Beri Perlindungan pada Proyek Konstruksi dan Peralatannya, Ini Pengertian Asuransi Rekayasa, Manfaat, dan Jenisnya

Hampir semua aktivitas yang dilakukan manusia di kehidupan sehari-harinya pasti memiliki risiko. Sebagai contoh, risiko mengalami kecelakaan ketika sedang dalam perjalanan, terkena PHK tiba-tiba, atau bahkan terserang penyakit hingga meninggal dunia semuanya bisa saja terjadi tanpa pertanda. Oleh karena itu, untuk menyiasati risiko tersebut, semua orang dianjurkan untuk memiliki yang namanya asuransi. 

Jenis produk yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi pun sudah sangat beragam dengan manfaat perlindungan berbeda sesuai kebutuhan para nasabahnya. Salah satu contoh produk asuransi yang penting untuk diketahui dan didapatkan manfaatnya adalah asuransi rekayasa. Produk ini memberi proteksi terhadap risiko kerusakan atau kerugian harta benda akibat kecelakaan mendadak dan tak bisa diperkirakan sesuai ketentuan pada polis.

Dibanding dengan asuransi kesehatan atau asuransi jiwa, produk asuransi rekayasa mungkin masih belum banyak dikenal oleh masyarakat luas. Padahal, manfaat yang diberikannya terbilang cukup penting bagi kalangan tertentu. 

Oleh karena itu, jika kamu ingin tahu lebih lanjut tentang apa itu asuransi rekayasa, manfaat atau keuntungan yang diberikan, hingga beragam jenisnya, simak penjelasan berikut ini. 

Pengertian Asuransi Rekayasa

loader

Pada dasarnya, asuransi rekayasa adalah produk asuransi dengan manfaat memberi jaminan proteksi terhadap risiko kerusakan atau kerugian pada harta benda yang mana oleh pihak nasabah dipertanggungkan kepada perusahaan asuransi. Kerusakan atau kerugian ini bisa diakibatkan oleh masalah kecelakaan yang terjadi secara mendadak dan tak bisa diperkirakan sebelumnya.

Secara umum, asuransi rekayasa adalah jenis produk asuransi yang termasuk ke dalam kategori asuransi keuangan atau asuransi bisnis. Hal ini termasuk pula jenis asuransi tanggung gugat, kredit multiguna, pengangkutan, serta penjaminan surety. 

Bagi kamu yang mempunyai suatu bisnis proyek konstruksi, keberadaan dan manfaat perlindungan dari asuransi rekayasa ini menjadi hal yang penting untuk didapatkan. Alasannya karena asuransi ini menjamin pihak pemilik maupun kontraktor sebuah bisnis proyek konstruksi terkait proses pembangunan dan juga instalasinya.

Di sisi lain, keberadaan asuransi rekayasa ini juga mampu memberi jaminan keamanan dan perlindungan terhadap alat berat yang digunakan pada proyek konstruksi. Hal tersebut termasuk pula beragam mesin produksi serta peralatan elektronik. Oleh sebab itu, asuransi rekayasa adalah salah satu produk asuransi dengan manfaat yang penting untuk didapatkan sesuai kebutuhan, khususnya bagi pemilik ataupun kontraktor yang sedang menjalankan suatu proyek konstruksi. 

Baca Juga: Manfaatnya Dibutuhkan Pengusaha, Ini Manfaat Asuransi Bisnis dan Beragam Jenisnya

Keuntungan dan Manfaat Asuransi Rekayasa

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, asuransi rekayasa adalah produk asuransi dengan manfaat menjamin kerusakan atau kerugian harta benda yang mana oleh pihak pemilik polis dipertanggungkan pada asuransi. Kerusakan atau kerugian atas harta benda tersebut bisa dikarenakan kecelakaan yang terjadi secara mendadak dan tak bisa diperkirakan sebelumnya. 

Secara lebih spesifik, keuntungan dan manfaat dari asuransi rekayasa adalah memberi perlindungan terhadap proses pembangunan atau proyek konstruksi. Pembangunan atau proyek konstruksi yang dimaksud sendiri termasuk kantor, gudang, pabrik, jalan raya, pemasangan mesin maupun peralatan, kerusakan pada mesin maupun peralatan, serta proteksi terhadap alat elektronik. 

Sederet manfaat dan keuntungan memiliki asuransi rekayasa tersebut bisa didapatkan melalui pengajuan jenis produk asuransi tertentu. Beberapa di antaranya adalah Contractor All Risk, Erection All Risks, Overhaul, hingga Electronic Equipment Insurance. 

Di samping itu, manfaat memiliki asuransi jenis ini juga bisa didapatkan dengan syarat memenuhi segala kewajiban nasabah sesuai yang tertulis pada polis asuransi. Salah satunya adalah disiplin membayar biaya premi secara rutin sesuai ketentuan yang berlaku. Jika kewajiban membayar premi ini tak dilakukan oleh nasabah, manfaat perlindungan yang dijanjikan oleh asuransi rekayasa tidak akan bisa didapatkan atau hangus serta pengajuan klaim pasti akan berakhir dengan penolakan. 

Lindungi karyawan dengan asuransi kesehatan agar bekerja lebih nyaman.

Beli Asuransi Kesehatan Karyawan Sekarang!  

Beragam Jenis dan Contoh Asuransi Rekayasa

Asuransi rekayasa adalah produk asuransi yang bisa secara langsung diajukan melalui pihak agen asuransi, via perusahaan pialang atau broker, maupun ke perusahaan asuransi yang menawarkan layanan tersebut. Terkait manfaat yang diberikan pun beragam tergantung dari jenis produk asuransi rekayasa yang dipilih. 

