Asuransi Perjalanan Covid Australia, Syarat Masuk Australia 2022, dan Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik

Kasus Covid-19 sudah mulai menurun di berbagai belahan dunia. Rasanya, keinginan untuk berjalan-jalan tidak dapat ditahan lagi. Setelah kurang lebih dua tahun tidak melakukan perjalanan, bucket list travelling sepertinya sudah penuh.

Lalu, sudah tahu belum bahwa Australia sudah bisa dikunjungi kembali setelah terjadinya pandemi Covid-19? Nah, untuk itu perlu diketahui berbagai syarat masuk ke Australia dan apakah ke Australia membutuhkan asuransi Covid-19 atau tidak. Simak penjelasan berikut ini untuk mengetahui berbagai informasi terjadi perjalanan ke Australia.

Syarat Umum Masuk ke Australia

loader

Syarat Masuk ke Australia

Pada dasarnya, Australia telah membuka akses mereka kembali untuk semua pemegang visa dari seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia. Akan tetapi, syarat utama untuk bisa masuk ke Australia selain visa adalah pengunjung sudah divaksinasi penuh. Masuk ke Australia juga tidak memerlukan bukti tes antigen lagi per 18 April 2022 kemarin. Namun, hal ini tergantung pada aturan setiap negara bagian.

Bagi pelaku perjalanan ke Australia, hukumnya wajib sudah melakukan vaksinasi Covid-19 dosis penuh. Dalam hal ini, dosis penuh yang maksud adalah setidaknya sudah divaksin sebanyak 2 kali atau 1 kali khusus untuk vaksin Johnson & Johnson dan Janssen-Cilag. Adapun vaksin yang diterima oleh Australia dapat dilihat dalam tautan ini

Tidak hanya sudah divaksinasi, tapi pelaku perjalanan juga harus menunjukkan bukti vaksinasi tersebut. Setiap pelaku perjalanan yaudah sudah berusia lebih dari 12 tahun wajib melakukan vaksinasi. Adapun beberapa kriteria pelaku perjalanan terkait vaksinasi yang ditentukan Australia:

  • Memenuhi definisi divaksinasi penuh yang telah ditentukan Australia.
  • Merupakan anak-anak di bawah umur 12 tahun.
  • Merupakan anak umur 12-17 tahun yang akan melakukan perjalanan ke Australia dengan setidaknya 1 dewasa yang telah divaksinasi penuh.
  • Tidak dapat divaksinasi karena alasan kesehatan.

Lalu, bagaimana bagi yang belum divaksinasi, tapi ingin pergi ke Australia? Nah, pelaku perjalanan bisa melakukan vaksin terlebih dahulu setidaknya 7 hari sebelum keberangkatan. Jika tidak melakukan vaksinasi, visa pengunjung akan dibatalkan. Namun, jika kamu termasuk orang-orang yang tidak dapat melakukan vaksinasi atau belum berhak mendapatkan vaksinasi, bisa mendaftarkan diri untuk dibebaskan dari wajib vaksin.

Syarat Tambahan Masuk ke Australia

Selain syarat umum masuk ke Australia, pelaku perjalanan juga perlu memerhatikan syarat-syarat tambahan sebagai berikut.

1. Mengisi Digital Passenger Declaration

Semua pengunjung yang tiba di Australia wajib menyelesaikan pengisian Digital Passenger Declaration (DPD). Kamu akan diminta bukti pengisiannya pada saat check-in di bandara. Sebenarnya, pengisian DPD ini bisa dilakukan 7 hari sebelum keberangkatan ke Australia. Tapi, DPD baru bisa difinalisasikan dalam 72 jam atau 3 hari sebelum keberangkatan, setelah bukti vaksinasi disertakan. Pastikan informasi yang dimasukkan benar agar tidak terkena pinalti dari pemerintah Australia.

