Asuransi Perjalanan Covid Australia, Syarat Masuk Australia 2023, dan Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik

Kasus Covid-19 sudah mulai menurun di berbagai belahan dunia. Rasanya, keinginan untuk berjalan-jalan tidak dapat ditahan lagi. Setelah kurang lebih dua tahun tidak melakukan perjalanan, bucket list travelling sepertinya sudah penuh.

Lalu, sudah tahu belum bahwa Australia sudah bisa dikunjungi kembali setelah terjadinya pandemi Covid-19? Nah, untuk itu perlu diketahui berbagai syarat masuk ke Australia dan apakah ke Australia membutuhkan asuransi Covid-19 atau tidak. Simak penjelasan berikut ini untuk mengetahui berbagai informasi terjadi perjalanan ke Australia.

Baca juga: Asuransi Perjalanan Covid Laos dan Syarat Masuk Laos 2023

Bingung cari asuransi perjalanan Covid terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Perjalanan Covid Sekarang!  

Syarat Umum Masuk ke Australia

loader

Syarat Masuk ke Australia

Pada dasarnya, Australia telah membuka akses mereka kembali untuk semua pemegang visa dari seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia. Tentunya, syarat utama untuk bisa masuk Australia adalah visa. Untuk bisa masuk ke Australia, terdapat beberapa jenis visa yang bisa dipilih, sesuai dengan tujuan perjalanan.

Terdapat beberapa syarat lainnya yang perlu dipersiapkan, antara lain:

- Paspor yang masih berlaku.

- Visa yang masih berlaku.

- Kartu kedatangan penumpang yang sudah selesai dan ditandatangani.

Ketiga hal ini merupakan hal yang penting untuk diurus dan dibawa. Sebab, pengunjung yang pada saat kedatangannya di Australia tidak dapat menunjukkan kelengkapan data tidak diperbolehkan masuk.

Syarat Tambahan Masuk ke Australia

Sebelumnya, persyaratan masuk ke Australia terkait pandemi Covid-19 cukup rumit. Namun, sejak 6 Juli 2022, Australia telah mengubah dan mempermudah persyaratan tersebut, melihat penyebaran virus Covid-19 yang sudah mulai terhambat. Adapun ketentuan masuk Australia sebagai berikut.

- Pengunjung tidak perlu lagi menunjukkan bukti vaksin Covid-19.

- Pengunjung juga tidak perlu untuk mengisi formulir Deklarasi Penumpang Digital atau Digital Passenger Declaration.

- Bagi penumpang yang belum divaksin, tidak memelukan pengeculian perjalanan untuk memasuki Australia.

Meskipun persyaratan vaksin sudah dicabut, bukan berarti pergi ke Australia sudah bebas dari segala pembatasan virus Covid, ya. Saat di perjalanan menuju ke Australia, baik di pesawat maupun kapal, kamu tetap harus menggunakan masker.

Kamu pun juga diimbau untuk secara ketat memperhatikan gejala-gejala virus Covid yang mungkin terjadi pada dirimu, meskipun tes covid sudah tidak lagi diperlukan.

Lalu, perlu diketahui pula bahwa belum semua bagian negara di Australia memiliki ketentuan seperti di atas. Ketentuan tersebut hanyalah ketentuan umum. Untuk secara spesifiknya, perhatikan persyaratan yang berlaku di setiap daerahnya.Adapun ketentuan tiap daerah di Australia sebagai berikut.

Daerah

Ketentuan

Informasi Tambahan

Australian Capital Territory (ACT)

- Tidak ada ketentuan karantina dan tes Covid-19 untuk pejalan internasional.

- Pejalan internasional perlu memonitor gejala virus Covid-19 setelah kedatangan di ACT. Jika terdapat gejala pernapasan, tetaplah di tempat tinggal dan lakukan tes Covid-19.

- Jika hasil tes negatif, tetaplah di tempat tinggal dan minimalisir kontak dengan orang lain sampai benar-benar pulih.

Pemerintahan ACT

New South Wales (NSW)

Tidak ada ketentuan karantina dan tes Covid-19 untuk pejalan internasional.

- Pejalan internasional perlu memonitor gejala virus Covid-19 setelah kedatangan di ACT. Jika terdapat gejala pernapasan, lakukan isolasi mandiri dan pengetesan Covid-19, disarankan untuk mengambil tes PCR.

