Kenali Manfaat, Jenis Produk, Hingga Cara Klaim Asuransi Bhinneka Life

Kesehatan merupakan investasi jangka panjang yang sangat penting dalam hidup. Apalagi, di dunia yang semakin tua ini penyakit yang bermunculan juga semakin banyak. Asuransi kesehatan pun menjadi salah satu investasi jika seandainya terjadi sesuatu yang tidak diinginkan dengan kondisi tubuh di masa depan.

Tapi terkadang, orang sering dibuat kesulitan memilih asuransi karena terlalu banyak pilihan produk di pasaran. Apalagi, masing-masing dari perusahaan tersebut menawarkan pilihan produk yang beragam. Misalnya saja layanan asuransi yang ditawarkan oleh Bhinneka Life.

Meskipun masih termasuk perusahaan asuransi baru, namun produk yang ditawarkan sudah cukup beragam. Jika kamu penasaran apa saja produk yang ditawarkan, simak ulasan tentang asuransi Bhinneka berikut.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

Sekilas tentang Asuransi Bhinneka Life

loader

Bagi sebagian orang, layanan asuransi Bhinneka Life mungkin masih terdengar asing jika dibandingkan dengan sejumlah perusahaan asuransi ternama di Indonesia. Hal itu tidak mengherankan mengingat produk ini memang baru didirikan pada 22 Oktober 2016.

Walaupun sudah berdiri sejak 2016, tetapi perusahaan asuransi ini baru menggunakan nama PT Bhinneka Life Indonesia pada 2018. Tercatat asuransi Bhinneka Life telah memiliki lebih dari 42 ribu pemegang polis.

Meskipun tergolong baru, asuransi Bhinneka Life sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Produk yang ditawarkan pun sudah cukup beragam, mulai dari perlindungan kesehatan, proteksi dana dan investasi, hingga pendidikan.

Di usianya yang masih cukup muda, perusahaan ini juga berhasil mengantongi sejumlah penghargaan. Misalnya seperti Perusahaan Asuransi yang inovatif dalam Pengembangan Produk dan Layanan Kategori Asuransi Jiwa di Indonesia di Indonesia Most Innovative Business Award 2019 hingga Top Corporate Finance Award 2022 untuk Kategori asuransi di Top Corporate Finance Award 2022.

Apa yang Menjadi Kelebihan dari Asuransi Bhinneka Life?

1. Premi Terjangkau

Asuransi Bhinneka Life memiliki produk dengan biaya premi yang terjangkau. Lewat Bhinneka Assurance Keluarga Indonesia, satu keluarga sudah bia mendapatkan perlindungan jiwa hingga Rp13 juta hanya dengan premi mulai dari Rp100 ribu setiap tahun.

2. Pembayaran Premi Praktis

Mengikuti perkembangan jaman, proses pembayaran premi asuransi Bhinneka Life juga semakin praktis. Selain dengan menggunakan autodebet kartu kredit, autodebet rekening bank, dan virtual account lewat mobile banking, internet banking dan ATM, pembayaran premi asuransi Bhinneka juga bisa dilakukan secara digital melalui Gopay. Kamu cukup memindai kode QR di agen pemasaran dan kantor cabang untuk menggunakannya.

3. Memiliki Banyak Pilihan Produk

Meskipun merupakan produk baru, tetapi asuransi Bhinneka Life telah memiliki pilihan produk yang cukup beragam. Setidaknya ada 11 produk asuransi yang dihadirkan oleh perusahaan asuransi jiwa ini. Kamu bisa memilih asuransi untuk kesehatan, keluarga, hingga untuk pendidikan buah hati.

Baca Juga: Kenali Asuransi BCA Life, Hadirkan Ragam Produk, Manfaat, dan Cara Klaim Asuransi

Berbagai Produk-produk Asuransi Bhinneka

Asuransi Bhinneka Life berkembang dengan pesat dalam beberapa tahun terakhir. Di usianya yang belum genap 10 tahun, asuransi ini sudah mampu menghadirkan 11 produk untuk ditawarkan kepada calon nasabahnya. Berikut penjelasan singkat dari berbagai produk tersebut.