2. Cek Ketentuan Karantina dan Ketentuan Lokal Lainnya

Selain persyaratan di atas, ada pula syarat masuk Australia yang ditentukan berdasarkan negara bagian atau daerah khusus di Australia. Setiap daerah memiliki syarat masuk yang berbeda-beda sehingga kamu perlu mengecek kembali ketentuan yang ada. Ketentuan itu bisa dilihat di sini

Jika kamu pergi ke suatu bagian di Australia dan ingin berkunjung ke bagian yang lainnya, ada beberapa ketentuan yang perlu diketahui. Pertama, jika kamu berada atau pernah berada di luar Australia 14 hari sebelum kedatangan ke bagian negara lainnya, ada kemungkinan kamu tidak diperbolehkan masuk atau diarahkan untuk melakukan karantina terlebih dahulu. Namun, jika selama 14 hari itu kamu hanya berada di Australia, bisa ikuti ketentuan perjalan domestik Australia

Adapun ketentuan tiap daerah di Australia sebagai berikut.

Daerah

Ketentuan

Informasi Tambahan

Australian Capital Territory (ACT)

- Pelaku perjalanan dikatakan pejalan internasional jika tiba di ACT dalam kurun waktu 7 hari setelah kedatangan di Australia.

- Menyelesaikan online declaration form dalam 24 jam kedatangan ke ACT.

- Melakukan tes antigen Covid-19 dalam 24 jam kedatangan di Australia. Test PCR juga dapat digunakan jika antigen tidak tersedia. 

- Langsung ke tempat penginapan sampai mendapatkan hasil tes negatif.

- Ikuti pembatasan ketika memasuki fasilitas risiko tinggi di ACT selama 7 hari setelah kedatangan di Australia.

Pemerintahan ACT

New South Wales (NSW)

- Langsung ke tempat penginapan.

- Melakukan tes antigen langsung setelah kedatangan dan melakukan isolasi mandiri sampai hasil tes keluar negatif.

- Melakukan tes antigen kedua setelah hari ke-6.

- Tidak mengunjungi tempat-tempat berisiko tinggi selama 7 hari.

Pemerintahan NSW

Daerah Utara (Northern Territory)

Tidak ada pembatasan untuk pelaku perjalanan yang tiba di Northern Territory dan tidak ada ketentuan pengisian form kedatangan.

Pemerintahan Northern Territory

Queensland (QLD)

- Pelaku perjalanan dikatakan pejalan internasional jika berada di luar Australia dalam kurun waktu 14 hari terakhir sebelum kedatangannya di Queensland.

- Menyelesaikan registrasi kedatangan internasional Queensland.

- Melakukan tes antigen dalam 24 jam kedatangan dan melakukan isolasi mandiri hingga mendapatkan hasil negatif.

Pemerintahan Queensland

Australia Selatan (Southern Australia)

- Pelaku perjalanan dikatakan pejalan internasional jika berada di luar Australia dan tiba di Australia Selatan dalam kurun waktu 7 hari

- Melakukan tes dalam 24 jam kedatangan dan melakukan karantina mandiri sampai mendapatkan hasil negatif

- Tidak mendatangi tempat-tempat berisiko tinggi selama 7 hari setelah kedatangan.

Pemerintahan Southern Australia

Tasmania (TAS)

- Lihat daftar tempat berisiko tinggi beserta ketentuannya berdasarkan riwayat perjalanan 14 hari sebelum kedatangan.

- Jika pernah berada di area dengan risiko tinggi, pejalan perlu mendapatkan persetujuan. 

- Jika disetujui, tunjukkan hasil negatif Covid-19 sebelum keberangkatan ke Tasmania dan lakukan karantina sampai 7 hari. 

- Pada hari pertama dan ke-5 setelah sampai di Tasmania dan ikuti ketentuan yang ada. 

- Untuk yang sudah divaksin penuh, tidak perlu daftar kembali untuk masuk Tasmania atau tes Covid-19. Hanya perlu menunjukkan bukti vaksin di perbatasan.

Pemerintahan Tasmania

Victoria (VIC)

- Pelaku perjalanan dikatakan pejalan internasional jika pernah berada di luar Australia dalam 14 hari terakhir sebelum kedatangan di Victoria.

- Mendapatkan izin kedatangan penumpang internasional dari Service Victoria. Perlu dilakukan jika berada di luar Australia dalam 14 hari terakhir termasuk datang dari bagian Australia lainnya.

- Langsung pergi ke tempat penginapan.

- Melakukan PCR atau antigen Covid-19 dalam 24 jam kedatangan dan melakukan isolasi mandiri sampai mendapatkan hasil negatif. 

- Cek pembatasan ketika memasuki area sensitif

- JIka masuk dari bagian Australia lainnya, ikuti ketentuan lainnya yang berlaku di Australia saat kedatangan.