Pemerintahan NSW

Daerah Utara (Northern Territory)

- Tidak ada pembatasan untuk pelaku perjalanan yang tiba di Northern Territory dan tidak ada ketentuan pengisian form kedatangan.

- Untuk pejalan internasional, ikuti saran prakedatangan yang ada di situs Smartraveller.

- Jika terdapat gejala dan mendapatkan hasil positif, lihat layanan kesehatan untuk pejalan internasional yang masuk ke NT dan juga langkah-langkah hidup dengan Covid-19.

Pemerintahan Northern Territory

Queensland (QLD)

- Tidak ada ketentuan untuk tes Covid-19 dan karantina pada saat kedatangan.

- Jika dirasa ada gejala Covid-19 yang muncul, langsung lakukan tes. Jika hasilnya positif, ikuti langkah-langkah ini.

Pemerintahan Queensland

Australia Selatan (Southern Australia)

- Semua pelaku perjalanan, baik yang sudah divaksin maupun yang beum divaksin, harus melakukan rapid tes antigen atau PCR.

- Lakukan karantina mandiri selagi menunggu hasil tes keluar.

Pemerintahan Southern Australia

Tasmania (TAS)

- Tidak ada ketentuan tertentu untuk pejalan internasional yang ingin ke Tasmania.

- Jangan melakukan perjalanan jika memiliki gejala Covid-19.

- Cari tahu cara mendapatkan tes jika gejala baru muncul di Tasmania.

Gunakan masker selama perjalanan dan disesuaikan dengan ketentuan di Tasmania.

Pemerintahan Tasmania

Victoria (VIC)

- Tetap menggunakan masker ketika dalam pesawat dan di sekitar airport.

- Tidak ada aturan wajib vaksinasi, karantina, atau tes lagi ketika memasuki wilayah Victoria.

- Namun, lakukan tes jika merasa ada gejala Covid-19 dan tetap berada di rumah atau akomodasi setempat.

Pemerintahan Victoria

Australia Barat (Western Australia)

- Ikuti aturan pemakaian masker yang berlaku di area tertentu.

Lakukan tes jika merasa ada gejala Covid-19. Ikuti pula langkah-langkah isolasi.

- Tidak diperlukan bukti vaksinasi atau tes sebelum keberangkatan.

Pemerintahan Western Australia

Perlu diketahui bahwa ketentuan-ketentuan ini, baik ketentuan umum ataupun ketentuan regional, dapat berubah secara mendadak mengikuti kondisi pandemi Covid-19. Maka, bagi yang ingin berkelana ke Australia harus sering-sering mengecek kembali ketentuan terbaru.

Ketentuan Asuransi Perjalanan Covid Australia

loader

Asuransi Perjalanan Covid Australia

Setelah mengetahui syarat-syarat di atas, dapat diketahui bahwa perjalanan ke Australia tidak membutuhkan asuransi covid. Namun, memiliki asuransi sama pentingnya seperti memiliki paspor. Dengan kata lain, secara tidak langsung asuransi perjalanan Covid juga menjadi salah satu syarat untuk bisa masuk ke Australia, meskipun hal tersebut memang implisit.

Kebijakan Masuk Australia Terkait Covid-19

Sampai saat artikel ini diperbaharui, tidak ada larangan atau pembatasan perjalanan khusus dari Indonesia ke Australia. Selain itu, tidak ada persyaratan untuk mengikuti tes COVID-19 jenis apa pun*.

Namun, pengunjung tetap disarankan untuk melakukan tes secara mandiri untuk memastikan kamu bebas COVID sebelum bepergian ke luar negeri.

*Kebijakan bisa berubah sewaktu-waktu sesuai kondisi dan peraturan negara masing-masing

7 Rekomendasi Tempat Wisata Favorit di Australia

Jalan-jalan ke Australia jangan sampai tidak ada tujuan. Memang banyak tempat wisata menarik yang bisa dijelajahi di Australia. Tapi, kamu boleh banget intip rekomendasi tempat wisata yang cocok untuk semua orang berikut ini.

  1. Sydney Opera House

    loader

    Sydney Opera House

    Sydney Opera House menjadi tempat yang iconic banget dan wajib dikunjungi kalau pergi ke Australia, terutama ke Sydney. Konon katanya, kalau pergi ke Sydney, tapi belum ke sini rasanya belum afdol dan lengkap perjalanannya. Sampai-sampai ada istilah “belum ke Sydney kalau belum ke Sydney Opera House”.Karena Sydney Opera House menjadi ikonnya Sydney, maka sebelum berkunjung ke sini cari tahu dulu segala informasinya.