Nama Produk Keterangan
Bhinneka Assurance Elite

Ini merupakan produk yang menggabungkan nilai tunai dan santunan meninggal dengan jangka asuransi 5 tahun. Jika mengambil produk ini, kamu tidak diperbolehkan untuk mengambil sebagian atau seluruh nilai tunai selama 5 tahun atau jangka waktu asuransi.

Pemegang polis untuk produk ini berusia minimal 17 tahun atau sudah menikah dengan usia masuk tertanggung 15 hingga 60 tahun. Untuk uang pertanggungannya 125 persen dari premi dasar.

Bhinneka Assurance Keluarga Indonesia Sebagai salah satu produk unggulan, Bhinneka Assurance Keluarga Indonesia menawarkan perlindungan untuk keluarga dengan premi terjangkau. Produk asuransi jiwa yang memberikan jaminan berupa santunan meninggal dunia ini bisa dimiliki hanya dengan premi Rp 100 ribu per keluarga. Masa pertanggungan asuransi ini hanya 1 tahun dengan peserta suami, istri, dan anak yang belum menikah.
Bhinneka Assurance Optima Link Produk asuransi jiwa ini menawarkan kombinasi antara investasi dan proteksi meninggal dunia. Pemegang polis produk ini berusia minimal 17 tahun atau sudah menikah, sedangkan untuk usia tertanggung mulai dari 14 hari hingga 75 tahun. Masa pertanggungan produk ini hingga usia tertanggung 100 tahun.
Bhinneka Assurance Study

Jika mencari produk asuransi dengan banyak manfaat sekaligus, Bhinneka Assurance Study menjadi pilihan yang pas. Tidak hanya memberikan santunan meninggal, produk ini juga mencakup nilai tunai dan dana kelangsungan belajar.

Pemegang polis asuransi ini minimal 17 tahun atau sudah menikah, sementara usia masuk tertanggung dari 17 tahun hingga maksimal usia masuk ditambah masa asuransi 65 tahun. Masa pertanggungan asuransi ini 5 hingga 17 tahun.

Bhinneka Assurance Link Produk ini menawarkan kombinasi antara asuransi jiwa perlindungan meninggal dunia serta investasi. Usia pemegang polis produk ini minimum 17 tahun atau sudah menikah dan usia masuk tertanggung mulai 14 hari hingga 75 tahun. Sementara masa pertanggungan hingga usia tertanggung 99 tahun.
Bhinneka Assurance Protection Produk ini menawarkan asuransi jiwa untuk santunan meninggal serta tabungan. Usia pemegang polis untuk produk ini minimum 17 tahun dan usia masuk tertanggung mulai 14 hari hingga 70 tahun. Masa pertanggungan dari produk ini sampai dengan usia tertanggung 100 tahun.
Bhinneka Assurance Capital Produk ini menyediakan asuransi jiwa yang menggabungkan unsur santunan meninggal dan nilai tunai. Masa asuransi produk ini maksimal hingga tertanggung berusia 65 tahun. Usia pemegang polis minimal 17 tahun atau sudah menikah, sedangkan usia tertanggung 15 hingga 55 tahun. Masa pertanggungan minimal 10 tahun atau maksimal sampai tertanggung berusia 65 tahun.
Bhinneka Assurance Saver Produk ini menawarkan  asuransi jiwa yang menggabungkan antara unsur santunan meninggal dan nilai tunai. Produk ini memiliki masa asuransi selama 5 tahun. Pemegang polis harus berusia minimal 21 tahun atau sudah menikah dengan usia tertanggung mulai dari 20 hingga 70 tahun.
Bhinneka Assurance Investa Link Produk ini menawarkan asuransi jiwa yang memberikan perlindungan meninggal dunia dan investasi. Pemegang polis asuransi ini harus berumur minimal 17 tahun atau sudah menikah dengan usia masuk tertanggung 17 tahun hingga 75 tahun. Untuk masa pertanggungan sampai usia tertanggung mencapai 100 tahun.
Bhinneka Assurance Estate Plus Produk ini menawarkan asuransi jiwa menggabungkan antara unsur santunan meninggal dan nilai tunai. Pemegang polis minimal berusia 17 tahun atau sudah menikah dan usia tertanggung 17 sampai 55 tahun. Masa asuransi untuk produk ini selama 12 tahun.