Pemerintahan Victoria

Australia Barat (Western Australia)

Pejalan internasional boleh masuk dengan syarat sudah divaksin lengkap dan syarat lainnya:

- Memenuhi ketentuan Pemerintahan Commonwealth untuk masuk Australia.

- Memiliki G2G Pass yang terdaftar

- Melakukan tes antigen dalam 12 jam kedatangan dan melaporkan jika ada hasil positif.

Pemerintahan Western Australia

Perlu diketahui bahwa ketentuan-ketentuan ini, baik ketentuan umum ataupun ketentuan regional, dapat berubah secara mendadak mengikuti kondisi pandemi Covid-19. Maka, bagi yang ingin berkelana ke Australia harus sering-sering mengecek kembali ketentuan terbaru. 

Ketentuan Asuransi Perjalanan Covid Australia

loader

Asuransi Perjalanan Covid Australia

Setelah mengetahui syarat-syarat di atas, dapat diketahui bahwa perjalanan ke Australia tidak membutuhkan asuransi covid. Meskipun demikian, vaksinasi lengkap menjadi syarat utama untuk tetap bisa ke Australia. Adapun syarat pembatasan lainnya yang perlu diikuti oleh para pelaku perjalanan. 

Kebijakan Karantina Australia untuk Pengunjung dari Luar Negeri

loader

Ketentuan Karantina Australia

Pada dasarnya, masuk ke Australia tidak membutuhkan karantina. Namun, ada beberapa negara bagian di Australia yang masih meminta tes antigen, setidaknya selama 24 jam kedatangan. Selama menunggu hasil antigen, pelaku perjalanan diminta untuk melakukan isolasi mandiri atau karantina mandiri di penginapan masing-masing sampai mendapatkan hasil yang negatif.

Selain itu, masih ada negara bagian di Australia, seperti Tasmania, yang membutuhkan karantina selama 7 hari. Selama karantina itu pula, pelaku perjalanan perlu melakukan tes antigen kembali pada hari pertama dan ke-5.

Karena kebijakan karantina di setiap negara bagian berbeda, penting bagi para pengunjung untuk mengetahui regulasi tiap daerah yang ingin dikunjunginya. Lakukan pengecekan berkala, terutama sebelum waktu keberangkatan, untuk mengetahui update terbaru dari regulasinya. Jangan sampai tiket yang kamu beli tidak sesuai dengan aturan negara bagiannya. 

Selain itu, regulasi juga dapat berubah secara mendadak berdasarkan kondisi di negara dan tiap negara bagian tersebut. Pastikan regulasi yang dibaca merupakan regulasi terkini.

Pengecualian Masuk Ke Australia

Selain syarat-syarat di atas, terdapat beberapa pengecualian jika ingin tetap masuk ke Australia. Pengecualian yang dibolehkan Australia antara lain sebagai berikut.

  1. Bagi pengunjung yang divaksinasi perlu mendapatkan pengecualian perjalanan yang sah untuk bisa memasuki Australia. Namun, harus mengikuti dan mematuhi aturan karantina yang berlaku di berbagai daerah di Australia.
  2. Pengunjung yang telah diberikan pengecualian sebelum keberangkatannya ke Australia. Untuk informasi lengkapnya ada di tautan ini.
  3. Pengunjung yang sebelumnya pernah berada di Australia, New Zealand, atau keduanya selama 14 hari penuh sebelum memasuki Australia.

Untuk informasi selengkapnya, kamu dapat mengunjungi situs resmi Departemen Dalam Negeri Australia.

7 Rekomendasi Tempat Wisata Favorit di Australia

Jalan-jalan ke Australia jangan sampai tidak ada tujuan. Memang banyak tempat wisata menarik yang bisa dijelajahi di Australia. Tapi, kamu boleh banget intip rekomendasi tempat wisata yang cocok untuk semua orang berikut ini.

1. Sydney Opera House

Sydney Opera House menjadi tempat yang iconic banget dan wajib dikunjungi kalau pergi ke Australia, terutama ke Sydney. Konon katanya, kalau pergi ke Sydney, tapi belum ke sini rasanya belum afdol dan lengkap perjalanannya. Sampai-sampai ada istilah “belum ke Sydney kalau belum ke Sydney Opera House”.Karena Sydney Opera House menjadi ikonnya Sydney, maka sebelum berkunjung ke sini cari tahu dulu segala informasinya. 