    Bangunan ini dimasukkan ke dalam Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 2007. Dilihat dari arsitekturnya, tak heran kalau tempat ini menjadi warisan dunia. Tampak luar saja sudah terlihat bentuk yang unik menyerupai cangkang kerang yang berlapis. Desain unik ini merupakan karya Jorn Utzon.

    Sydney Opera House merupakan bangunan yang di dalamnya terdapat aula-aula dengan kapasitas total kurang lebih 4200 orang. Sesuai dengan namanya, aula ini difungsikan sebagai tempat pertunjukan opera, teater, drama, dan sebagainya. Tidak hanya itu, secara keseluruhan bangunan ini memiliki setidaknya 1000 ruangan dengan masing-masing ruangan berbeda fungsi.

  2. Bourke Street Walk

    loader

    Bourke Street Walk

    Bagi kamu yang suka shopping sambil menikmati indahnya jalanan, Bourke Street Walk jadi tempat yang sangat tepat. Jalan ini akan selalu dipenuhi dengan hiruk pikuk manusia karena terletak tepat di Central Business District (CBD) atau Distrik Sentral Bisnis Melbourne, Victoria.

    Sambil berbelanja, kamu akan ditemani dan dimanjakan dengan live music yang dibawakan oleh pengamen profesional dan musisi-musisi lainnya yang memainkan musik dari berbagai genre. Jangan salah, pengamen ini tidak meminta uang, tapi justru mereka menawarkan lagu-lagu mereka pada pengunjung.

    Apa saja yang bisa dilakukan di sini? Tentunya, kamu bisa berbelanja di department store, seperti Myer dan David Jones. Di sini, kamu bisa belanja barang-barang fashion dari merek-merek atau desainer internasional. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan souvenir lucu dan juga barang elektronik.

    Jika bosan dengan berbelanja, kamu bisa berhenti sejenak di Union Lane untuk melihat seni dan juga Melbourne’s GPO untuk wisata sejarah atau edukasional. Jangan khawatir tersasar, di sepanjang jalan ini terdapat kios-kios informasi yang bisa memberikan berbagai informasi terkait Melbourne.

  3. Phillip Island Penguin Parade

    loader

    Phillip Island Penguin Parade

    Masih di Victoria, kamu bisa parade penguin-penguin lucu di Phillip Island Nature Parks Australia. Selain penguin, terdapat fauna lain yang berada di sini. Umumnya, binatang yang ada dalam kawasan konservasi ini merupakan binatang yang habitatnya berada di laut dan sekitarnya.

    Wisatawan dapat melihat pinguin-pinguin secara langsung dan dekat pada saat binatang ini sedang parade menuju dan dari laut. Pada momentum ini, wisatawan diajak untuk menyaksikan penguin berparade. Terdapat tempat-tempat khusus yang disediakan untuk bisa melihat penguin secara jelas.

  4. London Court

    loader

    London Court

    Wisata dengan suasana Inggris bisa kamu rasakan di Australia, tepatnya di London Court. Suasana yang ada dalam London Court ini menggambarkan Inggris kuno, karena bangunannya sudah dibangun kurang lebih 90 tahun, tepatnya pada tahun 1937.

    Ketika mengunjungi London Court, tentunya tidak hanya melihat-lihat. Di sini, terdapat banyak tempat berbelanja barang-barang fashion, seperti pakaian, tas dari kulit buaya, sepatu, aksesoris, dan lainnya. Kamu juga mendapatkan souvenir-souvenir kebudayaan yang khas, seperti budaya aborigin. Karya seni pun juga bisa didapatkan. Ketika lelah berjalan-jalan, ada kafe yang menyuguhkan berbagai jenis makanan, kopi, coklat, dan sebagainya.

  5. Great Barrier Reef

    loader

    Great Barrier Reef

    Beralih ke wisata alam, kamu bisa mengunjungi Great Barrier Reef di Queensland. Dengan luas sebesar 2300 kilometer, Great Barrier Reef merupakan wisata alam dengan deretan terumbu karang terbesar di dunia. Di sini, kamu bisa melakukan banyak aktivitas air sambil menikmati keindahan lautnya.