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa jenis dan contoh asuransi rekayasa yang umumnya diajukan beserta manfaat proteksi yang diberikan. 

Jenis Asuransi Rekayasa Pengertian
Asuransi Konstruksi

Jenis asuransi rekayasa yang pertama adalah asuransi konstruksi. Sesuai namanya, jenis asuransi ini biasanya diajukan untuk menjamin proteksi terhadap jalannya suatu proyek pembangunan, baik itu gedung atau jenis bangunan lainnya. Selain itu, asuransi konstruksi juga bisa memberi manfaat perlindungan terhadap proyek teknik sipil selama risiko yang dijamin tak bertentangan dengan ketentuan pada polis asuransi. 

Secara umum, manfaat proteksi yang diberikan oleh asuransi konstruksi mencakup kebakaran, ledakan, sambaran petir, kejatuhan pesawat terbang, gangguan asap, genangan, hujan, banjir, salju, badai, angin topan, tsunami, gempa bumi, tanah longsor, dan jenis bencana alam lainnya.

Tidak hanya itu, jika terjamin pada polis, asuransi ini juga bisa memberi manfaat proteksi terhadap risiko pencurian, perampokan, proses pengerjaan buruk, keterampilan pengerjaan yang tak maksimal, tindakan kejahatan maupun kesalahan manusia, kelalaian, hingga tanggung jawab hukum pada pihak ketiga.

Asuransi Pemasangan Mesin

Sesuai namanya, jenis asuransi rekayasa ini diajukan dengan peruntukan proyek atau proses pemasangan mesin, tak terkecuali beragam peralatan pendukungnya. Dengan mengajukan asuransi ini, risiko masalah dan kerugian yang sama selayaknya asuransi konstruksi juga dijamin ganti rugi atau pertanggungannya. 

Tentunya, jika memang diperlukan, asuransi pemasangan mesin ini juga menjadi salah satu contoh asuransi rekayasa yang penting untuk diajukan. Dengan begitu, manfaat perlindungan yang dijanjikannya tersebut bisa didapatkan oleh pihak tertanggung guna mengamankan proses pemasangan mesin di suatu proyek konstruksi.

Asuransi Alat Berat

Jenis asuransi rekayasa yang satu ini diperuntukkan guna menjamin pertanggungan atau ganti rugi atas alat berat milik pihak tertanggung yang mengalami kerusakan maupun kerugian karena suatu kejadian tertentu. Manfaat pertanggungan tersebut tentu hanya bisa diberikan ketika kejadian yang menimbulkan kerusakan atau kerugian disebabkan oleh hal yang dijamin pada polis asuransi. 

Pada dasarnya, terdapat 2 jenis asuransi alat berat yang tersedia, yaitu all risk atau semua risiko, dan kerusakan total atau total loss only. Untuk jenis all risk, asuransi alat berat menjamin ganti rugi atas kerusakan terhadap alat berat, baik kerugian yang sifatnya sebagian maupun kerusakan total sesuai dengan ketentuan pada polis.

Sementara untuk jenis kerusakan total atau total loss only, asuransi ini hanya memberi jaminan ganti rugi terhadap kerusakan total di mana kerugian yang dialami mencapai paling tidak 75 persen dari harga alat berat yang diasuransikan. Dalam kata lain, dengan asuransi jenis ini, pihak tertanggung tidak akan bisa mengajukan klaim manfaat jika kerugian yang dialami hanya kerusakan kecil dengan nilai perbaikan kurang dari 75 persen harga alat berat.
Asuransi Kerusakan Mesin

Proteksi asuransi ini diperuntukkan pada mesin ataupun alat mekanik, termasuk kendaraan dan peralatan lain yang dijaminkan oleh pemegang polis. Selayaknya asuransi rekayasa jenis lainnya, asuransi kerusakan mesin menjamin kerugian maupun kerusakan yang terjadi secara tidak terduga dan mendadak karena suatu hal, misalnya cacat pada proses pencetakan atau material, desain salah, salah pemasangan atau pengerjaan, kelalaian, dan lain sebagainya. 

Asuransi ini juga menjamin pertanggungan terhadap kerusakan mesin karena ledakan, arus pendek, bencana alam, dan berbagai macam hal lain sesuai ketentuan pada polis. Jadi, dengan asuransi ini kamu bisa mengajukan klaim ganti rugi atas biaya perbaikan ataupun penggantian pada penyedia asuransi.

Asuransi Peralatan Elektronik Terakhir ada asuransi peralatan elektronik yang menjamin proteksi terhadap pemilik ataupun penyewa dari peralatan elektronik. Manfaat perlindungan yang diberikan mencakup risiko kerugian atau kerusakan barang maupun alat elektronik yang diasuransikan, entah itu ketika sedang digunakan, tidak digunakan, maupun proses pembongkaran untuk tujuan pembersihan atau maintenance.

Baca Juga: Tuntas Mengulik Asuransi Properti dan Manfaat Perlindungan yang Diberikannya

Cek Legalitas dan Kredibilitas Penyedia Asuransi Rekayasa untuk Dapatkan Layanan Terbaik

Itulah penjelasan tentang apa itu asuransi rekayasa, manfaat, hingga jenis dan contohnya. Selayaknya dengan pengajuan asuransi jenis lain, kamu wajib memastikan legalitas dan kredibilitas dari penyedia asuransi rekayasa. Dengan begitu, peluang untuk mendapatkan layanan asuransi yang terbaik dan jauh dari risiko penipuan bisa menjadi lebih tinggi. 

Baca Juga: Asuransi Umum: Pengertian, Jenis dan Perusahaan Asuransi Terbaik