Bangunan ini dimasukkan ke dalam Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 2007. Dilihat dari arsitekturnya, tak heran kalau tempat ini menjadi warisan dunia. Tampak luar saja sudah terlihat bentuk yang unik menyerupai cangkang kerang yang berlapis. Desain unik ini merupakan karya Jorn Utzon. 

Sydney Opera House merupakan bangunan yang di dalamnya terdapat aula-aula dengan kapasitas total kurang lebih 4200 orang. Sesuai dengan namanya, aula ini difungsikan sebagai tempat pertunjukan opera, teater, drama, dan sebagainya. Tidak hanya itu, secara keseluruhan bangunan ini memiliki setidaknya 1000 ruangan dengan masing-masing ruangan berbeda fungsi.

2. Bourke Street Walk

Bagi kamu yang suka shopping sambil menikmati indahnya jalanan, Bourke Street Walk jadi tempat yang sangat tepat. Jalan ini akan selalu dipenuhi dengan hiruk pikuk manusia karena terletak tepat di Central Business District (CBD) atau Distrik Sentral Bisnis Melbourne, Victoria. 

Sambil berbelanja, kamu akan ditemani dan dimanjakan dengan live music yang dibawakan oleh pengamen profesional dan musisi-musisi lainnya yang memainkan musik dari berbagai genre. Jangan salah, pengamen ini tidak meminta uang, tapi justru mereka menawarkan lagu-lagu mereka pada pengunjung. 

Apa saja yang bisa dilakukan di sini? Tentunya, kamu bisa berbelanja di department store, seperti Myer dan David Jones. Di sini, kamu bisa belanja barang-barang fashion dari merek-merek atau desainer internasional. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan souvenir lucu dan juga barang elektronik. 

Jika bosan dengan berbelanja, kamu bisa berhenti sejenak di Union Lane untuk melihat seni dan juga Melbourne’s GPO untuk wisata sejarah atau edukasional. Jangan khawatir tersasar, di sepanjang jalan ini terdapat kios-kios informasi yang bisa memberikan berbagai informasi terkait Melbourne.

3. Phillip Island Penguin Parade

Masih di Victoria, kamu bisa parade penguin-penguin lucu di Phillip Island Nature Parks Australia. Selain penguin, terdapat fauna lain yang berada di sini. Umumnya, binatang yang ada dalam kawasan konservasi ini merupakan binatang yang habitatnya berada di laut dan sekitarnya. 

Wisatawan dapat melihat pinguin-pinguin secara langsung dan dekat pada saat binatang ini sedang parade menuju dan dari laut. Pada momentum ini, wisatawan diajak untuk menyaksikan penguin berparade. Terdapat tempat-tempat khusus yang disediakan untuk bisa melihat penguin secara jelas.

4. London Court

Wisata dengan suasana Inggris bisa kamu rasakan di Australia, tepatnya di London Court. Suasana yang ada dalam London Court ini menggambarkan Inggris kuno, karena bangunannya sudah dibangun kurang lebih 90 tahun, tepatnya pada tahun 1937. 

Ketika mengunjungi London Court, tentunya tidak hanya melihat-lihat. Di sini, terdapat banyak tempat berbelanja barang-barang fashion, seperti pakaian, tas dari kulit buaya, sepatu, aksesoris, dan lainnya. Kamu juga mendapatkan souvenir-souvenir kebudayaan yang khas, seperti budaya aborigin. Karya seni pun juga bisa didapatkan. Ketika lelah berjalan-jalan, ada kafe yang menyuguhkan berbagai jenis makanan, kopi, coklat, dan sebagainya.

5. Great Barrier Reef

Beralih ke wisata alam, kamu bisa mengunjungi Great Barrier Reef di Queensland. Dengan luas sebesar 2300 kilometer, Great Barrier Reef merupakan wisata alam dengan deretan terumbu karang terbesar di dunia. Di sini, kamu bisa melakukan banyak aktivitas air sambil menikmati keindahan lautnya.

