperlukan dengan cepat dan efisien jika terjadi sesuatu selama perjalanan. Dengan demikian, memiliki asuransi kendaraan saat berkendara selama bulan Ramadan memberikan rasa aman dan ketenangan pikiran yang sangat berarti.

Berikan Perlindungan Kendaraan dengan Asuransi Mobil

Jika kamu termasuk orang yang harus tetap berkendara selama berpuasa atau yang ingin mudik sebelum lebaran, pastikan untuk mempersiapkan diri dan kendaraan dengan baik.

Selain menerapkan hidup sehat, kamu juga perlu memberikan perlindungan untuk kendaraan dengan asuransi mobil yang tepat. Dengan asuransi mobil, tentunya kamu akan lebih aman selama berkendara karena biaya servis, kerusakan atau jika terjadi kecelakaan akan tercover.

Selain itu, untuk patuhilah semua rambu lalu lintas dengan baik dan tetaplah berkendara dengan tenang sehingga setiap perjalanan bisa dilalui dengan aman.

Baca Juga: Perlukah Mobil Bekas Diasuransikan? Begini Tips Memilih Asuransi Mobil