7 Ide Peluang Usaha dari Jajanan Sekolah, Pasti Laris!

Membuka usaha makanan kecil bisa jadi pilihan untuk kamu yang belakangan ini menghabiskan cukup banyak waktu luang di rumah. Selain menghabiskan waktu dengan lebih bermanfaat, aktivitas ini juga akan memberimu sejumlah penghasilan. Ada banyak ide jualan makanan yang bisa dijadikan pertimbangan, salah satunya aneka  jajanan sekolahan. 

Berbagai jajanan sekolahan ini biasanya cukup populer, terutama di kalangan anak-anak dan juga anak muda. Selain rasanya yang lezat, jajanan sekolahan juga biasanya terbilang mudah untuk dibuat. Hal ini akan sangat membantu dan mempermudah kamu memulai usaha rumahan ini, bahkan meski ini baru akan menjadi usaha pertama yang kamu jalankan. 

Berikut ini adalah beberapa pilihan jajanan sekolahan yang bisa kamu jadikan sebagai ide usaha rumahan: 

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

1. Telur gulung

loader
Telur gulung

Jajanan sekolahan yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi untuk sebagian besar orang. Rasanya yang lezat gurih membuat telur gulung begitu mudah disukai dan juga dijual. Proses pembuatan panganan yang satu ini juga terbilang simple dan bahan yang dibutuhkan juga mudah ditemukan.

Kamu hanya membutuhkan beberapa bahan saja untuk membuatnya, yakni: telur, garam, minyak sayur, penyedap rasa, dan juga sedikit air. Selain itu, siapkan juga penggorengan dan tusuk lidi untuk membuatnya. 

Cara membuat telur gulung bisa dilakukan dengan beberapa langkah mudah berikut: 

  • Pecahkan telur ke dalam wadah. Tambahkan penyedap rasa, sejumput garam dan sedikit air, lalu aduk hingga merata. 
  • Panaskan minyak sayur di dalam wajan dengan api sedang. Jika minyak sudah panas, tuangkan setu sendok sayur adonan telur ke dalam minyak. 
  • Bila telur sudah mengeras, segera gulung dengan menggunakan tusuk lidi yang telah disiapkan. Lakukan langkah ini hingga adonan habis.

2. Kue leker

loader
Kue leker

Panganan manis ini juga sangat mudah disukai yang cocok dijadikan sebagai ide jualan. Kue leker biasanya dijual dengan beberapa pilihan topping, seperti pisang, coklat meses dan juga keju di bagian tengahnya. Ada beberapa bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue ini, antara lain: susu cair, telur, tepung tapioka, terigu, tepung beras, baking powder, margarin, vanili, coklat meses, pisang dan juga keju.  

Kue lekker bisa dibuat dengan beberapa langkah berikut ini: 

  • Campurkan semua bahan kering dalam wadah dan aduk sampai merata.
  • Campurkan margarin, susu dan juga telur di wadah berbeda, lalu aduk rata.
  • Tuangkan adonan basah ke dalam bahan kering perlahan, laluaduk rata hingga tidak lagi ada gumpalan. Jika perlu, saring adonan tersebut. 
  • Panaskan teflon berukuran kecil dengan menggunakan api kecil, lalu olesi dengan mentega. 
  • Tuangkan satu sendok sayur adonan ke teflon dengan merata. Jika sudah terlihat kekuningan, tambahkan topping (meses, keju, atau pisang), lalu lipat kue dan angkat. 

Baca Juga: Bisnis Rumahan yang Lagi Kekinian dengan Omzet Di Atas Gaji Bulanan

3. Cilok

loader
Cilok

Cilok jadi jajanan sekolahan lainnya yang bisa dijadikan sebagai pilihan usaha rumahan. Panganan yang terbuat dari tepung kanji bahkan bisa dibuat dengan mudah.  Kamu hanya membutuhkan beberapa bahan untuk membuatnya, antara lain:  tepung tapioka,  air panas,  terigu,  daun bawang,  penyedap rasa,  garam,  merica dan gula pasir. 

Berikut ini beberapa langkah mudah yang perlu dilakukan untuk membuat cilok:

  • Campurkan tepung tapioka, terugi dan juga daun bawang di dalam wadah.
  • Tambahkan merica, penyedap rasa, garam dan juga gula, lalu aduk rata.
  • Tambahkan air panas sedikit demi sedikit sambil terus diaduk sampai merata.
  • Jika adonan sudah hangat dan tidak terlalu panas, bentuk menjadi bola-bola kecil, lalu rebus dalam air mendidih sampai matang dan kenyal.  