Jika kamu suka keindahan dasar laut, kamu bisa snorkeling atau bahkan menyelam (diving) di sini dan bermain dengan ikan-ikan dan satwa laut lainnya. Namun, jika kamu hanya ingin berenang di air yang jernih juga bisa. Selain itu, kamu pun bisa melakukan aktivitas lainnya, seperti berpesiar, menaiki pesawat amfibi, berlayar, skydiving, trailing atau hiking, melihat satwa sekitar pulau, atau sekadar bersantai.

6. Uluru-Kata Tjuna National Park

Berkunjung ke Uluru-Kata Tjuna, akan disapa dengan monolit raksasa Uluru dan Kata Tjuna yang merupakan bebatuan berwarna merah. Uluru merupakan monolit terbesar di dunia, sedangkan Kata Tjuna memiliki kurang lebih 36 kubah raksasa. Sejak lama, kedua situs ini menjadi tempat yang sakral bagi suku setempat, yaitu suku Anangu yang telah hidup di sini lebih dari 20.000 tahun.

Meskipun tempat ini sakral, tempat ini juga terbuka untuk pengunjung atau wisatawan. Ketika berkunjung ke sini, kamu dapat mempelajari budaya lokal suku Anangu yang dapat dilihat melalui galeri dan presentasi budaya serta mempelajari karya seninya. Kamu juga bisa melihat padang cahaya pada malam hari. Di siang harinya, kamu bisa menyaksikan balap unta, berpetualang menggunakan unta, atau menyusuri trek. 

7. Kangaroo Island

Berkunjung ke Australia rasanya tidak lengkap jika tidak melihat kanguru. Sebagai negara yang dijuluki sebagai Negeri Kanguru, Australia memiliki pulau tersendiri yang menjadi tempat tinggal banyak kanguru, yaitu Kangaroo Island atau Pulau Kanguru. 

Ketika ke sini, kamu tidak hanya melihat kanguru, banyak satwa lokal lucu lainnya yang berada di pulau ini, seperti koala, singa laut, dan anjing laut. Bahkan, kamu bisa melihatnya langsung hanya dengan berjalan di pantai di antara binatang-binatang tersebut. Selain itu, kamu juga bisa berenang dengan lumba-lumba liar yang juga dirawat di pulau itu. 

Selain bermain dengan binatang, kamu juga bisa bermain di ladang pasir dan mencoba berselancar dari bukit-bukit pasirnya. Adapun pada lavender yang wangi dan indah yang bisa kamu jumpai. Menjelajahi alam di Kangaroo Island juga menjadi pilihan yang menarik, sebab di sini terdapat alam yang indah dan unsur geologis alam yang ajaib dan unik.

Sebenarnya, jalan-jalan ke Australia tidak ada habisnya karena wisatanya beragam jenisnya dan banyak pula. Jika kamu menyukai wisata alam dan suka bermain ke hidden gems, Australia menjadi tempat yang tepat untuk kamu kunjungi. Namun, wisata alam bukan menjadi hiburan satu-satunya. Bagi yang tidak suka wisata alam, terdapat wisata sejarah dan budaya yang juga menarik untuk dilihat.

Aman Berkelana dengan Asuransi Perjalanan Covid Australia!

Di beberapa negara yang sudah buka untuk umum, dibutuhkan asuransi perjalanan yang menanggung biaya perawatan Covid-19. Meskipun Australia tidak membutuhkannya, tindakan preventif juga sangat baik untuk dilakukan. Dengan begitu, jalan-jalan ke Australia tidak perlu khawatir lagi jika sudah memiliki asuransi covid Australia.

Sebagai langkah proteksi diri, kamu bisa membeli asuransi Covid-19 Australia yang bisa membantu menanggung biaya pengobatan beserta rawat inap akibat Covid-19. Caranya simpel, kamu tinggal mengajukan asuransi perjalan Covid-19 online melalui produk keuangan Cermati.com. Selain asuransi, bentuk proteksi yang paling penting untuk tetap dilakukan adalah menjaga protokol kesehatan saat berkunjung ke Australia.

Disclaimer: Seluruh informasi yang ada dalam artikel ini, terutama mengenai persyaratan perjalanan, tidak bisa digunakan sepenuhnya sebagai rujukan perjalanan. Sangat dianjurkan untuk membaca kembali informasi yang lengkap dari berbagai sumber resmi yang dibuat oleh otoritas terkait yang mengatur kebijakan perjalanan ke negara tujuan.