    Jika kamu suka keindahan dasar laut, kamu bisa snorkeling atau bahkan menyelam (diving) di sini dan bermain dengan ikan-ikan dan satwa laut lainnya. Namun, jika kamu hanya ingin berenang di air yang jernih juga bisa. Selain itu, kamu pun bisa melakukan aktivitas lainnya, seperti berpesiar, menaiki pesawat amfibi, berlayar, skydiving, trailing atau hiking, melihat satwa sekitar pulau, atau sekadar bersantai.

  6. Uluru-Kata Tjuna National Park

    loader

    Uluru-Kata Tjuna National Park

    Berkunjung ke Uluru-Kata Tjuna, akan disapa dengan monolit raksasa Uluru dan Kata Tjuna yang merupakan bebatuan berwarna merah. Uluru merupakan monolit terbesar di dunia, sedangkan Kata Tjuna memiliki kurang lebih 36 kubah raksasa. Sejak lama, kedua situs ini menjadi tempat yang sakral bagi suku setempat, yaitu suku Anangu yang telah hidup di sini lebih dari 20.000 tahun.

    Meskipun tempat ini sakral, tempat ini juga terbuka untuk pengunjung atau wisatawan. Ketika berkunjung ke sini, kamu dapat mempelajari budaya lokal suku Anangu yang dapat dilihat melalui galeri dan presentasi budaya serta mempelajari karya seninya. Kamu juga bisa melihat padang cahaya pada malam hari. Di siang harinya, kamu bisa menyaksikan balap unta, berpetualang menggunakan unta, atau menyusuri trek.

  7. Kangaroo Island

    loader

    Kangaroo Island

    Berkunjung ke Australia rasanya tidak lengkap jika tidak melihat kanguru. Sebagai negara yang dijuluki sebagai Negeri Kanguru, Australia memiliki pulau tersendiri yang menjadi tempat tinggal banyak kanguru, yaitu Kangaroo Island atau Pulau Kanguru.

    Ketika ke sini, kamu tidak hanya melihat kanguru, banyak satwa lokal lucu lainnya yang berada di pulau ini, seperti koala, singa laut, dan anjing laut. Bahkan, kamu bisa melihatnya langsung hanya dengan berjalan di pantai di antara binatang-binatang tersebut. Selain itu, kamu juga bisa berenang dengan lumba-lumba liar yang juga dirawat di pulau itu.

    Selain bermain dengan binatang, kamu juga bisa bermain di ladang pasir dan mencoba berselancar dari bukit-bukit pasirnya. Adapun pada lavender yang wangi dan indah yang bisa kamu jumpai. Menjelajahi alam di Kangaroo Island juga menjadi pilihan yang menarik, sebab di sini terdapat alam yang indah dan unsur geologis alam yang ajaib dan unik.

    Sebenarnya, jalan-jalan ke Australia tidak ada habisnya karena wisatanya beragam jenisnya dan banyak pula. Jika kamu menyukai wisata alam dan suka bermain ke hidden gems, Australia menjadi tempat yang tepat untuk kamu kunjungi. Namun, wisata alam bukan menjadi hiburan satu-satunya. Bagi yang tidak suka wisata alam, terdapat wisata sejarah dan budaya yang juga menarik untuk dilihat.

Baca juga: Asuransi Perjalanan Covid Kamboja dan Syarat Masuk Kamboja 2023

Aman Berkelana dengan Asuransi Perjalanan Covid Australia!

Di beberapa negara yang sudah buka untuk umum, dibutuhkan asuransi perjalanan yang menanggung biaya perawatan Covid-19. Meskipun Australia tidak membutuhkannya, tindakan preventif juga sangat baik untuk dilakukan. Dengan begitu, jalan-jalan ke Australia tidak perlu khawatir lagi jika sudah memiliki asuransi covid Australia.

Sebagai langkah proteksi diri, kamu bisa membeli asuransi Covid-19 Australia yang bisa membantu menanggung biaya pengobatan beserta rawat inap akibat Covid-19. Caranya simpel, kamu tinggal mengajukan asuransi perjalan Covid-19 online melalui produk keuangan Cermati.com. Selain asuransi, bentuk proteksi yang paling penting untuk tetap dilakukan adalah menjaga protokol kesehatan saat berkunjung ke Australia.

Disclaimer: Seluruh informasi yang ada dalam artikel ini, terutama mengenai persyaratan perjalanan, tidak bisa digunakan sepenuhnya sebagai rujukan perjalanan. Sangat dianjurkan untuk membaca kembali informasi yang lengkap dari berbagai sumber resmi yang dibuat oleh otoritas terkait yang mengatur kebijakan perjalanan ke negara tujuan.