4. Mi lidi kering

loader
Mie lidi kering

Jajanan yang satu ini disukai banyak orang karena rasanya yang gurih, bahkan ada yang pedas. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat mie lidi kering juga hanya spaghetti berbentuk tipis, sejumput garam, sedikit daun jeruk, minyak sayur dan juga bubuk balado. 

Mi lidi kering bisa dibuat dengan beberapa langkah yang sangat mudah berikut ini: 

  • Panaskan minyak dan goreng spaghetti hingga karing, lalu sisihkan. 
  • Tumis daun jeruk hingga wangi, lalu cincang sampai halus dan campurkan ke dalam spaghetti. 
  • Masukkan spaghetti kering ke dalam  wadah yang bisa ditutup rapat, tambahkan garam dan juga bubuk balado. Kocok hingga merata dan sajikan. 

5. Rambut nenek

loader
Rambut nenek

Jajanan berbentuk serabut panjang ini sangat disukai yang populer di kalangan anak sekolahan. Kamu hanya membutuhkan beberapa bahan saja untuk membuat rambut nenek,  antara lain:  gula pasir, terigu, minyak sayur, air putih,  dan juga pewarna makanan. 

Proses pembuatan rambut nenek bisa dilakukan dengan beberapa langkah berikut ini:

  • Sangrai terigu hingga sedikit ringan,  lalu dinginkan.
  • Campurkan gula pasir, air dan pewarna makanan di dalam wajan, lalu masak sambil diaduk terus hingga adonan mendidih.
  • Angkat adonan, diamkan hingga mengental dan dingin. Jika adonan sudah sedikit dingin, tuangkan ke dalam tepung terigu yang telah dingin tersebut. 
  • Tarik-tarik adonan sampai membentuk gulali atau rambut nenek. 

Baca Juga: 5 Strategi Promosi Bisnis Rumahan di Kala Pandemi

6. Es mambo pelangi

loader
Es mambo pelangi

Jika kamu memiliki kulkas,  jajanan sekolahan yang satu ini bisa menjadi pilihan usaha rumahan. Es mambo merupakan panganan yang terbuat dari jeli dan memiliki rasa manis yang khas. Jajanan ini bisa dibuat dengan beberapa bahan yang mudah saja, antara lain: bubuk jeli instan, gula pasir, air minum, susu kental manis, perasa vanilla, pewarna makanan dan juga maizena. 

Es Mambo bisa dibuat dengan beberapa langkah mudah berikut ini: 

  • Campurkan semua bahan kecuali pewarna makanan ke dalam panci, lalu masak dengan menggunakan api sedang hingga mendidih.
  • Angkat adonan dan bagi menjadi 5 pada wadah yang terpisah. 
  • Tambahkan pewarna makanan yang berbeda pada masing-masing adonan, lalu aduk rata. 
  • Masukkan adonan ke dalam kulkas dan diamkan selama 1 jam. 
  • Keluarkan adonan dan masukkan ke dalam plastik secara berurut untuk masing-masing warna yang diinginkan. Ikat plastik dengan baik, lalu masukkan kembali ke kulkas hingga es beku. 

7. Kue jaring laba-laba

loader
Kue jaring laba-laba

Memiliki rasa yang gurih manis, jaring laba-laba menjadi jajanan sekolahan terakhir yang bisa dijadikan sebagai pilihan ide bisnis rumahan. Panganan ini hanya membutuhkan beberapa bahan saja, antara lain: terigu, telur, mentega cair, vanili, garam, gula, dan juga baking powder.

Kue jaring laba-laba bisa dibuat dengan beberapa langkah yang mudah berikut ini:

  • Campurkan terigu, telur, garam dan gula di dalam wadah, lalu aduk hinga rata.
  • Tambahkan mentega dan juga vanili, lalu tuangkan air sedikit demi sedikit hingga adonan kental dan siap untuk dimasak. 
  • Diamkan adonan selama 15 menit, lalu tuangkan ke dalam botol yang sudah dilubangi pada bagian atasnya.
  • Panaskan teflon dan tuangkan adonan membentuk jaring laba-laba, lalu masak hingga kecoklatan dan matang. 

Pilih Jajanan yang Tepat

Jika ingin terjun ke bisnis makanan, tidak ada salahnya mencoba usaha jajanan sekolahan saja. Ada banyak jenis jajanan sekolahan yang populer dan cukup banyak peminatnya. Pilih jajanan yang paling tepat dan memiliki peluang menjanjikan, agar usahamu bisa berjalan dengan sukses.

Baca Juga: Inilah Rahasia di Balik Kesuksesan Menjalankan Usaha Rumahan