Ciri Asuransi Pendidikan Anak yang Bagus

Salah satu tugas orangtua adalah menjamin pendidikan anak. Memberikan pendidikan terbaik, agar anak tumbuh cerdas, berbudi pekerti, serta sukses di masa depan.

Pendidikan yang bagus diiringi dengan biaya yang mahal. Biaya pendidikan ini bisa orangtua persiapkan dengan asuransi pendidikan. Inilah asuransi yang harus dimiliki anak, sehingga orangtua tenang walaupun biaya pendidikan selalu naik setiap tahun.

Asuransi pendidikan anak adalah jenis asuransi yang memiliki manfaat proteksi terhadap pendidikan anak pada masa mendatang. Produk asuransi ini umumnya kombinasi antara produk asuransi jiwa berjangka (term life insurance) dengan investasi.

Baca Juga: Asuransi Pendidikan : Penjelasan dan Cara Memilihnya

Seberapa Penting Asuransi Pendidikan Anak?

loader
Asuransi pendidikan anak

1. Biaya pendidikan yang mengalami inflasi

Persentase kenaikan biaya pendidikan di Indonesia rata-rata mencapai 20% per tahun. Itu artinya uang sekolah anak ikut naik setiap mereka naik kelas. Kamu bisa hitung jumlah kenaikannya sesuai inflasi.

Padahal bukan hanya pendidikan, kamu juga harus memikirkan biaya transportasi anak, les tambahan, hingga makanan bergizi dan vitamin untuk daya tahan tubuhnya serta meningkatkan kecerdasan berpikirnya. 

Dengan asuransi pendidikan, biaya pendidikan anak akan dikover sampai mereka kuliah di perguruan tinggi. Kondisi finansial pasti sangat terbantu.

2. Kesehatan orangtua yang menurun 

Setiap orang memiliki risiko diserang penyakit, baik penyakit ringan, menengah, hingga kritis yang tidak diketahui kapan akan terjadi. Biaya penyembuhan atas penyakit tersebut tidak murah, terutama jika kamu menginginkan perawatan terbaik. 

Tanpa asuransi pendidikan, rencana pendidikan yang disiapkan untuk anak terancam gagal jika kamu didiagnosis menderita penyakit tertentu. Sebagai orangtua, kamu pasti menolak keras dan tidak rela jika hal ini terjadi kan? 

Mumpung belum terlambat, bekali anak dengan asuransi pendidikan. Pilih biaya premi yang terjangkau agar tidak memberatkan kondisi finansial keluarga.

Baca Juga: Asuransi Anak: Siapkan Asuransi Pendidikan dan Kesehatan Sejak Dini

3. Kondisi keuangan yang tidak bisa ditebak

Asuransi pendidikan juga penting melihat kondisi perekonomian yang tidak menentu. Saat ini, kamu mungkin memiliki finansial yang lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan primer, sekunder, bahkan tersier. 

Namun, apakah kondisi ini bertahan hingga 10 tahun mendatang? Belum tentu. Makanya sedia payung sebelum hujan sangatlah penting.

Dengan asuransi pendidikan, anak bisa tetap melanjutkan pendidikan sebagaimana mestinya jika suatu saat kondisi ekonomi keluarga sedang goyah.

Ciri Asuransi Pendidikan Anak yang Bagus

loader
Asuransi pendidikan anak terbaik

1. Dana yang pasti

Pertama, jumlah dana yang dapat dicairkan bersifat pasti atau sama seperti ilustrasi saat asuransi jatuh tempo. Misalnya, ilustrasi asuransi pendidikan anak dalam 10 tahun polis aktif sebesar Rp 250 juta, maka jumlah inilah yang kamu dapatkan sewaktu asuransi jatuh tempo.

Andai kata kurang, maka pengurangannya tidak terlalu signifikan mengingat adanya biaya administrasi dan lainnya yang harus dibayarkan. Jadi, kamu tidak merasa dirugikan atas plan asuransi yang dipilih di awal.

Manfaat dana pasti bisa diperoleh apabila premi dibayarkan secara lancar. Pastikan kamu tidak melewatkan pembayaran premi satu kali pun, sehingga status asuransi tetap inforce.

2. Adanya manfaat tambahan 

Sebaiknya asuransi pendidikan anak memiliki manfaat tambahan. Sebut saja manfaat investasi, kesehatan bagi anak, dan perlindungan jiwa bagi orangtua.

Manfaat investasi, misalnya yang memungkinkan adanya pertambahan nilai dari total uang yang seharusnya diterima saat asuransi jatuh tempo. Dari yang nilai awalnya Rp 250 juta menjadi Rp 255 juta karena adanya manfaat investasi.

Manfaat tambahan sejatinya akan memperbesar biaya premi yang kamu bayarkan. Jika tidak keberatan, kamu bisa mempertimbangkannya.

Baca Juga: Nasib Asuransi Pendidikan Seandainya Anak Meninggal

3. Biaya premi yang bervariasi

Mengingat biaya pendidikan anak mengalami inflasi setiap tahun, maka wajar apabila premi asuransinya mengalami kenaikan. Agar kenaikan ini tidak terlalu membebani finansial, sebaiknya pilih asuransi yang preminya bervariasi dan bisa disesuaikan dengan kemampuan keuangan.

Hal ini penting untuk membantu menjaga kelancaran pembayaran premi sekaligus cash flow rumah tangga. Sebab, jika preminya tidak dibayarkan dalam kurun waktu tertentu, maka asuransi dinyatakan tidak aktif. 

4. Reputasi asuransi baik

Suatu asuransi dikatakan bagus jika dikelola oleh perusahaan yang memiliki reputasi yang baik di mata masyarakat. Perusahaan yang membayar dana jatuh tempo secara tepat waktu, menyediakan produk yang dibutuhkan oleh nasabah, dan tentunya pelayanan yang baik.

Mengenai reputasi ini, kamu bisa baca review dari Google, Instagram, dan sosial media lainnya. Untuk review yang paling akurat, bisa tanyakan keluarga, sahabat, atau rekan kerja yang membeli produk asuransi pendidikan anak.

Asuransi pendidikan bisa dikatakan sebagai produk keuangan jangka panjang. Jika reputasi perusahaan asuransinya kurang bagus, risiko tidak amannya pengelolaan dana semakin tinggi.

Anak Berhak Mendapatkan Pendidikan Terbaik 

Sama seperti saat kamu kecil dulu, orangtua pasti berusaha memberikan yang terbaik. Sekarang giliran kamu.

Selalu upayakan yang terbaik karena kelak kesuksesan anak menjadi keberhasilan orangtua juga, sebagai orang yang telah mendidik dan membesarkannya.

Baca Juga: Tabungan Pendidikan VS Asuransi Pendidikan, Mana yang Lebih Unggul?

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!