Bantu Pemerintah Deteksi Penyebaran Corona, Begini Cara Lakukan Penilaian Mandiri di Aplikasi InaRisk

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengeluarkan aplikasi online untuk smartphone yang bisa digunakan sebagai alat penilaian mandiri terkait COVID-19 yaitu InaRisk. Lewat aplikasi InaRISK masyarakat bisa mengisi sejumlah pertanyaan sesuai dengan kategori yang tersedia, yaitu pribadi, keluarga, dan desa.

Aplikasi ini pun diluncurkan untuk membantu baik BNBP dan pemerintah dalam mendeteksi penyebaran virus corona dan menyusun strategi pelaksanaan program, kebijakan, dan kegiatan untuk mengurangi risiko bencana virus corona di tingkat nasional hingga daerah.

Tapi tidak hanya persoalan mengenai wabah virus corona, InaRISK juga bisa diguanakan untuk mengetahui risiko bencana yang dapat terjadi di wilayahnya, seperti banjir, banjir bandang, cuaca ekstrem, gelombang ekstrem dan abrasi, gempa bumi, kebakaran hutan dan lahan, kekeringan, letusan gunung api, tanah longsor, tsunami, dan bencana multibahaya.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

Manfaat dan Fungsi InaRISK secara Umum

InaRISK
InaRISK via APKpure.com

Selain untuk mengetahui indeks risiko, InaRISK juga dapat digunakan untuk mengetahui indeks bahaya, kerentanan, dan kapasitas suatu jenis bencana.  Setelah itu, hasil akan diketahui dalam bentuk peta digital yang ditampilkan dalam gradasi warna yang berbeda yang disesuaikan oleh tinggi-rendah tingkat kajian yang diinginkan.

Peta digital ini dapat diperbesar dan diperkecil untuk memudahkan pengguna dalam mengetahui sampai ke tingkat wilayah yang detail. Tak hanya peta bergradasi, hasil yang ditampilkan oleh aplikasi ini juga terdiri dari berbagai informasi lain terkait wilayah yang dikaji.

Misalnya, jumlah kabupaten atau jumlah kecamatan yang menggunakan data dari Badan Pusat Statistik.

Adapun tingkat kajian yang diukur didasarkan pada beberapa parameter, seperti:

  • Jumlah penduduk - data BPS
  • Jumlah rumah, fasilitas publik, fasilitas kritis - data BPS, BIG, dan Pemda
  • Data PDRB – data pemda
  • Data tutupan lahan – KLHK dan BIG

Selain mengetahui kajian sebuah bencana di suatu wilayah, aplikasi ini juga memberikan informasi mengenai cara pencegahan dan langkah penyelamatan yang harus dilakukan oleh masyarakat jika berada di wilayah yang memiliki potensi bencana.

Baca Juga: PSBB DKI Jakarta Resmi Diberlakukan, Cek Aturan Pembatasan Biar Tenang

Cara Menggunakan Aplikasi InaRISK untuk Penilaian Mandiri Terkait Virus Corona

Tampilan InaRISK
Tampilan Aplikasi InaRISK via siagabencana.com

Pengguna hanya diminta untuk memasukkan nama wilayah, baik setingkat provinsi maupun kabupaten, setelah itu menentukan jenis bencana apa yang ingin diketahui indeks risikonya di daerah tersebut.

Jika memilih Covid-19 atau virus corona. Pengguna akan diberi 21 pertanyaan terkait perilaku dan kebiasaan pribadi, potensi tertular di dalam dan luar rumah, penggunaan transportasi umum, masker, hingga daya tahan tubuh atau imunitas.

Lalu pada kategori selanjutnya, yaitu keluarga, pengguna akan diminta untuk mengisi jawaban terkait pengetahuan mengenai COVID-19 bagi anggota keluarga, hingga lingkungan tempat tinggal.

Dan terakhir yaitu kategori desa, meliputi kesiapsiagaan desa, ketersediaan relawan, hingga bentuk pencegahan yang telah dilakukan seperti adanya ruang isolasi, penyemprotan disinfektan, tempat cuci tangan, dan lainnya.

Setelah mengisi sejumlah pertanyaan pada tiap kategori, berikutnya pengguna akan mendapatkan informasi terkait tingkat resiko masing-masing.

Informasi lebih lengkapnya mengenai aplikasi InaRISK untuk covid-19 dapat dilihat di link ini https://www.covid19.go.id/2020/04/12/apa-itu-inarisk/

Baca Juga: Daftar Layanan Gratis yang Bisa Kamu Dapat Selama Pandemi Corona

Mencegah Lebih Baik daripada Mengobati

Dengan mendownload aplikasi InaRISK kamu bisa ikut membantu mengurangi risiko terjangkit Covid-19 baik untuk diri sendiri dan untuk orang-orang sekitar. Aplikasi InaRISK dapat diunduh melalui ponsel dari penyedia aplikasi untuk Android di PlayStore dan iOS di AppStore maupun diakses pada laman inarisk. bnpb.go.id.

Melalui aplikasi ini kamu bisa dengan lebih mudah dan juga lebih cepat dalam mendapatkan informasi terkait covid-19. Baik dari informasi daerah yang terjangkit, rumah sakit dan klinik untuk penanganan covid-19 terdekat dengan daerah tempat tinggal.

Selain mendownload aplikasi. Pemerintah juga mengimbau berbagai cara untuk mencegah penularan covid-19 seperti untuk selalu melakukan social distancing di tempat-tempat umum, penerapan PSBB hingga lockdown pada sejumlah daerah dan kewajiban menggunakan masker setiap keluar rumah.

Selalu menjaga kebersihan dan memakan makanan yang bergizi untuk meningkatkan imun pun menjadi salah satu langkah penting dalam mencegah penularan virus. Jadi, jika Anda menyayangi diri Anda, keluarga dan orang-orang disekitar Anda. Mari saling membantu mencegah penularan dengan melakukan hal-hal yang perlu dilakukan terkait pencegahan penularan virus secara disiplin.

Baca Juga:  Ekonomi Seret, Begini Cara Dapatkan Listrik Gratis/Diskon Bagi Pelanggan PLN Subsidi