Syarat Pengajuan Asuransi Bhinneka

loader

Jika kamu berencana untuk menjadi nasabah Bhinneka Life, terdapat sejumlah syarat yang perlu dipenuhi. Syarat ini biasanya berbeda-beda tergantung dari produk yang ingin dibeli. Namun secara umum, berikut persyaratan yang harus dipenuhi.

  • Berusia 14 hari hingga 70 tahun.
  • Perlindungan asuransi bisa diperoleh hingga maksimal usia 55, 70, hingga 100 tahun.

Cara pendaftarannya juga sangat mudah. Kamu cukup menghubungi atau mendatangi agen terpercaya dan bertanggung jawab yang paling dekat. Sebelum melakukan transaksi apapun, kamu perlu memastikan agen tersebut memiliki kode resmi dan mempunyai lisensi khusus Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI).

Jika memang ada hal yang belum kamu ketahui, tanyakan secara jelas dengan agen tersebut terkait jenis produk yang akan dipilih. Pastikan kamu benar-benar paham dengan syarat dan ketentuan, termasuk proses klaim sebelum menyerahkan berkas yang diperlukan, mengisi dan menandatangani SPAJ untuk menyelesaikan pengajuan.

Baca Juga:  Cari Tahu Asuransi BNI Life, Serta Premi dan Cara Klaim Asuransinya

Tata Cara Klaim Asuransi Bhinneka

Untuk bisa melakukan klaim asuransi Bhinneka Life tidak terlalu sulit. Meski begitu, terdapat sejumlah prosedur yang perlu kamu perhatikan agar prosesnya tidak merepotkan. Sejumlah ketentuan dan syarat juga berlaku agar klaim asuransi bisa cair.

  • Pastikan jika kondisi yang dialami memenuhi syarat pengajuan klaim. Perhatikan hal-hal apa saja yang dikecualikan dari penyebab meninggal dunia yang tidak menjadi tanggungan asuransi.
  • Perhatikan waktu pengajuan klaim pembayaran manfaat asuransi. Mayoritas produk dari Bhinneka Life memberikan tenggat waktu 60 hari kalender terhitung dari tanggal terjadinya risiko meninggal dunia untuk pengajuan klaim. Tetapi ada juga produk yang memberikan tenggat waktu 90 hari kalender.
  • Selain itu, setelah adanya pemberitahuan dari pihak asuransi, ada batas waktu 3 tahun terhitung dari tanggal yang telah ditentukan untuk mengambil manfaat asuransi. Jika klaim diajukan di luar tenggat tersebut, maka klaim asuransi bisa ditolak.
  • Jangan lupa untuk memastikan jika polis asuransi masih aktif sehingga kamu bisa mendapatkan manfaat perlindungan dan mengklaimnya saat diperlukan.
  • Jika semua ketentuan sudah sesuai, kamu hanya tinggal mengisi formulir pengajuan klaim secara lengkap, baik untuk klaim meninggal dunia, klaim rider dan kesehatan, maupun klaim unit link. Selanjutnya, lampirkan seluruh dokumen yang diperlukan seperti fotokopi KTP/SIM/Passport pemegang polis/ahli waris, buku tabungan, hingga surat keterangan kematian dari kelurahan/akte kematian dilegalisir seandainya peserta meninggal.
  • Kelengkapan dokumen kemudian tinggal dikirimkan ke Kantor Pusat Bhinneka Life.

Pilihlah Produk Asuransi Bhinneka Life yang Sesuai dengan Kebutuhanmu

Banyaknya produk asuransi Bhinneka Life membuatmu harus jeli dalam memilih. Jangan sampai, niat untuk mendapatkan manfaat perlindungan asuransi justru malah menyulitkanmu dalam membayar premi. Selain itu, pelajari dan pahami semua syarat dan ketentuan dari produk asuransi yang ditawarkan sampai kamu benar-benar mengerti sebelum mengambil penawaran tersebut.

Baca Juga: Miliki Asuransi Sun Life, Prosedur Beli dan Klaim yang Cepat dan Mudah